Inilah 7 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mama 💚


manfaat meditasi untuk kesehatan


Saat awal melakukan meditasi sebenarnya saya tidak terlalu menggemari aktivitas yang satu ini. Tapi karena saya meyakini ini baik untuk kesehatan secara holistik (menyeluruh) maka saya berusaha untuk rutin melakukannya. Saya memulai meditasi beberapa tahun lalu dengan melakukannya selama 5 menit setiap hari. Sekarang saya bisa meditasi selama 15 menit hampir setiap hari.

Mama tentu sudah pernah mendengar tentang meditasi, bukan? Namun, sudahkan Mama menerapkan salah satu kebiasaan sehat yang satu ini? Meditasi yang merupakan proses untuk melatih pikiran agar fokus dan terarah ini belakangan semakin meningkat popularitasnya seiring semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya.

Meditasi tak hanya bermanfaat untuk kesehatan mental saja tapi juga untuk kesehatan fisik dan emosional. Meditasi juga termasuk salah satu kunci untuk mendapatkan kesehatan yang holistik (menyeluruh), yaitu sehat secara mental, emosional, spiritual, dan fisik. Di artikel kali ini akan diulas berbagai manfaat meditasi untuk kesehatanmu. Selamat menyimak ya, Mam! 😊


7 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mama


Sejumlah manfaat meditasi untuk kesehatan di bawah ini telah didukung oleh banyak penelitian. Berbagai manfaat ini akan Mama peroleh dengan maksimal jika telah melakukan meditasi secara rutin. Ada beberapa macam teknik meditasi yang bisa Mama coba. Namun semuanya memberikan manfaat yang serupa yaitu meningkatkan kesehatanmu, khususnya kesehatan mental.


1.  Mengurangi stres


Manfaat meditasi untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi stres. Ini merupakan alasan paling umum mengapa banyak orang mencoba meditasi. Stres mental maupun fisik menyebabkan meningkatnya hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang tinggi akan mengganggu tidurmu, berisiko meningkatkan kecemasan dan depresi, hingga meningkatkan tekanan darah.

Tak hanya itu, saat kadar kortisol meningkat kita juga menjadi lebih mudah lelah dan berisiko mengalami brain fog (kabut otak). Sebenarnya efek negatif yang disebabkan oleh stres ini juga seringkali berdampak pada kesehatan pencernaan, salah satunya adalah sindrom iritasi usus besar.

Dengan rutin melakukan meditasi, khususnya meditasi mindfulness dapat membantu mengurangi berbagai efek negatif di atas yang disebabkan oleh stres. Sebab meditasi mindfulness ini akan membantumu merasa lebih rileks sehingga dapat menurunkan kadar kortisol.

Selain meditasi mindfulness, meditasi mantra juga memiliki efek menenangkan. Dan dengan berkonsentrasi pada mantra berupa kata/kalimat yang positif, Mama dapat mengalihkan fokusmu dari pikiran yang mengganggu.


2.  Mengelola rasa cemas


Hal ini juga termasuk salah satu manfaat meditasi untuk kesehatan. Beberapa teknik meditasi seperti meditasi mindfulness akan membantu melatih pikiran untuk fokus pada saat ini, sehingga pikiranmu tidak sibuk merenungkan hal-hal yang memicu kecemasan dan depresi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA (The Journal of The American Medical Association) Internal Medicine menunjukkan bahwa meditasi mindfulness bisa membantu meredakan kecemasan dan depresi serta dapat menjadi bagian dari perawatan kesehatan mental.

Namun bukan hanya meditasi mindfulness saja yang bermanfaat untuk mengurangi kecemasan, berbagai teknik meditasi lainnya pun memberikan manfaat yang serupa. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini secara maksimal Mama perlu melakukan meditasi secara rutin, sehingga Mama tidak mudah merasa cemas dan bisa mengelola rasa cemas dengan lebih baik.

“Cemas adalah saat pikiranmu sibuk memikirkan hal-hal yang belum terjadi”

3.  Meningkatkan kesehatan emosional


Manfaat meditasi untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu untuk meningkatkan kesehatan emosional. Berbagai teknik meditasi dapat meningkatkan pandangan hidup yang lebih positif. Berdasarkan penelitian, mereka yang terbiasa melakukan meditasi secara rutin memiliki lebih sedikit pikiran negatif dibanding mereka yang tidak melakukan meditasi.

Pikiran-pikiran negatif tersebut pada akhirnya bisa memengaruhi suasana hatimu. Sebab emosi yang kita rasakan merupakan hasil dari pikiran-pikiran kita sendiri. Pikiran yang negatif akan membuat suasana hati menjadi tidak baik. Maka dari itu saat kita bisa mengurangi pikiran-pikiran yang negatif melalui meditasi, suasana hati kita pun jadi lebih baik.


4.  Meningkatkan kesadaran diri (self awareness)


Meningkatkan kesadaran diri juga termasuk salah satu manfaat meditasi untuk kesehatanmu. Beberapa teknik meditasi yang dilakukan secara rutin bisa membantumu mengembangkan pemahaman diri yang lebih baik sehingga Mama bisa menjadi orang yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Dengan meditasi, Mama jadi lebih menyadari pikiran-pikiran negatif yang menghampirimu. Dan kesadaran diri tersebut bisa membantu mengarahkanmu ke pola pikir yang lebih positif. Intinya, meditasi akan membuatmu dapat mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Hal ini merupakan titik awal untuk membuat perubahan positif dalam hidupmu.


5.  Meningkatkan fokus


Manfaat meditasi untuk kesehatan yang berikutnya adalah meningkatkan fokus. Meditasi yang memang merupakan proses untuk melatih pikiran lebih fokus ini akan membantu meningkatkan rentang perhatianmu. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat untuk produktivitas Mama, khususnya dalam melakukan berbagai tugas sehari-hari, pekerjaan, maupun belajar.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mereka yang melakukan meditasi mengalami peningkatan rentang perhatian dan akurasi dalam menyelesaikan tugas daripada mereka yang tidak melakukan meditasi.

Sebab meditasi dapat membantu mengelola pikiran yang mudah mengembara, kekhawatiran, hingga perhatian yang buruk menjadi pola pikir yang lebih baik dan fokus. Bahkan bermeditasi rutin dalam waktu singkat sekitar 10 menit setiap harinya pun sudah bisa meningkatkan rentang perhatian setelah dilakukan selama 2  bulan.

Penelitian menunjukkan bahwa fokus bisa dilatih, sebab ini merupakan keterampilan yang bisa dipelajari, salah satunya melalui teknik meditasi yang dilakukan secara rutin.

Sebenarnya saya termasuk yang tidak terlalu mudah untuk bisa benar-benar fokus, khususnya saat melakukan suatu aktivitas dalam jangka waktu yang cukup lama. Saya perlu melatih pikiran saya untuk bisa lebih mudah fokus dari waktu ke waktu, salah satunya melalui meditasi rutin.


6.  Mengurangi risiko kehilangan memori di masa tua


Manfaat meditasi untuk kesehatan yang satu ini tentunya penting untuk diperoleh jika Mama ingin tetap sehat dan produktif hingga masa tua nanti. Peningkatan fokus yang Mama peroleh melalui meditasi rutin bisa meningkatkan memori serta kejernihan pikiran yang pada akhirnya membantu mengurangi risiko kehilangan memori di masa tua.

Namun, meditasi juga bermanfaat untuk dilakukan orang-orang yang telah lanjut usia. Para ilmuwan mengatakan bahwa orang-orang lanjut usia yang melakukan meditasi rutin minimal beberapa menit per hari akan membantu mengatasi disfungsi (gangguan) memori yang mereka alami.


7.  Meningkatkan kesehatan secara holistik (menyeluruh)


Manfaat meditasi untuk kesehatan yang terakhir dalam daftar ini yaitu meningkatkan kesehatan fisik. Untuk memperoleh kesehatan fisik secara holistik Mama bukan hanya membutuhkan asupan makanan sehat, olahraga, serta tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Banyak ilmuwan, ahli gizi, dan para peneliti dalam ilmu kesehatan yang menyatakan bahwa kiat untuk mendapatkan kesehatan yang menyeluruh adalah dengan menerapkan berbagai elemen penunjang kesehatan secara seimbang. Mulai dari makanan bergizi, olahraga, hingga meditasi yang semuanya dilakukan secara teratur.

Untuk memperoleh kesehatan yang optimal, Mama perlu menjaga agar pikiran dan tubuh berfungsi sama baiknya. Jika pikiranmu banyak diselimuti hal-hal negatif bahkan stres maka sangat kecil peluangmu untuk bisa mencapai kesehatan yang optimal. Nah, meditasi ini utamanya berfungsi membantu menjaga kesehatan pikiran.

Terdapat pula beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa meditasi bisa membantu tubuh mengembangkan kekebalan alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Artinya, meditasi juga bermanfaat untuk membuat daya tahan tubuhmu lebih kuat terhadap infeksi dan penyakit.

Demikian berbagai manfaat meditasi untuk kesehatan yang akan Mama peroleh. Tertarik melakukannya? Mama bisa memulainya dari waktu yang paling ringan, misalnya 5 menit setiap hari. Namun pastikan Mama berusaha melakukannya secara rutin, ya! Dan jika Mama belum merasakan manfaatnya dalam beberapa kali meditasi, jangan menyerah. Lakukan terus dengan konsisten hingga dirimu menuai hasilnya 😊 It will be worth it!

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Inspirasi lainnya: 6 Cara Menenangkan Pikiran yang Membuat Mama Lebih Damai 😍


Credit photo: pixabay.com

References:

healthline.com/nutrition/12-benefits-of-meditation#2.-Controls-anxiety

insider.com/benefits-of-meditation

positivepsychology.com/benefits-of-meditation/

 


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛