7 Cara Menjaga Kesehatan Otak yang Penting untuk Mama Lakukan 💚


cara menjaga kesehatan otak



Beberapa tahun lalu, tepatnya sebelum saya mengenal gaya hidup holistik, saya tidak pernah meniatkan melakukan sesuatu secara khusus untuk menjaga kesehatan otak. Yang saya ketahui hanya bagaimana menjaga kesehatan tubuh tanpa berpikir secara spesifik mengenai otak. Belakangan baru saya pahami bahwa dalam tubuh kita ada bagian-bagian yang perlu diperhatikan secara khusus karena perannya yang sangat penting.

Otak merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh. Otak adalah tempat menyimpan berbagai informasi penting, memikirkan berbagai hal termasuk solusi dari sebuah masalah, hingga mengendalikan setiap gerakan tubuh. Dan masih banyak lagi peran otak dalam tubuhmu. Maka dari itu sangat penting bagi Mama untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan otak.

Tidak perlu menunggu hingga terjadi perubahan kognitif (proses berpikir) ataupun kehilangan memori saat usia telah mencapai 60 atau 70-an. Mulailah memperhatikan kesehatan otak dari sekarang agar otak berfungsi dengan baik sepanjang hidupmu. Yuk, mari kita simak ulasan mengenai berbagai cara menjaga kesehatan otak di bawah ini 😊


7 Cara Menjaga Kesehatan Otak


Beralih ke gaya hidup yang lebih baik akan membantu meningkatkan kesehatan otak. Namun, bukan hanya bermanfaat bagi otak, cara-cara menjaga kesehatan otak berikut ini juga tentunya berdampak pada kesehatanmu secara menyeluruh mulai dari mental, emosional, spiritual, dan fisik. Sebab setiap bagian dari dirimu saling berkaitan dan memengaruhi satu sama lain.


1. Tidur nyenyak dan berkualitas


Ini merupakan cara menjaga kesehatan otak yang pertama perlu Mama lakukan. Sama seperti tubuh, otakmu perlu istirahat selama sekitar 7 jam setiap harinya. Namun saya percaya bahwa waktu tidur ini berbeda bagi masing-masing orang. Ada yang cukup hanya dengan tidur 6 jam, ada pula yang membutuhkan waktu tidur lebih dari itu hingga 7 jam.

Tidur merupakan hal terpenting yang bisa Mama lakukan untuk mengatur ulang otak sehingga bisa kembali berfungsi dengan baik, menyembuhkan dari berbagai penyakit atau gangguan, serta memulihkan kesehatan pikiran.

Bukan hanya itu saja, penelitian terbaru menyatakan bahwa selama tidur otak juga membersihkan racun-racun yang bisa menyebabkan penyakit pada otak. Saat tidak mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, hal ini akan memengaruhi kesehatan otak. Ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan untuk membantu memperoleh tidur yang nyenyak dan berkualitas.

  • Pertama, tidurlah di waktu yang sama setiap harinya dan matikan handphone serta laptop setidaknya 30 menit sebelum waktu tidur.
  • Kedua, sebelum tidur tulislah segala kekhawatiranmu agar pikiran jadi lebih tenang dan Mama lebih mudah untuk tidur nyenyak.
  • Ketiga, lakukan meditasi selama 5-10 menit sebelum tidur untuk menenangkan pikiran sehingga Mama lebih mudah tidur dan nyenyak.


2. Minimalkan stres


Cara menjaga kesehatan otak yang satu ini juga penting untuk Mama lakukan. Stres tak hanya berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik saja, tapi juga terhadap kesehatan otak. Stres merupakan hal yang tidak bisa dihindari sepenuhnya, namun Mama bisa berusaha meminimalkannya.

“Cara terbaik mengatasi stres bukan dengan cara menghindarinya, tapi dengan mengelolanya”

Salah satu hal terbaik untuk meminimalkan stres adalah dengan meditasi rutin. Dengan melakukan meditasi secara rutin akan sangat membantu mengurangi stres serta dampak negatif yang ditimbulkannya. Meditasi berfungsi untuk menenangkan pikiran sehingga Mama merasa lebih damai. Ada berbagai jenis meditasi yang bisa Mama coba.

Meditasi terpandu (guided meditation), meditasi kesadaran penuh (mindfulness meditation), meditasi mantra (mantra meditation), hingga meditasi pernapasan (breathing meditation) merupakan jenis-jenis meditasi yang cocok untuk pemula. Mulailah meditasi dari waktu yang paling ringan yaitu 5-10 menit setiap harinya.


3. Pola makan sehat


Selain kedua cara diatas, menerapkan pola makan sehat juga termasuk salah satu cara menjaga kesehatan otak. Memperbanyak asupan asam lemak omega 3 (diantaranya: ikan makerel, ikan salmon, minyak ikan kod, kerang laut/tiram, ikan sarden, dan lain-lain), sayuran berdaun hijau, hingga buah-buahan terutama buah beri dan alpukat dapat membantu menjaga otak tetap sehat.

Salah satu makanan yang banyak digemari khususnya oleh wanita dan bermanfaat untuk kesehatan otak adalah cokelat hitam. Penelitian terbaru menyatakan bahwa kandungan flavanol yang terdapat pada biji cokelat bisa membantu meningkatkan memori serta fungsi kognitif. Namun untuk memperoleh manfaat maksimal sebaiknya konsumsi jenis cokelat hitam yang tidak mengandung banyak gula.

Wah, bahagia sekali saya mengetahui bahwa cokelat termasuk makanan yang baik untuk otak. Sebab saya merupakan penggemar berat makanan ajaib yang satu ini. Makanan apapun dengan rasa cokelat yang kental saya pasti suka. Tapi saya lebih suka makanan dengan cokelat yang lebih pekat sehingga tidak terlalu manis.

Terbiasa mengonsumsi makanan sehat dalam keseharian membantu menjaga otak tetap sehat dan awet muda. Selain itu, Mama juga perlu membatasi asupan gula serta makanan olahan yang diberi bahan-bahan tambahan sintetik (pengawet, perasa, pewarna, hingga pemanis sintetik).


4. Olahraga


Cara menjaga kesehatan otak yang selanjutnya adalah olahraga. Melakukan olahraga secara rutin bukan hanya membuat tubuh lebih bugar dan memperoleh berat badan ideal, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak.

Sebuah penelitian besar di Kanada menemukan bahwa mereka yang aktif secara fisik (dengan rutin olahraga) mendapatkan nilai yang tinggi pada tes memori serta pemecahan masalah.

Sebab olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak serta meningkatkan ukuran hippocampus yang secara alami menyusut seiring bertambahnya usiamu. Hippocampus ini merupakan bagian otak yang bertanggung jawab dalam hal memori.

Pilihlah jenis olahraga yang Mama sukai sehingga Mama lebih semangat melakukannya, apakah itu menari, senam, berenang, atau bahkan berjalan kaki selama 30 menit. Penelitian menyatakan bahwa mereka yang terbiasa berjalan kaki secara rutin mengalami peningkatan kinerja memori serta pertumbuhan area memori di otak.


5. Memperhatikan kesehatan jantung


Mama juga perlu memperhatikan kesehatan jantung jika ingin otak tetap sehat. Sebab kesehatan jantung dan otak memiliki keterkaitan yang sangat erat. Saat jantung tidak sehat dan terganggu, hal ini dapat menghambat aliran darah ke otak yang kemudian meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif (penurunan fungsi saraf otak).

Saat aliran darah ke otak terhambat, maka sel-sel dalam otak pun akan terganggu yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko kerusakan otak sementara atau bahkan permanen. Untuk itulah agar aliran darah tetap mengalir dengan mudah melalui jantung, Mama perlu menjaga kesehatan jantung melalui penerapan gaya hidup sehat.

Sebuah penelitian di Swedia yang dilakukan terhadap lebih dari 30.000 wanita menunjukkan bahwa mereka yang menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, rutin olahraga, tidak merokok, serta menjaga berat badan ideal memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah dibanding wanita yang tidak menerapkan gaya hidup sehat.


6. Belajar hal-hal baru


Salah satu kiat menjaga kesehatan otak yang satu ini juga menarik untuk Mama terapkan. Mempelajari hal-hal baru (keterampilan) yang Mama sukai seperti belajar memasak menu makanan yang belum dikuasai, memainkan alat musik, bahasa asing, membaca buku dengan tema yang belum pernah Mama baca, hingga menulis huruf bahasa asing dapat membantu menjaga otak tetap sehat.

Semakin banyak stimulasi intelektual yang Mama lakukan maka semakin banyak berbagai sirkuit saraf otak yang digunakan, artinya risiko terkena penyakit neurodegeneratif semakin menurun.

Tetap aktif secara mental dengan mempelajari hal-hal baru tidak hanya membuat koneksi sel saraf tetap kuat, tapi juga bisa menciptakan sel saraf baru di otak untuk menggantikan sel saraf yang rusak. Dengan demikian otak Mama jadi lebih sehat dan berfungsi dengan optimal.


7. Bersosialisasi


Cara menjaga kesehatan otak yang terakhir dalam daftar ini yaitu bersosialisasi. Meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu, seperti keluarga, kerabat, teman, dan rekan kerja juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Sebab saat Mama bersosialisasi, darah bersirkulasi ke beberapa bagian otak yang berbeda sehingga membuat otak menjadi lebih sehat.

Selain itu, tetap aktif secara sosial juga bermanfaat untuk mengurangi stres serta menjaga sel-sel otak tetap sehat. Saat stres berkurang tentunya otak akan berfungsi dengan lebih baik.

Bergaul dan bercakap-cakap dengan orang-orang di sekitarmu merupakan cara yang baik untuk merangsang otak tetap aktif dan juga meningkatkan ketajaman kognitif.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan otak yang bisa Mama lakukan mulai dari sekarang. Ayo Mam, pelan-pelan kita terapkan cara-cara tersebut secara bertahap dalam keseharian! 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 8 Manfaat tidur untuk kesehatan otak yang Bisa Jadi Belum Mama Ketahui

 

Credit photo: istockphoto.com

References:

webmd.com/brain/features/keeping-your-brain-fit-for-life

healthline.com/health-news/heres-how-to-keep-your-brain-healthy-as-you-age

nebraskamed.com/neurological-care/tips-to-maintain-your-brain-health

recognitionhealth.com/keep-your-brain-healthy/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛