8 Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Mental dan Fisik Mama 💚


manfaat berpikir positif untuk kesehatan mental

Sekuat apapun saya mencoba untuk selalu berpikir positif, pikiran saya akan tetap dihinggapi pikiran yang negatif. Artinya, pikiran kita tidak akan pernah bisa selalu positif 24 jam. Ini bagian dari ketidaksempurnaan manusia. Yang saya bisa lakukan adalah berusaha untuk mengelola dan meminimalkan pikiran negatif. Itu yang saya coba lakukan supaya bisa lebih sehat khususnya secara mental 🙂

Telah banyak penelitian yang menunjukkan mengenai berbagai manfaat berpikir positif untuk kesehatan psikologis dan fisik. Pikiran-pikiran yang positif tanpa disadari akan menarik hal-hal yang positif pula ke dalam hidupmu. Itu sebabnya orang-orang sukses adalah mereka yang terbiasa menerapkan pikiran dan sikap positif dalam berbagai situasi hidup.

Agar Mama semakin terpacu membiasakan diri untuk berpikir positif, mari simak ulasan mengenai berbagai manfaat berpikir positif untuk kesehatan mental dan fisik Mama melalui artikel di bawah ini.


8 Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Mental dan Fisik Mama


Membiasakan diri untuk berpikir positif merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu meningkatkan kualitas diri sekaligus kehidupanmu. Tentu hidup tak selamanya berjalan sesuai dengan yang diinginkan, tapi Mama selalu bisa memilih bagaimana caramu memandang segala sesuatu.

Kabar baiknya adalah berpikir positif ini bisa dilatih sehingga Mama terbiasa dengan cara berpikir yang satu ini. Apapun situasi yang Mama hadapi, tidak ada kata terlambat untuk mengubah cara berpikirmu menjadi lebih baik. Berikut manfaat-manfaat berpikir positif untuk kesehatan mental dan fisik Mama.


1.  Mengatasi stres


Manfaat berpikir positif yang pertama yaitu untuk mengatasi stres. Tak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari akan ada saja hal-hal yang memicu stres. Akan tetapi bagi mereka yang berpikir positif, situasi stres tersebut bisa diatasi dengan lebih baik dibanding oleh mereka yang berpikir negatif.

Ada hal-hal yang terjadi dalam hidup yang tidak bisa diubah, namun Mama bisa mengubah cara berpikirmu ke arah yang positif. Dan dengan berpikir positif, pikiranmu jadi lebih terbuka terhadap berbagai solusi yang akan membantu mengatasi masalah.


2.  Membantu otak berfungsi dengan baik


Salah satu manfaat berpikir positif adalah membantu otak berfungsi dengan baik. Orang-orang yang sering berpikir negatif akan meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh mereka. Kadar kortisol ini jika dibiarkan berlebihan dalam tubuh akan menyebabkan fungsi otak menjadi lebih lambat dan bisa meningkatkan risiko depresi. Lalu bagaimana agar kadar kortisol ini tidak berlebihan dalam tubuh?

Salah satu caranya adalah dengan membiasakan diri untuk berpikir positif. Saat Mama terbiasa berpikir positif, hal ini juga akan memengaruhi suasana hatimu untuk jadi lebih bahagia. Dan saat bahagia, otak akan melepaskan hormon serotonin yang juga membantu mengurangi kadar kortisol dalam tubuh.

Memenuhi pikiran dengan pandangan-pandangan positif bisa membantu otak untuk berfungsi dengan baik serta mendukung neuroplastisitas. Neuroplastisitas adalah kemampuan otak untuk berubah dan beradaptasi yang merupakan hasil dari mempelajari pengalaman baru.


3.  Meningkatkan kekebalan tubuh


Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti menemukan bahwa manfaat berpikir positif mempunyai pengaruh yang kuat terhadap tubuh, termasuk pada kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa emosi negatif yang berasal dari pikiran negatif menyebabkan kekebalan tubuh yang lebih lemah. Sedangkan orang-orang yang optimis atau berpikir positif menunjukkan kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Dengan kekebalan tubuh yang kuat artinya Mama akan lebih mampu melawan berbagai bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit. Intinya, berpikir positif akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Mama tidak mudah terserang bakteri dan virus.


4.  Meningkatkan kesehatan secara menyeluruh


Manfaat berpikir positif yang berikutnya adalah meningkatkan kesehatanmu. Tidak hanya memengaruhi kekebalan tubuh, berpikir positif juga berdampak terhadap kesehatan secara menyeluruh, mulai dari menurunkan risiko depresi hingga terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Mengapa demikian? Para peneliti berpendapat bahwa orang-orang yang terbiasa berpikir positif umumnya menjalani gaya hidup yang lebih sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga, serta tidur nyenyak. Mereka juga bisa mengatasi stres dengan lebih baik serta meminimalisir perilaku negatif. Itu sebabnya kesehatan dan kesejahteraan mereka meningkat secara menyeluruh.


5.  Meningkatkan kebahagiaan


Hal ini juga termasuk manfaat berpikir positif yang akan Mama peroleh. Bagaimana caramu berpikir akan memengaruhi suasana hati serta perasaanmu. Saat berada dalam suasana hati serta perasaan yang positif maka Mama lebih mudah merasakan kebahagiaan.

Ya, perjalanan hidup memang tidak sempurna dan selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Namun dengan membiasakan diri berpikir positif semuanya akan terasa lebih mudah. Orang-orang yang banyak merasakan kebahagiaan adalah mereka yang selalu berusaha melihat sisi kehidupan dari arah yang positif dan fokus pada hal-hal yang baik.

“Bahagia atau tidaknya seseorang tidak ditentukan oleh takdir mereka. Akan tetapi oleh cara berpikir mereka sendiri yang kemudian menarik kebahagiaan atau sebaliknya menarik kesedihan”

 

6.  Lebih tangguh


Keuntungan lainnya dari berpikir positif yaitu membuatmu jadi lebih tangguh dalam mengatasi permasalahan. Orang yang tangguh memiliki kekuatan serta tekad yang kuat, dan ini berkaitan dengan kebiasaan berpikir positif.

Saat menghadapi sebuah permasalahan atau tantangan, mereka yang berpikir positif akan lebih fokus pada solusi untuk memperbaiki keadaan. Sedangkan mereka yang berpikir negatif akan lebih mudah putus asa. Sikap tangguh akan membantumu untuk bisa lebih sukses mencapai tujuan dan impian.


7.  Meningkatkan kesuksesan


Mama ingin sukses? Maka penuhilah pikiranmu dengan hal-hal yang positif. Sebab tidak ada orang yang mencapai kesuksesan besar dengan banyak berpikir negatif. Telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa seseorang akan memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses jika mereka mempunyai pandangan hidup yang positif.

Orang yang terbiasa berpikir positif akan selalu optimis bahwa mereka bisa meraih apa yang mereka inginkan. Mereka percaya bisa mencapai impian-impian mereka meskipun banyak orang yang tidak mempercayainya.

Selain itu, mereka juga lebih mudah terinspirasi dengan kesuksesan orang lain. Sebab mereka percaya bahwa kesuksesan layak untuk diperoleh oleh siapapun yang mau berusaha sebaik mungkin.


8.  Lebih awet muda dan panjang umur


Membiasakan diri untuk berpikir positif tentunya membuatmu lebih semangat menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Hal ini pun akan berdampak pada kulit yang lebih sehat sehingga Mama terlihat lebih segar dan muda.

Selain itu, berbagai manfaat berpikir positif yang telah dibahas diatas juga berdampak pada peluangmu untuk hidup lebih lama. Saat Mama lebih bahagia, sehat secara fisik dan mental, serta sukses, maka Mama akan menjalani hidup yang lebih baik dan sejahtera. Itu artinya Mama memperbesar kesempatan untuk menjalani hidup yang lebih panjang.

Siapa coba yang tak menginginkan berbagai manfaat diatas. Sama seperti saya, dirimu juga tentunya mau kan, Mam? 🙂

Cara pertama yang saya lakukan untuk mudah berpikir positif adalah dengan menjaga pikiran dari informasi-informasi yang tidak baik, yang biasanya kita lihat melalui sosial media, berita online, dan televisi. Hal ini sangat membantu saya melindungi pikiran agar lebih jernih dan bersih. Dengan begitu saya lebih bisa berpikir positif.

Mari membiasakan diri untuk berpikir positif dalam keseharian. Percayalah, hal yang satu ini bisa dilatih. Memang tidak dalam satu atau dua hari Mama bisa langsung menerapkannya dengan baik. Karena membangun kebiasaan baik perlu konsistensi. Namun hasilnya pasti akan sepadan 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~


Inspirasi lainnya: 8 Tips Konsisten Olahraga untuk Wanita 😍


Credit photo: pixabay.com

References:

verywellmind.com/benefits-of-positive-thinking-2794767

yourheights.com/blog/health/the-benefits-of-positive-thinking

healthlibrary.askapollo.com/positive-thinking-what-is-it-and-how-does-it-boost-your-health/

purerecoveryca.com/the-importance-of-a-positive-mental-attitude/

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛