7 Tips Memilih Skincare Alami yang Penting untuk Kecantikan Mama 💖



tips memilih skincare alami



Saya baru mengenal SKINCARE ALAMI sekitar Tahun 2016. Dan produk skincare alami pertama yang saya gunakan saat itu adalah sabun mandi. Sejak saat itu saya beralih menggunakan sabun alami yang terbuat dari bahan-bahan yang bersumber dari alam seperti minyak kelapa, minyak essensial, serta ekstrak berbagai tumbuhan. Saya masih ingat bagaimana takjubnya saya saat pertama kali mencoba produk alami. Saya baru sadar bahwa ternyata ada bahan-bahan alami yang sangat kaya manfaat untuk kecantikan kita 😊

Senang rasanya ya Mam, bisa memberikan yang terbaik untuk diri sendiri, termasuk untuk kulit yang merupakan organ terbesar pada tubuh kita. Bukan hanya lebih aman dan menyehatkan untuk diri kita, tapi juga ramah bagi lingkungan serta bumi tercinta. Apakah dirimu juga sudah menggunakan skincare alami? Jika belum, Mama bisa coba beralih menggunakan satu atau dua produk terlebih dahulu dan rasakan manfaatnya. Di artikel kali ini, saya berbagi informasi bagaimana tips memilih skincare alami yang penting untuk Mama lakukan. Selamat membaca hingga selesai, ya!

“Apa yang dirimu berikan pada kulitmu pasti akan kembali padamu. Berikan yang terbaik untuk mendapat hasil terbaik bagi kecantikanmu


7 Tips Memilih Skincare Alami yang Penting untuk Kecantikan Mama


Menggunakan skincare alami termasuk salah satu investasi yang bisa Mama lakukan untuk kecantikanmu. Memberikan nutrisi terbaik bagi kulit yang berasal dari bahan-bahan alami pada akhirnya akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan bahagia. Dan manfaat ini bukan hanya Mama nikmati untuk saat ini tapi juga untuk masa depan. Di blog Mama Sehat Bahagia ini saya sudah mengulas beberapa topik mengenai cantik alami termasuk manfaat dari skincare alami dalam label/kategori Ingin Lebih Cantik. 

Dalam memilih skincare alami, Mama juga perlu teliti supaya mendapatkan jenis skincare yang terbaik untuk dirimu. Hal ini juga menentukan hasil yang Mama dapatkan. Untuk memudahkan Mama, yuk terapkan beberapa tips memilih skincare alami berikut ini 😊


1.  Kenali karakteristik kulitmu


Hal pertama yang penting untuk Mama lakukan saat memilih skincare alami adalah mengenali karakteristik kulitmu terlebih dahulu. Sebab karakteristik kulit masing-masing orang berbeda dan dirimu perlu memilih skincare yang cocok dengan kulitmu. Secara umum ada lima karakteristik dasar dari kulit, yaitu:

-          Kulit normal yang merupakan jenis kulit paling seimbang karena tidak berminyak tapi juga tidak kering.

-         Kulit berminyak yaitu jenis kulit yang menghasilkan lapisan minyak berlebih dan terlihat di permukaan kulit. Hal ini bisa menyebabkan pori tersumbat dan mengakibatkan jerawat.

-          Kulit kering merupakan kebalikan dari kulit berminyak, dimana kulit kekurangan lapisan minyak untuk membuatnya tetap lembap.

-          Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang paling umum dimana pada bagian tertentu cenderung berminyak (seperti hidung dan dahi) sedangkan pada bagian lainnya kering atau normal.

-          Kulit sensitif termasuk jenis kulit yang paling membutuhkan perhatian khusus. Sebab jenis kulit ini lebih rentan terhadap gatal, kemerahan, maupun bercak.

 

2.  Perhatikan labelnya


Tips memilih skincare alami berikutnya yaitu perhatikan labelnya. Terdapat berbagai label yang bisa Mama lihat pada kemasan produk maupun pada deskripsi perusahaan (Mama juga bisa melihatnya di website resmi perusahaan). Ada beberapa label, seperti “dibuat dengan bahan organik”, “organik bersertifikat”, atau “dibuat dengan bahan alami”.

Label “dibuat dengan bahan organik” artinya produk tersebut semestinya mengandung 70% bahan organik. Sedangkan bahan lainnya adalah bahan yang harus memenuhi standar kualitas meski bisa jadi kualitasnya tidak sama dengan bahan organik. Sedangkan label “organik bersertifikat” merupakan produk yang telah dijamin kualitasnya sesuai dengan aturan resmi yang ditetapkan lembaga sertifikasi organik.

Untuk label “dibuat dengan bahan alami” artinya produk tersebut dibuat menggunakan bahan-bahan yang bersumber dari alam seperti tumbuh-tumbuhan dan semestinya terbebas dari bahan-bahan sintetis yang tidak baik untuk kulit. Pilih skincare dengan label yang dirimu inginkan apakah itu organik, organik bersertifikat, atau alami.


3.  Cek daftar bahan


Sama seperti saat membeli produk makanan, Mama juga perlu mengecek daftar bahan-bahan untuk membuat produk skincare yang dirimu gunakan. Ini penting Mam, supaya kita bisa memastikan keamanan dari bahan-bahan yang masuk ke tubuh kita. Mama bisa membaca daftar bahan ini pada kemasan produk.

Dulu sebelum saya mengetahui betapa pentingnya mengecek bahan pembuat produk, setiap membeli skincare ya langsung aja beli tanpa membaca komposisi produk. Dan waktu awal-awal menerapkan kebiasaan “membaca komposisi sebelum membeli” ini, waktu belanja tuh jadi lebih lama, deh. Karena perlu meluangkan waktu untuk membaca kemasan 😊 Tapi lama-lama terbiasa, kok. Demi mendapatkan yang terbaik kita memang perlu teliti, iya kan Mam?


4.  Ketahui bahan apa yang harus dihindari


Mama juga perlu mengetahui apa saja bahan-bahan yang perlu dihindari dan sebisa mungkin tidak ada di dalam skincare yang Mama gunakan. Bahan-bahan tersebut diantaranya: sodium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate (SLS), dietanolamina (DEA), monoethanolamine (MEA), trietanolamin (TEA), propilen glikol (PEG), paraben (Metil, Butil, Propil, Etil), isopropil (SD-40), triclosan, pewangi sintetis, dan garam aluminium.

Bahan-bahan yang tidak baik pada jangka panjang akan memberikan efek yang tidak sehat pada kesehatan tubuh termasuk kulit. Sebaliknya, bahan-bahan alami justru memberikan manfaat bagi kulit serta aman untuk kesehatan tubuh.


5.  Beli dari toko terpercaya


Saat ini Mama bisa dengan sangat mudah menemukan berbagai toko yang menjual skincare. Namun untuk mendapatkan skincare alami berkualitas, Mama perlu lebih teliti. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli dari toko tersebut. Apakah toko tersebut memiliki kredibilitas (kepercayaan) yang bagus?

Toko dengan kredibilitas yang bagus bisa terlihat dari kemasan produk, website, sosial media, layanan pelanggan, testimonial atau komentar pelanggan mereka. Jadi, coba luangkan waktu Mama untuk berkeliling mengecek website, sosial media, hingga komentar pelanggan dari toko tersebut. Jika ada pertanyaan yang ingin dirimu ajukan tak perlu ragu untuk menanyakan langsung dan lihat bagaimana mereka merespon 😉


6.  Fokus pada kualitas bukan harga


Skincare alami biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada skincare pada umumnya. Tetapi sebenarnya banyak skincare yang harganya jauh lebih mahal dari skincare alami, khususnya skincare dengan merek ternama dunia meski mereka bukan kategori skincare alami.

Semakin alami produknya bisa jadi semakin mahal harganya. Sebab proses dan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan bahan-bahan alami tidak sama seperti halnya bahan-bahan sintetis. Tapi jika produk tersebut memberikan kualitas yang terbaik anggaplah ini merupakan investasi jangka panjang untuk kecantikan dan kesehatan tubuh Mama khususnya kulit di masa depan.


7.  Cek review produk tersebut


Tips memilih skincare alami yang terakhir perlu Mama lakukan yaitu mengecek review (ulasan) produk tersebut. Review ini biasanya bisa dirimu lihat dari website dan aplikasi belanja online toko tersebut pada bagian ulasan pembeli. Dengan mengetahui bagaimana review produk yang ingin Mama beli akan membantu memastikan bahwa produk tersebut memang cocok untuk dirimu.

Ini juga merupakan salah satu hal yang saya lakukan setiap kali ingin membeli skincare. Suka ingin tau aja gitu gimana pendapat konsumen lain yang sudah membeli produk tersebut. Jadi setidaknya saya punya gambaran mengenai produk yang akan saya beli.

Okay, Mam itulah beberapa hal yang penting untuk dirimu terapkan saat akan memilih dan membeli produk skincare alami. Yuk, kita pastikan bahwa skincare yang kita gunakan memang betul-betul mendukung kecantikan kita dalam jangka panjang. Terima kasih sudah membaca hingga selesai 😊


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 

9 Manfaat Menggunakan Kosmetik Berbahan Alami


Credit photo: istockphoto.com

References:

medium.com/the-glowgetters-guide/the-ultimate-guide-to-choosing-natural-beauty-products-84d1b8565790

nutriglowcosmetics.com/buying-natural-skincare-products/

theo10.com/media-centre/how-to-choose-natural-and-organic-skincare-and-beauty-products.html

orgayana.com/beauty/what-to-look-for-when-buying-natural-skincare-products/

fashiongonerogue.com/natural-skincare-101-how-to-choose-the-right-products-for-your-skin-type/

 


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛