Sudah Sehatkah Kulitmu, Mam? Ini Ciri Kulit Sehat yang Perlu Kamu Tahu 💖


ciri kulit sehat dan cantik

Kulit yang sehat sangat mendukung kecantikan Mama. Ketika kulitmu sehat maka kamu akan terlihat lebih cantik dan menarik. Karena kulitmu adalah organ terbesar di tubuhmu yang terlihat dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kulit sehat bukan berarti sempurna tanpa kekurangan sedikit pun. Ingat, sesungguhnya tak ada kulit yang sempurna meski terlihat sempurna

Yakinlah bahwa kulitmu adalah kulit yang terbaik yang kamu miliki. Dirimu hanya perlu mencintai dan merawat kulitmu supaya lebih sehat dan cantik. Nah, untuk itulah kamu perlu mengetahui apa saja ciri kulit sehat. Sehingga kamu bisa lebih mengenal kulitmu dan bisa memberikan perawatan yang tepat untuk kulitmu. 

Buat saya menjaga kesehatan dan kecantikan kulit sangat penting, karena ketika kulit saya sehat saya pun menjadi lebih percaya diri dan bahagia melihat kulit yang cantik. Bagaimana denganmu, Mam? 😊


"Kulitmu ibarat pakaian yang menutupi tubuhmu. Saat menggunakan pakaian yang indah dirimu akan terlihat lebih menarik. Begitu pun saat kulitmu indah, dirimu pasti terlihat lebih menarik juga".


5 Ciri Kulit Sehat yang Perlu Mama Tahu. Yuk, Cek Kondisi Kulitmu! 


Tahukah dirimu Mam, menjaga kesehatan kulit ini tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan atau penampilanmu saja tapi juga untuk kesehatan tubuhmu. Kulit merupakan pelindung untuk tubuhmu dari teriknya sinar matahari, polusi, hingga melindungi organ-organ tubuhmu. Saat kulitmu sehat maka hal ini juga ikut mendukung kesehatan tubuhmu. Berikut beberapa ciri kulit sehat yang akan membantumu mengetahui kondisi kulitmu saat ini. 


1.  Kulitmu terasa nyaman


Ciri kulit sehat yang pertama adalah kulitmu terasa nyaman. Artinya, Mama tidak merasakan sesuatu pada kulitmu yang membuatmu tidak nyaman, seperti sering terasa gatal, kaku dan kencang, atau terasa panas pada beberapa bagian. Jika kulitmu terasa nyaman, itu merupakan tanda bahwa kulitmu baik-baik saja. 

Rasa tidak nyaman pada kulitmu tentu ada penyebabnya. Itu cara kulitmu berkomunikasi denganmu bahwa ada sesuatu yang perlu diperhatikan. Kalau rasa tidak nyaman itu muncul saat dirimu menggunakan produk skincare, bisa jadi karena produk tersebut tidak cocok untuk kulitmu. Pilihlah skincare yang membuat kulitmu terasa nyaman ketika menggunakannya dan juga setelahnya. 

Misalnya, kulitmu terasa kaku dan kencang setelah mencuci muka, itu artinya pembersih muka yang dirimu gunakan tidak sesuai dengan kulitmu. Pilih pembersih muka dengan tingkat pH (keasaman) yang tidak terlalu tinggi apalagi jika kulitmu cenderung kering.  

Jadi, jika kulitmu terasa tidak nyaman coba cari tahu apa penyebabnya dan berusaha untuk lebih memberi perhatian pada kulitmu dan rutin merawatnya. Jangan lupa berikan cinta juga pada kulitmu! 💖


2.  Kulitmu terlihat bersih


Kulit yang bersih bukan berarti kulitmu harus menjadi lebih putih atau berwarna lebih terang. Kulit yang tidak putih pun bisa terlihat bersih dan cantik jika diberikan perawatan yang tepat. Kulit yang bersih artinya kulitmu bebas dari jerawat maupun noda-noda. Tapi kalau ada sedikit noda dan jerawat yang muncul sesekali itu masih wajar kok, Mam. Kulit sehat bukan berarti kulitmu harus sempurna dan terlihat bersih setiap saat. 

Buat saya, kunci utama untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih yaitu melakukan pembersihan kulit yang tepat. Mulai dari mencuci muka dua kali sehari setiap pagi dan malam, menggunakan pembersih wajah yang nyaman untuk kulit, hingga minum air putih yang cukup untuk membersihkan kulit dari dalam. Begitu pula untuk kulit tubuh, membersihkan kulit dengan cara-cara tersebut juga perlu dilakukan. 

Jika diperlukan, Mama juga bisa menambahkan proses eksfoliasi (mengangkat sel sel kulit mati) pada wajah dan tubuh dengan menggunakan produk scrub yang lembut dan nyaman di kulitmu. Eksfoliasi ini bisa membantu mengangkat sel sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat sehingga kulitmu menjadi lebih bersih. 

Paparan sinar matahari di siang hari yang terlalu terik juga bisa menimbulkan noda berupa flek hitam di wajahmu. Maka dari itu sebisa mungkin lindungi kulitmu supaya tidak terpapar teriknya sinar matahari siang terlalu lama. Dirimu bisa gunakan sunscreen, topi, atau payung saat sinar matahari sedang terik untuk meminimalkan efek sinar matahari. 👒🌂

Jika Mama ingin berjemur untuk mendapat manfaat sinar matahari, maka pilih sinar matahari pagi di saat matahari masih hangat dan nyaman untuk kulitmu. 

3.  Kulitmu lembap


Kulit yang lembap artinya kulitmu terhidrasi dengan baik (mendapatkan asupan air yang cukup melalui tubuhmu). Salah satu tanda utama kulit yang tidak terhidrasi dengan baik yaitu kulit menjadi kering dan terlihat tidak segar. Namun, untuk mendapatkan kulit yang lembap ini Mama bukan hanya perlu minum air yang cukup, dirimu juga perlu memberikan pelembap untuk kulitmu. Kulit yang berminyak sekali pun tetap membutuhkan pelembap untuk menjaga kesehatan kulit. 

Menjaga kelembapan kulit sangat penting untuk memperlambat munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit sehingga kulitmu menjadi lebih awet muda. Kalau buat saya, ada dua cara paling penting untuk menjaga kelembapan kulit yaitu rutin menggunakan pelembap setiap hari dan minum air yang cukup setiap harinya. Jika kulitmu kering sebaiknya gunakan pelembap di pagi dan malam hari sebelum tidur. 


4.  Kulitmu elastis


Ciri kulit sehat selanjutnya adalah terasa elastis (lentur), sehingga saat Mama mencubitnya kulitmu akan langsung kembali ke bentuk semula. Coba perhatikan bagaimana kulit anak anak yang masih sangat elastis. Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit mulai berkurang. Namun, dirimu bisa menjaga elastisitas ini supaya tidak terlalu menurun meski bertambahnya usia. Menjaga elastisitas kulit akan membuatmu terlihat lebih awet muda. 😍

Salah satu cara penting untuk menjaga elastisitas kulit yaitu dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari siang. Selain itu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C serta menggunakan skincare berbahan alami yang kaya antioksidan juga bisa membantu menjaga kulit tetap elastis. 


5.  Kulitmu terasa halus saat disentuh


Bagaimana kulit Mama saat dirimu menyentuhnya? Kulit yang sehat akan terasa halus saat disentuh. Tapi bukan berarti kulitmu harus terasa halus seperti sutra ya, Mam. Tenang, kulitmu tidak harus menjadi sempurna untuk masuk dalam kategori kulit yang sehat. Jika sesekali muncul jerawat dan kulit terkadang terasa tidak halus seperti biasanya itu masih wajar.  

Ada beberapa cara yang bisa dirimu lakukan untuk mendapatkan kulit yang lebih halus. Mulai dari minum air yang cukup, rutin menggunakan pelembap, hingga melakukan eksfoliasi kulit. Tapi untuk eksfoliasi saya sering melewatinya jika kulit saya terasa sudah halus. 

Nah, itulah Mam beberapa ciri kulit sehat yang penting untuk dirimu tahu. Bagaimana, apakah kulitmu sudah sehat? Yuk, mulai sekarang kita lebih rajin lagi merawat kulit. Dirimu pasti akan suka saat melihat kulit yang cantik di cermin dan terasa lembut saat kamu menyentuhnya. Itu yang saya rasakan. Terima kasih ya sudah membaca hingga selesai!


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : Inilah 9 Tips Kulit Glowing Alami yang Bisa Mama Lakukan


Credit image: istockphoto.com

Inspiring references: 

insider.com/signs-of-healthy-clear-skin-2018-4

fatco.com/blogs/blog/5-signs-you-have-healthy-skin

arsshnaturals.com/8-signs-of-healthy-skin-on-face/

popxo.com/article/signs-of-healthy-skin/

rejuvenated.com/blog/qualities-of-healthy-skin/

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛