Bagaimana Cara Menjaga Berat Badan Ideal yang Termudah untuk Mama? 💚


cara menjaga berat badan ideal

Setelah sebelumnya saya pernah membahas tentang manfaat menjaga berat badan ideal, nah di artikel kali ini mari kita ulas bagaimana cara menjaga berat badan ideal yang mudah untuk Mama. Karena menjaga berat badan ideal ini ternyata sangat penting untuk kesehatan kita. Intinya, kalau Mama ingin sehat maka menjaga berat badan tetap ideal ini termasuk salah satu faktor pendukungnya.

Kalau sebagian besar wanita umumnya ingin menjadi lebih langsing dan angka timbangan yang lebih rendah maka saya sebaliknya. Berat badan saya termasuk ringan, bahkan saat ini saya ingin menambah satu atau dua kilogram berat badan supaya lebih ideal lagi. Bagaimana denganmu Mam, apa dirimu sama seperti saya? 😋

Berat badan ideal artinya berat badanmu seimbang atau sesuai dengan tinggi badanmu sehingga menjadi proporsional. Selain untuk kesehatan, berat badan ideal juga tentunya membuat tampilan kita lebih menarik karena berada pada bobot yang proporsional. Mama bisa cari tahu berat badan idealmu menggunakan kalkulator BMI (Body Masss Index) online, silakan langsung search di Google, ya. 


5 Cara Menjaga Berat Badan Ideal yang Termudah untuk Mama


Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Mama lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Nah, di artikel kali ini saya khusus memilih hanya beberapa cara saja yang paling mudah untuk dirimu lakukan. Tapi ada satu jurus jitu yang bisa membuat usahamu menjadi lebih mudah yaitu lakukan secara bertahap, satu langkah demi satu langkah. Tak perlu terburu-buru ingin mencapai hasil secara cepat. Lakukan saja secara konsisten dan nikmati. Perlahan tapi pasti, dirimu akan menuai hasilnya. Setuju, Mam? 😉


1.  Mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuhmu


Cara pertama yang perlu Mama lakukan untuk menjaga berat badan ideal yaitu mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuhmu. Kriteria makanan yang baik untuk masing-masing orang bisa berbeda, tergantung kondisi tubuh dan kebutuhannya.  Sebisa mungkin perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Kemudian lengkapi dengan lemak sehat, protein, dan karbohidrat yang cukup. 

Minimalkan mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung bahan-bahan tambahan sintetik (yang bukan berasal dari bahan alami), seperti perasa, pewarna, dan pemanis sintetik, serta pengawet. Biasakan membaca label komposisi produk makanan dan minuman yang kita konsumsi akan sangat membantu untuk memilih makanan terbaik untuk tubuh kita. 

"Salah satu cara mencintai diri sendiri adalah dengan memilih makanan yang sehat dan kamu sukai. Sehingga tubuh dan hatimu merasa senang dengan apa yang kamu makan".

Mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh akan sangat membantu fungsi tubuh supaya optimal dan sehat. Sehingga lebih mudah untukmu mencapai berat badan yang ideal. Coba cek yuk bagaimana makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, sudah sehatkah untukmu? Mama bisa mulai mengubah kebiasaan makanmu secara bertahap. Cukup dengan mengurangi atau meminimalkan sedikit demi sedikit makanan yang tidak baik untuk tubuhmu, tidak harus menghindari secara total 😋

Bukan berarti kamu harus mengonsumsi makanan sehat 24 jam setiap hari, ya. Boleh kok sesekali kamu menikmati makanan kesukaanmu meski itu tidak termasuk kategori makanan yang benar-benar sehat. Percayalah, usaha kita tak perlu menjadi sempurna untuk mencapai kesehatan yang terbaik. 


2.  Makan dengan porsi yang tepat


Jika berat badanmu berlebih maka makanlah dalam jumlah yang cukup, tidak terlalu banyak. Jika sudah terbiasa makan dalam jumlah banyak maka dirimu bisa mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit hingga menjadi porsi yang ideal untuk mencapai berat badan yang proporsional. Lalu bagaimana dengan Mama yang memiliki badan kurus seperti saya dan ingin menambah berat badan? Nah, makanlah dalam jumlah yang lebih banyak jika porsi makanmu terlalu sedikit. Bisa juga dengan menambah mengonsumsi camilan di sela-sela waktu makan utama 🍫🍪

Perlu Mama ketahui bahwa untuk mendapatkan energi yang optimal bukan berarti kita harus makan dalam jumlah banyak. Makanlah dalam jumlah yang cukup atau porsi yang tepat, tapi berusaha memastikan makanan tersebut berkualitas. 

Sebaiknya hindari berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan tinggi kalori. Karena keduanya bisa dengan mudah membuat berat badanmu meningkat jika dikonsumsi terlalu banyak. Bukan hanya itu, hal ini pun bisa memengaruhi kesehatanmu. 


3.  Tidur yang cukup dan berkualitas


Cara menjaga berat badan ideal yang termudah untuk Mama berikutnya yaitu dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Ternyata ada kaitan antara waktu tidur dengan kebiasaan makan. Menurut penelitian, mereka yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Mereka makan untuk menghilangkan rasa kantuk, lelah, ataupun kurang energi yang disebabkan oleh kurang tidur. 

Usahakan untuk Mama mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Tidurlah sekitar 7 jam setiap harinya. Tidur berkualitas artinya dirimu bisa menikmati tidur dengan nyenyak di malam hari dan bangun dalam keadaan segar di pagi hari. 

Awalnya saya kurang percaya dengan waktu tidur 7 jam ini. Jadi, waktu itu saya sempat sering hanya tidur sekitar 5 jam setiap harinya. Dan saya merasa kesehatan saya kurang optimal. Nah, ketika waktu tidur saya ditingkatkan menjadi sekitar 7 jam setiap harinya, kesehatan saya pun menjadi lebih baik 💃

Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat tubuhmu bisa berfungsi dengan lebih baik dan lebih berenergi sepanjang hari. Sehingga kita tidak mudah mengantuk ataupun merasa lelah. Tidur yang cukup dan berkualitas juga ikut memengaruhi kesehatan mentalmu. Dan ini kamu butuhkan untuk membuat pilihan-pilihan terbaik berkaitan dengan kesehatanmu.


4.  Rutin olahraga


Apa Mama termasuk yang kurang suka atau bahkan tidak suka olahraga? Saya dulu termasuk yang tidak suka olahraga 😆 Dirimu juga tentu tahu ya bahwa olahraga termasuk cara ampuh untuk mendapatkan badan ideal, terutama bagi yang kelebihan berat badan. Olahraga membantu tubuhmu membakar kalori berlebihan dalam tubuh. Sehingga dirimu bisa mencapai berat badan yang ideal. 

Tapi, sebenarnya manfaat olahraga ini bukan hanya untuk berat badan saja. Ada banyak sekali manfaat lainnya untuk kesehatanmu secara menyeluruh. Mulai dari meningkatkan suasana hati (mood), memperkuat jantung, menjaga tekanan darah tetap stabil, dan masih banyak lagi. 

Dengan demikian olahraga bukan hanya baik bagi mereka yang berat badannya berlebih, tapi juga bagi yang kekurangan berat badan. Karena olahraga akan membuatmu lebih sehat, yang pada akhirnya berdampak pula pada kesehatanmu secara menyeluruh, termasuk memengaruhi berat badanmu.  

Tahukah dirimu bagaimana cara saya untuk bisa menyukai aktivitas olahraga dan rutin melakukannya? Saya memulainya dari langkah paling mudah dan sederhana. Waktu awal olahraga, saya memilih jenis olahraga paling mudah dan saya suka, kemudian saya melakukannya hanya 5 menit setiap harinya. Saya juga banyak membaca artikel mengenai manfaat olahraga untuk kesehatan. Sehingga saya lebih termotivasi untuk terus melakukannya. 

Sekarang saya olahraga sekitar 30 menit, 6 hari dalam seminggu. Dan lama kelamaan saya pun menjadi suka olahraga, karena seiring waktu saya merasakan sendiri manfaat dari olahraga tersebut. 


5.  Mengelola stres


Hal ini juga termasuk salah satu cara menjaga berat badan ideal yang penting untuk Mama lakukan. Karena stres juga berpengaruh pada nafsu makan. Ketika seseorang stres, mereka lebih cenderung mengonsumsi makanan yang sebenarnya kurang sehat, seperti makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, camilan tinggi garam ataupun gula berlebih.

Ini akibat dari terganggunya kesehatanmu, yang mengakibatkan fungsi bagian-bagian tubuhmu seperti pikiran dan emosionalmu menjadi tidak optimal dalam membuat pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi. 

Rutin meluangkan waktu bersantai setiap harinya merupakan cara mudah untuk mengurangi stress. Apakah itu mendengarkan musik yang menenangkan, tertawa, menikmati secangkir minuman manis yang hangat, atau apapun yang bisa membuatmu menjadi lebih rileks. Mau cara yang lebih praktis dan instan? Cobalah mindful breathing di mana Mama berusaha untuk lebih menyadari serta merasakan keluar masuknya napasmu. Bernapaslah lebih pelan dan tenang. Teknik ini sangat membantu untuk membuatmu lebih rileks. 

Okei, itulah beberapa cara mudah yang bisa Mama lakukan untuk menjaga berat badanmu tetap ideal dan sehat. Ayo dicoba dan semoga berhasil, ya! Terima kasih sudah membaca sampai selesai 😍


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : Inilah 5 Manfaat Menjaga Berat Badan Ideal yang Penting untuk Mama


Credit image: istockphoto.com

Inspiring references:

economictimes.indiatimes.com/news/how-to/three-lifestyle-changes-that-can-help-you-keep-an-ideal-body-weight/articleshow/90721882.cms

reverehealth.com/live-better/tips-to-maintain-a-healthy-weight/

canyonranch.com/well-stated/post/8-ways-to-reach-your-healthy-weight-and-stay-there/

libertyhealthcareandrehab.com/7-tips-for-achieving-a-healthy-weight/

healthshots.com/how-to/follow-these-expert-suggested-tips-to-maintain-healthy-weight/

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛