8 Cara Meningkatkan Mood untuk Membuat Mama Bahagia 💛


cara meningkatkan mood


Sebagian wanita memang memiliki suasana hati alias mood yang mudah berubah-ubah. Dulu saya termasuk orang yang sering mengalami perubahan suasana hati, misalnya saat sedang PMS (pramenstruasi). Namun, setelah saya belajar untuk lebih mengelola suasana hati, sedikit demi sedikit suasana hati saya bisa lebih stabil dan tidak mudah berubah-ubah.

Dalam hidup, kita tentu akan mengalami kejadian yang tidak sesuai harapan yang akhirnya membuat mood (suasana hati) menurun bahkan menjadi buruk. Mood yang buruk atau yang biasa disebut bad mood ini sebenarnya sesuatu yang wajar untuk kita alami. Namun jika bad mood ini membuat kitaa jadi mudah marah-marah, merasa sedih, dan frustasi, inilah saatnya kita berusaha meningkatkan mood. Di artikel kali ini saya membahas mengenai berbagai cara meningkatkan mood yang akan membuat Mama bahagia.

Tenang saja sebab cara-cara di bawah ini gratis dan tidak sulit untuk dilakukan kapanpun Mama merasa membutuhkan mood booster (penyemangat). Yuk, baca sampai selesai, Mam! 🙂


8 Cara Meningkatkan Mood untuk Membuat Mama Tetap Bahagia


Ada berbagai cara meningkatkan mood yang bisa Mama lakukan. Mama tidak perlu melakukan semua cara berikut sekaligus, cukup lakukan yang menurutmu paling mudah dan menyenangkan. Saat mood lebih baik tentunya hidup pun akan lebih baik, sebab Mama bisa menjalani semua aktivitas dengan lebih bahagia dan semangat. Iya kan, Mam? 🙂


1. Tertawalah


Cara meningkatkan mood yang pertama adalah tertawa. Pernah dengar ungkapan “Tertawa adalah obat terbaik”? Faktanya ini bukanlah sekadar ungkapan, sebab hal ini benar adanya. Tertawa tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan mood jadi lebih baik, tapi juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tetap sehat.

Tertawa akan membantu mengurangi ketegangan serta membuatmu lebih rileks dan bersemangat. Ada berbagai cara untuk membuatmu tertawa, mulai dari menonton acara komedi di TV, video lucu di YouTube, membaca komik lucu, hingga berkumpul bersama orang-orang yang memiliki selera humor tinggi.


2. Dengarkan musik yang ceria


Mendengarkan musik merupakan salah satu cara meningkatkan mood yang menarik untuk Mama coba. Tentunya musik yang bernada ceria atau semangat, ya. Sebab musik ternyata bisa mengubah mood seseorang, sehingga Mama bisa memanfaatkannya untuk mengurangi stres. Telah banyak rumah sakit yang menggunakan musik sebagai salah satu terapi untuk mengurangi rasa sakit dan membuat emosi lebih baik.

Para peneliti di Universitas Osaka Jepang menyatakan bahwa mendengarkan musik nada mayor (yang bernada ceria dan penuh semangat) berkaitan dengan penurunan stres serta perasaan bahagia seseorang. Jadi, saat mood Mama sedang tidak baik cobalah mendengarkan musik upbeat favoritmu. Ini juga bisa jadi cara meningkatkan mood di pagi hari agar Mama semangat memulai hari.


3. Ubah sudut pandangmu


Ini juga termasuk cara meningkatkan mood menjadi lebih baik. Mood juga berkaitan dengan bagaimana sudut pandangmu terhadap sesuatu. Sudut pandang yang tidak tepat (negatif) bisa membuat mood menjadi buruk. Sebaliknya sudut pandang yang positif dapat membuat mood jadi lebih baik.

Jadi saat mood sedang tidak baik cobalah ubah sudut pandangmu terhadap hal-hal yang terjadi dalam hidup. Misalnya, alih-alih fokus pada apa yang tidak kita miliki serta membandingkan diri kita dengan orang lain, lebih baik fokus pada semua hal yang kita miliki dan bersyukurlah.

Saya sendiri mengakui bahwa mengubah sudut pandang tidaklah semudah membuka bungkus coklat. Tapi ini bisa dilatih Mam, dengan cara membiasakan untuk memilih pikiran-pikiran yang positif. Meski awalnya tidak mudah, seiring waktu saya bisa lebih terbiasa untuk memilih pikiran yang positif.


4. Lakukan hal yang membuatmu bahagia


Coba pikirkan aktivitas apa yang membuatmu merasa bahagia saat melakukannya. Melakukan hal-hal yang membuatmu bahagia merupakan cara meningkatkan mood jadi lebih baik. Apakah itu membaca buku favorit, menonton film, memasak, atau apapun yang membuatmu bahagia. Aktivitas tersebut akan mengalihkan pikiran dari hal-hal negatif yang membuat mood kita tidak baik.

“Kebahagiaan yang sesungguhnya adalah yang berasal dari dalam dirimu, bukan dari hal-hal di luar dirimu”


5. Bicara dengan orang yang Mama cintai


Cara meningkatkan mood yang selanjutnya yaitu bicaralah dengan orang yang Mama cintai, meski itu hanya sekadar berbicara melalui telepon selama beberapa menit. Mendapat dukungan dari orang yang Mama cintai dapat membuatmu lebih semangat. Orang tersebut bisa pasangan, sahabat, atau saudara terdekat.

Pilihlah orang yang bisa menjadi pendengar yang baik, yang bisa menyemangati Mama dengan kata-katanya, atau bisa membuatmu tertawa. Tidak bisa berbicara di telepon? Mama bisa menghubunginya melalui aplikasi chat. Bertukar emoji, GIF lucu, atau kalimat lelucon dengan orang yang Mama cintai juga bisa membuatmu terhibur, bukan?


6. Berjalan-jalan


Jalan-jalan keluar rumah juga bisa jadi cara ampuh meningkatkan suasana hati yang sedang tidak baik. Apalagi jika Mama memilih tempat tujuan yang bernuansa alam seperti taman atau ruang terbuka hijau lainnya. Berjalan-jalan sambil menikmati alam bisa meningkatkan produksi “hormon bahagia” yang membuat suasana hati jadi lebih baik.

Selain itu, berjalan kaki bisa membantu mengeluarkan hormon endorfin dalam tubuh yang berfungsi untuk meredakan stres dan rasa tidak nyaman pada tubuh. Waktu yang paling bagus untuk berjalan kaki adalah pagi hari saat matahari masih terasa hangat. Sebab cahaya matahari pagi selain membuat tubuh lebih sehat juga membantumu lebih semangat.


7. Lakukan kebaikan


Saat melakukan kebaikan seperti membantu orang lain, hal ini akan memberimu perasaan bahagia. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menjadi sukarelawan cenderung memiliki kesehatan dan kebahagiaan yang lebih besar.

Sebab, saat melakukan kebaikan untuk orang lain Mama akan melihat senyum dan kebahagiaan dari wajah orang lain. Senyum dan kebahagiaan inilah yang kemudian menular kepada dirimu sehingga mood menjadi lebih baik.

Perbuatan baik ini bisa berupa apa saja, mulai dari kata-kata manis yang membuat orang lain tersenyum mendengarnya, memberi hadiah, atau bersedekah untuk orang yang membutuhkan. Mengetahui bahwa Mama telah membuat orang lain bahagia akan membuat pikiran jadi lebih positif. Jadi, saat Mama membutuhkan sesuatu yang dapat meningkatkan mood cobalah untuk melakukan kebaikan.


8. Konsumsi makanan yang meningkatkan mood


Mood booster yang satu ini juga termasuk ampuh untuk membuat suasana hati jadi lebih baik. Ternyata terdapat kaitan antara apa yang Mama makan dengan suasana hati. Ada beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan mood Mama. Sebab makanan ini memiliki nutrisi yang memungkinkan otak berfungsi dengan baik sehingga Mama jadi lebih mudah berpikir positif.

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat dan enak tentunya yang bisa membantu meningkatkan mood:

– ANGGUR

Anggur merupakan makanan yang bisa meningkatkan mood. Buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan antioksidan terutama flavonoid yang bisa memengaruhi mood.

– STROBERI

Selain anggur, makanan peningkat mood yang satu ini juga tak kalah enaknya. Stroberi banyak mengandung nutrisi dan berbagai vitamin seperti vitamin A dan C. Itu sebabnya buah berwarna merah ini bermanfaat bagi kesehatan otak serta membantu meningkatkan senyawa kimiawi bahagia yang dihasilkan otak.

– PISANG

Satu buah pisang mengandung gula alami dan serat dalam jumlah yang seimbang. Saat gula dipasangkan dengan serat dalam jumlah yang cukup akan membuat pelepasan gula ke aliran darah menjadi lebih lambat. Sehingga kadar gula darah lebih stabil dan kontrol suasana hati jadi lebih baik pula. Perlu Mama ketahui bahwa kadar gula darah yang terlalu rendah bisa menyebabkan suasana hati yang tidak baik.

– KACANG-KACANGAN

Kacang-kacangan juga termasuk salah satu makanan yang meningkatkan mood. Sebab makanan sehat dan enak yang satu ini mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu tubuh memproduksi serotonin yaitu senyawa kimiawi yang membuat suasana hati lebih baik.

Jenis kacang-kacangan ini diantaranya kacang mete, almond, walnut, serta kacang Brazil. Sebaiknya makanlah kacang-kacangan yang hanya diolah dengan cara dipanggang tanpa bumbu sehingga manfaatnya lebih optimal.

– YOGURT

Yogurt merupakan jenis makanan fermentasi yang bisa meningkatkan mood. Proses fermentasi pada yogurt menghasilkan probiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus serta meningkatkan kadar serotonin. Usus yang sehat berperan terhadap kesehatan otak. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara usus yang sehat dengan tingkat stres yang lebih rendah.

Pilihlah jenis yogurt alami yang tidak menggunakan banyak gula, perasa buatan, pewarna sintetik, maupun pengawet. Sehingga manfaat baiknya bisa Mama rasakan lebih maksimal.

Demikian berbagai cara meningkatkan mood yang bisa Mama coba. Diantara sekian banyak cara di atas manakah yang paling cocok untukmu? Lakukan cara tersebut, ya! 🙂

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 9 Cara Mengatasi Stres pada Diri Sendiri yang Perlu Mama Coba 😍


Credit photo: freepik.com

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛