6 Manfaat puasa bagi kesehatan yang Penting untuk Mama Ketahui 💚


manfaat puasa bagi kesehatan


Sebagai muslim, tujuan utama saya puasa adalah sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan. Namun, di sisi lain saya juga meyakini bahwa puasa memberikan banyak manfaat bagi saya, terutama untuk kesehatan 😊

Puasa telah dilakukan sejak berabad-abad lalu oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Tak hanya umat muslim saja yang menjalankannya, sebab puasa saat ini dikenal sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh (holistik). Manfaat puasa bagi kesehatan tak hanya untuk fisik saja tapi juga mental. Di artikel kali ini saya akan mengulas secara lengkap 6 manfaat puasa untuk kesehatan Mama.

Di luar puasa yang biasa dilakukan oleh umat muslim, ada pula beberapa jenis puasa lainnya seperti intermittent fasting, time-restricted eating, 16/8 fasting, dan lain-lain. Definisi puasa adalah menahan diri dari makan dan minum dalam jangka waktu tertentu. Agar Mama semakin semangat untuk menjalankan puasa, mari simak terlebih dahulu berbagai manfaat puasa bagi kesehatan berikut ini.


6 Manfaat puasa bagi kesehatan Mama


Bagi umat muslim, puasa merupakan bagian dari ibadah wajib yang dilakukan secara rutin setiap Bulan Ramadhan. Namun di luar waktu tersebut pun terdapat anjuran untuk melaksanakan puasa sunnah, seperti puasa Senin-Kamis, puasa Syawal, maupun puasa Daud. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran puasa dalam kehidupan, khususnya kesehatan. Inilah manfaat-manfaat puasa bagi kesehatan yang penting untuk Mama ketahui:


1. Mengontrol gula darah


Manfaat puasa bagi kesehatan yang pertama adalah untuk mengontrol gula darah. Beberapa penelitian menyatakan bahwa puasa bisa membantu mengendalikan gula darah. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang berisiko diabetes maupun yang sudah terkena diabetes. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin berpuasa dapat menurunkan kadar gula darah bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes tipe 2.

Perlu Mama ketahui bahwa penting untuk menjaga sensitivitas insulin, salah satunya dengan cara rutin berpuasa. Saat tubuhmu terlalu banyak asupan karbohidrat dan gula, hal ini bisa menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin adalah keadaan dimana sel-sel tubuh tidak bisa menggunakan gula darah dengan baik akibat gangguan dalam merespon insulin.

Resistensi insulin ini tak hanya memicu diabetes tipe 2 saja tapi juga berbagai penyakit lainnya, seperti tekanan darah tidak normal, serangan jantung, stroke, hingga gangguan ginjal.


2. Mengatasi peradangan


Mengatasi peradangan juga merupakan manfaat puasa bagi kesehatan yang akan Mama peroleh. Peradangan akut sebenarnya sebuah proses normal yang terjadi saat tubuh sedang berusaha melawan infeksi.

Namun jika peradangan berubah menjadi kronis maka akan mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan yang terlibat dalam perkembangan berbagai penyakit, seperti jantung serta rheumatoid arthritis. Dengan melakukan puasa secara rutin terbukti dapat membantu mengurangi tingkat peradangan serta membantu meningkatkan kesehatanmu.


3. Meningkatkan kesehatan jantung


Manfaat puasa bagi kesehatan yang berikutnya yaitu meningkatkan kesehatan jantung. Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Salah satu cara mencegah penyakit jantung adalah dengan mengatur pola makan, seperti melakukan puasa. Berbagai penelitian menemukan bahwa melakukan puasa secara rutin bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Saat mengonsumsi terlalu banyak kolesterol buruk, kadar trigliserida dalam tubuh akan meningkat, yang mana hal ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan berpuasa, kadar kolesterol jahat akan menurun yang juga menurunkan trigliserida dalam tubuh.


4. Meningkatkan fungsi otak


Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Beberapa penelitian menyatakan bahwa puasa bisa memiliki efek yang kuat terhadap kesehatan otak. Melakukan puasa secara rutin dapat melindungi kesehatan otak serta meningkatkan fungsi kognitif (proses berpikir).

Sebagaimana telah diulas sebelumnya, puasa dapat membantu mengatasi peradangan, artinya puasa juga bisa mencegah gangguan neurodegeneratif (penurunan fungsi saraf otak) seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Artinya manfaat puasa bagi kesehatan mental bukan hanya untuk meningkatkan proses berpikir tapi juga mencegah penyakit yang berkaitan dengan otak.


5. Menjaga berat badan ideal


Manfaat puasa bagi kesehatan juga bisa membantu menjaga berat badan yang ideal. Khususnya bagi Mama yang memang kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya ke angka yang lebih proporsional atau ideal.

Banyak orang memanfaatkan puasa sebagai metode diet yang mudah dilakukan. Dibanding dengan metode diet lainnya yang menganjurkan Mama mengonsumsi serta menghindari makanan tertentu, puasa merupakan cara yang lebih sederhana, bukan?

Dengan rutin berpuasa otomatis asupan kalori akan berkurang, inilah yang menyebabkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu. Puasa juga dianggap efektif untuk mengurangi lemak pada tubuh serta menjaga jaringan otot.


6. Mencegah kanker


Manfaat puasa bagi kesehatan yang selanjutnya adalah untuk mencegah kanker. Puasa yang dilakukan secara rutin dapat membantu memblokir pembentukan tumor. Sama dengan manfaat-manfaat lainnya yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat yang satu ini juga bisa diperoleh jika Mama melakukan puasa secara rutin dari waktu ke waktu.

Setelah mengetahui berbagai manfaat puasa bagi kesehatan, Mama juga perlu tahu apa saja tips puasa sehat dan aman. Sehingga Mama bisa memperoleh manfaat puasa dengan maksimal.


5 Tips Puasa Sehat dan Aman bagi Mama


Meski terlihat mudah, puasa juga perlu dilakukan dengan benar agar Mama mendapatkan hasil optimal dari puasa. Sebelum Mama melakukan puasa secara rutin sebaiknya perhatikan tips puasa sehat dan aman berikut ini:


1. Tidak puasa jika sedang sakit


Ini merupakan tips puasa sehat dan aman yang pertama. Jika Mama sedang merasa tidak enak badan atau sakit maka tundalah untuk berpuasa. Mama bisa memulai puasa lagi saat sudah benar-benar sehat kembali. Puasa wajib umat muslim yang dilakukan pada Bulan Ramadhan sekalipun memiliki keringanan untuk tidak berpuasa jika sedang sakit.


2. Tidak makan berlebihan


Tips puasa sehat dan aman berikutnya adalah tidak makan berlebihan, khususnya saat berbuka puasa. Waktu berbuka seringkali menggoda kita untuk makan berbagai jenis makanan dalam jumlah banyak terutama yang manis-manis atau tinggi lemak. Namun hal ini akan membuat pencernaan terlalu berat mencerna yang akhirnya berdampak tidak baik untuk kesehatan.

“Apapun itu sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, termasuk dalam hal makan dan minum”

 

3. Konsumsi makanan sehat


Mengonsumsi makanan sehat juga termasuk salah satu tips puasa sehat dan aman. Jika ingin memanfaatkan puasa untuk meningkatkan kesehatan, maka Mama perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya prioritaskan untuk mengonsumsi makanan utuh (whole foods) dan sebisa mungkin minimalkan makanan ultra proses yang umumnya diberi banyak bahan tambahan sintetik.


4. Konsumsi cukup protein


Tips puasa sehat dan aman yang satu ini juga penting untuk Mama lakukan. Saat rutin berpuasa umumnya jumlah asupan kalori akan menurun. Dengan mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup akan membantu mengelola rasa lapar (menjaga nafsu makan) sehingga Mama bisa puasa dengan lebih nyaman. Selain itu asupan protein yang cukup juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot agar tubuh tetap kuat.


5. Perbanyak minum air putih


Jangan lupa juga tips puasa sehat dan aman yang satu ini, yaitu perbanyak minum air putih. Kehilangan cairan tubuh (dehidrasi) dapat menyebabkan kelelahan, mulut kering, haus, dan sakit kepala. Itu sebabnya penting memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh. Meski asupan cairan ini bisa Mama peroleh dari makanan, seperti buah-buahan dan sayuran, namun jangan lupa untuk konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Bagi saya, ada satu hal dari puasa yang membuat saya semangat untuk konsisten melakukannya, yaitu saat menikmati waktu berbuka puasa. Ada kebahagiaan tersendiri yang saya rasakan setiap kali berbuka dan menikmati makanan. Apakah Mama juga merasakannya? 🙂

Itulah beberapa tips puasa sehat dan aman yang perlu Mama lakukan. Saat awal-awal melakukan puasa rutin bisa jadi Mama akan merasa mudah lemas karena tubuh sedang beradaptasi. Namun lambat laun saat tubuh sudah terbiasa dengan puasa, Mama akan lebih kuat dan nyaman berpuasa. Okay, selamat berpuasa!


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 8 Cara Meningkatkan Mood untuk Membuat Mama Bahagia 😍


Credit photo: vecteezy.com

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛