7 Cara untuk Berpikir Lebih Positif yang Membuat Mama Mudah Bahagia 💛


cara untuk berpikir lebih positif


Sebelum saya belajar untuk bisa lebih mengelola pikiran, saya termasuk yang overthinking alias sering memikirkan sesuatu secara berlebihan. Dan sebagian dari pikiran tersebut adalah pikiran yang negatif. Adakah yang mengalami hal yang sama dengan saya?

Pikiran-pikiran negatif yang muncul di kepalamu sebenarnya merupakan hal yang normal. Setiap manusia tentu tidak terlepas dari pikiran-pikiran negatif dalam kesehariannya. Jadi, jika Mama berharap untuk selalu bisa berpikiran positif 24 jam setiap hari maka itu adalah hal yang tidak realistis. Namun, Mama bisa melatih diri sendiri untuk lebih banyak berpikir positif.

Berpikir positif artinya Mama mampu melihat sisi baik dari setiap situasi termasuk dari kejadian yang negatif atau tidak menyenangkan. Dengan lebih banyak berpikir positif Mama bisa mendapat banyak manfaat. Bukan hanya membuatmu lebih sehat tapi juga bahagia dan damai. Di artikel kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa cara untuk berpikir lebih positif yang bisa Mama terapkan 😊


7 Cara untuk Berpikir Lebih Positif yang Membuat Mama Mudah Bahagia


Percayalah, Mama bisa melatih pikiran untuk berpikir lebih positif. Tentunya untuk melatih pikiran tidak dilakukan dalam semalam ya, Mam. Mama bisa menerapkan satu persatu cara untuk berpikir lebih positif berikut ini. Iringi setiap usaha dengan sabar, sebab hal ini membutuhkan proses. Seiring waktu usahamu pasti membuahkan hasil.


1. Minimalkan informasi negatif


Cara untuk berpikir lebih positif yang pertama perlu dilakukan adalah minimalkan informasi negatif yang bisa Mama peroleh dari berbagai sumber, seperti sosial media, televisi, maupun dari pembicaraan dengan orang lain.

Penggunaan sosial media sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat jika digunakan dengan tepat dan bijak. Namun, jika tidak tepat dalam penggunaannya, sosial media justru bisa menjadi sumber untuk para penggunanya memperoleh berbagai informasi yang negatif.

Dan pada akhirnya informasi negatif tersebut bisa memengaruhi kesehatan pikiranmu. Selain itu, sosial media juga kerap membuat penggunanya menjadi mudah membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain yang dilihatnya di sosial media tersebut.

“Membandingkan dirimu dengan orang lain hanya akan membuatmu merasa tidak damai. Cukuplah membandingkan diri sendiri dengan dirimu di masa lalu, apakah sudah lebih baik?”

Berbagai informasi negatif yang Mama terima serta perilaku perbandingan sosial tersebut memengaruhi kemampuanmu untuk berpikir positif dan menghargai diri sendiri. Jadi, sebaiknya minimalkan konsumsi informasi negatif terutama dari sosial media jika Mama ingin bisa berpikir lebih positif.


2. Ucapkan kata-kata yang positif


Ini merupakan cara untuk berpikir lebih positif yang selanjutnya bisa Mama terapkan. Biasakan untuk memilih kata-kata yang positif saat berbicara terhadap diri sendiri maupun orang lain. Sebab, kata-kata yang Mama ucapkan bisa membuat perbedaan besar yang memengaruhi bagaimana perasaanmu.

Mengucapkan hal-hal yang positif bisa membuatmu jadi lebih optimis dan juga secara alami mengarahkan pikiran menjadi lebih positif. Kata-kata yang positif juga memberikan energi yang lebih positif. Dan saat mengeluarkan energi positif ke dunia, Mama pun akan menerima lebih banyak energi positif di dalam dirimu.

Mulailah awal hari dengan mengucapkan kata-kata yang positif. Misalnya, “Hari ini saya bisa lebih sehat, bahagia, dan damai” atau apa pun kalimat positif yang cocok dan menarik bagimu.


3. Self talk yang positif


Cara untuk berpikir lebih positif yang berikutnya yaitu membiasakan diri untuk berbicara dengan diri sendiri (self talk) yang positif. Apakah Mama setuju jika ada yang mengatakan bahwa pengkritik terbesarmu adalah diri sendiri? Sebab seringkali kita begitu mudahnya mengkritik diri sendiri dan mengatakan hal-hal yang negatif terhadap diri sendiri.

Perlu diketahui bahwa apa yang Mama katakan terhadap diri sendiri bisa memengaruhi karakter serta kesehatan mentalmu. Membiasakan self talk yang positif bisa mengarahkan pikiran, perasaan, dan perilaku ke arah yang lebih positif.

Cobalah untuk berlatih lebih “sadar” terhadap apa yang Mama katakan terhadap diri sendiri. Setiap kali Mama mengatakan hal yang negatif terhadap diri sendiri, koreksilah hal tersebut dengan mengatakan hal yang sebaliknya (positif).

Misalnya, saat Mama mengatakan “Ini susah, saya tidak bisa melakukannya”, ubahlah kalimat tersebut menjadi “Ini mudah, saya bisa melakukannya”. Lakukan self talk positif tersebut berulang-ulang setiap kali self talk negatif muncul. Mama akan merasakan perbedaan dalam perasaaanmu.


4. Menulis jurnal syukur


Menulis jurnal rasa syukur juga termasuk salah satu cara untuk berpikir lebih positif. Hal ini bisa membuatmu lebih fokus pada hal-hal positif dalam hidup. Memperbanyak rasa syukur memberikan manfaat untuk kesehatan emosional, mental, dan spiritual.

Secara rutin menulis jurnal syukur setiap hari bisa membantumu jadi lebih mudah untuk berpikir positif dalam hidup. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology, menunjukkan bahwa mereka yang menulis jurnal rasa syukur secara rutin mengalami peningkatan kebahagiaan dan menjadi lebih optimis.

Cobalah luangkan waktu 10-15 menit setiap malam menjelang tidur untuk menuliskan beberapa hal yang Mama syukuri. Mama bisa menuliskan apa saja termasuk hal-hal kecil yang membuatmu tersenyum hari itu.


5. Bersikap baik pada diri sendiri


Cara untuk berpikir lebih positif selanjutnya adalah bersikap baik pada diri sendiri. Saat mengalami situasi yang tidak menyenangkan, ingatlah untuk selalu bersikap lebih santai. Tidak perlu berusaha terlalu keras yang akhirnya justru menimbulkan tekanan pada diri sendiri. Rasa tertekan ini bisa membuatmu semakin sulit untuk berpikir positif.

Anda perlu memberikan diri sendiri toleransi untuk merasakan emosi, apapun itu. Sedih, takut, ataupun marah merupakan emosi yang normal untuk dirasakan. Terimalah emosi yang Mama rasakan. Penerimaan bisa membantumu mengalami lebih sedikit emosi negatif dibanding mencoba menghakimi atau menekan emosi tersebut.

Namun, jika emosi yang Mama rasakan itu sudah berlebihan dan terjadi secara terus menerus maka jangan ragu untuk meminta bantuan mereka yang lebih ahli untuk membantumu mengatasinya.

Saya pribadi merasa lebih damai setelah belajar untuk bisa bersikap baik pada diri sendiri. Buat saya hal ini juga termasuk bentuk rasa cinta terhadap diri sendiri yang sangat penting untuk kita miliki.


6. Berada di sekitar orang yang berpikiran positif


Cara untuk berpikir lebih positif berikut ini juga penting untuk diterapkan. Sebab orang-orang yang sering bersamamu dalam keseharian bisa sangat memengaruhi pola pikirmu.

Jika sering berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif maka Mama pun akan terbawa untuk berpikiran positif juga. Maka dari itu berusahalah untuk berada dalam lingkungan yang positif untuk membantumu memiliki pola pikir positif.

Jika orang-orang terdekat tidak terlalu mendukungmu untuk memiliki pola pikir positif, setidaknya berusahalah untuk tidak mudah terbawa pola pikir negatif mereka.

Mama bisa kelilingi dirimu dengan orang-orang inspiratif di dunia maya, caranya dengan rutin mendengarkan podcast atau menonton video inspiratif mereka. Hal ini juga bisa memengaruhi pola pikir menjadi lebih positif.


7. Meditasi


Meditasi telah terbukti bisa membantu mengatasi stres, kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur yang berpengaruh pada kesehatan mental. Rutin meditasi membuat pikiran lebih mudah fokus pada saat ini, sehingga pikiranmu lebih tenang. Dan saat pikiran lebih fokus pada saat ini serta tenang, Mama pun jadi lebih mudah berpikir positif.

Ada berbagai cara meditasi bagi pemula yang bisa Mama coba. Jika belum terbiasa dengan meditasi mulailah dengan waktu meditasi yang paling ringan, misal 5 hingga 10 menit perhari. Jika tubuh perlu olahraga untuk melatih kekuatan fisik, maka otak juga perlu meditasi untuk melatih kekuatan mental.

Demikian beberapa cara untuk berpikir lebih positif yang bisa Mama lakukan. Mulailah dari langkah terkecil dan termudah yang bisa Mama lakukan, kemudian berusaha konsisten 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 8 Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Mental dan Fisik Mama

 

Credit photo: freepik.com

References:

insider.com/guides/health/mental-health/how-to-think-positive

oprahdaily.com/life/health/a25655113/how-to-be-more-positive/

healthshots.com/mind/happiness-hacks/these-4-simple-practices-will-help-you-think-positive-always/

healthline.com/health/how-to-think-positive

verywellmind.com/think-positive-2794771

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛