6 Cara Menenangkan Pikiran yang Membuat Mama Lebih Damai 🤍


cara menenangkan pikiran


Saya baru sadar bahwa saya termasuk yang kerap memikirkan sesuatu secara berlebihan setelah saya belajar mengenai kesehatan mental. Kebiasaan itu tentu saja bisa mengganggu, salah satunya memicu rasa khawatir. Namun, perlahan saya bisa mengatasi kebiasaan tersebut meski hingga saat ini pun saya masih terus berlatih untuk lebih damai dengan pikiran saya 😊

Rasanya ada saja hal-hal dalam keseharian kita yang mengganggu pikiran dan memicu rasa khawatir. Mulai dari memikirkan masa depan maupun sesuatu yang belum terjadi, menyesali hal-hal yang sudah terjadi, hingga ketegangan saat melakukan aktivitas saat ini. Pada akhirnya rasa khawatir ini bisa membuatmu merasa kewalahan dan stres.

Meminimalkan stres merupakan salah satu hal penting yang perlu Mama lakukan agar bisa menjalani hidup lebih sehat, bahagia, dan damai. Lalu bagaimana caranya untuk bisa meminimalisir stres dalam hidupmu? Jawabannya, Mama perlu belajar cara menenangkan pikiran yang akan membuatmu lebih damai. Mari simak ulasan menariknya di bawah ini.


6 Cara Menenangkan Pikiran yang Membuat Mama Lebih Damai


Terdapat berbagai cara menenangkan pikiran yang bisa Mama coba. Pilihlah cara mana yang paling mudah dan nyaman untuk Mama lakukan. Atau cobalah cara berikutnya pada waktu yang lain agar Mama bisa mengetahui mana yang cocok untukmu. Mama juga bisa jadi tidak langsung melihat hasilnya dalam satu atau dua kali mencoba, jadi cobalah beberapa kali, oke!


1.  Meditasi


Ini merupakan cara menenangkan pikiran yang pertama bisa Mama coba. Meditasi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan pikiran tapi juga tubuhmu. Meditasi pada dasarnya adalah sebuah teknik untuk melatih kesadaran serta mengasah fokus. Ada berbagai macam meditasi yang bisa Mama lakukan, diantaranya:

–  MINDFULNESS MEDITATION

Meditasi mindfulness merupakan sebuah teknik meditasi yang membuat pikiranmu jadi lebih fokus pada saat ini dan meningkatkan kesadaranmu akan saat ini. Meditasi ini pada akhirnya akan membuat pikiranmu jadi lebih rileks.

Saat melakukan meditasi mindfulness, Mama akan berlatih untuk lebih fokus pada apa yang Mama alami pada saat ini, seperti menyadari napas dan sensasi pada tubuhmu. Hal ini akan membantu menjaga pikiranmu supaya tidak mudah mengembara memikirkan banyak hal, termasuk pikiran-pikiran negatif.

–  MANTRA MEDITATION

Teknik meditasi lainnya yang bisa membantu membuat pikiran lebih tenang adalah meditasi mantra. Saat melakukan meditasi mantra Mama akan mengucapkan di dalam hati kata-kata ataupun kalimat yang menenangkan secara berulang-ulang. Misalnya, “aku merasa damai”, “aku merasa tenang”, atau cukup dengan satu kata saja “damai”, “tenang”. Pilih satu kata atau kalimat yang cocok dengan Mama kemudian ucapkan secara perlahan dan lembut.

Pengulangan mantra ini akan menggantikan semua pikiran yang membuatmu merasa kewalahan bahkan stres. Sehingga pikiranmu jadi lebih tenang.

–  VISUALIZATION MEDITATION

Jika Mama merasa tidak cocok dengan kedua meditasi di atas maka cobalah teknik meditasi yang satu ini. Meditasi visualisasi menggunakan imajinasimu untuk membayangkan sesuatu yang positif dan indah terjadi dalam hidupmu.

Imajinasi positif yang bisa Mama gunakan untuk menenangkan pikiran misalnya dengan membayangkan pergi ke suatu tempat yang indah dan menenangkan, seperti laut atau sebuah taman yang sangat indah. Bayangkan dirimu berada di tempat tersebut. Bayangkan kulitmu diterpa hembusan angin yang lembut dan betapa indahnya pemandangan di tempat tersebut.

Bayangkan pula indahnya suara deburan ombak atau kicauan burung. Mama juga bisa membayangkan seperti apa aroma segar saat berada di dekat laut atau di taman yang penuh bunga.


2.  Mindfulness


Sebenarnya cara menenangkan pikiran yang satu ini sudah sedikit diulas pada poin pertama. Ya, mindfulness ini merupakan bagian dari meditasi. Namun berbeda dengan teknik meditasi lainnya, mindfulness bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun saat Mama sedang beraktivitas, seperti mencuci, memasak, membereskan rumah, dan lain-lain.

Inti dari mindfulness adalah Mama benar-benar hadir dan memberi perhatian penuh pada saat ini atau pada aktivitas yang sedang Mama lakukan. Kunci dalam melakukan mindfulness yaitu dengan menyadari napas dan melakukan aktivitas dengan tidak terburu-buru.

“Kita baru bisa betul-betul menikmati sesuatu saat kita tidak melakukannya dengan terburu-buru”

Mindfulness ini bisa Mama lakukan secara rutin bukan hanya saat merasa butuh ketenangan saja sehingga manfaatnya lebih optimal. Membiasakan menerapkan mindfulness dalam keseharian akan membantumu untuk tidak mudah merasa cemas.


3.  Yoga


Cara menenangkan pikiran yang selanjutnya adalah melakukan yoga. Aktivitas yang satu ini sudah sangat populer sebagai cara untuk merasa lebih tenang dan damai. Yoga membantu menyeimbangkan antara tubuh dan pikiran. Sebab keduanya saling berhubungan dan terkait satu sama lain.

Apa yang terjadi pada tubuh akan memengaruhi pikiran dan emosi. Pada saat yang sama apa yang terjadi dalam pikiran juga akan memengaruhi emosi yang kemudian berpengaruh pula pada tubuh. Yoga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tapi juga kesehatan pikiran. Dengan rutin melakukan yoga, Mama bukan hanya memperoleh kesehatan tubuh tapi juga kesehatan pikiran berupa ketenangan.

Pose-pose pada yoga bisa memperkuat dan meningkatkan kelenturan tubuh sekaligus melancarkan sirkulasi darah yang membuatmu jadi lebih sehat. Di sisi lain pose yoga juga bermanfaat untuk melancarkan fungsi otak sehingga Mama lebih mudah fokus dan merasa lebih tenang.


4.  Latihan pernapasan


Cara menenangkan pikiran yang berikutnya yaitu melakukan latihan pernapasan. Ya, tentu kita semua mengetahui bagaimana cara bernapas. Tapi sudah tepatkah caramu bernapas saat ini? Sebab bagaimana cara Mama bernapas akan berpengaruh pada kesehatan termasuk kesehatan pikiran.

Saat Mama merasa cemas umumnya napas jadi lebih cepat dan pendek. Untuk mendapatkan ketenangan, Mama perlu melakukan latihan pernapasan dalam (pernapasan diafragma). Latihan pernapasan ini bisa memperlambat pernapasan sehingga Mama lebih tenang. Berikut cara melakukan pernapasan dalam:

–  Cari tempat yang tenang, duduklah dengan punggung tegak dan usahakan tubuhmu dalam keadaan serileks mungkin.

–  Letakkan satu tangan di dada bagian atas dan tangan lainnya di perut (tepatnya di bagian bawah tulang rusuk).

–  Tarik napas dalam secara perlahan melalui hidung. Saat menarik napas pastikan tangan yang di perutmu bergerak maju dan perut mengembang. Sedangkan tangan di dada tetap diam.

–  Hembuskan napas secara perlahan melalui mulut. Saat menghembuskan napas biarkan perut dan tangan di bagian perutmu bergerak mundur. Sedangkan tangan di bagian dada tetap diam. Lakukan pola pernapasan ini secara berulang selama beberapa menit hingga Mama merasa lebih tenang.


5.  Gratitude journaling (jurnal rasa syukur)


Menulis jurnal rasa syukur juga bisa jadi salah satu cara menenangkan pikiran yang menarik untuk Mama coba. Cara ini sangat mudah untuk Mama lakukan. Mama hanya perlu menulis hal-hal yang Mama syukuri pada notes di smartphone atau sebuah buku.

Apakah itu hal-hal yang Mama syukuri hari ini, kemarin, atau kapanpun yang telah terjadi dalam hidupmu. Tulis saja apa yang Mama ingin tulis di daftar syukurmu. Jurnal syukur ini akan mengalihkan fokusmu dari hal-hal yang membuatmu cemas kepada hal-hal yang bisa Mama syukuri. Cara ini akan membuat pikiran jadi lebih tenang dan damai.

Penelitian menunjukkan bahwa memperbanyak rasa syukur akan memberi banyak manfaat bagi kesehatan pikiran serta kesehatan fisik. Cobalah melakukan hal ini secara rutin setiap harinya dan rasakan perubahan pada dirimu ke arah yang lebih baik.


6.  Bicaralah dengan orang yang tepat


Cara menenangkan pikiran yang terakhir bisa Mama coba adalah bicaralah dengan orang yang tepat. Mendapat dukungan sosial dari orang-orang terpercaya di sekitarmu akan membantu mengurangi beban pikiran dan membuatmu merasa lebih tenang. Orang-orang tersebut juga bisa memberikan ide-ide baru yang lebih positif untuk menghadapi permasalahan yang Mama hadapi.

Namun pilihlah orang yang tepat untuk Mama bicara, yaitu orang yang memiliki energi positif, bersikap suportif, dan bisa dipercaya. Itulah sebabnya menjaga agar lingkaran sosial terdekatmu dipenuhi dengan orang-orang yang positif sangatlah penting. Dengan dikelilingi orang-orang yang positif akan memberikanmu energi yang positif juga.

Saya termasuk yang sangat pemilih saat ingin mencurahkan isi hati kepada orang lain. Seringkali saat saya tidak menemukan orang yang menurut saya tepat, saya lebih memilih untuk mencurahkan isi hati kepada Tuhan.

Oke, demikianlah beberapa cara menenangkan pikiran yang dapat Mama terapkan agar dirimu merasa lebih damai 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~

Inspirasi lainnya: 9 Manfaat Journaling bagi Kesehatan Mental Mama 😍


Credit photo: istockphoto.com

References:

anahana.com/en/meditation/relax-your-mind

verywellhealth.com/how-to-calm-down-5204405

verywellmind.com/how-to-relax-your-mind-3144475


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛