7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Secara Holistik untuk Mama 💚


cara menerapkan gaya hidup sehat

Setelah saya berkenalan dengan gaya hidup holistik beberapa tahun lalu, langkah terpenting sekaligus menggemaskan (karena prosesnya tidak semudah seperti membuka bungkus coklat) yang selanjutnya adalah menerapkannya dalam hidup saya sehari-hari 😊

Jika di artikel sebelumnya saya mengulas mengenai manfaat gaya hidup holistik, di ulasan kali ini akan dibahas bagaimana cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik (menyeluruh). Artinya Mama bukan hanya berusaha sehat secara fisik saja, tapi juga sehat secara mental, emosional, dan spiritual. Dengan begitu Mama bisa hidup lebih sehat, bahagia, dan damai jiwa raga.

Keseimbangan dalam hidup merupakan hal yang penting untuk diterapkan. Termasuk dalam menjalankan gaya hidup sehat sehari-hari. Misalnya, jika Mama hanya fokus pada kesehatan fisik sementara kesehatan mental tidak diprioritaskan, maka apa yang terjadi? Tentu Mama tidak akan mencapai kebahagiaan lahir batin. Sebab untuk sehat jiwa raga Mama perlu memerhatikan aspek-aspek keseluruhan dalam dirimu.


7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Secara Holistik


Seringkali orang lebih fokus pada kesehatan fisik sebab penyakit fisik lebih terlihat dan umum. Berbeda dengan penyakit mental, seperti cemas berlebihan, stres, depresi, dan lain-lain, yang seringkali tidak terlihat dan terdeteksi, bahkan oleh penderitanya sekalipun. Nah, mulai sekarang mari berusaha menerapkan gaya hidup sehat secara holistik agar kita tidak hanya lebih sehat secara fisik, tapi juga sehat pikiran, hati, dan jiwanya.

Beberapa cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik berikut ini bisa  disesuaikan dengan dirimu. Sebab pada dasarnya setiap individu itu unik, dimana masing-masing memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda.


1. Perhatikan apa yang Mama makan (nutrisi)


Ini merupakan hal pertama yang perlu Mama perhatikan dalam cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik. Sebaik apapun Mama berusaha menerapkan kebiasaan baik untuk mental maupun emosional, pola makan sehat tetap perlu diprioritaskan untuk merasa benar-benar sehat secara optimal. Sebab Mama perlu menutrisi tubuh dengan makanan yang baik agar bisa merasa sehat.

“Berikan yang terbaik untuk tubuhmu sebagai bentuk cinta terhadap diri sendiri”

Sebisa mungkin minimalkan makanan yang mengandung bahan-bahan tidak alami, seperti perasa buatan, pemanis buatan, pewarna buatan, hingga pengawet. Begitu juga dengan makanan yang terlalu banyak mengandung gula putih/pasir, lemak trans, hingga makanan ultra proses yang banyak diberi bahan-bahan tambahan sintetik.

Berusahalah untuk memilih makanan yang lebih alami, minim proses, dan kaya nutrisi. Jika Mama mampu membeli makanan yang organik maka itu lebih baik. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat bukan hanya tubuhmu yang terasa lebih baik tapi juga pikiran. Sebab apa yang Mama makan juga bisa memengaruhi kesehatan otak.

Selain itu, Mama juga perlu belajar untuk lebih mindful (sadar) dalam hal makanan. Mulai dari menyadari apa tujuan makan, apa yang dimakan, hingga bagaimana cara makanmu.

Tujuan utama makan bukan untuk kenyang melainkan agar tubuh sehat. Apakah apa yang Mama makan sudah baik untuk tubuh? Setelah itu makanlah dengan cara yang benar, diantaranya tidak terburu-buru, kunyah secara perlahan, dan tidak berlebihan.


2. Gunakan obat alami


Cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik yang kedua yaitu beralih untuk menggunakan obat-obatan alami. Obat alami umumnya tidak menyembuhkan secara cepat layaknya obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Namun untuk jangka panjang hasilnya akan lebih baik dan aman bagi tubuh.

Obat alami bisa Mama peroleh melalui tanaman herbal, rempah-rempah, madu, dan lain-lain. Obat alami telah digunakan sejak zaman dahulu, bahkan sebelum adanya pengobatan konvensional. Namun dalam kondisi tertentu bukan berarti kita mengabaikan pengobatan medis (konvensional). Mama juga bisa menggabungkan pengobatan alami dengan pengobatan konvensional jika memang diperlukan. 

 

3. Kelola stres


Kelola stres adalah cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik yang selanjutnya. Stres merupakan salah satu penyebab utama dari berbagai penyakit fisik, mental, maupun emosional. Sebenarnya stres bukanlah sesuatu yang bisa kita hindari setiap saat. Tapi Mama bisa berusaha untuk meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkannya dengan cara mengelola stres tersebut.

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi stres adalah meditasi. Meditasi yang dilakukan secara rutin akan membantumu merasa lebih tenang dan fokus. Meditasi bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan mental saja, tapi juga berpengaruh pada kesehatan fisik. Jika meditasi terasa sulit, Mama bisa mencoba teknik mindfulness untuk membantu agar lebih fokus pada saat ini.

Jika Mama merasa tidak cocok dengan meditasi, yoga juga bisa jadi alternatif terbaik lainnya untuk mengatasi stres. Gerakan-gerakan yoga yang dilakukan secara rutin tak hanya membuatmu lebih sehat secara fisik tapi juga mental. Bagaimana jika Mama tidak tertarik dengan yoga maupun meditasi? Tenang, masih ada banyak cara jitu lainnya untuk mengatasi stres.

Self care juga bisa Mama manfaatkan untuk membantu mengelola stres. Self care adalah sesuatu yang Mama lakukan untuk diri sendiri yang akan membuatmu merasa lebih baik secara fisik, mental, emosional, serta spiritual. Maka dari itu berusahalah meluangkan waktu untuk melakukan self care setiap harinya.

Dalam gaya hidup holistik, self care ini termasuk hal yang esensial untuk diprioritaskan. Pilihlah self care yang Mama sukai, apakah itu menulis diari, membaca buku kesukaan, menari-nari, mendengarkan musik favorit,  dan lain-lain.


4. Tidur yang cukup dan berkualitas


Ini juga merupakan salah satu cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik yang penting untuk Mama lakukan. Banyak orang belum memahami betapa pentingnya mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas secara rutin. Hal ini bukan hanya penting untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga penting untuk menjaga kesehatan pikiran dan jiwamu.

Dengan tidur yang cukup dan berkualitas Mama akan lebih berenergi dan bisa berpikir lebih jernih. Sebaiknya Mama tidur sekitar 7 jam setiap harinya. Namun bukan hanya cukup, Mama juga membutuhkan tidur yang berkualitas. Artinya Mama bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman tanpa gangguan maupun terbangun saat sedang tidur.

Waktu tidur terbaik adalah di malam hari. Usahakan Mama tidur sebelum jam 10 malam. Sebisa mungkin ciptakan waktu tidur yang teratur setiap malamnya dan hindari begadang. Kebiasaan tidur yang baik merupakan bagian dari gaya hidup sehat.


5. Olahraga


Cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik berikutnya yaitu olahraga. Ini tidak berarti Mama harus pergi ke gym atau melakukan aktivitas olahraga khusus.  Pilihlah aktivitas fisik yang Mama sukai. Berjalan, berlari, atau menari juga termasuk aktivitas fisik yang bisa dikategorikan sebagai olahraga. Intinya Mama berusaha tetap aktif secara fisik setiap harinya agar tubuh lebih sehat dan nyaman.

Lakukan olahraga secara teratur setidaknya minimal 20 menit setiap harinya. Olahraga akan membuat tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Olahraga rutin juga bisa membantu pikiran lebih sehat, mengatasi stres, serta melepaskan hormon bahagia seperti endorfin yang akan membuat dirimu lebih positif.


6. Bersyukur


Bersyukur juga termasuk dalam cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik. Buatlah jurnal syukur yang berisi hal-hal yang bisa Mama syukuri setiap harinya. Luangkan waktu untuk melakukan hal ini secara rutin setiap hari, misalnya di pagi atau malam hari menjelang tidur. Ini akan melatih pikiran untuk melihat setiap hal baik dalam hidupmu sehari-hari.

Bersyukur bukan hanya untuk hal-hal yang menyenangkan saja, bersyukur juga atas segala tantangan atau ujian dalam hidup sebagai berkah yang membuatmu jadi lebih baik. Selain itu Mama juga perlu bersyukur atas kehadiran orang-orang di sekitar yang telah memberikan waktu, perhatian, serta kasih sayangnya untukmu.

Bersyukur akan membuatmu lebih sehat secara emosional sehingga Mama lebih mudah merasakan kebahagiaan.


7. Dukungan sosial


Agar lebih semangat dan konsisten, cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik berikut ini juga perlu Mama lakukan. Cobalah untuk terhubung dan berinteraksi dengan orang-orang yang juga menerapkan gaya hidup sehat. Bergabunglah dengan sebuah komunitas, termasuk komunitas online dimana Mama bisa berbagi dan belajar seputar gaya hidup sehat.

Akan lebih baik jika dukungan sosial ini bisa Mama dapatkan juga dari orang-orang terdekat, apakah itu dari pasangan, teman, dan keluarga. Mendapatkan dukungan sosial yang kuat akan sangat membantu untuk tetap semangat menjalani gaya hidup sehat.

Lalu bagaimana jika orang-orang terdekatmu tidak terlalu mendukungmu karena mereka belum memiliki pemahaman yang sama denganmu mengenai gaya hidup holistik? Tetaplah semangat, Mam!

Bagi saya pendukung terbesar saya adalah Tuhan dan diri sendiri. Karena saya menyadari bahwa orang pertama yang paling bisa diandalkan bukanlah orang lain, tapi diri sendiri. Setuju? 🙂

Demikian beberapa cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik yang bisa Mama coba. Saya pun hingga saat ini masih terus belajar untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Saya menyadari bahwa saya tidak sempurna, ada kalanya saya melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan cara-cara di atas. Namun, saya selalu berusaha untuk kembali lagi pada gaya hidup sehat, begitu seterusnya.

Lakukan secara bertahap cara-cara di atas dimulai dari hal yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Sebab yang terpenting adalah bagaimana bisa konsisten dan menikmati semua prosesnya untuk dapat hidup lebih sehat secara menyeluruh. 🙂

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 6 Manfaat Gaya Hidup Holistik agar Mama Sehat Secara Menyeluruh 😍


Credit photo: freepik.com

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛