7 Strategi untuk Meningkatkan Energi Positif dalam Diri Mama 💚


strategi untuk meningkatkan energi positif

Bagaimana energi dalam dirimu saat ini Mam, sudah positifkah? 😊 Perlu kamu tahu bahwa semua orang memiliki energi dalam dirinya apakah itu positif atau negatif. Saat dirimu memiliki energi positif artinya kamu memiliki kekuatan untuk melakukan hal-hal yang baik, termasuk menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan damai. Energi positif ini juga akan sangat mendukungmu untuk mencapai tujuan hidup serta impian-impianmu. Ya, sepenting itu energi positif dalam dirimu!

Dan energi positif dalam dirimu ini tidak datang begitu saja tanpa diundang. Maksudnya, kamu perlu berusaha untuk menarik energi positif ini ke dalam dirimu. Terkadang energi positif ini kalah oleh energi negatif. Maka dari itu Mama perlu meningkatkan energi positif ini sehingga dirimu dipenuhi oleh kekuatan baik yang membuatmu semangat menjalani hidup. Yuk, langsung saja baca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui beberapa strategi untuk meningkatkan energi positif dalam dirimu.


Inilah 7 Strategi untuk Meningkatkan Energi Positif dalam Diri Mama


Bukan berarti Mama perlu memiliki energi positif 100% persen dalam dirimu untuk menjadi benar-benar sehat, bahagia, dan damai dalam hidup. Karena energi negatif itu bisa menghampiri kapan saja. Namun, saat dirimu memiliki lebih banyak energi positif, maka energi negatif tersebut bisa dikalahkan oleh energi positifmu. Berikut beberapa strategi yang bisa dirimu lakukan untuk meningkatkan energi positif dalam dirimu. 


1.  Kurangi mengeluh


Keluhan akan menghasilkan energi yang negatif. Semakin banyak kamu mengeluh maka semakin banyak energi yang tidak positif ada di dalam dirimu. Maka sebisa mungkin minimalkan keluhan jika Mama ingin memiliki lebih banyak energi positif. Ya, dalam hidup pasti ada saja hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginanmu dan dirimu tetap harus menghadapinya. 

Tapi, kamu selalu punya pilihan bagaimana dirimu menyikapi hal tersebut. Setiap kali ingin mengeluh, ingat bahwa keluhan tidak akan menyelesaikan apa pun maupun mengurangi beban pikiranmu. Keluhan malah menambah ketidaknyamanan karena energi negatif yang dihasilkannya. Jadi, pilihlah untuk tidak mudah mengeluh.

Namun, jika kamu merasa ingin mengeluarkan keluhanmu maka lakukan dengan cara yang lebih tepat. Misalnya, dengan menuliskan keluhanmu di notes smartphone-mu. Jika dengan menuliskan keluhanmu seperti ini bisa membuatmu merasa lebih lega maka lakukanlah. Setelah itu Mama bisa buang tulisan berisi keluhan tadi, bayangkan bahwa dirimu membuang energi negatif dalam dirimu. 😉


2.  Minimalkan informasi yang negatif


Strategi untuk meningkatkan energi positif dalam dirimu yang selanjutnya yaitu minimalkan informasi yang negatif. Tahukah Mam, informasi negatif yang dirimu terima bisa menghasilkan pengaruh yang negatif pula untuk dirimu, terutama pikiranmu. 

Keadaan pikiranmu sangat memengaruhi energi di dalam dirimu. Ketika pikiranmu negatif maka energi di dalam dirimu pun menjadi sama dengan pikiranmu. Jadi, kalau kamu ingin memiliki lebih banyak energi positif, perbanyaklah berpikir yang positif. 

Untuk meminimalkan informasi yang negatif dirimu perlu memilih dengan lebih bijak apa yang kamu tonton (lihat), apa yang kamu dengar, dan apa yang kamu baca. Sebisa mungkin pilihlah hal-hal (informasi) yang membuat pikiranmu menjadi lebih positif. Sehingga energi di dalam dirimu juga menjadi positif. 💃

3.  Menuliskan daftar syukurmu 


Bersyukur merupakan salah satu jenis emosi positif yang bisa meningkatkan energi positif dalam dirimu. Dengan menuliskan hal-hal yang Mama syukuri akan membuat pikiranmu menjadi positif dan energimu pun menjadi positif pula. Seperti telah dibahas sebelumnya di poin kedua bahwa energi dalam dirimu sangat dipengaruhi oleh keadaan pikiranmu. Saat pikiranmu positif maka energi di dalam dirimu juga positif. 

Dan bersyukur ini bisa dilatih, salah satunya dengan rutin menuliskan daftar syukurmu. Cobalah setiap hari tuliskan 3 hal yang dirimu syukuri. Kamu bisa menulisnya di notes smartphone-mu atau di buku harianmu. Hal ini akan membuat pikiranmu menjadi terbiasa mengingat hal-hal yang bisa disyukuri. Dan pada akhirnya membuatmu lebih mudah untuk bersyukur dan makin banyak bersyukur. 💖


4.  Ganti pikiran negatif menjadi positif 


Setelah Mama memahami bahwa pikiran negatif akan menghasilkan energi yang negatif dalam dirimu, kemudian bagaimana caranya supaya pikiranmu dipenuhi oleh hal-hal yang positif? Bukan berarti pikiranmu harus positif 24 jam ya, Mam. Karena pikiran negatif bisa menghampiri kapan pun. 

Nah, cara yang bisa dirimu lakukan untuk mengatasi pikiran negatif agar tidak menyebabkan energi negatif adalah dengan mengganti pikiran tersebut. Jadi, setiap kali muncul pikiran negatif gantilah pikiran tersebut menjadi pikiran yang positif. 

Contoh, saat dirimu berpikir bahwa kamu tidak akan mampu melakukan sesuatu (kamu tidak akan berhasil), maka ganti pikiran negatif itu dengan pikiran positif bahwa kamu pasti mampu, kamu pasti bisa berhasil. 

Coba bayangkan, ketika kamu berpikir dirimu tidak mampu melakukan sesuatu (berpikir negatif) otomatis energi di dalam dirimu pun menjadi negatif. Kamu menjadi tidak punya semangat dan keberanian melakukannya. Kenapa? Karena kamu tidak punya energi positif yang mendukungmu melakukan hal tersebut.

Tapi sebaliknya saat dirimu berpikir bahwa kamu bisa melakukan sesuatu, pikiran positif ini kemudian menghasilkan energi positif dalam dirimu yang membuatmu memiliki keberanian dan motivasi untuk melakukan hal tersebut. 


5.  Luangkan waktu untuk rileks


Hal ini juga bisa menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan energi positif dalam dirimu. Meluangkan waktu untuk rileks akan membantu melepaskan rasa tidak nyaman dalam dirimu dan membuatmu lebih tenang. Saat kamu tenang energi positif bisa lebih mudah hadir di dalam dirimu. 

Ada berbagai hal yang dapat membuatmu rileks, mulai dari menikmati keluar masuknya napasmu, mendengarkan musik yang menenangkan, hingga melakukan aktivitas me time kesukaanmu. Me time adalah aktivitas yang kamu lakukan dengan diri sendiri dan untuk diri sendiri. Me time ini bisa apa saja, seperti menuliskan daftar syukurmu, menikmati minuman manis dan hangat favoritmu, maupun menikmati waktu menggunakan skincare. 😍

Supaya waktu rileksmu lebih optimal dan kamu bisa lebih menikmatinya, sebaiknya non aktifkan sejenak notifikasi smartphone-mu atau gunakan mode airplane. 


6.  Berbuat baik terhadap diri sendiri


Melakukan perbuatan baik bisa menghasilkan energi positif dalam dirimu, apalagi jika perbuatan baik tersebut kamu lakukan terhadap diri sendiri. Berbuat baik terhadap diri sendiri merupakan wujud dari menyayangi dan mencintai diri sendiri. Semakin baik Mama memperlakukan diri sendiri maka semakin meningkat pula kebahagiaanmu. Karena energi positif juga sangat erat kaitannya dengan kebahagiaan. 

"Orang pertama yang paling berhak menerima kebaikan darimu adalah dirimu sendiri"

Tentunya ada banyak hal yang dapat dirimu lakukan untuk berbuat baik terhadap diri sendiri. Mulai dari hal-hal yang sangat sederhana, seperti selalu berusaha mengucapkan hal-hal positif kepada diri sendiri, menikmati makanan sehat kesukaanmu, maupun meluangkan waktu dengan diri sendiri dan untuk diri sendiri (me time) supaya kamu bisa lebih terhubung dengan diri sendiri. Percayalah, setiap perbuatan baik pasti akan menghasilkan energi positif dalam dirimu. 


7.  Gerakkan tubuhmu


Strategi terakhir dalam daftar ini untuk meningkatkan energi positif dalam dirimu yaitu bergeraklah atau berolahraga. Saat Mama berolahraga, otakmu akan memproduksi hormon endorfin yang berfungsi untuk memberikan perasaan nyaman dan bahagia yang kemudian dapat meningkatkan energi positif dalam dirimu. 

Olahraga ini tidak selalu harus pergi ke tempat olahraga ataupun menggunakan pakaian khusus olahraga. Olahraga itu artinya gerak badan yang kamu lakukan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Jadi, saat kamu melakukan aktivitas di mana kamu aktif menggerakkan badanmu, itu juga termasuk olahraga. 

Misalnya, menari sambil mengikuti irama musik yang membuatmu semangat. Ini juga termasuk olahraga yang bisa dengan mudah dirimu lakukan di rumah hanya dengan menggunakan pakaian rumahmu. Sesederhana itu, bukan? Yuk Mam, dicoba! 😊

Okei, itulah beberapa strategi untuk meningkatkan energi positif dalam dirimu. Semoga ulasan artikel kali ini bisa membuatmu menjadi lebih sehat dan bahagia karena ada banyak energi positif di dalam dirimu. Terima kasih sudah membaca hingga selesai!


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 7 Kiat Sederhana untuk Mama Memulai Hidup Lebih Sehat


Credit image: freepik.com

Inspiring references:

blog.mindvalley.com/positive-energy/

entrepreneur.com/living/9-ways-to-attract-good-energy-today-and-every-day/332544

healthshots.com/mind/happiness-hacks/attract-good-energy-by-training-your-mind-with-these-tips/

karenvincentsolutions.com/blog/positive-energy

huffpost.com/entry/8-keys-to-attract-good-en_b_7457144

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛