Tersenyum Membuat Mama Lebih Cantik. Ini 7 Manfaat Tersenyum untukmu 💖


manfaat tersenyum untuk mama

Bagaimana menurutmu saat melihat dirimu di cermin dengan tersenyum? Lebih cantik dan menyenangkan, bukan? Ya, tersenyum merupakan salah satu keajaiban yang membuatmu menjadi lebih cantik seketika. Menariknya, tersenyum ini tak hanya membuatmu lebih cantik, tapi ada berbagai manfaat lainnya yang sangat penting untuk dirimu tahu. Intinya, tersenyum ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatanmu secara menyeluruh dan juga kecantikanmu. 

Tersenyum adalah kiat termudah sekaligus terampuh untuk membuatmu lebih cantik dan menarik. Di artikel kali ini saya mengulas tentang manfaat tersenyum supaya Mama semakin semangat dan suka untuk banyak tersenyum. Tersenyum ini tidak harus menunggu seseorang atau kejadian yang membuatmu tersenyum. Banyaklah tersenyum untuk diri sendiri, termasuk saat kamu sedang sendirian di kamar atau bercermin. Karena tersenyum akan membuatmu merasa lebih baik dan bahagia. Yuk, dicoba Mam! 


7 Manfaat Tersenyum untuk Mama. Bukan Hanya Membuatmu Lebih Cantik


Tahukah dirimu Mam, saya dulu termasuk orang yang tidak mudah tersenyum. Itu sebabnya beberapa kali ada orang yang mengatakan bahwa saya itu tidak ramah dan terkesan dingin 😐 Tapi kemudian saya memahami bahwa tersenyum memberikan banyak manfaat khususnya untuk diri sendiri. Sekarang saya menjadi lebih mudah untuk tersenyum. Saya pun sering tersenyum kepada diri sendiri, misalnya saat bercermin. Ketika bercermin rasanya lebih menyenangkan saat melihat wajah saya tersenyum. Benar kan, Mam? 

Tersenyum ini termasuk salah satu kebiasaan baik yang bisa Mama latih. Nah, supaya dirimu menjadi semakin termotivasi untuk berlatih lebih mudah tersenyum, berikut beberapa manfaat tersenyum untukmu. 


1.  Tersenyum membuatmu lebih cantik dan menarik


Secara alami, saat seorang wanita tersenyum otomatis wajahnya menjadi lebih menarik. Itu sebabnya dirimu cenderung lebih menyukai seseorang yang mudah tersenyum daripada mereka yang jarang tersenyum. Karena mereka (orang yang mudah tersenyum) itu lebih menarik. Dan, tentunya saat dirimu lebih menarik maka kamu pun menjadi terlihat lebih cantik dibanding saat tidak tersenyum. 

"Tersenyum merupakan jurus paling simpel yang bisa Mama lakukan untuk membuatmu menjadi lebih cantik dan menarik"

Coba deh Mam dirimu bercermin dengan wajah tanpa senyum dan perhatikan bagaimana wajah serta perasaanmu saat melihat dirimu di cermin. Kemudian tersenyumlah secara perlahan dan perhatikan pula wajah dan perasaanmu saat itu. Bagaimana? Kamu terlihat lebih cantik sekaligus merasa lebih bahagia saat tersenyum, kan? Ajaib! 😍


2.  Tersenyum membuatmu awet muda 


Penelitian menyatakan bahwa saat seseorang tersenyum hal ini membuat orang lain menganggapnya lebih muda dari usia sebenarnya dibandingkan saat mereka tidak tersenyum. Tak hanya itu, sering tersenyum juga bisa membantumu untuk menjadi lebih awet muda. Mengapa begitu? Karena saat tersenyum dirimu menarik sudut mulut dan mengangkat otot-otot di pipimu. Hal ini bisa membuat wajahmu lebih kencang dan tidak mudah berkerut. 

Anggaplah tersenyum ini sebagai olahraga wajah yang termudah untuk membuatmu awet muda. Dan supaya hasilnya optimal tentu saja dirimu perlu melakukannya secara rutin setiap hari. Jadi, perbanyaklah tersenyum setiap kali kamu bercermin atau sedang sendirian di kamar untuk melatih otot-otot di wajahmu. 


3.  Tersenyum membuatmu rileks


Saat seseorang sedang mengalami stres, umumnya detak jantung menjadi lebih cepat dari biasanya. Detak jantung yang lebih cepat dari biasanya ini kemudian membuatmu menjadi tidak tenang. Tapi ada satu solusi mudah yang dapat Mama lakukan untuk membantumu lebih rileks yaitu tersenyum. Ketika dirimu tersenyum, hal ini akan membuat detak jantungmu menjadi lebih stabil sehingga kamu merasa rileks. Itu sebabnya, tersenyum ini juga bisa membantu meredakan stres. Jadi, ketika mengalami stres, cobalah untuk banyak tersenyum.

Jika dirimu belum pernah melakukan hal ini sebelumnya (tersenyum saat stres) bisa jadi akan terasa aneh. Sebab saat stres seseorang biasanya menjadi jarang tersenyum akibat rasa tidak nyaman di dalam dirinya. Tapi, percayalah senyuman di wajahmu justru akan membuatmu merasa rileks dan nyaman. 💃


4.  Tersenyum memperbaiki suasana hati (mood)


Manfaat tersenyum selanjutnya yaitu untuk memperbaiki suasana hati alias mood kamu. Karena saat dirimu tersenyum, otak memproduksi hormon dopamin dan serotonin. Kedua hormon ini bisa membantu meningkatkan suasana hatimu menjadi lebih baik. Yuk dicoba, saat suasana hati Mama sedang tidak baik, banyaklah tersenyum dan rasakan sendiri bagaimana suasana hatimu perlahan menjadi lebih baik.

Ya, saya memahami. Saat suasana hati sedang tidak baik atau tidak enak, rasanya malas untuk banyak tersenyum. Lakukan saja, Mam. Tersenyumlah meski dirimu merasa tidak memiliki alasan untuk tersenyum sekalipun. Dirimu selalu bisa menjadi alasan terbaik untuk tersenyum. Tersenyumlah untuk diri sendiri. 


5.  Tersenyum membuatmu lebih positif


Ada hal yang sangat menarik dari tersenyum. Coba Mama lakukan hal ini, tersenyumlah kemudian pikirkan hal-hal yang negatif dengan wajah tetap tersenyum. Sulit kan, ya? Ajaib. Saat dirimu tersenyum akan menjadi lebih sulit untuk berpikiran negatif. Sebaliknya, ketika tersenyum dirimu menjadi lebih mudah untuk berpikiran positif, mengingat hal-hal yang positif, dan merasa lebih positif. Intinya, tersenyum akan membuatmu menjadi lebih positif. 

Karena pada dasarnya tersenyum itu sendiri merupakan sesuatu yang positif atau katakanlah ekspresi wajah yang positif. Tentu saja ketika dirimu melakukan hal yang positif maka kamu pun merasa lebih positif. Setuju, Mam? 😉


6.  Tersenyum mendukungmu lebih bahagia


Saat Mama tersenyum, otakmu akan memproduksi hormon endorfin yang dikategorikan sebagai hormon bahagia. Selain kedua hormon yang telah dibahas sebelumnya (serotonin dan dopamin), hormon endorfin ini juga bisa membantu meningkatkan suasana hati dan membuatmu menjadi lebih mudah merasa bahagia. Saat suasana hatimu baik tentu saja dirimu menjadi lebih mudah bahagia, iya kan? Mulai sekarang tidak perlu menunggu bahagia untuk tersenyum, tersenyumlah supaya dirimu bahagia.  


7.  Tersenyum membuatmu lebih sehat


Ketika Mama lebih rileks, suasana hatimu baik, dirimu lebih positif dan bahagia, tentu hal ini akan membuatmu menjadi lebih sehat. Bukan hanya sehat secara fisik, kamu juga lebih sehat mental (pikiran), emosional (emosi dan perasaan), serta spiritual (jiwa). Intinya sehat menyeluruh. 

Hormon endorfin yang diproduksi oleh otak saat dirimu tersenyum juga dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuhmu. Dengan sistem kekebalan tubuh yang optimal, tubuhmu menjadi tidak mudah terserang penyakit. 

Oke Mam, itulah beberapa manfaat tersenyum untukmu. Mulai dari kecantikan, kebahagiaan, hingga kesehatanmu. Lengkap pokoknya! Terima kasih sudah membaca hingga selesai. Semoga menginspirasi Mama untuk makin sering tersenyum 😊


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : Sudah sehatkah kulitmu, Mam? Ini Ciri Kulit Sehat yang Perlu Kamu Tahu


Credit image: stock.adobe.com

Inspiring references:

verywellmind.com/top-reasons-to-smile-every-day-2223755

psychologytoday.com/us/blog/changepower/201605/the-9-superpowers-your-smile?amp

theconversation.com/secret-to-a-healthy-appearance-smiling-says-science-82520

icyhealth.com/top-10-interesting-benefits-of-smiling/?amp

startofhappiness.com/the-power-of-a-smile/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛