9 Cara Mengatasi Stres pada Diri Sendiri yang Perlu Mama Coba 🤍


cara mengatasi stres pada diri sendiri


Saya pernah berada pada masa-masa dimana tingkat stres saya cukup tinggi dan ini saya alami dalam jangka waktu yang lumayan lama. Sekarang saya menyadari bahwa stres yang saya alami itu sudah menyebabkan banyak kerugian dalam diri saya. Saat itu saya jadi merasa tidak benar-benar sehat, tidak benar-benar bahagia, dan tidak damai.

Stres memang bisa menyerang kapanpun, entah itu berkaitan dengan urusan rumah tangga, pekerjaan, keuangan, maupun kesehatan. Stres membuat kita merasa tidak tenang dan damai. Perlu Mama ketahui bahwa stres merupakan sesuatu yang tak bisa dihindari sepenuhnya. Namun Mama bisa berusaha untuk mengurangi stres tersebut. Di artikel kali ini saya akan mengajak Mama mengulas bagaimana cara mengatasi stres pada diri sendiri 😊

Stres yang tidak diatasi dan kemudian menjadi berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan fisik, mental, dan juga emosional. Itu sebabnya penting bagi Mama berusaha mengatasinya sebelum stres tersebut merugikan kesehatan dan kehidupanmu. Mari simak ulasan lengkapnya mengenai cara mengatasi stres di bawah ini!

 

9 Cara Mengatasi Stres pada Diri Sendiri yang Perlu Mama Coba


Mengatasi stres memang terkadang tidak mudah, oleh sebab itu Mama membutuhkan beberapa kiat untuk dilakukan. Mempelajari bagaimana cara mengatasi stres pada diri sendiri akan membuatmu terhindar dari berbagai dampak buruk stres. Mama bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk membantu mengatasi stres sehingga pikiran dan tubuh jadi lebih tenang.


1. Latihan pernapasan


Cara mengatasi stres pada diri sendiri yang pertama adalah latihan pernapasan. Saat stres ada beberapa tanda yang umum dirasakan seperti detak jantung lebih cepat, napas lebih cepat, hingga pembuluh darah yang menyempit. Itu sebabnya disaat stres kita merasa tidak tenang. Nah, melakukan latihan pernapasan akan membantumu lebih rileks.

Ada beberapa teknik latihan pernapasan yang bisa Mama coba, diantaranya pernapasan perut dan pernapasan diafragma. Tujuan dari latihan pernapasan ini yaitu agar Mama bisa menyadari dan fokus pada napas, kemudian napasmu jadi lebih lambat dan dalam. Hal ini akan memperlambat detak jantung dan membuat Mama lebih tenang. Mama bisa belajar teknik latihan pernapasan melalui internet.

“Napas merupakan salah satu karunia terbesar dari Tuhan yang seringkali tidak disadari oleh manusia”

 

2. Tertawa


Tertawa juga merupakan cara mengatasi stres pada diri sendiri yang perlu Mama coba. Tertawa bisa membantu mengatasi kecemasan yang Mama rasakan. Sebab saat tertawa otot-otot yang tegang akan mengendur sehingga Mama jadi lebih rileks.

Tertawa juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membuat suasana hati lebih bagus. Dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang yang mengalami kanker, kelompok yang tertawa lebih banyak jadi lebih mudah mengatasi stres dibanding kelompok yang jarang tertawa.

Berusahalah menemukan suasana humor setiap harinya agar Mama bisa lebih sering tertawa. Cobalah menonton acara TV yang lucu seperti acara komedi atau berkumpul bersama orang-orang sekitar yang memiliki selera humor tinggi yang membuatmu tertawa.


3. Menulis


Cara mengatasi stres pada diri sendiri yang satu ini juga termasuk ampuh. Mama tidak perlu pintar menulis untuk melakukan cara yang satu ini. Cukup tuliskan saja segala hal di pikiran yang membuatmu merasa terganggu. Dengan menuliskannya akan mengurangi beban pikiran sehingga Mama merasa lebih lega.

Selain itu, tuliskan juga hal-hal lain yang Mama syukuri. Dengan menuliskan hal-hal yang Mama syukuri akan membuat pikiran lebih fokus pada hal-hal positif dalam hidup. Ini bisa membantu mengurangi kecemasan dan stres. Jika tidak suka menulis di buku atau kertas, Mama bisa menuliskannya di notes yang ada pada smartphone.

Meski menulis di smartphone terasa lebih praktis, namun saya merasakan sendiri bahwa saat menulis di kertas ada efek relaksasi yang tidak didapat dari menulis di smartphone. Maka dari itu, selain menulis di smartphone saya pun menulis di buku. Coba deh, Mam! 🙂


4. Mindfulness


Cara mengatasi stres pada diri sendiri yang berikutnya yaitu berlatih mindfulness (kesadaran penuh). Mindfulness artinya Mama memiliki perhatian penuh atau fokus pada saat ini, tidak khawatir berlebihan mengenai masa depan (yang belum terjadi) dan juga tidak mencemaskan masa lalu (yang telah terjadi). Berlatih mindfulness dapat mengurangi kecemasan dan stres.


5. Meditasi


Meditasi juga termasuk cara mengatasi stres pada diri sendiri yang bisa Mama lakukan secara gratis. Pada saat awal berlatih meditasi mungkin Mama merasa belum benar-benar memperoleh manfaatnya. Tidak apa-apa, sebab meditasi adalah teknik yang perlu dilakukan secara rutin.

Mama bisa memulainya dari waktu yang singkat terlebih dahulu, misalnya 5 menit. Jika telah terbiasa Mama bisa menambah waktu tersebut. Ada beberapa teknik meditasi, pilihlah yang paling nyaman untuk dilakukan. Melakukan meditasi secara rutin merupakan cara ampuh untuk membuat pikiran dan emosi jadi lebih tenang. 

 

6. Yoga


Tahukah Mama mengapa yoga sangat populer dan dilakukan oleh begitu banyak orang di dunia? Sebab berlatih yoga merupakan salah satu cara mengatasi stres pada diri sendiri yang terbukti bermanfaat untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Latihan yoga bukan hanya membuat pikiran lebih rileks, tapi juga membuat tubuh lebih sehat.

Yoga bertujuan untuk menggabungkan tubuh dan pikiran. Gerakan-gerakan yoga akan meregangkan otot-otot tubuh. Dan di sisi lain yoga juga melatih kita fokus pada pernapasan. Inilah yang membuat latihan yoga dapat membantu mengurangi stres.

Yoga bisa dilakukan oleh semua usia, Mama juga bisa mempelajarinya melalui internet dan mempraktikkannya sendiri di rumah. Cobalah memulai yoga dari gerakan-gerakan yang khusus untuk pemula agar Mama lebih mudah melakukannya.


7. Menikmati alam


Cara mengatasi stres pada diri sendiri berikut ini juga menarik untuk dicoba. Menghabiskan waktu menikmati alam akan membantu pikiran dan tubuhmu lebih rileks. Cobalah luangkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar pepohonan besar, melihat keindahan air laut, atau bersantai di area pegunungan. Menikmati keindahan dan keheningan alam bisa meningkatkan suasana hati serta mengurangi tingkat stres.

Itu sebabnya banyak orang senang berlibur ke tempat wisata alam, seperti laut, wilayah pegunungan ataupun lokasi outdoor yang banyak pepohonan besar. Karena hal ini terbukti ampuh untuk menenangkan pikiran dan meredakan stres.


8. Konsumsi makanan sehat


Saat sedang stres seringkali kita berkeinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat yang terlalu manis, gurih, atau berlemak yang membuat kita merasa puas saat memakannya. Namun makanan tidak sehat justru dapat meningkatkan stres.

Sebaliknya, konsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi serta antioksidan akan membantu tubuh mengurangi dampak merugikan akibat stres. Cobalah perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan serta berusaha hindari atau meminimalkan makanan tidak sehat.

Selain itu sebaiknya Mama juga kurangi asupan kafein yang terdapat pada kopi. Konsumsi kafein dalam jumlah yang banyak bisa meningkatkan kecemasan. Namun tiap orang memiliki batas toleransi yang berbeda-beda terhadap kafein. Perhatikan tubuhmu, jika Mama mengalami mudah gelisah atau cemas saat mengonsumsi kafein artinya Mama perlu mengurangi atau menghindarinya.

Meski banyak penelitian menyatakan bahwa kopi menyehatkan dalam jumlah yang tidak berlebihan, tapi hal ini belum tentu berlaku untuk semua orang. Sebab sensitivitas orang terhadap kafein berbeda-beda.


9. Olahraga


Cara mengatasi stres yang terakhir dalam daftar ini adalah olahraga. Dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga akan membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Hormon yang satu ini bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati serta mengurangi rasa sakit sehingga Mama jadi lebih bahagia dan nyaman.

Tentunya manfaat dari olahraga ini akan dirasakan secara maksimal jika Mama berolahraga secara rutin. Lakukanlah jenis olahraga yang Mama sukai, apakah itu berjalan kaki, bersepeda, menari, yoga, atau senam. Olahraga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan pikiran atau mengurangi stres, tapi juga membuat tubuh lebih sehat.

Jika Mama tidak memiliki banyak waktu, membiasakan olahraga 10 menit setiap harinya sudah lebih baik dibanding tidak sama sekali.

Itulah beberapa cara mengatasi stres pada diri sendiri yang bisa Mama coba. Pilihlah cara yang paling mudah dan nyaman untuk dilakukan. Kemudian lakukan secara rutin dan jadikan kebiasaan baikmu. Selamat mencoba ya, Mam!

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 9 Cara Menerapkan Pola Makan Sehat untuk Mama 😍


Credit photo: istockphoto.com

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛