4 Jenis Meditasi untuk Pemula yang Mudah untuk Mama Lakukan 🤍


jenis meditasi untuk pemula



Buat saya meditasi merupakan salah satu aktivitas yang bisa dibilang sangat penting untuk menjaga kesehatan holistik. Sebab meditasi yang sudah saya lakukan sejak 3 tahun lalu ini memberikan manfaat bukan hanya untuk kesehatan mental saya, tapi juga untuk kesehatan emosional, spiritual, dan fisik 🙂

Meditasi lebih dari sekadar duduk diam dalam jangka waktu tertentu. Meditasi merupakan cara untuk menghubungkan tubuh, pikiran, hati, dan jiwa. Meditasi memiliki banyak manfaat menakjubkan bagi kesehatan secara menyeluruh, mulai dari fisik, mental, emosional, hingga spiritual. Terdapat berbagai jenis meditasi yang bisa Mama coba.

Namun, jika Mama belum pernah melakukan meditasi sebelumnya sebaiknya pilih jenis meditasi untuk pemula yang mudah dilakukan. Sehingga Mama merasa nyaman dan bisa melakukannya secara konsisten. Sebab manfaat meditasi hanya akan Mama rasakan secara optimal jika meditasi ini dilakukan secara rutin. Mari simak ulasan mengenai beberapa jenis meditasi yang cocok bagimu yang masih pemula.


4 Jenis Meditasi untuk Pemula yang Mudah untuk Mama Lakukan


Mama bisa mencoba satu persatu jenis meditasi berikut ini untuk mengetahui mana yang paling cocok untukmu. Mama juga bisa memvariasikan meditasi yang dirimu lakukan. Misalnya, dengan melakukan jenis meditasi A selama beberapa waktu kemudian mengganti dengan jenis meditasi B. Sehingga Mama tidak mudah merasa bosan karena melakukan hal yang sama setiap harinya secara terus menerus.


1. Meditasi terpandu (guided meditation)


Ini merupakan jenis meditasi untuk pemula yang pertama bisa Mama coba. Meditasi terpandu adalah jenis meditasi yang menggunakan panduan atau bimbingan saat Mama melakukannya. Meditasi ini sangat cocok bagimu yang belum pernah melakukan meditasi dan tidak tahu bagaimana caranya.

Dalam meditasi terpandu, Mama akan dibimbing oleh seorang guru, narator, atau mereka yang lebih ahli dalam hal meditasi. Hal ini bisa dilakukan secara langsung maupun melalui video atau audio. Pemandu meditasi akan membimbingmu bagaimana langkah-langkah dalam meditasi tersebut. Mama hanya tinggal mengikuti instruksi yang diberikan.

Meditasi terpandu memiliki berbagai tema atau topik yang berbeda-beda, misalnya berkaitan dengan kesehatan fisik maupun penyembuhan, ketenangan pikiran, kesejahteraan, dan lain-lain.

Meditasi terpandu memiliki berbagai manfaat, di antaranya meningkatkan kesehatan fisik, mental dan emosional serta membantu untuk fokus. Manfaat ini bisa berbeda-beda tergantung dari tema atau topik dalam meditasi tersebut. Mama bisa mengikuti meditasi terpandu ini melalui kelas meditasi di sekitar tempat tinggalmu maupun melalui aplikasi yang bisa diunduh pada smartphone.

Setiap meditasi memberikan manfaat yang hampir serupa, jadi tidak ada satu meditasi yang lebih baik dari yang lain atau sebaliknya. Kembali lagi pada pilihanmu mana jenis meditasi yang paling sesuai dan nyaman untuk Mama lakukan.

Bagi sebagian orang meditasi terpandu ini lebih memudahkan sebab Mama hanya tinggal mengikuti instruksi yang diberikan oleh narator. Namun, jika tidak cocok dengan meditasi terpandu yang menggunakan narator saat sesi meditasi, Mama bisa coba jenis meditasi yang lainnya.


2. Meditasi kesadaran penuh (mindfulness meditation)

 

Jenis meditasi untuk pemula yang satu ini bisa jadi sudah sering Mama dengar, bukan? Ya, meditasi kesadaran penuh atau yang populer dengan sebutan meditasi mindfulness merupakan jenis meditasi yang bisa dilakukan di mana saja tanpa Mama harus duduk diam di suatu tempat. Mama bisa melakukan meditasi ini sambil beraktivitas, seperti makan, berjalan, hingga melakukan berbagai tugas rumah tangga.

Kunci dalam melakukan meditasi kesadaran penuh yaitu Mama perlu benar-benar memberikan perhatian penuh terhadap apa yang sedang dilakukan saat ini, apa yang terjadi di sekitarmu saat ini, dan apa yang Mama pikirkan dan rasakan. Namun, tanpa Mama harus menilai atau menghakimi apa pun. Mama hanya perlu menerima semua yang terjadi saat ini dengan penuh kesadaran dan kebijaksanaan.

Meditasi kesadaran penuh memberikan banyak manfaat, di antaranya membantu meningkatkan fokus, mengurangi stres, meningkatkan suasana hati menjadi lebih positif, meningkatkan kesadaran diri, serta membantumu lebih sehat secara menyeluruh.

Selain menerapkan meditasi kesadaran penuh ini dalam aktivitas sehari-hari, Mama juga bisa meluangkan waktu khusus untuk melakukan meditasi ini, caranya:

  Pertama-tama, cari tempat yang tenang dan nyaman, di kamar tidur atau di ruang kerja misalnya. Duduklah di kursi yang nyaman atau lantai (gunakan alas duduk seperti karpet atau bantal tipis) dengan kepala, leher, dan punggung lurus namun tidak kaku. Mengenakan pakaian yang nyaman dan longgar juga membantu agar meditasi bisa lebih fokus.

–  Kedua, tetapkan berapa menit waktu yang Mama inginkan untuk meditasi ini. Sebagai langkah awal sebaiknya mulailah dengan waktu yang lebih singkat antara 5 hingga 10 menit. Gunakan alarm yang lembut dengan volume yang rendah sehingga Mama tidak merasa terkejut saat mendengarnya.

–  Ketiga, pejamkan mata dan fokuslah pada pernapasanmu. Sadari napasmu dengan merasakan sensasi udara yang masuk dan keluar dari tubuh saat bernapas. Rasakan perutmu mengembang saat menarik napas yang panjang secara perlahan melalui hidung. Kemudian rasakan juga perut kembali mengempis saat menghembuskan napas yang panjang secara perlahan melalui mulut.

–  Keempat, perhatikan pikiranmu. Berusahalah untuk lebih nyaman dengan pikiranmu. Tetap tenang dan tidak perlu melakukan penilaian/menghakimi setiap ada pikiran negatif yang muncul.

Saat merasa tidak tenang dengan pikiranmu kembalilah fokus pada pernapasan, begitu seterusnya. Bayangkan pikiran seperti awan yang melintas dan Mama menyaksikan awan tersebut bergerak dan berubah-ubah, namun Mama tetap tenang.

–  Kelima, sadari apa yang Mama rasakan pada tubuh dan apa yang terjadi di sekitarmu. Sensasi apa yang Mama rasakan pada tubuh? Suara apa yang Mama dengar di sekitarmu? Apakah ada aroma yang Mama cium di sekitarmu? Cobalah untuk tidak memikirkan masa lalu ataupun mengkhawatirkan masa depan, tetapi fokus dan hadirlah pada saat ini.


3. Meditasi pernapasan (breathing meditation)


Jenis meditasi untuk pemula yang selanjutnya adalah meditasi pernapasan. Meditasi ini bertujuan untuk lebih fokus atau memperhatikan sensasi keluar masuknya napas pada tubuhmu. Meditasi pernapasan menggunakan latihan pernapasan dalam, dimana Mama akan bernapas panjang dan dalam. Hal ini untuk mencapai hasil yang optimal berupa ketenangan.

Melakukan meditasi pernapasan telah terbukti bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mengurangi rasa sakit, mengurangi stres dan kecemasan, mengurangi pikiran negatif, meningkatkan fokus, meningkatkan kesehatan otak, dan lain-lain.

Meditasi pernapasan ini bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun di sela-sela Mama beraktivitas. Misalnya, saat Mama sedang bekerja cobalah luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan meditasi pernapasan ini.

Saat memfokuskan perhatian pada napas, maka Mama akan terlepas dari pikiran-pikiran yang membuatmu cemas, termasuk memikirkan masa lalu ataupun masa depan.

Mulailah meditasi pernapasan dari waktu yang paling ringan, misalnya 5 hingga 10 menit. Durasi ini bisa ditambahkan seiring waktu saat Mama sudah benar-benar merasa nyaman dan bisa konsisten dengan rutinitas meditasi.

Carilah tempat yang nyaman di mana Mama tidak akan terganggu saat meditasi. Atur alarm dan duduklah dengan posisi punggung lurus baik itu di kursi atau di lantai, yang penting buatlah dirimu senyaman mungkin. Kemudian bernapaslah dengan cara yang telah diulas sebelumnya pada langkah ketiga dalam meditasi kesadaran penuh.

Tujuan dari meditasi pernapasan adalah untuk fokus pada napas dan setiap kali Mama merasa terganggu kembalikan fokus ke napas tanpa menghakimi apa pun atau melakukan penilaian.

Perlu diingat bahwa fungsi meditasi bukan untuk menghilangkan sama sekali gangguan/pikiran-pikiran yang ada dalam dirimu. Tetapi untuk membantu mengendalikan pikiran sehingga Mama lebih tenang dan bisa fokus pada hal-hal yang lebih positif.

“Pikiran akan selalu dihampiri oleh hal-hal yang negatif. Namun kita selalu bisa memilih bagaimana cara kita merespon pikiran negatif tersebut”

 

4. Meditasi mantra (mantra meditation)


Meditasi ini juga merupakan jenis meditasi untuk pemula yang bisa Mama coba. Meditasi mantra termasuk salah satu meditasi yang populer dan banyak disukai. Mantra di sini bisa berupa kata atau kalimat yang diucapkan secara berulang-ulang selama meditasi baik di dalam hati maupun dengan bersuara.

Mantra ini menjaga pikiran tetap fokus dan berfungsi untuk membantu mencapai tujuan Mama bermeditasi. Misalnya jika Mama ingin lebih tenang, cobalah ucapkan mantra “I’am calm” atau “I’am relax”. Atau Mama bisa gunakan kata-kata “I’am healthy” jika ingin lebih sehat. Gunakanlah kata atau kalimat yang maknanya sesuai dengan tujuan Mama meditasi.

Manfaat meditasi mantra di antaranya untuk membantu mencapai keinginanmu yang diucapkan melalui mantra, meningkatkan fokus, mengurangi stres, serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Sama halnya dengan jenis meditasi lainnya, tujuan dan manfaat meditasi akan dirasakan setelah Mama melakukannya secara rutin selama beberapa waktu. Masing-masing orang bisa jadi berbeda mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merasakan manfaatnya.

Saat awal melakukan meditasi beberapa tahun lalu, saya pun tidak langsung merasakan manfaatnya. Saya baru merasakan manfaatnya setelah beberapa bulan melakukan meditasi setiap hari selama 5 menit. Hingga saat ini waktu meditasi saya tidak bertambah terlalu banyak, tapi saya berusaha untuk konsisten melakukannya setiap hari. Sekarang ini saya melakukan meditasi selama 15 menit setiap harinya.

Jika dalam beberapa kali meditasi Mama belum merasakan manfaatnya, jangan menyerah. Teruskan bermeditasi, sebab perlahan tapi pasti meditasimu akan membuahkan hasil 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~


Inspirasi lainnya: Inilah 7 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mama 😍

 

Credit photo: freepik.com

References:

chopra.com/articles/5-meditation-styles-for-beginners-choosing-the-right-type-for-you

headspace.com/meditation/guided-meditation

verywellmind.com/mindfulness-meditation-88369

mindbodygreen.com/articles/how-does-mantra-meditation-work-guide-to-how-to-start/

betterup.com/blog/mindful-breathing


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛