5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖



cara terhubung dengan diri sendiri


Tahukah dirimu Mam, bahwa hubungan yang paling penting untuk kita utamakan sebelum yang lainnya adalah hubungan dengan diri sendiri. Sebelum kita berusaha untuk menjaga hubungan yang baik dengan orang lain, tanyakan dulu pada dirimu, "Sudahkah saya memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri?". 

Beberapa tahun lalu, saya tidak terlalu mengenal diri sendiri sebaik saat ini. Ya, semua butuh proses, Mam. Dan kita perlu terhubung dengan diri sendiri untuk lebih mengenal diri kita. Saya setuju dengan pepatah "Tak kenal maka tak sayang". Untuk benar-benar menyayangi seseorang, maka kita perlu mengenalnya terlebih dahulu". Artinya, kita perlu mengenal diri sendiri untuk bisa memiliki rasa sayang dan CINTA terhadap diri kita (self love). 

Saya mengalami sendiri, setelah saya perlahan belajar untuk mengenal dan mencintai diri sendiri, hidup terasa lebih indah. Hidup menjadi terasa lebih berarti karena kita punya cinta terhadap diri sendiri. Cinta yang membuat kita menyadari betapa berharganya diri ini. Jika saya bisa merasakan semua ini, dirimu pun pasti bisa. Ada beberapa cara terhubung dengan diri sendiri yang bisa Mama lakukan. Baca terus sampai selesai, okay!  😉


Yuk, Lakukan 5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri Berikut Ini!


Percayalah, untuk terhubung dengan diri sendiri sebenarnya merupakan hal yang MUDAH, jadi dirimu tentu bisa melakukannya. Mama hanya perlu meluangkan waktu dan sungguh-sungguh meniatkan untuk terhubung dengan diri sendiri sebagai jalan untuk mengenal dirimu. Kalau dirimu terlalu sibuk dengan berbagai urusan, mulailah dari waktu yang paling sedikit. Cukup luangkan 5-10 menit per hari untuk melakukan salah satu cara termudah untukmu di bawah ini 😍


1.  Memahami bahasa tubuhmu


Cara terhubung dengan diri sendiri yang pertama adalah belajar mendengarkan bahasa tubuh kita. Tahukah Mam, bahwa tubuh kita itu CERDAS dan selalu memberikan tanda (sinyal) saat tubuh, pikiran, maupun hatimu sedang tidak baik-baik saja. Terkadang tandanya begitu terasa, terkadang tandanya terasa samar. Tapi apa pun yang terjadi pada dirimu, tubuhmu pasti memberikan tanda. Itulah cara tubuh berkomunikasi denganmu.

Misalnya, ketika ada bagian tubuhmu yang terasa tidak nyaman, itu merupakan tanda bahwa bagian tubuh tersebut membutuhkan perhatian lebih darimu. Untuk bisa memahami bahasa tubuhmu, dirimu perlu berlatih. Cobalah setiap kali ada rasa tidak nyaman di tubuh, tanyakan pada tubuhmu apa yang ingin mereka sampaikan dan perlukan. 

Semua butuh proses, termasuk untuk memahami bahasa tubuhmu dengan baik. Sabar Mam, dirimu pasti bisa! Dan saat dirimu lebih memahami bahasa tubuhmu, kamu akan sadar betapa menyenangkannya bisa bersahabat dengan tubuhmu sendiri 💃

"Sahabat terbaik diri kita adalah diri kita sendiri. Sebab diri kita sendirilah yang selalu ada menemani kita setiap saat hingga akhir hayat"

2.  Memahami perasaanmu


Ini juga termasuk salah satu cara terhubung dengan diri sendiri yang penting untuk Mama lakukan. Setelah dirimu bisa lebih memahami bahasa tubuhmu, sekarang saatnya belajar memahami perasaanmu. 

Coba luangkan waktu untuk lebih memahami perasaanmu sendiri. Bagaimana perasaanmu saat ini? Mama juga bisa bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang lebih spesifik berkaitan dengan perasaan. Misalnya, dengan menanyakan pada dirimu apakah yang membuatmu bahagia? Dan apakah dirimu saat ini benar-benar bahagia? 😊 Jawablah dengan jujur dari hati yang paling dalam. 

Sangat penting untuk memahami perasaanmu. Sebab saat bisa lebih memahami perasaan kita sendiri, kita menjadi lebih mengenal diri sendiri. Tak ada yang bisa betul-betul memahami perasaanmu kecuali dirimu sendiri. Berusahalah untuk menghormati perasaan kita sebelum kita menginginkan orang lain menghormatinya.

3.  Meluangkan waktu untuk diri sendiri


Buat saya, ini jadi cara yang paling utama untuk dilakukan jika ingin lebih terhubung dengan diri sendiri. Apalagi di zaman sekarang ini di mana kita sering kali terlalu sibuk dengan gadget, terutama dalam penggunaan sosial media. Sangat penting untuk kita rutin meluangkan waktu setiap hari untuk betul-betul terhubung dengan diri sendiri tanpa diganggu penggunaan gadget. 

Jangan lupa jadwalkan me time ke dalam prioritas harianmu, untuk memastikan dirimu meluangkan waktu terhubung dengan diri sendiri setiap harinya. Me time ini bisa berupa apa saja yang penting dirimu bisa merasa santai dan senang melakukannya. Mulai dari membaca buku favoritmu sambil duduk santai di sofa, menikmati secangkir minuman hangat yang manis, hingga mendengarkan musik yang menenangkan. 

Me time ini juga tidak harus menghabiskan banyak waktu, kok. Sekitar 15 menit setiap hari sudah sangat mencukupi, Mam. Usahakan lakukan aktivitas ini dengan rutin supaya dirimu merasakan manfaat yang maksimal. 

Oya, sebisa mungkin pastikan aktivitas me time ini tidak terganggu oleh gadget dan juga tidak terganggu oleh orang lain. Mama bisa atur smartphone ke airplane mode saat me time dan lakukan aktivitas ini di kamar atau ruangan lain di mana dirimu bisa menyendiri sejenak. 

4.  Menulis jurnal


Dirimu suka menulis jurnal, Mam? 📔 Cara ini juga bisa membuatmu terhubung dan lebih mengenal diri sendiri. Untuk menulis jurnal, Mama bisa menggunakan buku atau aplikasi notes di smartphone jika menginginkan yang lebih praktis. Kalau saya lebih suka menggunakan aplikasi notes di smartphone supaya lebih private. Karena saya tak ingin ada orang lain yang membacanya. He he.. 

Dalam jurnal, dirimu bisa menuliskan apa pun yang dialami dalam keseharian. Mulai dari apa yang Mama pikirkan, emosi yang dirasakan, hingga bahasa tubuhmu yang disampaikannya padamu (kondisi fisikmu). Tuliskan dengan jujur dan apa adanya sehingga Mama lebih bebas mengekspresikan apa yang ada dalam dirimu. 

Coba yuk Mam berlatih menulis jurnal! Cukup luangkan waktu 10-15 menit setiap harinya untuk menulis jurnal. Mungkin dirimu tidak mendapatkan manfaatnya secara instan (dalam waktu cepat), tapi percayalah aktivitas satu ini jika dilakukan rutin pasti memberikan manfaat untuk kehidupanmu. Itu yang saya alami 💖

5.  Berlatih mindfulness


Cara terakhir yang bisa Mama coba adalah berlatih mindfulness. Dirimu pasti sudah kenal dengan istilah yang satu ini, bukan? Sudah mencobanya? 😊 Saya juga masih terus berlatih untuk bisa makin mindfulMindfulness artinya kita betul-betul memperhatikan atau menyadari diri kita saat ini. Kita menyadari apa yang tubuh kita rasakan, apa yang kita pikirkan, dan emosi atau perasaan apa yang kita alami. 

Namun, untuk mendapat manfaat optimal dari mindfulness ini, kita bukan hanya sekadar menyadari tapi juga tanpa disertai dengan penilaian yang berlebihan. Inilah yang membuat mindfulness menjadi metode yang membuat kita menjadi lebih tenang dan bisa terhubung dengan diri sendiri. 

Cara paling simpel untuk menerapkan mindfulness yaitu dengan fokus pada napasmu. Rasakan masuk keluarnya napasmu. Dan setiap kali fokusmu beralih kepada hal lain, kembalilah lagi kepada napasmu, begitu seterusnya. Ya, semua ini tentu perlu dilatih, Mam. Untuk melatih fokus pada napas ini, coba Mama pasang reminder di smartphone-mu atau letakkan tulisan "Focus on my breath" di tempat yang paling sering dirimu lihat. 

Selain untuk membuatmu terhubung dengan diri sendiri, mindfulness ini juga bermanfaat untuk menenangkan pikiran, meningkatkan fokus, serta meningkatkan kesadaran diri (self awareness) untuk lebih mengenal diri sendiri. 

Okay Mam, itulah beberapa cara simpel untuk terhubung dengan diri sendiri yang penting untuk dirimu lakukan. Siap mencobanya? 😀 Dimulai dari melakukan satu cara yang dirimu sukai, ya! Terima kasih sudah membaca hingga selesai. Semoga dirimu terinspirasi!


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.


Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!


With my heart, 

~ Arifah ~



Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 7 Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan


Credit photo: freepik.com

References: 

mudcoaching.com/blog/2021/3/1/how-to-connect-with-yourself-everyday-and-why-you-need-to

rackupmoments.com/connect-with-yourself/

aislesoflife.com/2021/11/05/how-to-connect-with-your-inner-self/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛