9 Pola Pikir Hidup Sehat yang Perlu Mama Miliki 💚


pola pikir hidup sehat


Saya akui, dulu banyak pemikiran saya yang kurang tepat terkait gaya hidup sehat. Misalnya, saya dulu berpikir bahwa faktor yang paling utama untuk sehat adalah mengonsumsi makanan sehat. Padahal banyak faktor lainnya yang juga sangat penting. Seperti menjaga kesehatan mental dan emosional. Sebaik apa pun kualitas makanan yang dikonsumsi, jika kita banyak berpikir negatif, sering merasa cemas, atau memiliki banyak ketakutan, maka kesehatan optimal tidak akan tercapai.

Menjalani gaya hidup sehat dalam keseharian bisa jadi bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang baru memulainya. Untuk itulah diperlukan pola pikir hidup sehat yang tepat agar gaya hidup sehat yang Mama jalani ini bisa terasa menyenangkan dan dilakukan secara terus menerus.

Sebab yang terpenting dari penerapan gaya hidup sehat adalah konsistensi alias dilakukan secara berkepanjangan. Dengan demikian Mama bisa memperoleh manfaat maksimal dari gaya hidup sehat yang dijalani. Melalui artikel kali ini saya mengajak Mama untuk pelan-pelan dan secara bertahap menerapkan pola pikir hidup sehat yang penting untuk dimiliki. Simak sampai selesai ya, Mam! 😊


9 Pola Pikir Hidup Sehat yang Perlu Mama Miliki


Pada masa-masa awal berusaha menjalani gaya hidup lebih sehat, saya pun mengalami betapa tidak mudahnya untuk bisa konsisten dan selalu melakukannya dengan perasaan bahagia. Namun, dengan memiliki pola pikir hidup sehat yang tepat bisa membantumu menjalani gaya hidup sehat yang terasa lebih mudah dan menyenangkan.


1. Tetapkan alasan yang bisa terus memotivasimu


Pola pikir hidup sehat pertama yang perlu dimiliki adalah tetapkan alasanmu. Sebaiknya pastikan alasan ini cukup kuat untuk dapat terus memotivasi. Jadikan alasan ini sebagai daily reminder di smartphone Mama yang mengingatkan untuk konsisten menjalani gaya hidup sehat setiap hari.

Jika alasanmu ini tidak cukup kuat maka Mama akan lebih mudah “tergoda” untuk melakukan hal-hal yang tidak mendukung gaya hidup sehat. Misalnya, tidak rutin olahraga dan saat melakukannya pun terasa malas, sering tidur larut malam, ataupun sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Saat awal menjalani gaya hidup sehat, alasan saya adalah untuk sembuh dari masalah-masalah kesehatan yang saya alami. Namun, lambat laun alasan tersebut berubah menjadi lebih besar. Sekarang ini alasan saya menjalani gaya hidup sehat yaitu agar bisa memiliki usia yang panjang dan sehat, bisa menjalani hidup dengan bahagia dan damai, serta untuk mendukung tercapainya tujuan hidup dan impian-impian saya.

Jadi tetapkan alasan yang lebih kuat sekaligus mencerahkan sehingga Mama termotivasi untuk terus konsisten.


2. Fokus pada hal-hal positif


Ini merupakan pola pikir hidup sehat yang kedua perlu Mama miliki. Tahukah Mama bahwa lebih mudah membiarkan pikiran melayang ke hal-hal negatif dibanding fokus pada hal positif. Maka dari itu Mama perlu melatih pikiran untuk lebih fokus pada hal-hal yang baik untuk dirimu. Melatih pikiran tentu membutuhkan waktu, tapi percayalah bahwa Mama bisa melakukannya jika sungguh-sungguh berusaha.

Misalnya, fokuslah pada makanan-makanan enak dan sehat yang Mama bisa nikmati alih-alih fokus pada sejumlah makanan “enak” namun tidak membuat tubuh lebih sehat yang perlu Mama tinggalkan.

Contoh lainnya, lebih baik fokus pada kemajuan kesehatanmu yang perlahan membaik daripada sibuk mempertanyakan mengapa tak kunjung sembuh. Dan masih banyak contoh lainnya. Berusahalah untuk selalu fokus pada hal-hal positif yang membuatmu merasa lebih optimis. Setiap kali pikiranmu mengarah ke hal yang negatif gantilah pikiran tersebut dengan yang lebih positif.


3. Fokus pada jangka panjang


Selain kedua hal di atas, pola pikir hidup sehat yang satu ini juga penting untuk dimiliki. Sebab seringkali kita membuat pilihan hanya berdasarkan pemikiran jangka pendek.

Misalnya, saat benar-benar lapar kita lebih memilih mengonsumsi makanan instan yang mengandung bahan-bahan tambahan sintetik dibanding memilih makanan yang lebih sehat. Karena pikiran kita saat itu hanya fokus untuk menghilangkan lapar saja.

Namun, jika memikirkan efek jangka panjangnya bagi tubuh, tentunya Mama lebih memilih makanan sehat. Sebab Mama pun memahami bahwa makanan sehat akan memberikan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatanmu di masa depan.


4. Sehat bukan hanya soal makanan


Pola pikir hidup sehat yang selanjutnya perlu Mama miliki yaitu pahami bahwa sehat bukan hanya soal makanan. Artinya, untuk mencapai kesehatan yang menyeluruh Mama tidak hanya membutuhkan makanan sehat saja, tapi lebih dari itu. Jadi perluas ruang lingkup pikiranmu mengenai berbagai cara yang bisa membuatmu lebih sehat.

Ya, tentu saja mengonsumsi makanan sehat termasuk hal yang sangat penting dalam menunjang kesehatan. Namun, di sisi lain ada juga hal-hal yang mendukungmu untuk lebih sehat.

Mulai dari olahraga rutin, tidur yang cukup dan berkualitas, menikmati waktu santai dengan diri sendiri (me time), jalan-jalan bersama orang-orang yang Mama cintai, hingga meditasi. Semua hal tersebut juga penting untuk disertakan dalam gaya hidup sehatmu.


5. Makan untuk menutrisi tubuh bukan untuk kenyang saja


Pola pikir hidup sehat berikut ini juga masih berkaitan dengan makanan. Pahami bahwa tujuan makan yang sesungguhnya adalah untuk menutrisi tubuh bukan hanya membuatmu kenyang saja.

Dengan pola pikir yang lebih tepat tersebut tentunya bisa membuatmu lebih memperhatikan bahan-bahan makanan yang Mama konsumsi. Sebab tubuh memerlukan nutrisi yang berasal dari bahan-bahan makanan sehat.

Mulai sekarang belajarlah untuk terbiasa membaca label komposisi yang tercantum dalam makanan yang Mama konsumsi. Sebisa mungkin minimalkan konsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan tambahan sintetik (perasa, pemanis, pewarna, serta pengawet sintetik).


6. Olahraga untuk menyehatkan tubuh bukan hanya untuk menjaga berat badan


Dengan menerapkan pola pikir hidup sehat yang satu ini, kemungkinan besar Mama bisa merasa lebih termotivasi untuk rutin berolahraga. Sebab tujuan untuk menyehatkan tubuh lebih utama dibanding menjaga berat badan, bukan?

Ada banyak manfaat olahraga yang penting sekaligus menarik untuk Mama pahami, mulai dari meningkatkan rasa bahagia, membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas, membuatmu lebih produktif, dan masih banyak lagi. Jadi jangan hanya fokus pada menjaga berat badan saja, karena masih banyak alasan penting lainnya.


7. Setiap orang memiliki pemikiran dan tubuh yang berbeda-beda


Setiap orang mempunyai pemikiran yang berbeda-beda, tidak ada yang persis sama. Begitupun dengan segala hal yang berkaitan dengan kesehatan. Persepsimu dengan pasangan pun mengenai kesehatan bisa jadi tak selalu sama. Jadi, saat menemukan berbagai perbedaan-perbedaan mengenai ilmu atau informasi kesehatan, Mama tidak perlu bingung harus mengikuti yang mana.

Solusinya adalah lakukan apa yang paling cocok untukmu termasuk tubuhmu. Karena cara yang satu bisa jadi cocok dan berhasil untuk orang lain namun belum tentu untukmu begitu pula sebaliknya. Karakter tubuh masing-masing orang berbeda-beda. Sehingga cara perawatannya pun tidak bisa persis sama.


8. Sehat tidak harus mahal


Apakah masih ada yang berpikir bahwa sehat itu mahal? Karena harus mengonsumsi makanan organik, pergi ke tempat fitnes, dan lain-lain. Percayalah, Mama tidak perlu melakukan hal-hal yang diluar kemampuanmu untuk benar-benar sehat.

Jika belum mampu mengonsumsi makanan organik karena harganya yang lebih mahal, maka ada banyak cara lain untuk bisa tetap makan sehat tanpa label organik dalam makananmu. Misalnya, dengan memilih jenis sayuran atau buah yang lebih minim pestisida hingga mencuci dan mengolahnya dengan cara yang benar.

Olahraga juga tidak harus pergi ke tempat fitnes. Mama bisa mengikuti berbagai video olahraga yang menarik di YouTube untuk dilakukan di rumah.


9. Cintai dan hargai diri sendiri


Pola pikir (mindset) mengenai hidup sehat yang terakhir ini juga sangat penting untuk Mama miliki. Sudahkah Mama betul-betul mencintai dan menghargai diri sendiri?

Terkadang kita lebih pandai mencintai dan menghargai orang lain dibanding terhadap diri sendiri. Kita begitu mudah tertarik dan menyukai penampilan maupun bentuk tubuh orang lain, tapi sangat jarang memuji diri sendiri saat bercermin. Seperti itukah, Mam?

Agar bisa benar-benar menjalani gaya hidup sehat dengan optimal dan bahagia, Mama juga perlu belajar lebih mencintai diri sendiri, menerima diri sendiri, dan mengapresiasi setiap usahamu untuk hidup lebih sehat. Sebab rasa cinta terhadap diri sendiri bisa membuatmu lebih bahagia.

“Belajarlah untuk menyukai dirimu, apresiasi dirimu, dan selalu katakan hal-hal yang baik terhadap diri sendiri”

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 9 Tips Menjalankan Gaya Hidup Holistik untuk Pemula 

 

Credit photo: pixabay.com

References:

healthyliferedesign.com/mindset-shifts-healthy-habits/

theblissfulmind.com/make-healthy-living-easier/

wellory.com/post/5-mindset-shifts-for-a-healthier-life/

wellnessforce.com/8-powerful-mindset-shifts-to-turbocharge-your-health-and-fitness-goals/



Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛