8 Cara Menjaga Keseimbangan Hidup supaya Mama Sehat dan Bahagia 💛


cara menjaga keseimbangan hidup


Saya baru belajar mengenai hidup seimbang beberapa waktu belakangan ini tepatnya setelah saya mengenal gaya hidup sehat holistik. Sebelumnya hidup saya bisa dibilang jauh dari kata seimbang. Bisa jadi itulah salah satu penyebab mengapa saya dulu mengalami berbagai masalah kesehatan.

Tahukah Mama apa yang dimaksud dengan hidup seimbang? Saat semua aspek dalam hidupmu berjalan dengan selaras, hal ini bisa diartikan sebagai hidup yang seimbang. Ketika hidup berjalan tidak seimbang, tubuh pasti memberikan tanda-tandanya.

Misalnya, merasa mudah lelah dan kurang semangat beraktivitas, banyak keluhan terkait dengan kesehatan, hingga merasa stres. Jika hal ini terjadi maka kita perlu mendengarkan tubuh dan emosi kita. Ini saatnya Mama berusaha menyeimbangkan hidup. Ingin tahu bagaimana cara menjaga keseimbangan hidup agar Mama sehat dan bahagia? Mari simak ulasan selengkapnya di artikel kali ini 🙂


8 Cara Menjaga Keseimbangan Hidup agar Mama Sehat dan Bahagia


Keseimbangan dalam kehidupan tak hanya bermanfaat untuk membuatmu lebih sehat dan bahagia saja, tapi juga memberi kedamaian dan mendukung produktivitas. Ada berbagai cara menjaga keseimbangan hidup yang perlu Mama lakukan. Namun Mama tidak perlu menerapkan cara-cara berikut ini sekaligus. Lakukan selangkah demi selangkah. Pilih cara yang paling nyaman untukmu dan terapkan secara konsisten.


1. Perhatikan kesehatanmu


Cara menjaga keseimbangan hidup yang pertama adalah perhatikan kesehatanmu. Sepertinya Mama sudah sering mendengar nasihat yang satu ini, bukan? Tapi bisa jadi banyak orang yang mengetahuinya namun belum menerapkannya dengan maksimal. Saat kesehatan mengalami gangguan barulah kita menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan agar dapat hidup lebih berkualitas dan bahagia.

Kesehatan Mama sangat memengaruhi produktivitas serta aktivitasmu sehari-hari. Pastinya Mama akan merasa lebih nyaman saat kesehatan berada dalam level terbaik. Mama akan lebih mudah mencapai impian-impian maupun tujuan hidupmu jika sehat dan bugar.

Maka dari itu terapkan berbagai hal yang dapat mendukung kesehatanmu. Mulai dari mengonsumsi makanan yang sehat, tidur yang nyenyak dan berkualitas, hingga olahraga rutin. Tubuhmu tidak bisa berfungsi dengan optimal jika dalam keseharian banyak mengonsumsi makanan tidak sehat, kurang tidur, hingga malas bergerak.

Oke, untuk sementara waktu mungkin terasa baik-baik saja, tapi pada titik tertentu tubuh akan memberikan tanda ketidakseimbangan yang membuat kesehatan terganggu.


2. Buatlah prioritas


Membuat prioritas merupakan cara menjaga keseimbangan hidup yang berikutnya. Hindari melakukan banyak hal yang akhirnya membuatmu merasa sangat sibuk dalam satu hari. Coba tanyakan pada diri sendiri apa yang harus Mama lakukan hari ini dan apa yang bisa dilakukan esok hari. Sehingga Mama bisa melakukan aktivitas dengan lebih nyaman dan fokus.

Prioritas masing-masing orang tentu berbeda, Mama adalah yang paling mengetahui apa prioritasmu. Fokuskan energi pada hal-hal yang penting bagimu. Jika kita melakukan begitu banyak tugas sekaligus dalam satu hari, maka tidak akan mudah bagi kita untuk mencapai keseimbangan hidup.

Alih-alih hidup seimbang kita justru bisa meningkatkan risiko stres ataupun gangguan kecemasan akibat terlalu sibuk dan kewalahan. Kita tentu memiliki keterbatasan dalam kemampuan untuk melakukan banyak hal dalam satu hari. Seperti kata pepatah, “jangan menggigit lebih dari yang bisa kita kunyah”.


3. Penuhi kebutuhanmu


Cara menjaga keseimbangan hidup yang selanjutnya yaitu penuhi kebutuhanmu. Setelah Mama menetapkan apa saja hal-hal yang menjadi prioritas dalam hidupmu sehari-hari, pastikan Mama juga memenuhi berbagai kebutuhan tersebut.

Misalnya, mulai dari menerapkan gaya hidup sehat, belajar mencintai diri sendiri, hingga melakukan berbagai hal yang mendukung tercapainya impianmu, dan lain-lain yang merupakan prioritasmu.

Kebutuhan utama saya yang sangat penting untuk diprioritaskan dan berusaha terpenuhi setiap hari adalah menjaga hubungan dengan Tuhan dan diri sendiri. Kedua hal ini merupakan kekuatan bagi saya untuk bisa menjalani hidup dengan lebih baik.


4. Lakukan me time


Hal ini juga termasuk ke dalam cara menjaga keseimbangan hidup yang penting untuk Mama lakukan. Me time alias meluangkan waktu untuk diri sendiri bisa jadi hal yang tidak mudah dilakukan bagi Mama yang terlalu sibuk. Namun, me time ini sangat penting untuk mengurangi stres, membuatmu lebih bahagia dan damai.

Me time-mu tidak harus sama dengan orang lain, sebab masing-masing orang memiliki kesukaan yang berbeda mengenai bagaimana caranya menikmati waktu dengan diri sendiri. Apakah itu menulis jurnal, menggambar, melakukan yoga, hingga melakukan perawatan kecantikan. Lakukan apapun yang Mama sukai dan membuatmu jadi lebih santai.

Setiap harinya berusahalah untuk sempatkan melakukan me time. Saat bisa merawat diri sendiri dengan baik dan merasa lebih baik, tentunya Mama juga akan lebih baik dalam merawat keluargamu.

“Diri kita adalah orang pertama yang perlu kita cintai dan perhatikan sebelum kita melakukannya terhadap orang lain”

 

5. Belajar berkata “tidak”


Cara menjaga keseimbangan hidup yang satu ini bisa jadi bukan hal yang terlalu mudah bagimu yang memang belum biasa menerapkannya. Dalam keseharian terdapat dua hal dari aktivitas kita, yaitu hal-hal yang “harus” kita lakukan dan hal-hal yang “ingin” kita lakukan. Idealnya, kedua hal tersebut mesti berjalan seimbang.

Kita perlu mengatakan tidak untuk hal-hal yang tidak ingin kita lakukan (termasuk berkata tidak kepada orang lain), sekalipun kita bisa jadi merasa harus melakukannya. Coba pikirkan kembali apa yang benar-benar menjadi prioritas dan kewajibanmu. Mama juga perlu mengutamakan kesejahteraan diri sendiri.

Disamping itu Mama juga perlu memastikan bahwa hal-hal yang “ingin” Mama lakukan benar-benar memberikan kebahagiaan dan membuat Mama lebih sehat secara emosional. Waktu yang kita miliki dalam sehari hanya terbatas 24 jam, maka berusahalah menghargai dan menggunakannya sebaik mungkin.


6. Disconnect


Cara menjaga keseimbangan hidup berikutnya adalah matikan sambungan internet. Setidaknya lakukan hal ini di akhir pekan. Namun akan lebih baik jika Mama melakukannya setiap hari, misalnya beberapa jam menjelang tidur atau di pagi hari setelah Mama bangun pagi.

Memutuskan sambungan internet akan membantu mengistirahatkan kerja otak kita. Bukan hanya itu saja manfaatnya, Mama juga jadi lebih punya waktu untuk benar-benar berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu, khususnya keluarga.

Membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah dan mengerjakannya di malam hari juga termasuk hal yang sebisa mungkin perlu dihindari. Saat pulang ke rumah, pergunakan waktu tersebut untuk fokus kepada diri sendiri (melakukan hal-hal yang Mama sukai) dan meluangkan waktu bersama keluarga.


7. Lakukan hal-hal yang menyenangkan


Melakukan hal-hal yang menyenangkan juga termasuk salah satu cara menjaga keseimbangan hidup. Berjalan-jalan mengunjungi tempat indah yang belum pernah Mama kunjungi bisa jadi hal yang sangat menyenangkan.

Namun, jika Mama sedang tidak bisa bepergian, masih ada banyak hal lainnya yang menyenangkan untuk Mama lakukan. Mulai dari menari-nari sambil mendengarkan musik yang membangkitkan semangat, menonton acara komedi favoritmu, hingga bercanda bersama orang terdekat. Tertawa merupakan salah satu cara terbaik untuk membuatmu lebih bahagia.


8. Menjaga hubungan dengan orang terdekat


Langkah terakhir untuk membuat hidup lebih seimbang yaitu menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat. Berusahalah untuk meluangkan waktu berkualitas bersama pasangan, keluarga maupun teman-teman terdekatmu.

Misalnya, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal romantis bersama pasangan, mengobrol dari hati ke hati dengan anak, hingga bertemu dengan sahabat. Semua ini akan membuatmu bisa lebih mengenal orang-orang terdekat sekaligus meningkatkan kualitas hubunganmu.

Mama juga perlu mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang memiliki energi positif dan suportif. Jika orang-orang terdekatmu merupakan orang-orang yang bisa memberikan banyak energi positif untukmu maka bersyukurlah. Jika ada orang-orang di sekitarmu yang memiliki energi negatif, berusahalah untuk tidak mudah terpengaruh dengan energi tersebut.

Itulah beberapa cara menjaga keseimbangan hidup yang perlu Mama terapkan dalam keseharian agar hidupmu lebih sehat, bahagia, dan damai 🙂

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 7 Alasan Mengapa Mama Perlu Menjaga Keseimbangan Hidup 😍


Credit photo: unsplash.com

References:

lifehack.org/articles/productivity/10-simple-ways-to-find-balance-and-get-your-life-back.html

verywellmind.com/maintaining-balance-in-your-lifestyle-3144738

gossclub.com/balance/

essentiallifeskills.net/wellbalancedlife.html

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛