8 Tips Konsisten Olahraga untuk Mama 💚


tips konsisten olahraga


Sejak kecil, saya kurang suka yang namanya olahraga. Setiap kali pelajaran olahraga di sekolah saya tidak pernah merasa benar-benar semangat. Baru beberapa tahun terakhir ini saja saya suka olahraga, itupun olahraga yang nyaman untuk saya lakukan, seperti senam atau yoga. Saya baru rutin olahraga setelah mengetahui betapa pentingnya ini untuk kesehatan 😊

Kesibukan dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari memang kerap menjadi alasan mengapa banyak Mama tidak sempat meluangkan waktu untuk olahraga. Terutama bagi para Mama yang bekerja ataupun memiliki anak kecil. Ah, rasanya seperti benar-benar tidak ada waktu untuk olahraga. Apakah Mama juga demikian?

Atau bisa jadi Mama sudah berniat untuk olahraga dan memulainya namun kesulitan untuk bisa konsisten alias melakukannya secara rutin setiap hari atau setidaknya beberapa hari dalam seminggu. Padahal berbagai manfaat olahraga ini hanya bisa diperoleh maksimal jika Mama melakukannya secara rutin. Maka dari itu di artikel kali ini saya akan mengulas beberapa tips konsisten olahraga yang perlu Mama lakukan.


8 Tips Konsisten Olahraga untuk Mama


Bagi Mama yang ingin hidup lebih sehat dan bahagia, menjadikan olahraga sebagai aktivitas rutin serta sebuah kebiasaan baik merupakan hal yang perlu diprioritaskan. Sebab, selain mengonsumsi makanan sehat serta memperoleh tidur yang nyenyak berkualitas, olahraga rutin merupakan kunci untuk hidup sehat. Berikut tips-tips konsisten olahraga untuk Mama:


1.  Pahami tujuan serta mindset yang tepat


Tips konsisten olahraga untuk mama yang pertama adalah pahami tujuan serta mindset yang tepat dari olahragamu. Jika Mama berolahraga dengan tujuan ingin mendapatkan berat badan ideal ataupun menurunkan berat badan, maka jika tujuan tersebut tercapai Mama bisa saja kehilangan motivasi karena merasa tujuan telah tercapai.

Pahamilah bahwa tujuan utama olahraga sebenarnya yaitu untuk kesehatanmu. Jika Mama ingin sehat, bahagia, serta hidup lebih baik tentunya sangat penting untuk memprioritaskan olahraga. Saat Mama sehat, bukan hanya Mama yang merasakan manfaatnya tapi juga orang-orang terdekatmu. Sebab dengan kesehatan yang optimal Mama jadi bisa merawat keluarga dengan lebih baik, bukan?

Kesehatan merupakan investasi yang sangat berharga di dunia ini. Capailah hal tersebut dengan rutin olahraga. Pahami juga bahwa manfaat olahraga ini hanya akan diperoleh maksimal jika Mama berolahraga dengan rutin.


2.  Mulailah dari langkah yang kecil


Tips konsisten olahraga untuk Mama yang berikutnya yaitu mulailah dari langkah yang kecil dan mudah untuk Mama lakukan. Boleh-boleh saja jika Mama ingin memulai olahraga dengan jadwal 30 menit beberapa hari dalam seminggu. Namun untuk memudahkanmu konsisten sebaiknya biasakan memulai segala sesuatu dengan langkah yang kecil dan mudah.

Mulailah jadwal olahragamu dari 5 menit setiap harinya. Tentunya lebih mudah untuk meluangkan waktu 5 menit setiap hari dibanding 30 menit, bukan? Jadi tidak ada alasan Mama tidak bisa konsisten untuk olahraga selama 5 menit perhari.

Selain itu pilihlah jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan sehingga Mama bisa melakukannya dengan lebih nyaman. Jika Mama merasa nyaman melakukannya maka akan jauh lebih mudah untuk melakukannya secara terus menerus.

Dari 5 menit tersebut Mama bisa menambah 5 menit lagi setelah beberapa waktu hingga berkembang menjadi 10 menit dan seterusnya. Meski progresmu tidak terlalu cepat namun pastikan akan berkembang dari waktu ke waktu.

Pertama kali saya berkomitmen untuk rutin olahraga sekitar 4 tahun lalu, saya hanya melakukannya selama 5 menit setiap harinya. Itupun saya memilih olahraga yang buat saya paling mudah dan nyaman, yaitu olahraga sambil duduk.

Seiring waktu saya menambah kuantitas waktu olahraga saya dan berusaha meningkatkan kualitasnya pula. Saat ini saya bisa olahraga rutin selama 30 menit dengan jenis olahraga yang gerakannya lebih menyeluruh, seperti yoga atau aerobik.


3.  Tetapkan jadwal khusus olahraga


Menetapkan jadwal khusus olahraga juga termasuk salah satu tips konsisten olahraga untuk Mama. Dengan adanya jadwal khusus akan membantu memastikan bahwa Mama meluangkan waktu rutin setiap harinya untuk olahraga. Jadikan jadwal olahraga menjadi aktivitas yang Mama prioritaskan dengan membuat jadwal khusus yang sebisa mungkin tidak dilewatkan.

Waktu olahraga di pagi hari bisa jadi waktu terbaik khususnya bagi Mama yang bekerja dimana tubuhmu masih dalam keadaan segar dan bersemangat. Berolahraga setelah pulang kantor bisa jadi terasa lebih berat karena tubuh sudah merasa lelah dengan aktivitas di kantor.


4.  Buatlah waktu olahragamu menyenangkan


Tips konsisten olahraga yang satu ini juga penting untuk Mama terapkan. Jangan anggap olahraga sebagai suatu aktivitas yang melelahkan tapi anggaplah olahraga sebagai aktivitas yang akan membuat hidupmu lebih baik dengan berbagai manfaatnya. Dan buatlah waktu olahragamu menyenangkan. Ada banyak hal yang bisa Mama lakukan agar waktu olahraga menyenangkan, diantaranya:

–  Pilih jenis olahraga yang Mama sukai dan nyaman untuk dilakukan.

–  Putar lagu kesukaanmu saat olahraga yang membuat Mama lebih semangat.

–  Gunakan pakaian serta sepatu olahraga yang bagus dan nyaman. Pastikan Mama olahraga dalam keadaan rapi, bersih, dan cantik seolah berolahraga di tempat olahraga yang keren. Hal ini akan membuatmu lebih percaya diri dan semangat.

Menjadikan waktu olahraga lebih menyenangkan akan meningkatkan konsistensimu. Percayalah waktu olahraga bisa jadi menyenangkan dan memang harus menyenangkan agar Mama bisa menikmatinya.

“Jika kita menikmati sebuah aktivitas maka kita tidak akan bosan untuk terus melakukannya terus menerus dari waktu ke waktu”

 

5.  Variasikan olahragamu


Tips konsisten olahraga untuk Mama yang selanjutnya adalah variasikan olahragamu. Jika Mama merasa semangatmu menurun saat berolahraga bisa jadi ini saatnya untuk mengganti jenis olahraga yang dilakukan dengan olahraga lain.

Atau Mama merasa olahraga yang dilakukan tidak nyaman untuk dilakukan secara terus menerus karena terlalu berat. Jika hal itu terjadi gantilah jenis olahraga tersebut. Memvariasikan olahraga dengan mencoba berbagai jenis olahraga akan membuat waktu olahraga menjadi tidak monoton sehingga Mama tidak merasa bosan.

Tahukah Mama bahwa ada banyak sekali jenis olahraga menarik yang akan cocok denganmu. Mama hanya perlu mencoba dan menemukan mana yang paling tepat untukmu.


6.  Iringi olahraga dengan kebiasaan sehat lainnya


Hal ini juga termasuk kiat konsisten olahraga yang perlu Mama lakukan. Ingat, untuk hidup sehat dalam jangka panjang Mama bukan hanya membutuhkan olahraga. Diperlukan juga kebiasaan-kebiasaan baik lainnya seperti pola makan sehat serta menjaga tidur yang nyenyak dan berkualitas dalam keseharianmu.

Memastikan agar berbagai kebiasaan baik tersebut ada dalam keseharianmu akan membuat kesehatan lebih optimal. Bayangkan saat Mama merasa mudah lelah akibat kurang tidur. Hal ini tentu akan membuatmu tidak bersemangat saat olahraga, bukan? Kebiasaan-kebiasaan baik yang menunjang kesehatanmu tersebut akan saling berkaitan dan mendukung satu sama lain. Jadi lakukan secara seimbang.


7.  Hindari mengambil waktu libur olahraga terlalu lama


Ada kalanya kita benar-benar tidak sempat berolahraga, misalnya saat sedang kurang sehat, ada kesibukan tambahan yang penting untuk dilakukan, atau saat sedang menikmati liburan. Selama keputusan libur olahraga ini bisa dipertanggungjawabkan, artinya bukan keputusan yang diambil dengan alasan sepele (seperti karena malas) maka boleh-boleh saja mengambil waktu libur olahraga.

Yang terpenting adalah Mama selalu kembali lagi pada rutinitas olahragamu. Setelah alasan Mama libur olahraga selesai, sebisa mungkin hindari menambahkan waktu libur olahraga. Sebab terlalu lama mengambil waktu libur olahraga bisa saja membuat komitmenmu untuk rutin olahraga menjadi mengendur.


8.  Cari teman untuk berolahraga


Kiat konsisten olahraga yang terakhir yaitu carilah teman untuk berolahraga. Jika Mama tipe orang yang lebih senang berolahraga bersama sama dibanding sendiri maka carilah teman untuk olahraga. Sebab menurut penelitian alasan terbesar mengapa banyak orang tidak konsisten olahraga adalah karena merasa tidak nyaman melakukannya seorang diri.

Berolahraga dengan teman akan membuat Mama merasa lebih termotivasi dan memiliki dukungan. Jika Mama tidak memiliki teman yang bisa diajak olahraga, bergabunglah dengan komunitas atau grup olahraga.

Demikian berbagai kiat konsisten olahraga untuk Mama yang bisa dirimu terapkan. Ayo langsung dicoba, ya! 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 9 Manfaat Olahraga bagi Mama. Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik Saja 😍


Credit photo: freepik.com

References:

dynamicsc.com/blog/5-tips-to-help-you-get-into-a-consistent-workout-routine

nbcnews.com/better/health/6-mental-tricks-tricks-help-make-exercise-habit-ncna914386

healthshots.com/fitness/staying-fit/workout-motivation-3-tips-to-help-you-be-consistent-with-your-workouts/

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛