8 Manfaat Tidur untuk Kesehatan Otak yang Bisa Jadi Belum Mama Ketahui 💚


manfaat tidur untuk kesehatan otak


Bersyukur saya tidak ada masalah dengan tidur. Saya termasuk yang mudah terlelap dan bisa tidur dengan nyenyak setiap malamnya. Bahkan saya pernah disebut “pelor” alias nempel molor, karena begitu menempel di bantal beberapa menit kemudian langsung tidur 🙂

Meluangkan waktu tidur yang cukup selama sekitar 6 hingga 7 jam setiap malamnya bisa jadi dianggap sebagai hal yang kurang produktif. Sebab dalam waktu tersebut Mama tidak melakukan aktivitas apapun selain berbaring dan hampir tidak sadarkan diri. Namun tahukah Mama bahwa anggapan tersebut ternyata salah besar.

Faktanya, tidur yang cukup sangat bermanfaat bagi kesehatanmu. Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tidur juga banyak berpengaruh terhadap kesehatan otak. Ingin otakmu berfungsi dengan optimal? Maka tidurlah dalam waktu yang cukup setiap harinya. Mari simak terlebih dahulu ulasan mengenai berbagai manfaat tidur untuk kesehatan otak yang bisa jadi belum Mama ketahui.


8 Manfaat tidur untuk kesehatan otak 


Menjaga kesehatan otak merupakan hal yang sangat penting. Sebab otak adalah organ yang berperan penting untuk mengendalikan seluruh fungsi tubuhmu. Nah, salah satu cara mudah yang bisa Mama lakukan yaitu dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Sebenarnya apa saja manfaat tidur untuk kesehatan otak?


1.  Otak berfungsi lebih optimal


Manfaat tidur untuk kesehatan otak yang pertama adalah agar fungsinya lebih optimal. Lebih tepatnya tidur akan membantu otak bekerja lebih cepat dan akurat. Saat kurang tidur, Mama akan mengalami kesulitan konsentrasi. Sedangkan saat mendapatkan waktu tidur yang cukup, Mama bisa berpikir dan merespons dengan lebih cepat dan meminimalkan kesalahan yang umumnya terjadi saat kurang konsentrasi.

Hal ini terjadi karena saat tidur sel saraf (neuron) akan beristirahat dan melakukan regenerasi (memperbaiki diri). Sehingga saat bangun sel-sel saraf tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sel saraf dalam otak ini membutuhkan istirahat yang cukup sama halnya dengan tubuhmu untuk bisa berfungsi dengan optimal.


2.  Membantu otak memproses dan memahami informasi baru


Manfaat tidur untuk otak yang berikutnya yaitu membantu memproses dan memahami informasi baru. Tahukah Mama, otak sebenarnya dapat memproses informasi bahkan yang kompleks sekalipun saat Mama sedang tidur. Meski saat tidur kita tidak sadar, namun otak kita bisa belajar (memproses serta memahami informasi baru) pada waktu tersebut.

Ketika beraktivitas, Mama akan belajar hal-hal baru ataupun menyerap berbagai informasi baru. Dan saat tidur, otak memiliki kesempatan untuk memilah-milah berbagai informasi tersebut. Kemudian otak akan memutuskan informasi apa yang layak disimpan dan informasi apa yang perlu dilupakan sehingga otak memiliki ruang kosong untuk menerima informasi baru kembali.

Bukan hanya itu, otak juga akan aktif untuk bisa memahami informasi tersebut. Bayangkan jika otak tidak memproses dan memilah-milah informasi yang Mama terima, tentunya pikiranmu akan kewalahan dengan begitu banyaknya informasi.


3.  Memperkuat memori


Hal ini juga termasuk salah satu manfaat tidur untuk kesehatan otak. Sebab waktu tidur merupakan kesempatan bagi otak memproses memori (ingatan). Otak akan bekerja memantapkan memori yang Mama terima sepanjang hari. Termasuk juga menghubungkan memori baru dengan memori lama dan menyatukan memori-memori tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur sebenarnya bisa lebih efisien dalam menggabungkan memori dibandingkan saat Mama sedang terjaga. Ketika menerima informasi baru, otak memerlukan waktu agar informasi tersebut bisa benar-benar menempel dan mudah diingat. Proses ini dinamakan konsolidasi memori, yaitu saat informasi yang Mama terima berubah dari memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang.

Otak kecil yang berfungsi mengendalikan memori jangka pendek akan lebih aktif saat sedang tidur. Dengan tidur yang cukup sepanjang malam artinya otak mempunyai lebih banyak waktu untuk memperkuat memori atau informasi yang baru saja dipelajari.


4.  Meningkatkan kreativitas


Mama ingin lebih kreatif? Maka tidurlah yang cukup. Sebab meningkatkan kreativitas juga termasuk manfaat tidur untuk kesehatan otak. Saat kurang tidur, pikiran pun akan mudah lelah yang pada akhirnya membuatmu sulit berpikir kreatif. Sebab saat tidur, otak membentuk hubungan antara ide-ide baru dan ide-ide lama sehingga Mama bisa lebih kreatif.

Namun untuk memperoleh manfaat tidur yang satu ini Mama perlu mencapai tahap tidur REM (Rapid Eye Movement). Selama sekitar 90 menit awal waktu tidur, Mama berada pada tahap tidur non REM dimana otak masih terhubung untuk berpikir secara harfiah (sebagaimana aslinya).

Sedangkan setelah 90 menit waktu awal tidur merupakan tahap tidur REM yang merupakan saat dimana otak mulai berpikir abstrak (secara imajinatif).


5.  Membantu otak membersihkan racun


Manfaat tidur untuk kesehatan otak yang selanjutnya adalah membantu otak membersihkan racun. Tidur terbukti berhasil untuk membersihkan racun yang terkumpul sepanjang hari. Saat kurang tidur tentunya kemampuan otak dalam membersihkan racun tidak akan maksimal. Kemampuan otak dalam membersihkan racun jauh lebih cepat saat Mama tidur daripada saat terjaga.


6.  Meningkatkan fokus


Manfaat tidur untuk kesehatan otak juga berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan fokus. Ketika kurang tidur, kemampuanmu untuk fokus akan menurun. Miliaran sel saraf yang bekerja di otak yang salah satunya berfungsi agar Mama bisa tetap fokus akan terganggu saat kurang tidur.

Menurut penelitian, kurang tidur dapat menghambat kemampuan sel-sel dalam otak untuk bekerja sama dan mengakibatkan respon yang lebih lambat. Pada akhirnya hal ini akan membuat kapasitas Mama mempelajari informasi baru menjadi menurun karena sulit konsentrasi. Untuk itulah jika Mama ingin belajar ataupun bekerja dengan fokus yang baik maka tidur malam yang cukup merupakan prioritas.


7.  Meningkatkan kemampuan kognitif


Selain meningkatkan fokus, manfaat tidur untuk kesehatan otak lainnya yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif (proses berpikir). Ya, tentu saja, kurang tidur tidak hanya memengaruhi fokus tapi juga kapasitas kognitifmu, salah satunya dalam hal pengambilan keputusan.

Tidur cukup diperlukan untuk fungsi kortikal optimal yang penting dalam aktivitas multitasking. Kurang tidur pastinya akan memengaruhi kemampuanmu untuk melakukan banyak tugas dalam waktu bersamaan. Aktivitas multitasking yang paling sering dilakukan adalah mengemudi, dimana kita menggunakan tangan, kaki, penglihatan, hingga kesadaran untuk bekerja secara bersamaan.

Maka tak heran jika banyak kecelakaan dalam berkendara yang disebabkan oleh kurang tidur (pengemudi mengantuk).


8.  Mendukung penampilan Mama


Manfaat tidur untuk kesehatan otak juga ternyata memengaruhi penampilan. Tidur merupakan waktu dimana otak akan melepaskan hormon pertumbuhan (growth hormone) yang digunakan tubuh untuk memproduksi sel-sel baru serta memperbaiki jaringan yang rusak.

Hormon pertumbuhan ini diperlukan untuk menyembuhkan luka, membangun jaringan otot yang lebih kuat setelah Anda berolahraga, melawan stres, hingga mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh berbagai racun dan polusi. Tubuhmu juga memerlukan hormon pertumbuhan ini untuk mengatasi kulit kusam dan keriput.

Dengan menjaga agar hormon ini berfungsi dengan optimal, Mama bisa mencegah penuaan dini dengan mendorong pertumbuhan sel-sel baru yang sehat sehingga kulitmu terlihat lebih awet muda.

“Tidur merupakan sebuah aktivitas sangat sederhana yang mudah untuk dilakukan namun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan”

Bagaimana, menarik bukan berbagai manfaat tidur untuk kesehatan otak di atas? Yuk, mulai sekarang jadikan waktu tidur yang cukup menjadi salah satu prioritas Mama sehari-hari! Dengan mengingat kembali manfaat-manfaat di atas, rasanya sudah lebih dari cukup ya untuk membuat kita berusaha menjaga waktu tidur yang cukup dalam keseharian 🙂

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~


Inspirasi lainnya: 9 Tips Tidur Nyenyak dan Berkualitas yang Penting untuk Kesehatan Mama 😍

 

Credit photo: pickpik.com

References:

amerisleep.com/blog/sleep-impacts-brain-health/

forbes.com/sites/alicegwalton/2016/12/09/7-ways-sleep-affects-the-brain-and-what-happens-if-it-doesnt-get-enough/?sh=7972b679753c

psychologytoday.com/us/blog/sleep-newzzz/202002/heres-how-support-brain-health-sleep


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛