9 Tips Menjalankan Gaya Hidup Holistik untuk Mama yang Pemula 💚


tips menjalankan gaya hidup holistik

Dulu saya berpikir bahwa kesehatan itu ya hanya soal tubuh alias fisik. Namun ternyata konsep mengenai kesehatan itu sangat luas, Mam. Ini baru saya ketahui setelah belajar mengenai gaya hidup holistik beberapa tahun terakhir ini 😊

Gaya hidup holistik memandang kehidupan secara menyeluruh. Setiap bagian dari diri kita sebenarnya saling terkait dan terhubung satu sama lain. Mulai dari aspek fisik, mental, emosional, hingga spiritual. Oleh sebab itu, Mama perlu menjaga setiap bagian dari dirimu tersebut dengan baik sehingga tercapai keseimbangan.

Saat ini semakin banyak orang yang menyadari betapa pentingnya gaya hidup holistik. Sebab dengan menerapkan gaya hidup holistik akan membantumu untuk bisa hidup lebih sehat, bahagia, dan damai. Mama juga menginginkan hidup seperti itu? Yuk, ikuti berbagai tips menjalankan gaya hidup holistik untuk pemula melalui artikel kali ini! 


9 Tips Menjalankan Gaya Hidup Holistik untuk Pemula


Karena setiap bagian dalam dirimu saling berhubungan dan memengaruhi satu sama lain, artinya Mama perlu memelihara semua bagian tersebut secara seimbang. Misalnya, untuk benar-benar merasa sehat secara utuh, Mama bukan hanya membutuhkan asupan makanan yang sehat tapi juga pikiran yang positif serta ketenangan hati.

Dalam memulai gaya hidup holistik ada beberapa tips yang perlu Mama terapkan untuk memudahkan perjalananmu menuju kehidupan yang lebih baik. Lakukan tips-tips menjalankan gaya hidup holistik di bawah ini setahap demi setahap. Sebab yang terpenting adalah konsistensi sehingga Mama bisa memperoleh manfaatnya secara optimal.


1.  Tetapkan niatmu


Tips menjalankan gaya hidup holistik yang pertama adalah tetapkan niatmu. Gaya hidup holistik bukanlah sebuah tren yang kemudian akan berganti setelah hilang kepopulerannya. Ini merupakan bagaimana cara Mama menjalani hidup dan menjadikannya pilihan hidupmu seterusnya. Untuk itulah agar gaya hidup ini bisa dilakukan secara terus menerus Mama membutuhkan niat yang kuat.

Misalnya, niatmu menjalankan gaya hidup holistik adalah untuk mencapai kehidupan yang sehat, bahagia, dan damai. Tentunya Mama ingin kehidupan yang seperti itu setiap harinya, bukan? Maka dari itu Mama perlu menerapkan gaya hidup holistik dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan kehidupan yang diniatkan/inginkan.

Dengan niat yang kuat akan mendorongmu untuk terus berusaha demi mencapai keinginan tersebut. Semakin baik niatmu maka akan memberikan hasil yang semakin baik pula.


2.  Ketahui area mana yang perlu ditingkatkan


Setelah niat, tips menjalankan gaya hidup holistik yang berikutnya yaitu ketahui area mana dari dirimu yang perlu lebih ditingkatkan. Apakah itu kesehatan fisik, mental, emosional, ataupun spiritual. Pada tahap ini Mama belajar untuk lebih mengenal diri sendiri. Cobalah menilai dirimu secara jujur.

Misalnya, jika Mama merasa kesehatan fisik yang paling membutuhkan perhatian. Maka pertama-tama Mama perlu lebih fokus terlebih dahulu pada area ini sebelum berlanjut ke area lainnya. Mama juga perlu menetapkan kesehatan seperti apa yang diinginkan, apakah ingin lebih energik, ingin terbebas dari keluhan di tubuhmu, atau ingin memiliki fisik yang lebih bugar.

Setelah mengetahui apa yang Mama inginkan tersebut, selanjutnya cari tahu apa saja yang perlu Mama lakukan untuk mewujudkannya.


3.  Lakukan riset dan terus belajar


Tips menjalankan gaya hidup holistik yang satu ini juga tak boleh terlewatkan. Lakukan riset untuk memperluas ilmu pengetahuanmu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan area dalam dirimu yang butuh ditingkatkan. Dari sini Mama jadi bisa belajar dan mengetahui strategi apa saja yang perlu diterapkan untuk menjalankan gaya hidup holistik ini.

Zaman sekarang ini kecanggihan teknologi sangat memudahkan untuk belajar apapun. Mama bisa menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan melalui artikel online, konten YouTube, maupun podcast. Jika Mama mencari informasi di internet jangan lupa untuk memilih sumber yang terpercaya untuk dijadikan referensi.

Selain memanfaatkan internet, Mama juga bisa membaca berbagai referensi melalui buku-buku. Ada banyak orang yang ahli di bidang gaya hidup holistik dan masing-masing individu memiliki pemikiran yang berbeda.  Temukan yang paling sesuai denganmu agar Mama lebih nyaman menerapkan pembelajarannya.


4.  Lakukan secara bertahap sedikit demi sedikit


Tips menjalankan gaya hidup holistik selanjutnya yaitu lakukan secara bertahap. Mama tidak perlu melakukan semuanya sekaligus. Hal ini hanya akan membuatmu merasa kewalahan yang pada akhirnya membuatmu menyerah di tengah jalan. Jadi biasakan untuk memulai dari langkah yang paling mudah dan nyaman untuk dilakukan, namun pastikan Mama berusaha untuk konsisten melakukannya.

Setelah langkah pertama bisa Mama jalankan, kemudian lakukan langkah yang berikutnya dan seterusnya. Sehingga Mama akan berprogres dari waktu ke waktu.

“Mereka yang berhasil sampai di tujuan adalah mereka yang tidak berhenti. Mulailah dari langkah terkecil agar tidak lelah di tengah jalan”

 

5.  Belajar menerapkan pola makan sehat dan menikmatinya


Nutrisi merupakan komponen yang sangat penting dari kesehatan holistik, maka Mama perlu memprioritaskan pola makan sehat dalam keseharian. Tips menjalankan gaya hidup holistik yang satu ini sangat penting, sebab apa yang Mama makan akan berdampak secara langsung terhadap kesehatan fisik serta mentalmu.

Belajarlah memilih makanan yang lebih baik untuk tubuh, yaitu makanan alami yang tidak mengandung bahan-bahan tambahan seperti perasa sintetik, pewarna sintetik, pemanis buatan, hingga pengawet. Perbanyak konsumsi makanan utuh yang berasal dari alam yang tidak terlalu banyak mengalami proses pengolahan, seperti sayuran dan buah-buahan.

Untuk camilan, Mama bisa memilih makanan tradisional yang lebih minim proses dan tidak diberi bahan-bahan tambahan. Makanan yang baik akan memberi asupan nutrisi optimal dan tidak memberikan efek negatif pada tubuh.

Saya akui bahwa menerapkan pola makan sehat tidaklah semudah yang kita pikirkan. Hingga saat inipun saya masih terus belajar untuk bisa lebih baik, namun bukan untuk sempurna. Ada kalanya saya mengonsumsi makanan yang bukan termasuk kategori makanan sehat. Tapi saya berusaha meminimalisir hal tersebut dan membuat pilihan yang lebih baik dari waktu ke waktu.


6.  Merawat diri sendiri dengan baik


Untuk menerapkan tips menjalankan gaya hidup holistik berikut ini Mama perlu mengenali tubuhmu terlebih dahulu. Istirahatlah saat tubuhmu memerlukannya, makanlah saat merasa lapar, lakukan hal-hal yang menenangkan saat suasana hatimu sedang tidak baik, dan seterusnya. Ketahui batasanmu dan apa yang dibutuhkan tubuhmu.

Rawatlah dirimu dengan kasih sayang, kebaikan, dan kesabaran. Hal ini akan membuatmu bisa lebih bijak memperlakukan diri sendiri. Percayalah, saat Mama merawat diri sendiri dengan baik perasaanmu pun akan jauh lebih bahagia.


7.  Memahami ketidaksempurnaan Mama


Tidak ada manusia sempurna, maka Mama tidak perlu mengejar kesempurnaan. Saat Mama melakukan hal-hal yang semestinya tidak dilakukan, maafkan dirimu. Sangat wajar melakukan beberapa kesalahan dalam proses pembelajaran untuk menerapkan gaya hidup yang lebih baik.

Ada kalanya Mama mengonsumsi makanan yang sebenarnya kurang sehat untuk tubuh, atau sedang tidak ingin berolahraga, dan lain-lain. Tidak apa-apa. Karena setiap hari tidaklah sama, ada hari-hari dimana Mama bisa mengambil beberapa hal untuk dijadikan bahan introspeksi diri. Yang terpenting adalah Mama selalu bangkit lagi untuk memulai kembali gaya hidup sehat.


8.  Minimalkan lingkungan yang tidak mendukungmu


Minimalkan hal-hal yang bisa memberikan pengaruh negatif pada kehidupanmu. Apakah itu orang-orang yang negatif, berita-berita negatif, termasuk pikiran-pikiran negatifmu. Hal-hal tersebut tanpa disadari bisa memberikan dampak yang tidak baik untuk kehidupanmu.

Sebaliknya, maksimalkan untuk mengelilingi dirimu dengan orang-orang positif yang menjalani gaya hidup sehat. Perbanyak menyerap berbagai informasi yang inspiratif seputar kesehatan, bisa melalui artikel di internet, buku-buku, maupun konten YouTube. Selain itu, biasakan pula untuk lebih banyak berpikir hal-hal yang positif.


9.  Berusaha untuk terus konsisten


Dan jangan lewatkan kiat terakhir dalam menjalankan gaya hidup holistik, yaitu berusaha untuk terus konsisten. Mengapa hal yang satu ini sangat penting? Sebab menjalankan gaya hidup sehat bukanlah sesuatu yang dilakukan secara sementara, melainkan secara berkelanjutan.

Dengan konsisten inilah Mama akan menciptakan kebiasaan-kebiasaan sehat yang membantumu membangun gaya hidup holistik. Jadi langkah apapun yang Mama lakukan dalam menjalankan gaya hidup holistik ini, usahakan untuk bisa mempertahankannya dari waktu ke waktu.

Percayalah, setiap langkah tersebut perlahan akan memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dalam kehidupanmu. Saat salah satu bagian dari dirimu menjadi lebih baik maka bagian lain dari dirimu pun akan memperoleh manfaatnya.

Misal, saat kesehatan fisik Mama lebih baik, kesehatan mental pun akan ikut meningkat. Sebab setiap bagian dari dirimu saling berhubungan dan memengaruhi.

Oke, itulah beberapa tips menjalankan gaya hidup holistik yang bisa Mama coba 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~


Inspirasi lainnya: 8 Cara Menjaga Keseimbangan Hidup agar Mama Sehat dan Bahagia 😍

 

Credit photo: pixabay.com

References:

cleaneatingkitchen.com/7-holistic-health-tips-beginners/

wildgroveessentials.com/blogs/blog/introduction-to-holistic-living-for-beginners

thespiritedexplorer.com/how-to-begin-living-a-holistic-lifestyle/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛