9 Manfaat Olahraga bagi Mama. Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik Saja 💚


manfaat olahraga untuk mama


Dulu sebelum saya mengenal gaya hidup sehat holistik saya termasuk yang tidak suka olahraga. Namun, perlahan saya mencoba untuk bisa ruitn olahraga. Meski di awal saya melakukannya hanya 5 menit setiap harinya, dan itupun saya pilih olahraga yang dilakukan sambil duduk. (Ah, yang penting saya nyaman dan bisa konsisten). Sekarang saya bisa olahraga sampai lebih dari 30 menit setiap harinya dan saya menikmatinya. Semuanya berproses, Mam 🙂

Saat membicarakan mengenai cara menjaga kesehatan tentunya tidak terlepas dari hal yang satu ini, olahraga. Selain menerapkan pola makan sehat, memastikan tidur yang cukup, serta meminimalisir stres, olahraga juga termasuk hal yang perlu Mama lakukan secara rutin. Olahraga rutin adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan kesehatanmu.

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, olahraga juga akan membantumu terlihat lebih awet muda dengan berat badan yang ideal serta membuatmu merasa lebih bahagia. Agar Mama lebih semangat olahraga mari simak berbagai manfaat olahraga bagi Mama di ulasan kali ini.


9 Manfaat Olahraga bagi Mama


Apakah Mama memiliki berbagai keluhan dengan kesehatan? Ini saatnya Mama olahraga rutin untuk membuatmu lebih sehat dan bahagia. Ketika keluhan di tubuh berkurang tentunya Mama jadi lebih mudah bahagia, bukan? Pilih jenis olahraga yang cocok dan Mama sukai agar bisa melakukannya dengan semangat serta konsisten.

Saat ini olahraga yang saya sukai adalah yoga ataupun aerobik. Tapi yoga merupakan yang paling saya sukai karena membuat saya merasa damai. Padahal waktu awal mencoba yoga saya tidak menyukainya, tapi setelah menemukan instruktur yoga yang cocok di YouTube, saya mulai menyukai olahraga yang satu ini.

Baiklah, berikut beberapa manfaat olahraga bagi Mama yang penting untuk dirimu ketahui:


1. Menjaga berat badan ideal


Manfaat olahraga bagi Mama yang utama tentunya untuk menjaga berat badan ideal. Olahraga memang cara yang paling ampuh untuk membuatmu tetap ramping. Terutama bagi Mama yang usianya sudah tidak muda lagi atau sudah memiliki anak. Umumnya berat badan menjadi lebih meningkat dibanding saat usia muda.

Selain itu, wanita paruh baya yang sudah memasuki masa menopause akan kehilangan estrogen yang membuat tubuh mendistribusikan sel-sel lemak ke bagian perut sehingga ukuran perut jadi lebih melebar. Nah, di sinilah pentingnya olahraga bagi Mama. Olahraga rutin membantu membangun massa otot serta membakar kelebihan kalori yang membuatmu terlihat lebih ramping.

Dalam sebuah studi terhadap 3.500 pria dan wanita yang dilakukan oleh para peneliti di Northwestern University, semua peserta mengalami kenaikan berat badan seiring pertambahan usia. Namun, wanita yang olahraga umumnya mengalami peningkatan berat badan lebih sedikit dibandingkan wanita yang tidak olahraga.

“Berat badan ideal adalah bonus yang diperoleh dari rutin olahraga. Sedangkan manfaat utama dari olahraga sebenarnya adalah untuk kesehatan”


2. Membuat suasana hati lebih baik


Ini juga termasuk salah satu manfaat olahraga bagi Mama, yaitu membuat suasana hati jadi lebih baik. Wanita memiliki tingkat estrogen dan progesteron yang berubah-ubah dan hal ini memengaruhi suasana hati.

Ketika kadar estrogen menurun, seperti saat pra menstruasi, selama menstruasi, hingga menopause, wanita akan kehilangan hormon serotonin. Hormon ini berperan penting untuk memperbaiki suasana hati jadi lebih baik dan membuat Anda merasa bahagia. Itu sebabnya tak heran jika wanita lebih rentan mengalami kecemasan dan stres terutama saat pra menstruasi, menstruasi, dan menopause.

Kabar baiknya adalah olahraga bisa membantu mengatasi perubahan suasana hati yang disebabkan oleh hormon. Sebab saat olahraga tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuatmu merasa lebih rileks dan bahagia.


3. Mencegah osteoporosis


Manfaat olahraga bagi Mama yang selanjutnya adalah untuk mencegah osteoporosis. Wanita jauh lebih rentan mengalami osteoporosis seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena wanita memiliki tulang yang lebih tipis dibanding pria serta kehilangan kekuatan tulang lebih cepat akibat menurunnya kadar estrogen.

Olahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk membangun kekuatan tulang. Akan lebih baik jika wanita melakukan olahraga rutin sejak usia muda agar lebih maksimal dalam mencegah osteoporosis serta membuat tulang lebih kuat. Sebab di masa remaja dan usia muda inilah wanita membangun sebagian besar massa tulang yang bisa melindungi dari terkena osteoporosis di masa tua nanti.

Olahraga seperti aerobik, tenis, hiking, hingga joging bisa membangun tulang serta menjaganya agar tetap kuat.


4. Meningkatkan kualitas tidur


Meningkatkan kualitas tidur juga merupakan manfaat olahraga bagi Mama. Berdasarkan sebuah penelitian, diketahui bahwa wanita umumnya lebih sulit tidur dan tidur dengan nyenyak dibandingkan pria. Selain itu, wanita juga biasanya lebih banyak mengalami kantuk di siang hari. Dan hal ini bisa lebih mengganggu saat wanita baru saja melahirkan anak, mengalami menstruasi, serta menopause.

Olahraga merupakan salah satu solusi yang tepat untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Sebagaimana ditunjukkan dalam sebuah penelitian terhadap 2.600 peserta yang dipublikasikan di Journal of Mental Health and Physical Activity, peserta yang melakukan olahraga rutin mengalami peningkatan kualitas tidur sebanyak 65%. Mereka juga mengatakan tidak banyak mengalami kantuk di siang hari.


5. Baik untuk kesehatan reproduksi


Manfaat olahraga bagi Mama yang berikutnya yaitu baik untuk kesehatan reproduksi. Olahraga rutin akan mendukung bagi Mama yang sedang dalam program kehamilan, masa kehamilan dan setelah melahirkan.

Dengan olahraga rutin berat badanmu menjadi lebih ideal. Dan wanita yang memiliki berat badan ideal umumnya akan lebih mudah untuk hamil. Tak hanya itu, olahraga juga bermanfaat untuk wanita yang sedang hamil selama dilakukan dengan benar.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang olahraga rutin selama kehamilan akan menurunkan risiko anak mengalami kelebihan berat badan. Bayi yang lahir dari wanita yang aktif olahraga juga akan memiliki keterampilan motorik yang lebih baik.


6. Mengurangi risiko kanker payudara


Ternyata salah satu manfaat olahraga bagi Mama juga untuk mengurangi risiko kanker payudara. Telah banyak penelitian yang dilakukan selama puluhan tahun terakhir menunjukkan bahwa olahraga rutin dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara. Sebaliknya, bagi mereka yang jarang olahraga maka risiko terkena kanker payudara ini akan meningkat.


7. Meningkatkan kesehatan mental


Keuntungan lainnya yang akan Mama dapatkan dari olahraga adalah untuk meningkatkan kesehatan mental serta membantu melindungi dari gangguan kecemasan dan stres berlebihan. Saat ini banyak wanita yang mengalami gangguan kecemasan, namun olahraga rutin akan membantu mencegah serta mengatasi gejala-gejalanya.


8. Mencegah penyakit jantung


Jika ingin jantung Mama tetap sehat maka lakukanlah olahraga rutin. Sama halnya dengan otot pada bagian tubuh lainnya, jantung juga memerlukan latihan agar tetap kuat dan sehat. Ketika Mama berolahraga, jantung akan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Olahraga rutin juga akan membuat kerja jantung lebih optimal. Jika jantungmu sehat tentunya risiko terkena penyakit jantung akan menurun.


9. Lebih produktif


Manfaat olahraga bagi Mama yang terakhir yaitu membuatmu jadi lebih produktif. Mengapa demikian? Karena olahraga rutin memiliki banyak manfaat seperti mengurangi gangguan kecemasan dan stres yang pada akhirnya akan membuatmu lebih nyaman beraktivitas termasuk melakukan pekerjaan.

Seperti telah diulas sebelumnya, saat olahraga tubuh akan mengeluarkan hormon serotonin yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati jadi lebih baik dan positif. Hal ini tentunya akan membuat Mama lebih bersemangat, bukan? Aktivitas apapun yang dilakukan dengan semangat pasti hasilnya akan lebih optimal dibanding saat melakukannya dengan malas.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai manfaat olahraga bagi Mama apakah dirimu jadi lebih termotivasi untuk melakukannya? Ayo, langsung dimulai ya! 🙂

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 11 Tips Awet Muda Secara Alami yang Perlu Mama Terapkan 😍

Credit photo: unsplash.com

References:

sutterhealth.org

exerciseright.com.au

fwmoms.com


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛