Yuk, Cintai Kulitmu, Supaya Mama Makin Cantik! Ini Caranya 💖


cara mencintai kulit


Saya memahami bahwa ada sebagian wanita yang kurang percaya diri dengan warna kulitnya maupun keadaan kulitnya. Namun saya percaya bahwa apa pun warna dan kondisi kulit kita, selama kita betul betul mencintai dan merawatnya dengan baik maka pasti akan terlihat cantik. Ingat, cantik itu milik semua wanita, apa pun warna dan keadaan kulitmu. Setuju kan, Mam? 😉

Salah satu penunjang kecantikan adalah kulit yang merupakan organ terbesar pada tubuh kita. Perannya sangat penting, bukan hanya untuk kecantikan tapi juga kesehatan tubuh. Maka dari itu sudah semestinya kita berusaha lebih memperhatikan kulit kita. Caranya? Berikan C.I.N.T.A pada  kulitmu! Ya, setiap bagian dari dirimu butuh dicintai oleh pemiliknya yaitu kamu. Di artikel ini saya ulas beberapa cara simpel untuk mencintai kulit cantikmu.


7 Cara Mencintai Kulitmu, Supaya Mama Makin Cantik


Dulu saya pun pernah mengalami tidak percaya diri dengan keadaan kulit saya yang berminyak, terdapat freckles dan pori-pori cukup besar di area wajah. Kemudian secara tidak sadar saya membandingkan kulit saya dengan wanita lain yang kulitnya "tampak sempurna". Dan saya pun mendambakan kulit seperti yang dimiliki wanita tersebut. 

Tapi sekarang saya menyadari bahwa apa yang saya alami dulu disebabkan karena saya belum mencintai kulit saya. Ya, kulit merupakan salah satu bagian dari diri kita yang perlu dicintai. Hingga saat ini pun saya masih terus belajar untuk lebih baik dalam mencintai diri sendiri termasuk kulit. Berikut beberapa cara sederhana namun cerdas untuk mencintai kulit kita 😍


1.  Menerima kulitmu seutuhnya


Hal paling pertama yang perlu kita lakukan sebagai bentuk cinta terhadap kulit kita yaitu menerimanya se-u-tuh-nya. Bukan hanya bagian kulitmu yang terlihat mulus dan kamu suka, tapi se-mu-a-nya. Karena semuanya bagian dari dirimu, iya kan? Kulit kita sama seperti diri kita, tidak sempurna. Pasti ada bagian yang menurut kita kurang ini dan kurang itu. It's OKAY! Percaya Mam, kita bisa kok belajar menerima semua bagian dari diri kita. Ya, meski awalnya memang tidak semudah seperti membuka bungkus coklat 😋

Sebenarnya, tidak ada yang kurang dengan apa yang kita miliki, termasuk kulit yang Tuhan berikan ini. Saat kita merasa ada yang kurang, satu hal yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan rasa syukur kita. Itu saja. SIMPEL! Karena saat bersyukur, kita otomatis menjadi lebih fokus pada hal-hal positif. Sadarilah betapa bersyukurnya kita diberikan kulit yang kita miliki saat ini. Nah, menerima ini juga bagian dari bersyukur. 


2.  Tidak membandingkan kulitmu dengan yang lain


Tahukah Mam bahwa tidak ada siapa pun yang suka dibanding bandingkan, termasuk kulitmu. Saat orang terdekatmu membandingkanmu dengan orang lain yang "dianggap" lebih baik darimu, bagaimana perasaanmu? Tentu tidak  nyaman, kan? Itu pula yang dirasakan kulitmu. Kulitmu bisa merasakan ketika pemiliknya (dirimu) malah menganggap kulit orang lain lebih cantik dari milikmu. 

Satu hal yang penting untuk kita pahami bahwa setiap wanita memiliki karakteristik kulit yang berbeda. Jika kita punya kebiasaan membanding bandingkan, pasti selalu ada yang seolah tampak lebih bagus dari yang kita miliki. Pada akhirnya kita tidak bisa mencintai kulit kita karena selalu merasa tidak puas. Jadi, berusahalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut, hingga akhirnya dirimu tidak lagi memiliki kebiasaan membanding bandingkan. 

"Semakin sibuk kita membandingkan diri kita dengan orang lain maka semakin tidak mudah untuk kita merasa cantik. Fokuslah pada apa yang kita miliki dalam diri kita"


3.  Katakan hal-hal indah untuk kulitmu


Cara mencintai kulit berikutnya adalah mengatakan hal-hal yang indah untuk kulitmu. Saya meyakini bahwa kata-kata yang kita ucapkan bisa menjadi doa, apalagi jika diucapkan setiap hari. Kata-kata yang kita ucapkan berulang-ulang pada akhirnya akan masuk ke dalam pikiran bawah sadar kita dan memengaruhi diri kita. Kata-kata yang baik akan menghasilkan energi dan perasaan yang baik pula, begitu pun sebaliknya. Maka dari itu ucapkanlah hal-hal yang indah mengenai kulitmu 😍

Sama sepertimu, kulitmu juga suka dengan kata-kata indah. Ketika ada orang yang mengucapkan hal-hal indah tentang kulitmu tentu kamu suka, kan? Lakukan hal seperti itu pada kulitmu supaya mereka bahagia. Kamu bisa katakan apa saja yang dirimu suka. Misalnya. "kulitku cantik", "kulitku unik", "kulitku sehat", atau kalimat positif lainnya. Coba ucapkan secara rutin setiap hari saat Mama sedang menggunakan skincare

Ini pula yang saya lakukan secara rutin setiap hari setiap kali selesai menggunakan skincare di pagi hari. Saya selalu bilang "I love You My beautiful skin", dan sambil tersenyum. Setiap bagian dari tubuhmu itu hidup, mereka bisa merasakan hal-hal baik yang dirimu ucapkan dan lakukan terhadap mereka. 


4.  Rawat kulitmu setiap hari


Ini bisa dibilang "wajib" ya, Mam. Salah satu rutinitas merawat kulit yang paling penting yaitu membersihkan kulit. Gunakan pembersih wajah serta sabun badan yang sesuai dengan jenis kulitmu. Saat membersihkan wajah, sering kali kulit terasa kering setelahnya. Ini bisa jadi pertanda bahwa pembersih yang dirimu gunakan kurang nyaman untuk kulitmu. Sebaiknya gunakan pembersih wajah yang tetap membuat kulitmu terasa lembap dan nyaman setelahnya. 

Setelah membersihkan, rutinitas perawatan kulit berikutnya yang paling penting adalah menggunakan pelembap. Fungsi utamanya tentu saja untuk melembapkan kulitmu sehingga menjaganya tetap kenyal dan elastis. Meski kulitmu berminyak bukan berarti tidak membutuhkan pelembab ya, Mam. Semua jenis kulit memerlukan pelembap. Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. 

Setelah itu Mama bisa lakukan perawatan kulit lainnya yang kulitmu perlukan dan dirimu sukai. Saya termasuk penggemar skincare dan menikmati berbagai aktivitas saat menggunakan skincare. Mulai dari aktivitas membersihkan tubuh, keramas, menggunakan skincare wajah di pagi dan malam hari, menggunakan body lotion, hingga masker. Semuanya bisa menjadi aktivitas me time yang menyenangkan buat saya 💃 Bagaimana denganmu? 


5.  Gunakan skincare berbahan alami


Hal ini juga termasuk salah satu cara mencintai kulitmu. Saat Mama mencintai sesuatu tentunya dirimu akan berusaha memberikan yang terbaik, kan? Nah, termasuk juga memilih produk skincare yang kita gunakan sehari-hari. Sebaiknya pilih skincare yang terbuat dari bahan-bahan alami atau skincare natural. Usahakan setiap kali membeli skincare, hal pertama dan utama yang menjadi fokus adalah kualitasnya. 

Skincare berbahan alami memberikan banyak manfaat secara berkepanjangan untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu. Bagi Mama yang kulitnya sensitif, produk skincare ini memberikan kenyamanan ekstra karena risiko menimbulkan efek samping jauh lebih sedikit, khususnya untuk penggunaan jangka panjang. 

Hebatnya semua manfaat dari skincare alami ini bukan hanya untuk kita yang menggunakannya, tapi juga baik untuk lingkungan. Karena bahan-bahan yang digunakan pada skincare alami merupakan bahan yang bersumber dari alam, mulai dari buah, bunga, daun, akar tanaman, hingga biji. Itu sebabnya saya suka dan bangga dengan produk skincare alami, apalagi hasil karya buatan Indonesia 💋


6.  Tidur cukup dan berkualitas


Mama sudah tidur cukup dan berkualitas setiap harinya? Waktu tidur yang cukup menurut para ahli yaitu sekitar 7 jam setiap harinya. Bahkan dirimu bisa membutuhkan waktu tidur lebih dari itu pada saat-saat tertentu. Misalnya saat sedang tidak sehat dan membutuhkan lebih banyak istirahat untuk pemulihan tubuh. 

Dan tidur ini bukan hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk kesehatanmu secara keseluruhan termasuk kulit. Ketika tidur aliran darah pada kulitmu meningkat sehingga kulit tetap sehat. Tak hanya itu, saat tidur tubuhmu juga memproduksi kolagen yang dibutuhkan kulit supaya kenyal dan elastis.

Selain waktu tidur yang cukup, sangat penting juga untuk memperhatikan kualitas tidurmu. Tidur yang berkualitas artinya dirimu bisa menikmati tidur dengan nyenyak sepanjang malam dan bangun dalam keadaan segar di pagi hari 💃 


7.  Berikan nutrisi dari dalam


Tahukah dirimu Mam, bahwa apa yang kamu konsumsi sehari-hari juga sangat memengaruhi kesehatan kulitmu. Semakin baik apa yang dirimu konsumsi maka semakin baik pula kesehatan kulitmu. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran dalam keseharian. Sebisa mungkin minimalkan makanan yang terlalu banyak mengandung gula, karena hal ini bisa menurunkan produksi kolagen di tubuhmu. Kolagen ini diperlukan untuk membuat kulit tetap elastis dan kenyal. 

Namun bukan hanya soal makanan, Mama juga perlu memastikan tubuhmu mendapat cairan yang cukup supaya tetap terhidrasi. Saat tubuhmu terhidrasi dengan baik maka kulit pun menjadi lebih sehat dan segar. Jadi pastikan dirimu mendapat cairan yang cukup setiap harinya, jangan tunggu haus untuk minum, ya. 

Okei Mam, itulah beberapa cara mencintai kulitmu yang penting untuk dirimu lakukan mulai saat ini. Kamu bisa mulai dari satu cara yang paling mudah untukmu dan lakukan secara konsisten. Perlahan tapi pasti kulitmu akan semakin cantik saat diberi banyak cinta olehmu. Ayo, buktikan! 😉 Terima kasih ya sudah membaca hingga selesai! 


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : Inilah 9 Tips Kulit Glowing Alami yang Bisa Mama Lakukan


Credit image: freepik.com

Inspiring references: 

sheknows.com/living/articles/1015089/learning-to-love-your-skin/

plumgoodness.com/blogs/tips-tricks-easy-hacks-more/13030293-love-your-skin-5-easy-everyday-ways

skinresourcemd.com/blogs/skin-care-101/how-to-love-the-skin-youre-in

certainlyher.com/5-ways-to-love-and-look-after-your-skin/

nimaskininstitute.com/5-ways-to-love-your-skin-this-fall/

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛