7 Alasan Mengapa Mama Perlu Menjaga Keseimbangan Hidup 💚


alasan mama perlu menjaga keseimbangan hidup


Saya baru belajar mengenai keseimbangan hidup beberapa waktu belakangan ini. Buat saya menjalani hidup yang seimbang adalah sebuah proses. Yang terpenting yaitu dalam prosesnya saya berusaha konsisten dan lebih baik dari waktu ke waktu. Jadi, bukan berarti setelah saya menjalani hidup seimbang kemudian hidup saya akan selalu seimbang secara sempurna.

Apa itu keseimbangan dalam hidup? Keseimbangan hidup adalah saat semua aspek dalam hidupmu berjalan dengan selaras. Jadi, Mama tidak hanya menghabiskan banyak energi hanya pada satu aspek hidup, misalnya pekerjaan, sementara aspek lain dalam hidupmu terabaikan, seperti kesehatan, keluarga, dan lain-lain.

Jika Mama sukses dalam karir atau bisnis namun memiliki banyak masalah kesehatan, merasa tidak bahagia dan damai dalam hidup itu artinya hidupmu tidak seimbang. Intinya, keseimbangan hidup akan meningkatkan kualitas hidupmu. Di artikel kali ini akan diulas mengenai berbagai alasan mengapa Mama perlu menjaga keseimbangan hidup. Selamat menyimak ya, Mam! 🙂


7 Alasan Mengapa Mama Perlu Menjaga Keseimbangan Hidup


Mengapa keseimbangan hidup penting untuk  Mama ciptakan? Hal inilah yang akan membantumu untuk hidup lebih sehat, bahagia, dan damai. Nah, sebelum Mama mulai menyeimbangkan hidupmu, mari simak terlebih dahulu apa saja alasan pentingnya menjaga keseimbangan hidup berikut ini.


1. Lebih sehat secara fisik


Alasan pertama mengapa perlu menjaga keseimbangan hidup adalah agar Mama lebih sehat secara fisik. Dengan hidup yang seimbang, Mama akan punya lebih banyak waktu untuk memerhatikan kebutuhan tubuhmu, seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, tidur yang cukup, dan lain-lain. Hal ini akan membuatmu lebih sehat secara fisik.

Melakukan berbagai hal-hal yang bermanfaat bagi tubuhmu juga bisa mengurangi risiko terkena berbagai penyakit yang umumnya muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat. Sehat secara fisik juga membuatmu lebih berenergi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.


2. Lebih sehat secara mental


Selain lebih sehat secara fisik, keseimbangan hidup juga akan membuat mental lebih sehat. Hidup yang seimbang akan membuatmu lebih mampu mengelola pikiran negatif. Sebab otak tidak difungsikan untuk merasa stres atau tertekan sepanjang waktu sebagaimana saat kita menjalani hidup yang tidak seimbang seperti terlalu banyak bekerja.

Menciptakan keseimbangan hidup akan memberi lebih banyak ruang untuk bernapas dan berpikir sehingga pikiran lebih sehat. Dengan pikiran yang sehat artinya memungkinkan Mama untuk menghadapi pikiran negatif dengan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih baik.


3. Lebih bahagia


Ini merupakan alasan berikutnya mengapa Mama perlu menjaga keseimbangan hidup. Ketika Mama sehat, memiliki waktu untuk keluarga maupun diri sendiri, tentunya kebahagiaanmu akan terasa benar-benar lengkap, bukan?

Dengan adanya keseimbangan dalam hidup, dirimu akan merasa lebih baik sebab hidup jadi lebih terkontrol dengan baik. Perasaan yang lebih baik terhadap diri sendiri dan merasa lebih positif pada akhirnya menciptakan kebahagiaan dalam hidupmu.


4. Memiliki hubungan yang lebih baik


Keseimbangan hidup juga penting untuk meningkatkan kualitas hubunganmu dengan orang-orang yang Mama cintai. Jika terlalu banyak bekerja berarti lebih sedikit waktu yang Mama bisa luangkan dengan pasangan ataupun keluarga. Hal itu artinya lebih sedikit pula waktu berkualitas dengan mereka.

Bukan hanya itu, biasanya akan lebih sulit untuk benar-benar menikmati dan memberikan perhatian penuh kepada mereka ketika dirimu terlalu lelah karena pekerjaan. Sebaliknya, saat hidupmu seimbang akan ada lebih banyak waktu berkualitas bersama keluarga.

Ada satu tips penting yang bisa Mama terapkan untuk bisa benar-benar “hadir” dan menikmati kebersamaan dengan keluarga yaitu jangan biarkan smartphone menghalangi fokusmu terhadap mereka. Istirahatkan sejenak penggunaan smartphone saat Mama sedang bersama keluarga. Ini akan membantu mengembangkan hubungan yang mendalam dengan orang yang Mama cintai.

Saya merasakan sendiri manfaat dari hal tersebut. Sekarang ini ketika saya lebih bisa mengendalikan penggunaan smartphone salah satunya saat sedang bersama keluarga, saya jadi merasa lebih terhubung dengan mereka dan bisa menciptakan waktu bersama yang lebih berkualitas.

Hubungan yang lebih baik ini tidak hanya terbatas untuk pasangan ataupun keluarga saja. Mama juga bisa meningkatkan kualitas hubungan dengan sahabat atau rekan kerja dengan meluangkan waktu berkumpul bersama mereka.


5. Mengurangi stres


Alasan penting lainnya mengapa Mama perlu menjaga keseimbangan hidup yaitu untuk mengurangi stres. Ketika merasa kewalahan akibat terlalu sibuk dalam satu aspek kehidupanmu, ini akan menyebabkan stres. Stres berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama pastinya tidak baik untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Stres tidak hanya merugikan kesehatan fisik, tapi juga mental, emosional, dan spiritual.

Bagaimana jika hidup Mama seimbang? Mama memiliki waktu tidur yang cukup, tidak berlebihan dalam bekerja, memiliki waktu lebih berkualitas untuk keluarga, serta waktu untuk menjaga kesehatan tubuhmu, dan lain-lain. Keseimbangan hidup ini akan mengurangi tingkat stres Mama.

Tahukah Mama jika sumber stres banyak berasal dari pekerjaan. Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak mempunyai pilihan selain menjalaninya. Tapi itu tidak benar, sebab Mama selalu bisa menentukan pilihan yang lebih baik untuk menciptakan keseimbangan dalam hidupmu. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa Mama buat untuk hidup yang lebih seimbang:

  • Belajar mengatakan tidak alias menolak untuk melakukan hal-hal yang bukan prioritas
  • Mendelegasikan tugas yang memang bisa didelegasikan
  • Memilih untuk melakukan hal-hal yang menjadi prioritas
  • Mengutamakan kesejahteraan hidupmu secara menyeluruh


6. Lebih Produktif


Dengan menjaga keseimbangan hidup, hal ini juga akan membuatmu jadi lebih produktif. Bayangkan saat harus bekerja dalam keadaan yang lelah, stres, atau ada masalah dengan kesehatan, tentunya Mama akan merasa terbebani dan tidak nyaman, bukan? Hasil pekerjaan pun menjadi kurang berkualitas. Inilah yang terjadi ketika hidupmu tidak seimbang.

Hidup yang seimbang artinya Mama tidak berlebihan dalam bekerja. Hal ini justru akan membuatmu lebih produktif. Pekerjaan yang Mama lakukan hasilnya akan lebih optimal dan berkualitas. Untuk menciptakan keseimbangan hidup, Mama perlu menerapkan manajemen waktu yang baik. Dengan begitu Mama bisa berpikir lebih jernih dan kreatif.


7. Lebih banyak kesuksesan yang bisa diraih


Ini adalah alasan terakhir dalam daftar ini mengapa Mama perlu menjaga keseimbangan hidup. Apakah Mama berpendapat bahwa sukses itu hanya akan dicapai dengan memfokuskan energi pada satu aspek kehidupan saja? Kenyataannya, Mama justru akan lebih sukses saat bisa menciptakan keseimbangan hidup.

Dengan memprioritaskan dan fokus pada apa yang paling penting dalam hidupmu, memperhatikan kesehatan diri, serta menjalani hidup yang terkendali tentunya akan membuatmu mampu memberikan yang terbaik pada pekerjaan serta orang di sekitarmu. Hidup seimbang membuatmu lebih berenergi, kreatif, dan produktif. Bukankah hal tersebut merupakan kunci untuk sukses?

Bukan hanya sukses dalam kehidupan pekerjaan/profesional saja, tapi juga sukses dalam kehidupan pribadi.

“Saat menjalani kehidupan yang seimbang, kesuksesan kita pun akan seimbang. Artinya kita sukses di berbagai aspek hidup bukan hanya pada satu sisi kehidupan saja”

Itulah berbagai alasan mengapa Mama perlu menjaga keseimbangan hidup. Sekarang Mama sudah lebih paham bukan mengenai pentingnya hidup yang seimbang? Yuk, pelan-pelan kita belajar menerapkannya untuk hidup yang lebih sehat secara menyeluruh! 🙂

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: Bagaimana Cara Membahagiakan Diri Sendiri? Berikut Ulasannya! 😍


Credit photo: freepik.com

References:

girlhasamind.com

troomi.com

coursecorrectioncoaching.com


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛