6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚


manfaat gaya hidup holistik

Berawal dari berbagai “ujian hidup” yang berkaitan dengan kesehatan, akhirnya membuat saya berkenalan dengan gaya hidup holistik sejak beberapa tahun terakhir ini. Dari sinilah saya menyadari dan kemudian memahami bahwa sehat bukan hanya soal fisik saja, tapi ada bagian-bagian lain dari diri saya yang penting untuk diperhatikan agar sehat secara menyeluruh. Selain fisik, ada pula aspek mental, emosional, dan spiritual.

Di artikel kali ini saya membagikan informasi yang lebih lengkap mengenai definisi serta manfaat gaya hidup holistik. Baca sampai selesai ya, Mam! 🙂


Apa itu Gaya Hidup Holistik?


Gaya hidup holistik adalah cara hidup yang memerhatikan bagian-bagian dari dirimu secara menyeluruh. Sebab semua bagian dari diri Mama semuanya saling berhubungan. Fisik, mental, emosional, dan spiritual merupakan empat pilar yang harus dipelihara secara seimbang dalam gaya hidup holistik agar Mama sehat, bahagia, dan damai.

“Sehat yang sebenarnya bukan hanya soal fisik, tapi saat tubuh, pikiran, emosi, serta sisi spiritual kita terjaga dengan baik”

Penerapan gaya hidup holistik bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Mengapa demikian? Ya, karena pada dasarnya setiap tubuh itu berbeda. Kebutuhan serta kemampuan masing-masing orang tidaklah sama. Jika seseorang berhasil dengan cara A, belum tentu Mama juga berhasil dengan menerapkan cara A tersebut.

Maka dari itu saya belajar untuk lebih mengenal tubuh sendiri. Saya lebih memilih cara-cara yang memang cocok dan nyaman untuk saya lakukan. Dengan demikian saya bisa lebih konsisten menerapkannya 😊

Menerapkan gaya hidup holistik bukanlah sesuatu yang Mama jalani hanya untuk waktu satu, dua, ataupun beberapa tahun. Gaya hidup holistik merupakan pilihan dari bagaimana Mama menjalani hidup secara seimbang dan melihat dirimu secara keseluruhan yang dilakukan secara konsisten setiap harinya.

Dalam gaya hidup holistik, Mama akan menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat, seperti pola makan sehat, olahraga, tidur yang berkualitas, berpikir positif, bersyukur, mindfulness, self care, dan lain-lain. Ini semua dilakukan untuk menjaga keseimbangan antara tubuh, pikiran, hati, dan jiwa.

Setelah mengetahui lebih jelas definisi gaya hidup holistik, Mama tentu ingin tahu apa saja manfaat gaya hidup holistik, bukan?


6 Manfaat Gaya Hidup Holistik


Manfaat gaya hidup holistik yang paling utama tentunya untuk membuatmu jadi lebih sehat, bahagia, dan damai. Ah, siapa sih yang tidak menginginkannya! Sebelum menerapkan gaya hidup holistik ini, berikut beberapa manfaatnya yang penting untuk Mama ketahui.


1. Lebih sehat lahir batin


Manfaat gaya hidup holistik yang pertama adalah membuatmu jadi lebih sehat lahir dan batin. Dengan menjalani gaya hidup holistik, Mama tidak hanya menjaga kesehatan fisik saja, seperti pola makan sehat, olahraga, maupun tidur yang berkualitas.

Tapi Mama juga menjaga bagaimana belajar lebih mindful dalam beraktivitas, mengelola pikiran negatif, memperbanyak syukur, mencintai diri sendiri, hingga menjaga hubungan dengan Tuhan.

Dengan menerapkan seluruh hal-hal tersebut serta sederet hal positif lainnya yang termasuk dalam gaya hidup holistik, otomatis akan membuatmu jadi lebih sehat. Bukan hanya sehat secara fisik atau lahir saja, tapi juga sehat secara batin (mental, emosional, dan spiritual).


2. Menumbuhkan pola pikir positif


Ini merupakan manfaat gaya hidup holistik yang selanjutnya akan Mama dapatkan. Gaya hidup holistik sangat mengutamakan positive mindset. Sebelum memulai gaya hidup holistik, Mama perlu memiliki mindset yang tepat mengenai kesehatan itu sendiri. Misalnya, dengan meyakini bahwa betapa pentingnya kesehatan dalam kehidupan yang bahagia, damai, dan sejahtera.

Selain itu, dalam gaya hidup holistik Mama pun akan terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaaan sehat. Dan pada akhirnya seluruh kebiasaan sehat tersebut akan bermanfaat pula bagi kesehatan pikiranmu. Sehingga Mama jadi lebih mudah untuk positive thinking.

Ingat, setiap bagian dari dirimu saling berhubungan dan memengaruhi satu sama lain. Jadi, saat menjalani pola makan sehat, rutin olahraga, dan tidur berkualitas, yang mana semua itu membuatmu sehat secara fisik, hal tersebut juga akan berdampak pada kesehatan mental (pikiran) Mama agar lebih sehat.


3. Meminimalisir stress


Stres merupakan bagian dari kehidupan yang tidak bisa dihindarkan. Namun, jangan khawatir sebab Mama punya berbagai cara untuk meminimalisir stres. Ya, salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup holistik.

Karena dalam gaya hidup holistik Mama juga akan berusaha menjaga pikiran agar tetap sehat. Diantaranya dengan melakukan meditasi, mindfulness, yoga, maupun cara-cara lainnya. Tentu saja saat pikiran lebih sehat, Mama pun jadi tidak mudah stres.

Tapi tunggu dulu, bukan hanya cara-cara itu saja yang dapat mengurangi stres. Ketika Mama melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat lainnya dalam gaya hidup holistik, hal tersebut juga bisa membantu meminimalisir stres.

Pola makan sehat misalnya, ini juga akan berpengaruh pada tingkat stres Mama. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, tubuhmu khususnya pencernaan dapat berfungsi lebih optimal dan terhindar dari stres. Telah banyak penelitian yang mengemukakan bahwa kesehatan pencernaan bisa berpengaruh terhadap otak. Bagaimana, Mama tertarik mendapat manfaat gaya hidup holistik yang satu ini?


4. Meningkatkan self awareness


Selain meminimalisir stres, manfaat gaya hidup holistik berikutnya yaitu meningkatkan self awareness. Self awareness merupakan kesadaran dan kemampuan dalam memahami sifat, perilaku, maupun perasaan diri sendiri.

Ada beberapa hal yang biasa diterapkan dalam gaya hidup holistik yang dapat membantu meningkatkan self awareness. Diantaranya, mindfulness, meditasi, yoga, hingga menulis jurnal. Hal-hal tersebut membantu untuk lebih fokus pada diri sendiri, sehingga bisa lebih mudah menyadari dan memahami apa yang Mama pikirkan dan rasakan.


5. Meningkatkan positive vibes dalam dirimu


Salah satu manfaat gaya hidup holistik yang akan Mama peroleh adalah meningkatnya positive vibes dalam dirimu. Positive vibes merupakan energi (getaran) positif yang mengalir dalam diri seseorang.

Perlu Mama ketahui bahwa setiap orang mempunyai energi positif dan energi negatif dalam dirinya. Hanya saja kadar energi tersebut berbeda-beda. Ada yang lebih dominan energi negatifnya, ada pula yang sebaliknya.

Nah, saat terbiasa melakukan berbagai kebiasaan baik serta gaya hidup sehat secara konsisten, ini dapat membantu meningkatkan energi positif Mama. Energi positif ini kemudian bisa menular pada orang-orang di sekitarmu sehingga mendorong mereka untuk melakukan hal yang positif juga.


6. Perubahan hidup ke arah yang lebih baik


Bukan hanya itu saja, masih ada manfaat gaya hidup holistik yang terakhir dalam daftar ini, yaitu perubahan hidup ke arah yang lebih baik. Dengan menerapkan gaya hidup holistik dari hari ke hari, perlahan kesehatanmu secara keseluruhan akan meningkat. Saat kesehatan optimal tentunya kehidupanmu pun jadi lebih baik dan berkualitas.

Gaya hidup holistik menekankan bagaimana Mama merawat diri sebaik mungkin, dalam hal fisik, mental, emosional, dan spiritual. Jika semua aspek tersebut dirawat dengan baik otomatis Mama juga akan merasa lebih baik. Ketika Mama tidak mudah sakit dan tidak mudah stres, tentu itu membuatmu jadi lebih bahagia dan damai, bukan?

Itulah beberapa manfaat gaya hidup holistik yang akan Mama peroleh. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, tentunya Mama perlu menerapkan gaya hidup holistik ini secara konsisten dalam keseharian. Masih ada artikel-artikel inspiratif lainnya seputar gaya hidup holistik yang akan diulas di blog ini. Tetap sehat, bahagia, dan damai ya! 🙂 

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 8 Cara untuk Konsisten Hidup Sehat 😍


Credit photo: gettyimages.com

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛