7 Strategi untuk Menjadi Mama yang Tangguh 💖


strategi untuk menjadi mama tangguh


Berbagai fase dalam hidup saya, seperti tumbuh tanpa kehadiran seorang ayah, mengalami perceraian, hingga menjalani kehidupan sebagai single mom selama belasan tahun hingga saat ini, semua itu pada akhirnya membuat saya menjadi perempuan yang lebih tangguh. Saya bangga dan sangat bersyukur karena terlahir sebagai perempuan. Di mata saya, perempuan adalah sosok yang memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah kekuatannya (tangguh). 

Kekuatan inilah yang membuat wanita menjadi lebih tahan terhadap berbagai kondisi yang tidak mudah dalam hidupnya. Meski begitu, setiap wanita tentunya tidak sama dalam hal kekuatannya. Sebagian wanita lebih kuat dari yang lain, meski sebenarnya kita semua memiliki potensi yang sama. Sikap tangguh ini bisa dilatih, Mam. Dengan memiliki sikap tangguh, dirimu akan lebih mampu menjalani apa pun yang terjadi dalam hidupmu dengan lebih baik lagi.

Dirimu siap menjadi wanita tangguh? Yuk, simak beberapa cara untuk menjadi wanita yang tangguh dalam ulasan artikel kali ini. Selamat membaca hingga selesai, ya! 😍


7 Strategi untuk Menjadi Mama yang Tangguh


Sebelum menerapkan cara-cara di bawah ini, Mama perlu yakin bahwa dirimu bisa menjadi wanita yang tangguh. Bukan untuk terlihat hebat di mata orang lain, tapi untuk dirimu sendiri. Saat kita menjadi lebih baik maka kehidupan kita pun pasti mengikuti, menjadi lebih baik pula. Pilih satu cara yang paling mudah untuk Mama terapkan baru kemudian lakukan cara yang lainnya. Karena sekadar mengetahui hal baik belum cukup. Kita perlu menerapkannya dalam diri kita supaya hal baik itu menjadi bagian dalam diri kita. Setuju? 


1.  Mengenal diri sendiri dengan baik


Strategi untuk menjadi Mama tangguh yang pertama yaitu mengenal diri sendiri dengan baik. Artinya, dirimu perlu mengetahui serta memahami seperti apa dirimu, termasuk kelebihan dan kekuranganmu. Semua wanita pasti memiliki kekurangan, termasuk wanita tangguh sekalipun. Terima kekuranganmu dan anggap itu sebagai keunikanmu.

Dengan mengenal diri sendiri, Mama juga mengetahui apa yang paling penting dalam hidupmu, apa tujuan hidupmu, dan apa yang paling dirimu inginkan dalam hidup. Mengenal diri sendiri adalah cara paling utama untukmu bisa mencintai diri sendiri. Karena kita tidak bisa betul-betul mencintai apa yang kita tidak kita kenal. Betul, Mam? Saat kita mencintai diri sendiri tentunya kita menjadi semakin kuat dalam menghadapi berbagai ujian hidup yang sering kali tidak mudah. 

Mengenal diri sendiri membutuhkan proses. Kita perlu belajar dan berlatih untuk bisa semakin baik dalam mengenal diri sendiri. Salah satu cara yang saya lakukan untuk belajar mengenal diri sendiri adalah melatih kesadaran diri (self awareness). Seperti berusaha menyadari apa yang saya pikirkan dan bagaimana pola pikir saya, apa emosi yang saya rasakan, serta bagaimana perasaan saya 💓


2.  Prioritaskan perawatan diri 


Wanita yang tangguh memiliki energi yang baik serta menjalani hidup yang seimbang. Artinya mereka memperhatikan dan merawat setiap bagian dari diri mereka, mulai dari kesehatan tubuh, pikiran, hati, hingga jiwa. Bagian dari perawatan diri yang penting untuk Mama lakukan misalnya, menerapkan pola makan yang baik, tidur yang berkualitas, olahraga rutin, meluangkan waktu untuk me time, hingga merawat kecantikan. 

Merawat diri merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk Mama penuhi supaya dirimu memiliki energi positif dan semangat menjalani hidup. Jadi Mam, jadikan aktivitas perawatan diri ini prioritasmu dalam keseharian. Bagi saya merawat diri juga termasuk salah satu bentuk cinta dan kebaikan terhadap diri sendiri. Anggaplah kita memberi cinta terhadap diri sendiri dengan melakukan perawatan diri ini. Dan rasakan bagaimana emosimu menjadi lebih baik 💃


3.  Berani mengekspresikan diri


Berani mengekspresikan diri juga termasuk salah satu strategi untuk menjadi Mama yang tangguh. Mama perlu membangun kepercayaan diri untuk berani menyatakan pikiran, mengungkapkan perasaan, serta menunjukkan dirimu yang sesungguhnya. Hal ini bukan hanya membuatmu menjadi lebih tangguh, tapi juga memudahkanmu mencapai tujuan hidup maupun impian-impianmu. 

"Wanita yang percaya diri adalah mereka yang berani menjadi diri sendiri seutuhnya, karena mereka menerima dan mencintai diri sendiri dengan utuh".

Keberanian dan kepercayaan diri ini bisa dilatih, Mam. Saya pun masih berlatih hingga saat ini. Karena saya dulu bukanlah orang yang memiliki kepercayaan diri maupun keberanian yang baik. Saya berusaha menerapkan pola pikir serta kalimat afirmasi yang bisa membuat saya menjadi lebih percaya diri dan berani. Misalnya, dengan berpikir dan meyakini bahwa saya sangat mampu menjadi diri saya yang terbaik seperti yang saya inginkan 😉


4.  Memiliki motivasi dari dalam diri sendiri


Wanita tangguh tidak sibuk untuk mendapatkan motivasi dari orang lain karena mereka memiliki motivasi yang berasal dari dalam dirinya sendiri. Namun demikian bukan berarti motivasi ini selalu berada dalam level terbaik, karena ada kalanya semangat kita menurun maupun meningkat. Energi yang kita miliki juga tidak selalu sama setiap waktu. 

Akan tetapi wanita tangguh tidak menunggu berada dalam motivasi tinggi untuk melakukan sesuatu atau bertindak. Justru tindakan merekalah yang akhirnya mendatangkan motivasi yang lebih besar. Salah satu cara paling penting untuk saya termotivasi dari dalam diri adalah dengan selalu mengingat apa tujuan hidup saya. Tujuan hidup ini merupakan alasan yang membuat saya terus melangkah semakin baik. 

5.  Tidak bergantung kepada orang lain 


Strategi untuk menjadi Mama yang tangguh berikut ini juga sangat penting untuk dirimu miliki. Jika Mama ingin menjadi wanita tangguh, maka jadilah wanita yang tidak bergantung pada orang lain alias mandiri, termasuk terhadap orang terdekatmu, apakah itu pasangan ataupun orang tuamu. Mandiri ini bukan hanya soal finansial, tapi yang lebih penting adalah mandiri secara emosional maupun mental. 

Mandiri bukan berarti Mama tidak membutuhkan orang lain. Mandiri artinya kita tidak menggantungkan diri kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan utama kita. Percayalah bahwa dirimu mampu untuk menjadi mandiri. Mama tidak harus menjadi mandiri secara keseluruhan (seutuhnya) untuk dianggap sebagai wanita mandiri. Tapi berusahalah untuk tidak terlalu banyak bergantung kepada orang lain, ini juga termasuk proses untuk menjadi lebih mandiri. Bagaimana menurutmu? 😊


6.  Memiliki batasan pribadi


Mama tentu pernah dengar istilah personal boundaries alias batasan pribadi, bukan? Batasan pribadi ini artinya dirimu menetapkan batasan antara dirimu sendiri dengan orang lain. Batasan ini bertujuan untuk kenyamananmu dan juga memengaruhi kesehatanmu secara menyeluruh. Dalam menetapkan batasan pribadi ini Mama perlu mengetahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang membuatmu tidak nyaman saat berinteraksi dengan orang lain.

Perlu Mama ingat bahwa dirimu berhak untuk menolak atau berkata tidak terhadap hal-hal yang tidak dirimu sukai atau inginkan. Memang, terkadang dibutuhkan sikap tegas dalam hal ini. Misalnya, saat ada seseorang yang memintamu melakukan sesuatu di saat dirimu juga sedang sibuk dengan aktivitas prioritasmu, maka Mama berhak untuk menolak (tidak menerima permintaannya). Selama Mama menolaknya dengan sopan dan permintaan tersebut bukanlah hal yang mendesak maka dirimu tidak perlu merasa bersalah.

Dulu, waktu awal-awal saya menerapkan hal ini, kadang saya merasa tidak enak untuk menolak atau berkata tidak kepada orang lain. Tapi, hal ini juga bisa dilatih, Mam. Sekarang setelah saya terbiasa menerapkannya, saya merasa jauh lebih nyaman dan orang di sekitar saya pun lebih memahami batasan yang saya miliki. Bagaimanapun, diri kita berhak untuk kita prioritaskan. Sebab siapa lagi yang akan memprioritaskan diri kita sebaik diri sendiri, iya kan?  😍


7.  Terus berkembang menjadi lebih baik


Hal ini juga termasuk strategi untuk menjadi Mama yang tangguh. Wanita tangguh suka belajar dan mencoba hal-hal baru yang membuat mereka berkembang menjadi lebih baik. Cara terbaik supaya Mama bisa berkembang menjadi versi terbaik dari dirimu yaitu dengan belajar. Belajar ini bisa dirimu lakukan melalui membaca, menonton video, mendengarkan podcast, maupun berbagai cara lainnya yang cocok untukmu. 

Hal ini dilakukan bukan untuk mencapai kesempurnaan, tapi untuk terus berproses menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Meski itu perlahan dan sedikit demi sedikit, yang terpenting dirimu terus  mengalami kemajuan seiring dengan perkembangan dirimu. Cara saya untuk terus berkembang menjadi lebih baik adalah dengan rutin membaca, khususnya mengenai tema personal development (pengembangan diri).  Caramu seperti apa, Mam? 😊

Baiklah Mam, itulah ulasan mengenai beberapa cara yang bisa dirimu lakukan untuk menjadi Mama yang tangguh. Semoga menginspirasi dan terima kasih sudah membaca hingga selesai, ya! Dirimu punya tema tertentu yang ingin dibahas seputar kehidupan seorang mama? Yuk ajukan request tema tulisan melalui sosial media Mama Sehat Bahagia. 


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 9 Manfaat Self Awareness yang Penting untuk Mama Ketahui


Credit photo: unsplash.com

References: 

inspiringtips.com/asia/emotionally-mentally-strong-woman/

powerofpositivity.com/6-ways-to-become-a-strong-woman/

womenworking.com/10-things-strong-women-do-to-get-through-tough-times/

explorerchick.com/journal/traits-strong-woman-told-strong-women/

discoverymood.com/blog/characteristics-of-mentally-strong-women/



Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛