5 Obat Alami untuk Mama yang Tak Hanya Menyembuhkan tapi juga Enak 💚


5 obat alami untuk mama yang tak hanya menyembuhkan tapi juga enak

Saat Mama sedang tidak enak badan seperti demam, flu, maupun terkena penyakit ringan lainnya, bagaimana caramu mengatasinya? Sejak tujuh tahun terakhir ini saya selalu berusaha memilih obat-obat alami setiap mengalami sakit. Saya merasa tubuh saya lebih nyaman dengan menggunakan obat yang berasal dari alam. Meski terkadang hasilnya memang tidak instan, tapi untuk jangka panjang jauh lebih baik dan aman bagi tubuh.

Hasil dari kekayaan alam di sekitar kita pun ternyata banyak yang bisa dijadikan obat alami. Jadi, mengapa kita tidak mencoba memanfaatkannya dan memberikan yang lebih baik untuk tubuh kita, iya kan? Dari sekian banyak jenis tanaman herbal, rempah, maupun hasil alam lainnya yang bisa digunakan sebagai obat alami, di artikel kali ini saya memilih 5 obat alami yang menurut saya paling mudah di dapat, efektif, dan enak untuk digunakan. Yuk, langsung saja dibaca hingga selesai ya, Mam! 😊


5 Obat Alami untuk Mama yang Tak Hanya Menyembuhkan tapi juga Enak


Jika sebelumnya Mama sudah terbiasa menggunakan obat non alami (yang menggunakan bahan kimia), bisa jadi tubuhmu membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan obat alami. Itu sebabnya ketika dirimu menggunakan obat alami, hasilnya bisa jadi tidak tidak terlalu cepat. Tapi, buat saya yang memang selama beberapa tahun terakhir ini tidak pernah menggunakan obat non alami, maka penyembuhan menggunakan obat alami pun sudah efektif.

"Percayalah, ada banyak cara untuk sembuh dari suatu penyakit. Kamu bisa pilih cara penyembuhan yang lebih nyaman untuk tubuhmu".

Dalam menggunakan obat alami, selalu mulai dari takaran yang kecil terlebih dahulu untuk melihat bagaimana reaksi tubuhmu. Jika terdapat reaksi yang membuatmu tidak nyaman, dirimu bisa menghentikan penggunaannya atau menggantinya dengan obat alami lainnya. Berikut ini beberapa obat alami yang saya paling rekomendasikan untuk Mama.


1.  Madu


Obat alami yang pertama paling saya rekomendasikan untuk Mama adalah madu. Hasil alam yang berasal dari nektar (sari bunga) dan diproses oleh lebah ini memang sudah sangat populer sejak zaman dahulu sebagai obat alami. Madu bermanfaat sebagai antibakteri yang bisa membantu mengatasi berbagai bakteri penyebab penyakit. Madu juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuhmu dan membantu proses penyembuhan saat sakit. 

Madu dikenal efektif dalam proses penyembuhan luka karena fungsinya sebagai antibakteri serta anti inflamasi (anti peradangan). Satu lagi manfaat madu yang membuatnya populer sebagai obat alami adalah kemampuannya untuk mengatasi batuk. Madu termasuk ampuh dalam membantu mengeluarkan lendir di tenggorokan dan mengurangi batuk.

Namun, jika dirimu ingin menggunakan madu sebagai obat alami, pilihlah jenis madu alami yang mentah dan murni sehingga khasiat penyembuhannya lebih optimal. Selain itu beli madu dari produsen dan penjual terpercaya untuk memastikan dirimu mendapat produk yang berkualitas. Kemudian perhatikan pula dosisnya. Meski rasanya enak tapi tetap jangan berlebihan ya, Mam.

Karena saya juga menjadikan madu sebagai obat alami, itu sebabnya saya tidak mengonsumsi madu setiap hari secara terus menerus. Paling hanya beberapa kali dalam seminggu untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Sehingga tubuh saya tidak mengenali madu sebagai asupan rutin yang dikonsumsi setiap hari. Nah, ketika sakit biasanya saya tambah dosisnya menjadi setiap hari sampai kondisi tubuh saya membaik. 💃


2.  Kunyit


Setelah madu, obat alami berikutnya yang bisa membantu penyembuhan di saat sakit yaitu kunyit. Salah satu bumbu masak yang paling populer di Indonesia ini tak hanya membuat masakan menjadi lebih beraroma dan berwarna saja tapi juga bermanfaat untuk kesehatanmu. Telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat kunyit, bahkan rempah yang satu ini sudah digunakan selama ribuan tahun untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada tubuh. 

Kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit berfungsi sebagai anti inflamasi (anti peradangan), antibakteri, serta antioksidan untuk mendukung proses penyembuhan dan mengurangi rasa sakit. Kunyit terbukti efektif dalam membantu proses penyembuhan penyakit pada sendi, pencernaan, hingga kulit. 

Beberapa tahun lalu ketika saya sempat mengalami gangguan pencernaan dan radang sendi yang cukup membuat stres, saya mengonsumsi ekstrak kunyit untuk membantu proses penyembuhan. Saya memilih ekstraknya (bukan kunyit utuh) supaya lebih nyaman di pencernaan saya yang waktu itu agak sensitif. Biasanya saya mencampur ekstrak kunyit dengan madu dan air supaya rasanya menjadi lebih enak dan khasiatnya pun lebih maksimal karena madu juga termasuk obat alami. 🍯


3.  Jahe


Mama suka minuman atau kue yang diberi campuran jahe? Wah, saya sangat suka kue dan minuman yang diberi sedikit jahe. Efek hangat dari jahe membuat kue menjadi semakin enak untuk dinikmati dan memberi rasa nyaman untuk tubuh. Tapi saya tidak suka jika kandungan jahenya terlalu berasa karena menimbulkan rasa agak pedas. Selain menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki banyak khasiat dalam pengobatan alami.

Selain kunyit, jahe juga termasuk salah satu rempah yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional di Asia karena kandungan di dalamnya berfungsi sebagai antibakteri dan anti inflamasi. Jahe sering digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, peradangan, hingga sendi. Rempah yang satu ini juga dikenal karena kemampuannya mengurangi rasa sakit. 

Buat kamu yang tidak terlalu suka atau tidak nyaman dengan rasa pedas, sebaiknya gunakan jahe sedikit saja. Mencampurkan jahe dengan madu dan air hangat bisa menjadi cara terbaik untuk menjadikannya obat alami dikala sedang sakit. Mama juga bisa mencampurkannya dengan sedikit susu jika suka. 🥛


4.  Cengkeh


Ada yang istimewa dari rempah yang satu ini. Apakah itu? Tanaman ini berasal dari Indonesia. Ya, saya bangga karena rempah dengan khasiat obat ini merupakan hasil alam Indonesia. Cengkeh bermanfaat sebagai antioksidan dan anti inflamasi yang bisa mengatasi peradangan dan infeksi, mengurangi rasa sakit, serta mendukung kesehatan pencernaan. Cengkeh juga berfungsi sebagai anti jamur dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi masalah pada kulit, seperti jerawat dan bekas luka. 

Satu hal yang paling melekat di benak saya ketika membahas soal cengkeh adalah kegunaannya sebagai hiasan (topping) kue nastar. Cengkeh memberikan aroma dan rasa yang khas pada makanan. Namun bukan hanya untuk kue, cengkeh juga bisa menjadi bumbu masakan atau dicampurkan pada minuman. 

Saya suka menggunakan cengkeh dalam bentuk minyak esensial (essential oil) ketika ada rasa tidak nyaman di bagian perut. Minyak cengkeh ini memberikan efek rasa hangat yang membuat perut saya menjadi lebih nyaman. Tapi jangan terlalu banyak menggunakan minyak cengkeh ini ya, Mam. Gunakan secukupnya saja, karena ini sudah bisa memberikan efek hangat. 


5.  Minyak Kayu Putih  


Kalau minyak kayu putih pastinya Mama sudah akrab kan, ya? Setidaknya minyak yang satu ini selalu ada saat Mama punya anak kecil di rumah. Minyak ajaib yang serbaguna ini memang sering digunakan untuk menghangatkan tubuh anak. Saya termasuk penggemar minyak kayu putih. Bahkan saya selalu punya minyak ini di rumah. Saya menggunakannya untuk meredakan rasa tidak nyaman di perut, gatal di kulit, hingga ketika sedang tidak enak badan (demam, pilek, atau batuk). 

Meski tidak seperti obat alami lainnya yang enak untuk dikonsumsi, minyak kayu putih tidak untuk dikonsumsi. Tapi minyak ini enak untuk digunakan karena mempunyai wangi yang khas dan menghangatkan. Bukan hanya itu, minyak yang berasal dari pohon kayu putih ini juga berfungsi sebagai antiseptik, analgesik, dan anti inflamasi. Itu sebabnya minyak yang satu ini bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah pada kulit, meredakan gejala pilek dan batuk, serta mengurangi rasa tidak nyaman di tubuhmu. 

Oke Mam, itulah beberapa obat alami yang tak hanya membantu dalam penyembuhan saat sakit tapi juga enak untuk digunakan. Semoga ini bisa membantumu untuk sembuh dari sakit dengan cara yang lebih aman dan nyaman untuk tubuhmu. Oya, jangan lupa untuk mendukung kesembuhanmu dengan memperbanyak istirahat ya, Mam. Bukan hanya mengistirahatkan tubuhmu tapi istirahatkan juga pikiranmu. Semangat sehat! Terima kasih sudah membaca hingga selesai! 😉 


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 7 Strategi untuk Meningkatkan Energi Positif dalam Diri Mama 


Credit image: istockphoto.com

Inspiring references: 

healthline.com/nutrition/herbal-medicine#7.-Ginger

houstonchronicle.com/lifestyle/renew-houston/wellness/article/Not-feeling-well-Here-are-some-practical-home-15080381.php

medicalnewstoday.com/articles/324572

medicalnewstoday.com/articles/321108 

thehealthy.com/food/10-healing-herbs-and-spices-2/

healthline.com/health/cajeput-oil

draxe.com



Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛