9 Manfaat Self Awareness yang Penting untuk Mama Ketahui 💛



manfaat self awareness untuk mama



Proses pengembangan diri (personal development) yang saya lakukan sejak beberapa waktu terakhir ini akhirnya membawa saya mengenal berbagai hal yang membuat saya bisa lebih mengenal diri sendiri. Salah satunya adalah mengenai self awareness. 

Mama tentu sudah sering mendengar istilah self awareness alias kesadaran diri, namun tahukah dirimu apa sebenarnya yang dimaksud kesadaran diri? Kesadaran diri adalah kemampuan mengamati dan mengenali diri sendiri yang pada akhirnya membantumu untuk mengevaluasi serta memperbaiki diri.

Tentu Mama membutuhkan kesadaran diri untuk membuatmu bisa berkembang menjadi orang yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dan yang paling penting agar Mama bisa memiliki hubungan lebih baik dengan diri sendiri yang mana hal ini merupakan salah satu kunci untuk hidup bahagia dan damai.

Nah, di artikel kali ini saya akan mengulas secara lebih lengkap berbagai manfaat self awareness yang penting untuk Mama ketahui. Simak sampai selesai ya, sehingga Mama bisa memperoleh ilmunya secara optimal 😊


9 Manfaat Self Awareness yang Penting untuk Mama Ketahui


Memiliki kesadaran ini termasuk ke dalam aspek kesehatan emosional. Semakin baik Mama memiliki kesadaran diri maka semakin baik pula kesehatanmu secara emosional. Kesadaran diri ini tentu saja bukan hal yang tiba-tiba dirimu miliki ataupun bawaan sejak lahir. Hal ini perlu dipelajari dan dilatih. Seiring waktu Mama bisa memiliki kesadaran diri yang tinggi jika terus belajar dan berlatih.

Supaya Mama semakin semangat untuk mempelajarinya, mari ketahui terlebih dahulu berbagai manfaat self awareness berikut ini.


1. Lebih memahami diri sendiri


Dengan kesadaran diri, Mama jadi bisa memahami diri sendiri dengan lebih baik. Mama akan lebih memahami mengapa dirimu melakukan suatu hal, membuat pilihan tertentu, dan merasakan sesuatu. Kesadaran diri dapat menjadi jalan pembuka untuk Mama bisa mengenal diri sendiri. Di mana semakin baik Mama mengenal diri sendiri maka semakin mudah untuk memahami dirimu sendiri.

Bagi saya ini adalah hal pertama yang saya peroleh ketika kesadaran diri saya meningkat. Kesadaran diri membuat saya mengenal diri sendiri, kemudian memahami diri sendiri. Dan akhirnya membantu saya untuk bisa belajar mencintai diri saya serta memiliki hubungan yang lebih baik dengan diri sendiri.


2. Mengetahui kekuatanmu


Hal ini juga merupakan salah satu manfaat self awareness. Saat mengenal diri sendiri tentunya Mama jadi mengetahui apa kekuatan atau kelebihanmu. Dengan mengetahui kekuatanmu bisa membuat dirimu memanfaatkannya secara lebih optimal.

Mengetahui kekuatan diri sendiri termasuk berupa hal-hal apa saja yang Mama kuasai juga akan menguntungkanmu dalam pekerjaan. Mama bisa memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu.

Selain itu, Mama juga bisa berusaha meningkatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan lebih banyak kesuksesan seiring dengan semakin terampilnya dirimu.


3. Mengetahui kelemahanmu


Selain untuk mengetahui kekuatan, manfaat self awareness yang selanjutnya adalah untuk mengetahui kelemahanmu. Hal ini penting supaya Mama bisa terus berkembang baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Memahami kelemahan diri memang tidak semudah seperti memahami kekuatan diri sendiri. Mama perlu berusaha untuk benar-benar jujur dan menilai diri sendiri secara lebih objektif. Namun dengan mengetahui kelemahanmu akan membantu untuk menentukan apa yang perlu diperbaiki serta ditingkatkan dari dirimu.

Menyadari dan memahami kelemahan diri sendiri juga bisa menjadi kesempatan berharga untuk melatih rasa belas kasih terhadap diri sendiri (self compassion). Pahami bahwa kita tidak sempurna dan terima dengan tulus segala kelemahan yang kita miliki.

“Kelemahan dalam dirimu bukan untuk membuatmu berkecil hati, tapi untuk menjadikanmu orang yang selalu rendah hati”

 

4. Meningkatkan pengendalian diri


Melalui kesadaran diri, Mama bisa memahami bagaimana emosi serta perasaanmu. Serta mengetahui apa yang membuatmu mengalami dan merasakan hal tersebut. Dengan demikian Mama bisa memutuskan bagaimana merespon emosi yang dirimu alami dalam situasi tertentu. Hal ini akan meningkatkan pengendalian dirimu sehingga tidak terjadi emosi yang berlebihan.


5. Berpikir lebih kritis


Berpikir kritis artinya Mama mampu memproses serta menganalisis sesuatu dengan cara pandang yang objektif (secara menyeluruh). Hal ini bisa didapatkan dari self awareness yang Mama miliki. Kemampuan berpikir ini sangat berguna untuk kehidupan pribadi maupun profesionalmu.

Sebab dengan kesadaran diri tersebut Mama menjadi lebih mengenal diri sendiri termasuk sikap subjektif dari dirimu seperti perasaan dan pendapatmu. Dengan begitu Mama bisa berusaha melakukan yang terbaik untuk tidak membiarkan sikap subjektif tersebut terlalu mendominasi dalam pemikiranmu.


6. Pengambilan keputusan yang lebih baik


Memiliki kesadaran diri membuatmu terbiasa menganalisis pikiran dan perasaan diri sendiri. Mama bisa membedakan mana yang baik dan tidak baik serta mengetahui kekuatan dan kelemahan diri. Mama juga bisa menganalisis sesuatu secara lebih hati-hati sebab dirimu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Dan hal ini meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Selain itu kemampuan berpikir kritis yang telah dibahas pada poin sebelumnya pun akan membantu dalam pengambilan keputusan yang baik. Sebab mereka yang berpikir kritis bisa lebih objektif dalam menilai sesuatu.


7. Lebih memahami orang lain


Kemampuan untuk memahami diri sendiri yang Mama peroleh dari kesadaran diri juga membuatmu bisa lebih baik dalam memahami orang lain. Sebab bagaimana mungkin kita bisa betul-betul memahami orang lain jika kita sendiri pun tidak mampu memahami diri sendiri dengan baik.

Saat Mama memahami diri sendiri dengan lebih baik maka dirimu pun menjadi bisa memahami orang lain dengan baik. Karena kesadaran diri adalah tentang memahami perasaan maupun emosi, dan hal itu juga termasuk memahami perasaan dan emosi orang lain.


8. Meningkatkan hubungan dengan orang lain


Kesadaran diri akan meningkatkan kesehatan emosional Mama yang kemudian akan berdampak pada kualitas hubunganmu dengan orang lain khususnya orang terdekatmu.

Mengapa demikian? Sebab kesadaran diri membuat Mama mampu menyadari tindakanmu serta bagaimana tindakan itu memengaruhi orang lain. Dan Mama menjadi tahu bagaimana menangani diri sendiri secara lebih baik yang mana hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hubunganmu dengan orang lain.


9. Berubah menjadi lebih baik


Ini merupakan manfaat dari kesadaran diri yang paling penting untuk Mama yaitu membuatmu berubah menjadi lebih baik. Kesadaran diri membantumu menyadari dan memahami kekurangan diri yang kemudian menjadi jalan pembuka untuk memperbaiki hal tersebut. Kita tidak bisa memperbaiki sesuatu dari diri kita tanpa kita menyadari terlebih dahulu hal tersebut.

Oke Mam, itulah beberapa manfaat yang akan dirimu dapatkan dari kesadaran diri alias self awareness. Teruslah melatih kesadaran diri dalam dirimu secara perlahan dari waktu ke waktu sehingga berbagai manfaat di atas bisa diperoleh secara maksimal. Percayalah, hal-hal kecil berubah menjadi besar jika dilakukan terus menerus. Semangat! 😉

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : Yuk Mam, Terapkan 9 Cara Meningkatkan Kesehatan Emosional Berikut Ini!

Credit photo: dreamstime.com

References:

calmsage.com/benefits-of-self-awareness-and-its-examples/

thesimplyluxuriouslife.com/podcast143/

khalilcenter.com/four-benefits-cultivating-self-awareness/

theimportantsite.com/10-reasons-why-self-awareness-is-important/

/executivewomen20.com/7-reasons-self-awareness-leads-to-success/

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛