5 Kiat Praktis yang Membuat Mama Makin Suka Minum Air Putih 💚


kiat praktis supaya suka minum air putih


Apakah Mama menyukai dan menikmati minum air putih? Ya, tentu semua orang mengonsumsi ini setiap harinya. Tapi bukan hanya sekadar mengonsumsinya, dirimu juga perlu menyukai sehingga bisa lebih menikmatinya. Setuju, Mam? Saya juga dulu tidak benar-benar menyukai air putih yang memang tidak memiliki rasa layaknya minuman lain, seperti susu, teh, atau kopi. Tapi, setelah saya memahami betapa pentingnya air putih bagi kesehatan, perlahan saya mulai bisa menyukai dan menikmati air putih. 💃

Tidak heran jika tubuhmu sangat membutuhkan air supaya bisa berfungsi dengan optimal, karena sekitar 60% dari tubuhmu terdiri dari cairan. Dan setiap harinya tubuhmu mengeluarkan cairan melalui ginjal, pencernaan, paru-paru, dan kulit. Maka dari itu kamu perlu mengisi ulang cairan di tubuhmu dengan minum air putih yang cukup. Intinya, memastikan bahwa dirimu mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya merupakan salah satu faktor terpenting supaya kamu tetap sehat. 

Di artikel kali ini saya membagikan beberapa kiat praktis supaya Mama makin menyukai minum air putih sehingga dirimu bisa menikmati aktivitas minum air putih ini setiap harinya. Saya percaya bahwa sesuatu yang kita bisa menikmati saat melakukannya akan memberi manfaat yang lebih mengagumkan untuk diri kita. 


5 Kiat Praktis yang Membuat Mama Makin Suka Minum Air Putih


Sebelumnya, mari kita bahas dahulu berapa jumlah air yang dirimu perlukan setiap harinya. Sebenarnya, kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Karena pada dasarnya tubuh masing-masing orang itu unik, tidak ada yang persis sama. Selain itu, faktor lain seperti suhu udara, tingkat aktivitas, serta kondisi kesehatanmu juga memengaruhi berapa banyak jumlah air yang dibutuhkan.

Ada beberapa pendapat berbeda dari para ahli dalam menentukan berapa jumlah air yang kamu perlukan setiap harinya. Mama bisa ikuti mana yang paling nyaman untuk kamu terapkan. Kalau buat saya, cara ini yang lebih nyaman untuk saya ikuti. Di mana jumlah air yang diperlukan seseorang setiap harinya dihitung berdasarkan berat badan (dalam kilogram) dikalikan 0,033. 

Jadi, jika berat badan saya adalah 41 kilogram maka dikali 0,033 (41 x 0,033) hasilnya = 1,353 liter atau sekitar 1,4 liter jika dibulatkan. Dan, jumlah ini pun termasuk air dalam bentuk lain (selain air putih), seperti teh, susu, buah dan sayuran yang banyak mengandung air, hingga makanan berkuah. 

Namun, selain mengacu pada rumus tersebut, cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan air untuk tubuhmu adalah dengan memahami kebutuhan tubuhmu dan menyadari tanda saat tubuhmu membutuhkan air, misalnya kamu sering merasakan gejala-gejala seperti mulut terasa kering, merasa haus, maupun urine yang berwarna kuning gelap. Nah, supaya dirimu selalu mendapat asupan air yang cukup setiap harinya, yuk lakukan beberapa kiat praktis berikut ini.


1.  Gunakan tempat air minum favoritmu


Kiat praktis yang pertama supaya Mama makin suka minum air putih adalah gunakan tempat atau wadah air minum yang dirimu suka. Bisa gelas, botol, atau bahkan gunakan teko super cantik yang membuatmu tertarik saat melihatnya. Pilih warna favoritmu dan desain yang kamu sukai. Dirimu juga bisa pesan secara khusus supaya gelas atau botol minummu diberi tulisan unik yang bisa membuatmu semangat minum. Contoh: "Ayo minum aku supaya Kamu sehat!" 😍

Dirimu juga bisa gunakan wadah air dengan ukuran lebih besar supaya tidak perlu bolak-balik mengambil air yang baru. Letakkan wadah air ini di beberapa tempat, seperti kamar, ruang kerja, hingga ruang keluarga. Hal ini bisa lebih mengingatkanmu untuk minum setiap kali melihat wadah air favoritmu di dekatmu.

Jangan lupa juga untuk membawa air minum dengan botol kesayanganmu saat beraktivitas di luar rumah, jadi kamu bisa minum kapan pun kamu mau tanpa perlu menunggu untuk membelinya terlebih dahulu. Jika membawa-bawa botol berukuran besar terasa agak merepotkan, dirimu bisa membawa beberapa botol berukuran lebih kecil dan letakkan sebagian di mobil. 


2.  Minum dengan cara yang lebih simpel 


Kalau minum air dalam jumlah banyak sekali minum membuat perutmu terasa kurang nyaman, maka ubah cara minummu menjadi lebih simpel, yaitu minumlah dalam jumlah sedikit tapi lebih sering. Jika minum segelas air berukuran 200 mililiter (sekitar satu gelas ukuran sedang) membuat perutmu tidak nyaman, maka minumlah 100 mililiter saja tapi dengan intensitas yang lebih sering, setiap satu jam sekali misalnya. 

Selain itu, minum dengan perlahan juga bisa memberikan kenyamanan untuk perutmu. Minumlah seteguk demi seteguk dan rasakan setiap tegukannya. Minum dengan cara lebih simpel seperti ini (sedikit tapi sering dan dengan perlahan) bisa membuat tubuhmu menjadi lebih nyaman. Dan, saat kamu merasa nyaman tentu kamu akan lebih suka melakukannya, bukan? 


3.  Satukan dengan aktivitas rutinmu 


Kiat praktis berikutnya supaya Mama makin suka minum air putih yaitu menyatukannya dengan aktivitas rutin yang kamu biasa lakukan setiap hari, terutama aktivitas yang kamu sukai. Misalnya, minum air putih saat bangun tidur, setelah bersih-bersih rumah, sebelum masak, sebelum menggunakan skincare kesukaanmu, maupun sebelum melakukan me time favoritmu. 

Menyatukan minum air putih ke dalam aktivitas rutinmu seperti ini bisa membuatnya menjadi sesuatu yang dirimu lakukan secara rutin sama halnya dengan aktivitas tersebut. Hal ini akan membuat minum air putih menjadi kebiasaan yang kamu lakukan secara otomatis, tanpa perlu banyak berpikir terlebih dahulu untuk melakukannya. 

"Semakin kamu terbiasa melakukan sesuatu maka semakin mudah dirimu melakukannya. Jadi, jika ingin melakukan sesuatu dengan mudah jadikanlah hal itu kebiasaanmu". 


4.  Buat pengingat yang membuatmu semangat


Mama juga bisa memanfaatkan ponsel cerdasmu untuk membantumu mengingat kapan waktunya minum air putih. Atur pengingat di smartphone-mu setiap satu atau dua jam sekali tergantung intensitas minum yang dirimu inginkan. Sertakan pula kalimat penyemangat di pengingatmu, supaya kamu makin termotivasi untuk minum. Misalnya, "Yuk, minum supaya selalu sehat!", atau "Aku suka minum air putih supaya tubuhku segar". 

Pilihlah kalimat penyemangat yang menarik untuk kamu baca. Dirimu juga bisa menyertakan namamu di kalimat penyemangat tersebut. Contoh, "Arifah, ayo minum supaya kulitmu makin cantik bercahaya". Menggunakan namamu ke dalam kalimat penyemangat bisa membuatmu merasa makin terpanggil atau tergerak untuk minum. Tambahkan juga alasan yang menarik (membuatmu tertarik} di kalimat penyemangatmu. 😉


5.  Tambahkan rasa favoritmu ke dalam air minummu 


Kiat praktis yang satu ini bisa jadi adalah yang paling menarik untukmu. Karena biasanya salah satu alasan yang membuat orang tidak terlalu suka minum air putih yaitu karena rasanya yang tawar (hambar). Solusinya, tambahkan rasa favoritmu ke dalam air minummu. 

Dirimu bisa masukkan sedikit saja perasan lemon atau jeruk nipis jika kamu suka rasa yang agak asam. Kalau kamu suka sensasi rasa menyegarkan, kamu bisa masukkan daun mint ke dalam air minummu. Bagaimana kalau dirimu tidak suka rasa yang asam maupun mint? Coba masukkan perasan jeruk yang manis. Ini akan membuat rasa air minummu menjadi lebih enak untuk dinikmati. 

Menambahkan bahan alami favoritmu ke dalam air minummu bukan hanya membuat rasa air menjadi lebih enak tapi juga meningkatkan nutrisinya. Keren kan, ya? Yuk, dicoba! 

Nah, itulah Mam beberapa kiat praktis yang menarik untuk dirimu lakukan supaya makin suka minum air putih. Terima kasih ya sudah membaca hingga selesai! 


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : Bagaimana Cara Menjaga Berat Badan Ideal yang Termudah untuk Mama?


Credit image: istockphoto.com

Inspiring references: 

realsimple.com/how-to-drink-more-water-7495589

verywellhealth.com/simple-tricks-to-drink-more-water-1942695

boots.com/inspiration-advice/wellness-advice/nutrition/tips-to-drink-more-water

freshpure.com/7-realistic-tips-to-actually-drink-more-water/

fitonapp.com/wellness/drink-more-water/

stevegranthealth.com/articles-posts/much-water-should-i-drink-per-day/

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛