5 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Kulit Mama 💖

 


manfaat olahraga untuk kecantikan kulit mama



Dirimu suka olahraga, Mam? Tahukah Mam, meski saat ini saya suka olahraga, sebenarnya dulu saya sama sekali tidak menyukai aktivitas yang satu ini. Saya suka senyum senyum sendiri kalau ingat betapa dulu saya tidak bersahabat dengan olahraga. He he.. Tapi setelah saya mengetahui berbagai manfaat olahraga bagi kesehatan, saya berusaha melatih diri untuk rutin olahraga. Awal olahraga saya hanya melakukannya selama 5 menit setiap harinya. Olahraga yang saya pilih pun yang dilakukan sambil duduk. 

Percaya Mam, semua usaha kita pasti berproses dan berkembang jika dilakukan secara konsisten. Meski awalnya hanya 5 menit, sekarang saya bisa olahraga lebih dari 30 menit setiap hari (ada satu hari libur saat akhir pekan). Dan olahraga yang saya lakukan sekarang pun bervariasi, ada yang berdiri dan ada pula yang duduk kalau ingin yang lebih santai. Bagaimana dengan dirimu, Mam? 😊

Nah, untuk menambah motivasi Mama olahraga, di artikel kali ini saya mengulas tentang berbagai manfaat olahraga untuk KECANTIKAN kulitmu. Ya, ternyata olahraga rutin sangat mendukung kecantikanmu. Ayo, langsung simak artikel kali ini hingga selesai, ya! 


Apa Saja 5 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Kulit Mama?


Bagi kaum wanita seperti kita, memiliki kulit yang cantik dan sehat tentunya adalah hal yang sangat penting. Iya kan, Mam? 💃 Coba bayangkan, betapa bahagianya dirimu setiap kali melihat kulit yang indah di cermin, dan itu adalah milikmu. Namun, untuk mendapatkan manfaat ini dirimu perlu melakukan olahraga secara rutin. Jika saat ini dirimu belum melakukannya secara rutin, yuk dimulai dari sekarang! Kita punya sejuta alasan positif untuk berolahraga, termasuk beberapa manfaat olahraga untuk kecantikan kulitmu berikut ini.


1.  Menutrisi sel-sel kulit


Saat kita olahraga aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Dan hal ini bermanfaat untuk sel-sel dalam tubuh kita, termasuk sel kulit. Sel-sel kulit menjadi ternutrisi dan tentunya membuat kulit lebih sehat. Kulit yang sehat tidak mudah terkena berbagai masalah atau gangguan pada kulit. Selain itu, aliran darah yang lancar ini juga membantu pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Di mana sel kulit yang lama dan rusak diperbaiki atau diganti dengan sel kulit baru yang sehat. 

Jika tubuh dinutrisi melalui makanan yang kita konsumsi, maka kulit dinutrisi dari olahraga yang kita lakukan secara rutin. Bagi Mama yang belum mulai olahraga secara rutin, saya punya tips supaya dirimu bisa konsisten olahraga yang sudah berhasil saya terapkan pada diri sendiri 😉 Pertama, pilih jenis olahraga paling mudah untukmu. Kedua, mulai dari waktu paling singkat, 5-10 menit setiap hari. Ketiga, nikmati prosesnya tanpa terburu-buru ingin mendapat hasil sesuai keinginanmu atau berprogres terlalu cepat. 

2.  Membersihkan kulit 


Manfaat olahraga untuk kecantikan kulit yang kedua adalah untuk membersihkan kulit, termasuk dari racun atau zat-zat yang tidak bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mengapa bisa begitu? Karena saat kita olahraga aliran darah meningkat, dan hal ini membantu mengeluarkan racun dari pori-pori kulit dengan lebih efisien. Selain itu keringat yang dikeluarkan saat olahraga juga memberikan manfaat yang sama. 

Racun dalam kulit ini jika dibiarkan terus menerus dan menumpuk pada kulit maka bisa berpotensi menimbulkan masalah pada kulit, seperti kulit kusam, komedo, hingga munculnya noda pada kulit. Wah, sayang sekali bukan? Tenang, Mam. Ini bisa diatasi dengan rutin olahraga. Supaya dirimu mendapat manfaat yang satu ini dengan maksimal jangan lupa untuk membersihkan kulit setelah berolahraga, khususnya jika Mama melakukannya di luar ruangan 🌞


3.  Membuat kulitmu terlihat awet muda


Penelitian menyatakan bahwa mereka yang melakukan olahraga secara rutin memiliki kulit yang terlihat lebih muda bahkan jauh dibanding usia yang sebenarnya. Untuk mendapat manfaat ini secara optimal Mama perlu olahraga sekitar 30 menit setiap harinya. Ayo Mam, dirimu pasti bisa berproses untuk sampai pada tahap konsisten olahraga dan melakukannya dengan senang. Ikuti saja tips yang saya bagikan di poin nomor 1, ya! 😉

Olahraga akan menjaga kadar hormon kortisol dalam tubuhmu tetap stabil. Mengapa sangat penting untuk menjaga hormon ini tetap stabil? Sebab ketika hormon kortisol ini meningkat produksi kolagen di kulit akan menurun, yang kemudian menimbulkan kerutan dan kulit yang mengendur. Menjaga produksi kolagen dalam tubuh dapat mendukung tampilan kulit yang kencang dan kenyal.

"Kita tidak bisa menghentikan pertambahan usia, tapi kita bisa berusaha untuk menjadi lebih muda dari usia yang sebenarnya"


4.  Menjadikan kulitmu tampak lebih cantik


Kulit yang terlihat lebih CANTIK juga termasuk salah satu manfaat olahraga untuk kecantikan Mama. Saat olahraga, otot jantung terlatih untuk menjadi lebih kuat sehingga aliran darah yang kaya akan oksigen di dalam tubuhmu menjadi lebih lancar. Pada akhirnya hal ini juga memengaruhi kulit, menjadikannya terlihat sehat dan lembap alami.

Melakukan olahraga secara rutin juga membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit secara menyeluruh. Sebab meningkatnya aliran darah serta lancarnya sirkulasi darah membantu memberikan nutrisi dan oksigen ke kulit. Dan ini membuat kulitmu menjadi lebih CERAH. 

Jika Mama berolahraga di luar ruangan dan terkena sinar matahari, jangan lupa gunakan tabir surya (sunscreen) supaya kulit terlindungi dari efek paparan sinar matahari. Saya lebih suka berolahraga di dalam rumah, karena menurut saya lebih simpel dan fleksibel. Saya bisa melakukannya di jam berapa saja dan mengenakan pakaian apa saja yang saya nyaman. Kalau dirimu bagaimana, Mam? 😊


5.  Membantu mengatasi berbagai masalah kulit 


Terakhir, olahraga juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit, seperti jerawat, eksim, hingga psoriasis. Hal ini karena olahraga akan meningkatkan hormon endorphin yang bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati dan menurunkan stres. Di mana berbagai masalah kulit tersebut juga sering kali dipicu oleh stres.  Intinya, saat kita terhindar dari stres maka berbagai masalah kulit pun bisa dicegah atau diatasi.

Di samping itu, olahraga rutin juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang berdampak pada kemampuan tubuh mengatasi peradangan, termasuk pada kulit. Dengan demikian berbagai masalah kulit dapat lebih mudah disembuhkan.

Nah Mam, itulah beberapa manfaat olahraga untuk kecantikan kulitmu. Bagaimana, setelah membaca ulasan di atas dirimu jadi lebih semangat untuk olahraga kan, ya? 💃 Ayo Mam, rutinkan olahragamu supaya selalu sehat dan bahagia! Terima kasih sudah membaca hingga selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah 

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 7 Tips Memilih Skincare Alami yang Penting untuk Kecantikan Mama


Credit photo: unsplash.com

References:

usdermatologypartners.com/blog/will-exercising-improve-my-skin/

foreo.com/mysa/the-connection-between-exercise-and-skincare/

stackedskincare.com/blogs/blog/how-exercise-can-benefit-your-skin

skintrustclub.com/blog/can-you-exercise-your-way-to-healthy-skin/

byrdie.com/exercise-for-glowing-skin

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛