9 Manfaat Menggunakan Kosmetik Berbahan Alami yang Penting Mama Ketahui 💚


manfaat menggunakan kosmetik berbahan alami


Ah, paling senang deh kalau membahas mengenai skincare alias perawatan kulit. Karena saya termasuk penggemar skincare. Sebenarnya istilah skincare ini belum terlalu populer di zaman saya gadis dulu. Saya dulu menyebutnya dengan istilah kosmetik 🙂

Penggunaan kosmetik khususnya bagi wanita merupakan salah satu kebutuhan penting dalam keseharian. Bahkan zaman sekarang tak hanya wanita saja yang akrab dengan kosmetik, pria pun banyak yang menggunakannya untuk menjaga penampilan. Di pasaran terdapat dua macam kosmetik, yaitu kosmetik berbahan alami dan kosmetik berbahan kimia.

Tahukah Mama bahwa kulit adalah organ terbesar pada tubuh? Dan kosmetik yang Mama gunakan hampir semuanya akan terserap oleh tubuh dan masuk ke aliran darah. Maka dari itu sebisa mungkin pilihlah kosmetik berbahan alami yang lebih aman dan sehat untuk tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat kosmetik alami? Mari simak ulasannya di bawah ini.


9 Manfaat Menggunakan Kosmetik (skincare) Berbahan Alami


Memilih jenis kosmetik yang baik untuk tubuh alias berbahan alami juga termasuk bagian dari gaya hidup sehat yang Mama jalani. Kosmetik berbahan alami bukan hanya lebih aman bagi kesehatanmu tapi juga ramah lingkungan. Agar lebih meyakinkanmu untuk beralih ke kosmetik atau skincare alami berikut ini berbagai manfaat kosmetik alami yang penting untuk diketahui:


1. Mengurangi paparan bahan kimia merugikan


Manfaat kosmetik alami yang pertama adalah mengurangi paparan bahan kimia merugikan. Meski tidak semua kosmetik berlabel alami terbuat dari 100% bahan alami, namun kosmetik alami bebas dari bahan kimia yang berpotensi berbahaya. Salah satu bahan kimia yang merugikan adalah paraben yang merupakan pengawet buatan. Paraben ini termasuk bahan kimia yang banyak terdapat pada kosmetik non alami.

Sebuah studi yang dilakukan Environmental Research di Tahun 2016 menemukan keterkaitan antara paparan paraben dengan gangguan hormon selama kehamilan yang bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kehamilan atau kelahiran. Oleh sebab itulah EWG (Environmental Working Group) menyarankan untuk menghindari paparan paraben.

Selain paraben, bahan kimia merugikan lainnya yang perlu dihindari diantaranya formaldehida, phthalates, serta toluene/BHT. Bahan-bahan tersebut bisa Mama temukan dalam berbagai kosmetik non alami. Dengan beralih menggunakan kosmetik berbahan alami tentunya akan meminimalisir paparan bahan-bahan kimia tersebut.

“Sama halnya dengan tubuhmu, kulit pun memerlukan asupan nutrisi baik yang berasal dari bahan-bahan alami”

 

2. Memiliki aroma yang lebih baik


Ini merupakan manfaat kosmetik alami yang berikutnya. Kosmetik non alami umumnya menggunakan pewangi sintetik untuk menutupi bau bahan kimia di dalamnya serta membuat produk jadi lebih harum. Bahkan banyak pula kosmetik yang aromanya terlalu menyengat. Pada sebagian orang, khususnya mereka yang mengalami migrain serta sensitif terhadap wangi yang menyengat, pewangi sintetik tersebut bisa memicu sakit kepala.

Berbeda dengan kosmetik berbahan alami yang umumnya bebas dari pewangi sintetik. Tentunya ini jadi lebih aman bagi mereka yang berisiko mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh pewangi sintetik. Kosmetik berbahan alami biasanya menggunakan minyak esensial untuk memberikan aroma yang enak. Tak hanya itu, banyak minyak esensial yang juga berfungsi sebagai aromaterapi untuk membuatmu lebih rileks.

Ini merupakan salah satu keunggulan dari kosmetik berbahan alami yang paling saya kagumi, yaitu memiliki wangi yang nyaman di pernapasan. Bukan hanya nyaman di kulit dan tubuh saya, tapi juga di pernapasan.


3. Risiko iritasi kulit lebih rendah


Risiko iritasi kulit yang lebih rendah juga termasuk manfaat kosmetik alami yang akan Mama peroleh. Bahan-bahan kimia seperti pengawet, pewarna, serta pewangi yang terdapat dalam kosmetik non alami bisa menyebabkan dermatitis (peradangan kulit) yang kemudian menimbulkan ruam merah, gatal, hingga jerawat. Dengan menggunakan kosmetik berbahan alami yang bebas dari bahan pengawet, pewarna, serta pewangi akan mengurangi risiko iritasi kulit.


4. Lebih aman bagi kulit sensitif


Manfaat kosmetik alami yang selanjutnya yaitu lebih aman bagi yang memiliki kulit sensitif. Pemilik jenis kulit sensitif tentu harus lebih selektif lagi dalam memilih produk kosmetik agar tidak menimbulkan masalah pada kulit. Nah, menggunakan kosmetik berbahan alami bisa jadi solusi tepat dalam hal ini.

Umumnya kosmetik alami bisa diterima dengan baik oleh kulit sensitif karena tidak menggunakan bahan-bahan yang bisa memicu masalah kulit.


5. Mengandung bahan-bahan yang menyehatkan kulit


Salah satu manfaat kosmetik alami tentunya untuk membuat kulitmu lebih sehat dengan kandungan-kandungannya yang bernutrisi. Bahan dasar kosmetik alami umumnya mengandung berbagai minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak alpukat, minyak rosehip, minyak argan, dan lain-lain. Minyak nabati tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit karena memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, serta dapat membantu memperbaiki keadaan kulit.

Salah satu bahan alami yang juga sering digunakan pada kosmetik alami adalah lidah buaya. Lidah buaya (aloe vera) telah lama populer untuk membantu penyembuhan kulit. Lidah buaya mengandung berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, C, dan E yang dapat meningkatkan kekencangan dan melembapkan kulit.

Selain itu kosmetik alami juga umumnya dilengkapi dengan berbagai minyak esensial untuk menciptakan aroma yang menenangkan. Minyak esensial seperti minyak lemon, minyak lavender, atau minyak mawar tak hanya wangi tapi juga mengandung vitamin yang bisa meningkatkan kesehatan kulit. Kosmetik dengan bahan-bahan alami bukan hanya bermanfaat untuk membuat kulit lebih sehat saja tapi juga bisa berfungsi menyembuhkan kulit yang rusak.


6. Hampir tidak ada efek samping


Manfaat kosmetik alami berikutnya adalah hampir tidak ada efek samping. Bahan-bahan kimia yang terdapat pada kosmetik non alami bisa memberikan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan, terutama dalam jangka panjang jika digunakan secara terus menerus.

Sedangkan kosmetik berbahan alami yang tidak menggunakan bahan kimia merugikan hampir tidak ada efek samping. Termasuk efek samping jangka panjang jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.


7. Lebih nyaman di kulit


Keuntungan lainnya dari menggunakan kosmetik alami yaitu lebih nyaman di kulit. Kosmetik alami umumnya bisa diterima dengan baik di kulitmu bahkan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau alergi sekalipun karena tidak mengandung bahan-bahan kimia merugikan. Karena kosmetik alami umumnya menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi tubuh.

Sebagian dari bahan-bahan alami tersebut juga bisa dikonsumsi, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, serta lidah buaya. Itu artinya bahan-bahan tersebut termasuk sangat aman diserap oleh kulit.

Kosmetik non alami bisa saja membuat kulitmu terasa halus hanya dalam sekali atau beberapa kali pakai. Namun dalam jangka panjang bahan-bahan kimia di dalamnya bisa menyebabkan efek samping yang merugikan kesehatan.


8. Mengurangi efek alergi


Kandungan pewangi sintetik pada kosmetik non alami bisa memicu alergi yang menyebabkan sinus, iritasi area tenggorokan, atau iritasi saluran pernapasan bagian atas. Jika Mama termasuk yang memiliki riwayat alergi sebaiknya gunakan kosmetik alami untuk menurunkan bahkan menghilangkan efek alergi.


9. Lebih baik untuk lingkungan


Selain berbagai manfaat di atas, masih ada satu lagi keunggulan yang akan diperoleh dari penggunaan kosmetik berbahan alami yaitu lebih ramah lingkungan. Bahan-bahan kimia yang terdapat pada kosmetik non alami tidak hanya merugikan kesehatan atau kulitmu, tapi juga bisa menjadi polusi untuk udara dan air di sekitarmu.

Selain itu, bahan-bahan kimia dalam kosmetik juga bisa merugikan tumbuhan serta hewan. Sebab limbah dan racun dari bahan-bahan kimia tersebut dapat meresap ke dalam tanah dan merugikan ekosistem di sekitarnya.

Sedangkan kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami tentunya akan lebih aman bagi lingkungan. Meski mungkin saja terdapat bahan-bahan yang mencemari lingkungan, namun kadarnya jauh lebih sedikit dibanding kosmetik non alami yang menggunakan banyak bahan kimia.

Itulah berbagai manfaat kosmetik alami yang akan Mama peroleh. Tertarik untuk mendapatkan semua manfaat tersebut? Yuk, pelan-pelan beralih menggunakan kosmetik berbahan alami. Tampil cantik adalah keinginan semua wanita, namun jangan lupa bahwa kesehatan tubuh juga merupakan investasi berharga. Setuju, Mam? 🙂

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Secara Holistik 😍


Credit photo: istockphoto.com


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛