6 Cara Meningkatkan Kesehatan Spiritual supaya Mama Bahagia 💛


cara meningkatkan kesehatan spiritual


Sebelum saya belajar mengenai gaya hidup holistik, saya mengira bahwa kesehatan utama itu hanya soal fisik saja alias yang terlihat oleh mata. Saat mendengar kata spiritual, yang terlintas dalam pikiran saya adalah sesuatu yang berkaitan dengan agama, ternyata definisi spiritual lebih luas dari itu.

Jika kita membahas mengenai kesehatan secara keseluruhan (holistik) juga tidak terlepas dari kesehatan spiritual. Selain kesehatan fisik, mental, dan emosional, faktor spiritual juga penting untuk diperhatikan. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kesehatan spiritual? Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai kesehatan spiritual serta bagaimana cara meningkatkannya 😊

Sehat spiritual adalah suatu keadaan dimana seseorang mampu menjalani kehidupan sehari-harinya dengan baik sesuai kepercayaan yang dianutnya. Spiritual juga berkaitan dengan spirit (semangat) untuk memperoleh keyakinan, harapan, serta makna dan tujuan hidup. Namun, konsep spiritual bisa jadi lebih luas lagi. Spiritual ini bisa dikaitkan dengan agama bisa juga tidak.


Mengapa Mama Perlu Meningkatkan Kesehatan Spiritual?


Terdapat hubungan yang kuat antara kesejahteraan fisik dan spiritual, keduanya saling memengaruhi dan berkaitan. Itu sebabnya jika Mama ingin mencapai hidup sehat dan bahagia lahir batin maka jangan lupakan aspek spiritual ini. Dan sebelum membahas mengenai cara meningkatkan kesehatan spiritual, mari simak beberapa alasan mengapa Mama perlu melakukan hal tersebut.


1. Menemukan makna hidup


Alasan pertama mengapa Mama perlu meningkatkan kesehatan spiritual adalah untuk menemukan makna hidup. Ini merupakan alasan paling mendasar mengapa spiritualitas sangat penting untuk diperhatikan.

Saat merasa hidupmu lebih bermakna tentu Mama pun akan berusaha untuk menjalaninya dengan lebih baik. Mama juga jadi lebih bisa menikmati setiap pengalaman hidup, mulai dari hal-hal kecil dalam keseharian hingga hal yang lebih besar.


2. Mendatangkan kebahagiaan


Selain untuk menemukan makna hidup, alasan berikutnya mengapa Mama perlu meningkatkan kesehatan spiritual yaitu untuk membuatmu lebih bahagia. Mereka yang sehat secara spiritual biasanya akan lebih positif dalam memandang kehidupan dan memiliki penerimaan diri yang lebih baik. Pada akhirnya hal ini akan meningkatkan rasa damai dan kebahagiaan.


3. Membantu membuat pilihan lebih baik


Dengan meningkatkan kesehatan spiritual akan membantumu membuat pilihan-pilihan lebih baik dalam hidup. Sebab mereka yang sehat secara spiritual umumnya akan lebih fokus untuk menjadi orang yang lebih baik dari waktu ke waktu. Hal inilah yang mendorong seseorang untuk lebih mempertimbangkan tindakan dan perilakunya. Sehingga Mama jadi lebih berhati-hati dalam membuat pilihan hidup yang lebih baik.

“Kualitas hidupmu dipengaruhi oleh pilihan-pilihan hidupmu dari waktu ke waktu. Semakin baik pilihanmu maka semakin baik pula kualitas hidupmu”

 

4. Lebih optimis


Alasan selanjutnya mengapa perlu meningkatkan kesehatan spiritual adalah agar Mama menjadi lebih optimis. Saat Mama memiliki kepercayaan yang kuat terhadap Tuhan tentunya ini akan membuatmu jadi lebih percaya diri dalam situasi tersulit sekalipun. Sebab Mama memiliki keyakinan bahwa ada kekuatan dan harapan dalam setiap keadaan.


5. Merasa damai


Ini juga termasuk salah satu alasan mengapa Mama perlu meningkatkan kesehatan spiritual. Doa maupun ibadah yang Mama lakukan dengan tulus akan menghadirkan rasa damai dalam diri. Seseorang yang memiliki kesehatan spiritual yang baik umumnya akan lebih tenang dalam menghadapi cobaan dan kesulitan hidup. Artinya Mama tidak akan mudah terserang stres.


6 Cara Meningkatkan Kesehatan Spiritual


Terdapat beberapa cara meningkatkan kesehatan spiritual yang bisa Mama lakukan. Cara masing-masing orang untuk meningkatkan kesehatan spiritualnya tentu akan berbeda-beda. Mama bisa memilih cara mana yang paling nyaman dan mudah untuk dilakukan, yang terpenting adalah melakukannya dengan tulus.


1. Doa


Cara meningkatkan kesehatan spiritual yang pertama adalah dengan doa. Selain membuatmu lebih sehat secara spiritual, doa juga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik, seperti meningkatkan kesehatan usus, imunitas, serta pencernaan.

Sebaiknya lakukan aktivitas doa ini secara rutin beberapa kali dalam sehari selama 5 hingga 10 menit. Akan lebih ideal jika doa ini dilakukan di waktu yang sama setiap harinya. Bagi umat muslim waktu yang paling tepat untuk berdoa yaitu setelah menunaikan shalat wajib 5 waktu. Sedangkan bagi yang non muslim, lakukan aktivitas doa ini sesuai dengan keyakinanmu.


2. Baca buku spiritual


Ini merupakan cara meningkatkan kesehatan spiritual yang selanjutnya. Bacalah buku-buku yang bisa memperkuat spiritualmu. Apakah itu buku agama maupun buku inspiratif yang akan meningkatkan akhlak/budi pekerti serta rasa syukur. Bagi umat muslim yang utama tentunya membaca kitab suci Al-Qur’an beserta tafsirnya.

Lakukan aktivitas membaca ini secara rutin setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. Waktu yang paling baik untuk membaca adalah di pagi hari saat pikiran masih jernih sehingga apa yang Mama baca lebih mudah dipahami. Namun jika di pagi hari tidak sempat maka lakukanlah di waktu mana saja yang nyaman bagimu.


3. Terlibat dalam kegiatan keagamaan


Terlibat dalam kegiatan keagamaan juga termasuk salah satu cara meningkatkan kesehatan spiritual yang perlu Mama lakukan. Bagi umat muslim kita bisa melibatkan diri dengan kegiatan di masjid atau bergabung dengan komunitas islami. Hal ini akan memperkuat hubunganmu dengan Tuhan dan juga orang lain yang terlibat di kegiatan tersebut.

Mengikuti kegiatan keagamaan bisa dilakukan sekali dalam seminggu atau disesuaikan dengan waktu yang Mama miliki. Mama bisa juga terlibat dengan kegiatan atau komunitas agama yang dilakukan secara online.


4. Menulis jurnal harian


Cara meningkatkan kesehatan spiritual yang berikutnya yaitu tulislah jurnal harian. Mama bisa menuliskan segala kekhawatiranmu dalam jurnal. Dan jangan lupa untuk menulis daftar rasa syukur pada jurnal tersebut agar Mama bisa lebih fokus pada hal-hal baik atau positif dalam hidupmu.

Menulis bisa membantu memproses dan mengekspresikan emosi/perasaanmu. Saat menuliskan apa yang ada dipikiran, ini akan menghubungkanmu dengan batinmu. Kemudian hal ini dapat membantu untuk lebih memahami perasaanmu sendiri.

Saya termasuk yang menyukai aktivitas menulis jurnal (journaling). Salah satu kiat saya untuk konsisten menulis jurnal adalah menulis dengan cara yang membuat saya nyaman. Seringkali saya hanya menulis selama beberapa menit dan hanya beberapa kalimat saja, tapi saya melakukannya hampir setiap hari.


5. Meluangkan waktu menikmati alam


Cara meningkatkan kesehatan spiritual yang satu ini juga menarik untuk dicoba. Meluangkan waktu menikmati alam seperti wilayah pegunungan atau pantai akan membuatmu merasakan kedamaian. Pastikan Mama beristirahat sejenak dari ponsel saat sedang menikmati alam sehingga bisa lebih fokus pada keindahan alam.

Lepaskan beban pikiranmu dari segala permasalahan yang ada dan nikmatilah suara kicauan burung, pepohonan yang bergoyang tertiup angin, ataupun deburan ombak di bibir pantai. Semua itu bisa menjadi terapi yang membuat pikiran lebih jernih dan merasa damai.

Jika Mama tidak memiliki seseorang yang bisa diajak pergi tidak masalah. Meluangkan waktu untuk melakukan perjalanan mengunjungi alam seorang diri justru membuatmu bisa lebih fokus dengan diri sendiri.


6. Meditasi


Meditasi adalah cara meningkatkan kesehatan spiritual yang terakhir dalam daftar ini. Cara yang satu ini termasuk mudah untuk dilakukan sebab Mama bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun. Meditasi juga tidak membutuhkan alat serta biaya apapun untuk melakukannya.

Selain itu meditasi juga tidak selalu harus dilakukan dengan duduk dan diam. Mindfulness (kesadaran penuh) merupakan salah satu bagian dari meditasi yang bisa Mama lakukan sambil beraktivitas. Bukan hanya untuk meningkatkan kesehatan spiritual, meditasi juga bermanfaat untuk mengurangi stres, kecemasan, serta meningkatkan kesadaranmu.

Mama bisa belajar mengenai meditasi melalui internet atau buku-buku. Mulailah latihan meditasi dari teknik yang paling mudah dan cocok untukmu. Lakukan dengan waktu yang ringan terlebih dahulu, misalnya dimulai dari 5 menit setiap harinya.

Itulah beberapa cara meningkatkan kesehatan spiritual Mama. Menurutmu cara manakah yang paling mudah dan nyaman untuk dilakukan? Mulailah dari cara itu dan berusahalah untuk konsisten. Mari sama-sama berusaha untuk menjalani hidup yang lebih baik! 😍


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 6 Manfaat puasa bagi kesehatan yang Penting untuk Mama Ketahui 😍


Credit photo: stock.adobe.com

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛