Mama Ingin Lebih Bahagia? Lakukan 5 Cara Sederhana Berikut Ini 💛


cara sederhana untuk membuatmu bahagia

Dulu saya sempat berpikir bahwa saya baru akan benar-benar bahagia setelah mencapai dan mendapatkan apa yang saya inginkan. Tapi kemudian saya menyadari bahwa pemikiran saya ini tidak tepat. Karena itu sama artinya dengan menganggap bahwa kebahagiaan itu harus menunggu setelah mendapat atau mencapai sesuatu. 

Padahal sebenarnya kebahagiaan itu tidak perlu menunggu, kebahagiaan itu ada di saat ini ketika dirimu bisa menghadirkannya dalam dirimu. Bahagia adalah saat dirimu merasa senang atau suka terhadap keadaanmu. Bahagia ini termasuk salah satu jenis emosi positif yang sangat baik untuk dirimu rasakan. 

Bukan hanya membuatmu lebih sehat secara emosional, bahagia juga memengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu. Intinya, bahagia ini bisa meningkatkan kesehatanmu secara menyeluruh.

Lalu, bagaimana caranya supaya Mama bisa lebih bahagia dalam menjalani hari-harimu? Sehingga dirimu lebih sehat dan hidupmu jadi terasa semakin indah. Di artikel kali ini saya membagikan beberapa cara sederhana yang bisa dirimu lakukan untuk membuatmu lebih bahagia hari ini, besok, dan seterusnya. Selamat membaca, Mam! 😍


Lakukan 5 Cara Sederhana Berikut Ini supaya Mama Lebih Bahagia


Menurut saya, kebahagiaan yang sesungguhnya merupakan sebuah pilihan dan perlu kamu usahakan supaya dirimu bisa merasakannya. Artinya, Mama bisa memilih untuk bahagia dan melakukan hal-hal yang dapat membuatmu merasa bahagia. Jika dirimu menjadikan bahagia ini sebagai sebuah pilihan, maka kamu punya kendali atas kebahagiaanmu. Mengapa demikian? Karena dirimu punya kendali atas pilihanmu. Pilihlah untuk bahagia setiap harinya dengan cara melakukan hal-hal sederhana di bawah ini! 💃


1.  Menuliskan daftar syukurmu 


Menurut saya ini merupakan salah satu cara paling mudah namun ampuh untuk membuatmu lebih bahagia. Bersyukur artinya berterima kasih atas apa yang kamu miliki, dapatkan, maupun apa yang terjadi dalam hidupmu. Perasaan bersyukur bisa menimbulkan kebahagiaan dalam hatimu. 

Bersyukur ini termasuk emosi positif yang paling baik untuk kamu rasakan. Bukan hanya membuatmu lebih sehat secara emosional, tapi juga sehat mental dan spiritual. Dan ketika kamu sehat secara emosional, mental, dan spiritual, kesehatan fisikmu pun akan meningkat. Sehingga akhirnya dirimu menjadi sehat secara menyeluruh.

Coba lakukan hal ini!

Tulislah maksimal 3 hal yang Mama syukuri pada hari ini atau kemarin, ataupun kejadian di masa lalu yang masih membuatmu bahagia setiap kali mengingatnya. Dirimu bisa menuliskannya di notes smartphone-mu atau di buku harianmu. Jika kamu ingin tulisanmu ini lebih private (tidak untuk dibaca orang lain) maka tulis di aplikasi notes di smartphone-mu, kemudian kunci aplikasi tersebut supaya orang lain tidak bisa membacanya. 

Namun, bukan hanya sekadar menuliskan syukurmu dengan sangat singkat, berikan cerita juga dalam tulisanmu. Deskripsikan (gambarkan secara jelas dan detail) hal yang kamu syukuri tersebut. Ini supaya pikiranmu lebih terhubung dengan hal yang kamu syukuri dan dirimu bisa lebih merasakannya dengan hatimu. Dan di sinilah kebahagiaanmu akan hadir. 😍

Contoh tulisan daftar syukur singkat:

- Aku bersyukur atas napas yang Tuhan berikan

- Aku bersyukur atas uang yang aku miliki hari ini

Contoh tulisan daftar syukur dengan deskripsi:

- Aku sangat bersyukur atas napas yang Tuhan berikan padaku setiap harinya, termasuk hari ini. Betapa aku sangat mensyukurinya, di mana aku bernapas dengan gratis dan leluasa setiap harinya. Aku bisa merasakan keluar masuknya napasku dengan nyaman. Aku bisa menikmati udara bersih yang aku hirup setiap harinya. Saat aku menyadari napasku di saat itu pula aku menyadari bahwa aku hidup. Begitu berartinya napas ini dan aku sangat bersyukur atas napas ini. Terima kasih Tuhan untuk napas yang Engkau berikan padaku. 

- Aku sangat bersyukur setiap harinya Tuhan selalu memberiku rezeki materi yang bisa aku gunakan untuk mendukung kehidupanku dan keluargaku. Dengan uang ini aku bisa belanja kebutuhan dapur untuk aku dan keluargaku makan. Dengan uang ini aku bisa beli barang-barang yang aku dan keluargaku perlukan.  Bahkan dengan uang ini aku juga bisa berbagi kepada orang lain yang membutuhkan. Terima kasih Tuhan untuk rezeki materi yang Engkau berikan padaku yang semakin mudah, berlimpah, dan berkah dari hari ke hari. 

Menurutmu manakah dari kedua cara tulisan di atas yang lebih melibatkan perasaanmu? 😊


2.  Berkencan dengan diri sendiri


Cara sederhana berikutnya untuk membuat Mama lebih bahagia adalah berkencan dengan diri sendiri alias berduaan dengan dirimu, hanya ada kamu dan dirimu. Aktivitas ini juga bisa disebut me time, di mana kamu meluangkan waktu untuk dirimu dan dengan dirimu sendiri tanpa orang lain. Sehingga Mama bisa lebih terhubung dengan diri sendiri. 

"Hubungan terpenting sebelum hubunganmu dengan orang lain adalah dengan dirimu sendiri. Karena dirimulah yang selalu menemanimu setiap saat hingga akhir hayatmu"

Terhubung dengan diri sendiri merupakan jalan untukmu bisa lebih mengenal diri sendiri dan kemudian mencintai diri sendiri. Ingat, kamu tidak akan mencintai sesuatu yang kamu tidak mengenalnya. Setuju, Mam? Dan pada akhirnya semua ini akan membuatmu lebih bahagia. Mencintai diri sendiri sangat erat kaitannya dengan kebahagiaanmu. Makin baik dirimu dalam mencintai diri sendiri maka semakin meningkat pula kebahagiaanmu. Cinta yang kamu berikan untuk dirimu itulah yang membuatmu bahagia. 

Coba lakukan hal ini!

Luangkan waktu minimal 15 menit atau lebih untuk dirimu melakukan aktivitas yang kamu sukai tanpa orang lain. Mama bisa melakukannya saat suami bekerja dan anak sekolah, sehingga dirimu bisa lebih fokus dan leluasa untuk menikmati waktu dengan diri sendiri. 

Bagi Mama yang bekerja, kamu bisa lakukan ini di malam hari sebelum tidur. Lakukan aktivitas ini di ruangan yang membuatmu bisa menyendiri sejenak. Saat dirimu melakukan aktivitas ini, atur smartphone-mu ke mode airplane atau matikan notifikasi aplikasi chat dan sosial media supaya kamu bisa lebih fokus terhubung dengan diri sendiri. 

Kamu bisa lakukan aktivitas yang kamu sukai, mulai dari menikmati minuman atau camilan kesukaanmu, mendengarkan musik, hingga menonton acara favoritmu. Selain itu dirimu juga bisa melakukan hobi, seperti membaca, menulis, atau menggambar. Yang terpenting kamu menyukai aktivitas tersebut dan bisa menikmatinya. 


3.  Mengkhayal tentang masa depanmu


Mama sering mengkhayal? Semua orang pasti pernah atau bahkan sering melakukannya. Mengkhayal artinya membayangkan (mengimajinasikan) sesuatu di dalam pikiranmu. Namun, bukan sekadar mengkhayal, pilihlah khayalan yang positif dan indah supaya dirimu bisa lebih bahagia. Membayangkan atau mengimajinasikan sesuatu yang indah khususnya tentang dirimu akan membuat suasana hatimu menjadi lebih positif.

Dan penting pula untuk Mama pahami bahwa mengimajinasikan sesuatu secara berulang-ulang bisa memengaruhi pikiranmu untuk kemudian mengarahkan tindakanmu untuk melakukan hal-hal yang akan membuat apa yang kamu bayangkan terwujud. Karena pikiranmu akan memengaruhi tindakan atau perbuatanmu. Itu sebabnya kemampuan berimajinasi ini sering digunakan untuk mendukung kesuksesan dalam mencapai impian. Yang terpenting gunakan imajinasimu secara tepat.

Jadikan mengkhayal ini sebagai bagian dari usaha untuk memperkuat harapan baikmu terhadap masa depanmu serta berpikir positif terhadap apa yang akan terjadi di masa depanmu. Daripada mengkhayal sesuatu yang bisa jadi tidak bermanfaat dan bahkan membuat pikiranmu menjadi tidak nyaman atau tidak positif, lebih baik mengkhayal sesuatu yang bermanfaat untuk dirimu. Iya kan, Mam? 😄

Coba lakukan hal ini!

Lakukan ini di ruangan yang bisa membuatmu menyendiri sejenak, karena untuk melakukan ini dirimu perlu memejamkan mata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cukup luangkan waktu sekitar 5 menit atau lebih. Mama bisa melakukannya sambil berbaring atau duduk dengan nyaman. Kalau perlu dirimu bisa putar musik instrumental yang lembut untuk membantumu berada dalam keadaan lebih rileks. 

Mulai dengan membayangkan dirimu berada di masa depanmu yang indah sebagaimana yang kamu inginkan. Kalau kamu punya impian untuk bisa menjadi wanita sukses dalam rumah tangga, misalnya. Bayangkan kamu telah mencapai semua itu. Bayangkan atau imajinasikan secara detail seperti layaknya kamu menonton sebuah adegan dalam film yang indah dan dirimu adalah pemeran utama dalam film itu. 

Sertakan juga bagaimana perasaanmu saat itu dalam imajinasimu. Bagaimana perasaanmu saat kamu mencapai impianmu itu, apakah bahagia, sangat bersyukur, atau bangga? Setelah selesai mengkhayal dan kembali pada masa sekarang, bisikan pada dirimu bahwa kamu bisa mencapai apa yang kamu bayangkan tersebut. Jika kamu bisa membayangkannya maka kamu juga bisa mencapainya. Berusahalah pelan-pelan, sedikit demi sedikit, selangkah demi selangkah. 


4.  Menari-nari


Cara sederhana untuk membuat Mama lebih bahagia berikut ini bukan hanya baik untuk kesehatan emosionalmu tapi juga untuk kesehatan tubuhmu. Menari adalah aktivitas yang juga termasuk ke dalam olahraga. Aktivitas seru yang satu ini tak hanya membuatmu lebih bahagia tapi juga lebih sehat. Karena menari bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih baik sehingga kamu lebih mudah bahagia. Dan menari merupakan aktivitas yang membuat tubuhmu aktif bergerak, yang mana ini baik untuk kesehatan tubuhmu. 

Saat olahraga atau banyak bergerak, otak akan memproduksi hormon endorfin yang bermanfaat untuk membuatmu merasa nyaman. Rasa nyaman inilah yang kemudian memicu rasa bahagia. 💃

Coba lakukan hal ini!

Mama bisa lakukan ini bersama suami atau anak jika mereka juga suka aktivitas ini. Tapi tidak apa-apa jika dirimu ingin melakukannya seorang diri. Kamu bisa melakukannya saat suami sedang bekerja atau anak sekolah. 

Putar musik atau lagu kesukaanmu yang bisa membuatmu semangat untuk menari-nari. Kalau perlu dirimu bisa mengganti pakaian dengan yang lebih nyaman untuk bergerak. Kemudian gerakkan badanmu secara aktif mengikuti irama musik atau lagu. Meluangkan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan hal ini sudah bisa membuat dirimu merasa lebih baik khususnya suasana hatimu. Coba deh, Mam! 


5.  Memberi hadiah untuk diri sendiri


Mama pernah melakukan hal ini? Saya pernah melakukannya, dan ini rasanya menyenangkan. Di awal tahun lalu pertama kalinya saya memberi hadiah untuk diri sendiri. Saya membeli sebuah parfum yang saya niatkan sebagai hadiah kepada diri sendiri. Saat itu ada satu momen dalam hidup saya di mana saya merasa mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik. Dan saya ingin mengapresiasi dan mensyukuri apa yang telah saya lakukan. 

Hadiah itu juga saya jadikan sebagai simbol rasa terima kasih kepada diri sendiri dan cinta kepada diri sendiri. Di kemasan parfum tersebut saya tulis "I love you, myself" dan hingga kini parfum tersebut masih saya simpan lengkap dengan kemasannya. 

Memberi hadiah kepada diri sendiri sama artinya dengan berbuat baik terhadap diri sendiri. Bayangkan saat orang lain berbuat baik padamu, bagaimana perasaanmu? Senang kan, Mam? Seperti itu juga perasaanmu saat dirimu berbuat baik terhadap diri sendiri. Ada perasaan nyaman yang hadir dalam dirimu. 

Buat saya, orang pertama yang paling berhak mendapatkan kebaikan dari diri kita adalah diri sendiri. Jadi jangan lupa untuk berbuat baik terhadap diri sendiri sebelum kita melakukan kebaikan terhadap orang lain. 

Coba lakukan hal ini!

Bayangkan Mama akan memberi hadiah untuk orang yang paling dirimu cintai. Cari tahu apa barang yang paling diinginkan dan dibutuhkannya saat ini (cari tahu hal ini dengan cara bertanya kepada diri sendiri). Kemudian belikan barang tersebut melalui toko online dan minta supaya barang tersebut dibungkus cantik menggunakan kertas kado. Sertakan pula kartu ucapan berisi kalimat "I love myself" . 

Akan lebih baik jika dirimu membeli dari toko online terdekat atau yang masih satu kota dengan tempat tinggalmu. Supaya kamu tidak perlu menunggu barang tersebut hingga berhari-hari untuk sampai ke rumahmu. Saat hadiah tersebut sampai, bukalah dengan membayangkan bahwa kamu menerima hadiah dari orang yang paling kamu cintai (yaitu dirimu sendiri). Percayalah, cinta yang kamu berikan kepada diri sendiri akan membuatmu bahagia. 

Okei, itulah beberapa cara sederhana yang bisa membuatmu lebih bahagia. Yuk, pilih satu cara yang paling dirimu suka dan lakukan! Semoga cara tersebut sukses membuatmu bahagia. Terima kasih sudah membaca hingga selesai, Mam 😍


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 7 Strategi untuk Menjadi Mama yang Tangguh


Credit image: stock.adobe.com

Inspiring references: 

wearehomesforstudents.com/blog/simple-ways-to-make-yourself-happy

poosh.com/simple-ways-to-be-happy/

hackspirit.com/9-simple-ways-to-be-happier-in-life-according-to-psychology/

iamfearlesssoul.com/how-to-be-happy-in-life-in-5-simple-steps/

buffer.com/resources/be-happy-today/amp/





Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛