9 Manfaat Tidur yang Cukup bagi Kesehatan Mama 💚


manfaat tidur cukup bagi kesehatan


Waktu tidur saya setiap harinya sebenarnya termasuk yang tidak terlalu panjang. Saya tidak setiap hari mendapatkan waktu tidur hingga mencapai 7 jam. Tapi saya berusaha lebih mendengarkan tubuh saya. Jadi, saat saya merasa mengantuk di luar jam tidur, biasanya saya ambil jeda sebentar (meski hanya beberapa menit) untuk tidur sejenak.

Mendapatkan tidur malam yang cukup sangat penting bagi kesehatanmu. Bahkan sama pentingnya dengan penerapan pola makan sehat serta olahraga. Jadi, jika Mama ingin sehat secara menyeluruh maka tidur yang cukup perlu diprioritaskan. Mama tentu juga bisa merasakan dampaknya secara langsung saat Mama kurang tidur, badan terasa kurang bersemangat dan mudah lelah.

Tetapi tahukah Mama bahwa dampak dari kurang tidur bisa lebih dari itu. Di artikel kali ini saya akan mengulas mengenai berbagai manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan. Sehingga Mama jadi lebih mengetahui betapa pentingnya tidur untuk tubuh 😊


9 Manfaat Tidur yang Cukup bagi Kesehatan Mama


Meski kebutuhan tidur setiap orang bisa jadi berbeda-beda, namun mayoritas orang dewasa memerlukan sekitar 6 hingga 7 jam waktu tidur setiap harinya. Berikut ini beberapa manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan yang penting untuk Mama ketahui:


1. Mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat


Manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan tentunya memengaruhi sistem kekebalan tubuhmu. Sebab kurang tidur telah terbukti mengganggu fungsi kekebalan tubuh. Dimana dalam sebuah penelitian, para peserta yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam 4,5 kali lebih berpeluang terkena flu dibanding mereka yang tidur lebih dari waktu tersebut.


2. Membantu mempertahankan berat badan ideal


Selain mendukung sistem kekebalan tubuh, manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan juga dapat membantu mempertahankan berat badan idealmu. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara waktu tidur yang kurang setiap malamnya dengan risiko kenaikan berat badan yang lebih besar serta indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi.

Faktanya, sebuah analisis yang dilakukan pada Tahun 2020 menemukan bahwa orang dewasa yang kurang tidur setiap malamnya memiliki risiko terkena obesitas sebesar 41%. Dampak kurang tidur terhadap kenaikan berat badan ini diyakini dipengaruhi oleh faktor hormon dan motivasi untuk olahraga.

Diketahui bahwa kurang tidur bisa meningkatkan kadar hormon ghrelin (yang membuatmu merasa lapar) dan menurunkan kadar hormon leptin (yang membuatmu merasa kenyang). Inilah yang membuatmu lebih merasa lapar dan makan berlebihan saat kurang tidur. Disamping itu, kurang tidur juga membuatmu jadi merasa kurang semangat dan mudah lelah untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.


3. Meningkatkan konsentrasi


Manfaat lainnya dari tidur yang cukup bagi kesehatanmu adalah untuk meningkatkan konsentrasi. Sebab tidur memiliki peran penting terhadap berbagai aspek fungsi otak. Pada sebuah studi yang khusus dilakukan terhadap sejumlah dokter, diketahui bahwa mereka yang mengalami gangguan tidur (kurang tidur) lebih berisiko untuk melakukan kesalahan medis. Tentu saja hal ini terkait dengan menurunnya konsentrasi akibat kurang tidur.

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa tidur yang cukup akan meningkatkan kinerja akademik pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Hal ini membuktikan bahwa tidur yang cukup dapat meningkatkan daya ingat serta konsentrasimu.


4. Meningkatkan kesehatan jantung


Manfaat tidur yang cukup selanjutnya yaitu untuk meningkatkan kesehatan jantung. Diketahui bahwa durasi serta kualitas tidur yang rendah bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Sebuah analisis dari 19 studi menunjukkan bahwa jam tidur yang kurang setiap harinya akan meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 13%.

Saat tidur, tubuhmu akan melepaskan berbagai hormon yang salah satunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kurang tidur bisa membuatmu kehilangan hormon tersebut.


5. Membantu mengatur gula darah


Hal ini juga termasuk salah satu dari manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan. Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai masalah berkaitan dengan metabolisme, termasuk fluktuasi kadar gula darah. Lonjakan kadar gula darah yang berlebihan bisa mengganggu suasana hati (mood), tingkat energi tubuhmu, hingga fungsi mental.

Selain itu, kurang tidur juga dikaitkan dengan meningkatnya risiko terkena diabetes tipe 2 serta resistensi insulin – yaitu keadaan dimana tubuh tidak bisa menggunakan hormon insulin dengan benar.

Analisis dari 36 studi terhadap lebih dari 1 juta peserta menunjukkan bahwa tidur kurang dari 5 jam setiap harinya meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 48%.


6. Membantu atasi stres


Manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan berikut ini juga penting untuk diperhatikan. Sebab di zaman sekarang ini banyak orang yang semakin rentan mengalami stres. Tidur membantu pikiran dan tubuhmu rileks serta menghilangkan rasa lelah dari aktivitas harianmu.

Ketika Mama kurang tidur, tubuh melepaskan hormon stres yang membuatmu jadi lebih mudah tersinggung dan cemas. Cobalah untuk melakukan teknik relaksasi sebelum tidur agar Mama lebih mudah tidur dan nyenyak.

“Ketika suasana hatimu sedang tidak baik cobalah untuk tidur sejenak agar pikiran kembali segar”


7. Menurunkan peradangan pada tubuh


Menurunkan peradangan pada tubuh juga termasuk salah satu manfaat tidur yang cukup. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tidur membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat sistem kekebalan tubuh kuat maka tubuhmu pun lebih mampu untuk mengatasi peradangan/inflamasi.

Sebaliknya, kurang tidur bisa menyebabkan peradangan. Jika peradangan terjadi secara terus menerus dalam waktu lama, hal ini bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan depresi.


8. Memengaruhi kecerdasan emosional


Ternyata tidur yang cukup juga memiliki manfaat bagi kecerdasan emosional. Seseorang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup cenderung memiliki masalah dalam memproses emosi. Para peneliti pada sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Sleep Research juga menyimpulkan bahwa empati emosional seseorang berkurang saat mereka kurang tidur.

Kurang tidur bisa mengurangi kemampuanmu untuk mengatur emosi. Sebab, saat kurang tidur Mama akan merasa lebih mudah lelah yang akhirnya membuatmu lebih sulit mengendalikan emosi dan menunjukkan empati terhadap orang lain.


9. Mempercepat penyembuhan


Terakhir, manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan adalah untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dalam tubuhmu. Saat Mama mendapat tidur yang cukup, tubuh memiliki kesempatan untuk memperbaiki, meregenerasi, serta memulihkan diri. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa tidur yang cukup dan berkualitas bisa membantu tubuh mengatasi infeksi.

Ketika Mama sedang tidur, sel-sel dalam tubuh akan menghasilkan protein tertentu yang berfungsi untuk membentuk blok bangunan sel yang memungkinkan sel memperbaiki kerusakan. Dengan begitu Mama bisa mudah pulih dari penyakit.

Demikian berbagai manfaat tidur yang cukup bagi kesehatanmu. Sebaiknya tidurlah di jam yang sama setiap harinya agar tubuhmu memiliki pola tidur yang teratur. Jika kurang tidur di malam hari, Mama bisa luangkan waktu untuk tidur siang. Okay, semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi Mama 🙂

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya6 Cara Memulai Journaling yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mental Mama 😍


Credit photo: pixabay.com

Reference:

healthline.com/nutrition/10-reasons-why-good-sleep-is-important#2.-Can-improve-concentration-and-productivity

verywellhealth.com/top-health-benefits-of-a-good-nights-sleep-2223766

medicalnewstoday.com/articles/325353


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛