8 Manfaat Pola Makan Sehat bagi Kesehatan Mama 💚


manfaat pola makan sehat

Apakah Mama termasuk penggemar kuliner? Saya sebenarnya tidak terlalu menggemari kuliner. Saya bukan tipe orang yang gemar wisata kuliner maupun mudah tertarik pada menu makanan baru atau yang sedang tren. Tapi hal ini menguntungkan bagi saya, khususnya dalam menjalani gaya hidup sehat holistik. Karena saya jadi lebih bisa mengendalikan pola makan saya 😊

Sebab salah satu cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik yang pertama-tama perlu Mama utamakan adalah pola makan. Pola makan sehat akan sangat memengaruhi kesehatanmu, khususnya kesehatan tubuh. Terdapat banyak manfaat pola makan sehat bagi kesehatan yang akan saya bahas di artikel kali ini.

Dengan menjaga pola makan, Mama bukan hanya lebih sehat secara fisik, tapi juga lebih sehat secara mental. Saat mental dan fisik sehat, tentunya emosi maupun spiritual Mama juga bisa lebih baik. Sebab bagian-bagian tubuh Mama saling berkaitan dan memengaruhi satu sama lain.

Mama juga tentu menginginkan punya umur panjang dengan kesehatan yang baik di masa tua nanti, bukan? Yuk Mam, mulai dari saat ini pelan-pelan belajar untuk menerapkan pola makan sehat dalam keseharian! Agar Mama lebih termotivasi untuk menjalankannya, mari simak apa saja manfaat pola makan sehat di bawah ini.


8 Manfaat Pola Makan Sehat bagi Kesehatan Mama


Kesehatan merupakan harta berharga yang tak terhingga nilainya. Bayangkan betapa tidak nyamannya saat Mama sedang sakit. Aktivitas terganggu, makan tidak berselera, emosipun jadi tidak tenang saat sedang sakit. Belum lagi biaya yang Mama keluarkan untuk pengobatan pun terkadang tidak sedikit. Untuk itulah pentingnya menjaga kesehatan melalui pola makan sehat. Berikut beberapa manfaat pola makan sehat yang penting untuk Mama ketahui:


1. Meningkatkan kekebalan tubuh


Ini merupakan hal utama yang akan Mama dapatkan dari manfaat pola makan sehat. Makanan sehat kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, serta mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh dan menjaga sistem kekebalan yang kuat. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, Mama akan jadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Itu sebabnya para ahli di bidang kesehatan menganjurkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang baik juga akan membantumu untuk pulih lebih cepat saat sakit.


2. Meningkatkan kesehatan pencernaan


Manfaat pola makan sehat yang kedua yaitu untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Usus besar dipenuhi dengan bakteri baik yang memainkan peran penting untuk metabolisme serta kesehatan pencernaan. Bakteri tersebut akan menghasilkan vitamin yang bermanfaat bagi usus besar. Tak hanya itu, bakteri baik ini juga akan membantu melawan virus penyebab penyakit.

Makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta makanan fermentasi mengandung prebiotik dan probiotik yang membantu bakteri baik berkembang di usus besar. Makanan sehat tersebut juga dapat melancarkan buang air besar secara teratur dan meminimalkan risiko terkena penyakit di bagian usus.


3. Menjaga kesehatan jantung


Meningkatnya kesehatan jantung juga termasuk salah satu manfaat pola makan sehat yang akan Mama peroleh. Saat Mama menerapkan pola makan sehat seperti memperbanyak asupan sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, serta lemak baik, ini akan membantu mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Buah-buahan dan sayuran hijau mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Selain itu, pola makan sehat yang Mama lakukan dalam jangka panjang juga akan menurunkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, serta tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian melaporkan bahwa penyakit jantung dan stroke dapat dicegah hingga 80% dengan perubahan gaya hidup, seperti pola makan sehat serta aktivitas fisik (olahraga).


4. Meningkatkan kesehatan otak


Manfaat pola makan sehat yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan otak. Pola makan sehat tak hanya bermanfaat bagi kesehatan pencernaan maupun jantung tapi juga untuk kesehatan otak (mental). Sebab makan-makanan sehat yang kaya akan nutrisi dapat membantu agar otak bisa berfungsi dengan baik.

Makanan sehat yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian membantu membran sel dan fungsi otak berjalan normal. Itu sebabnya makanan ini seringkali digunakan sebagai terapi diet bagi mereka yang memiliki penyakit depresi, bipolar, serta disleksia.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan sehat juga bisa meningkatkan aliran darah ke otak sehingga membantu mencegah penyakit pada otak seperti demensia, alzheimer, maupun penurunan kognitif.


5. Menurunkan risiko kanker


Ini merupakan salah satu manfaat pola makan sehat yang tentunya penting untuk Mama dapatkan. Sebab kanker adalah penyebab kematian kedua di dunia. Para peneliti menyatakan bahwa pola makan sehat, khususnya konsumsi makanan organik dan minim proses bisa jadi cara terbaik untuk mencegah kanker.

Mengonsumsi makanan yang bersih dari bahan-bahan yang tidak sehat serta memperbanyak buah dan sayuran akan meningkatkan asupan fitonutrien serta antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker.

Ada beberapa makanan yang tinggi kandungan antioksidannya, diantaranya blueberry, sayuran hijau, labu kuning, wortel, hingga kacang-kacangan dan biji-bijian. Di sisi lain ada juga sejumlah makanan yang bisa membantu menghambat perkembangan kanker, seperti buah berry, brokoli, kunyit, jahe, dan sayuran hijau.


6. Menurunkan risiko diabetes


Pola makan sehat juga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes. Saat Mama terbiasa dengan pola makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, hal ini akan membuat lonjakan gula darah. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan resistensi insulin yang lama kelamaan memicu diabetes.

Sedangkan pola makan sehat yang lebih fokus pada karbohidrat kompleks dibanding karbohidrat sederhana akan membuat pelepasan gula lebih lambat ke dalam aliran darah sehingga membantu mengontrol gula darah tetap stabil.


7. Menjaga berat badan ideal


Salah satu manfaat dari menjalankan pola makan sehat tentu saja untuk menjaga berat badan ideal. Ya, otomatis saat Mama menjaga pola makan, berat badan pun bisa lebih terkendali. Itu sebabnya banyak orang yang menjalankan pola makan sehat untuk mencapai berat badan ideal.

Mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau, buah utuh, lemak baik (lemak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian), dan protein tanpa lemak (dada ayam tanpa kulit, ikan, telur, jamur) dapat membantu menurunkan asupan kalori serta meningkatkan rasa kenyang sehingga berat badan menjadi lebih ideal.

Menjaga berat badan ideal juga berpengaruh pada kesehatanmu. Hal ini akan membantu mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit jantung, diabetes, pengeroposan tulang, dan lain-lain.


8. Meningkatkan mood dan energi


Keuntungan lainnya dari pola makan sehat yaitu meningkatkan mood dan energi. Pola makan sehat tentunya akan memberi tubuh asupan nutrisi yang baik sehingga tubuh terasa lebih berenergi. Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa konsumsi makanan sehat membantu menghindari lonjakan gula darah, yang membuatmu mudah merasa lelah dan tidak berenergi.

“Energi tubuh kita akan memengaruhi bagaimana kita menjalani aktivitas. Energi tubuh yang baik akan membuatmu lebih bersemangat”

Dan bukan hanya itu, beberapa studi pun menunjukkan adanya keterkaitan antara pola makan dengan suasana hati (mood). Mengonsumsi makanan yang sehat akan membuat suasana hati lebih baik dibandingkan saat Mama mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Itulah beberapa manfaat pola makan sehat yang akan Mama peroleh. Mari mulai sekarang juga untuk pelan-pelan menerapkan pola makan sehat dalam keseharianmu. Tak ada kata terlambat untuk memulainya!

Saya pun hingga saat ini masih belajar untuk bisa menerapkan pola makan sehat. Bukan berarti saya hanya mengonsumsi makanan sehat setiap waktu. Sama seperti Mama, saya juga tidak sempurna. But, that’s okay! Ada kalanya saya pun mengonsumsi makanan yang sebenarnya kurang menyehatkan tubuh. Tapi saya berusaha untuk memiliki batasan dan membuat pilihan yang lebih baik dari waktu ke waktu 🙂

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Secara Holistik 😍


Credit photo: freepik.com

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛