Inilah 9 Tips Kulit Glowing Alami yang Bisa Mama Lakukan 💖


tips kulit glowing alami



Buat saya pribadi, menjaga kecantikan termasuk salah satu pendukung kebahagiaan. Sebab saat melihat diri saya di cermin tampil cantik dan terawat, saya bahagia. Apakah dirimu juga begitu, Mam? 🙂

Salah satu ciri utama dari kecantikan lahiriah wanita yaitu kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Jika Mama mengira kulit glowing alias bercahaya ini hanya bisa diperoleh melalui perawatan di salon kecantikan ataupun produk skincare berharga mahal, hal itu tidaklah tepat. Di artikel kali ini saya akan membagikan berbagai tips kulit glowing alami yang bisa Mama lakukan dengan mudah di rumah.

Kulit merupakan organ terbesar yang kita miliki. Maka dari itu berilah ia perhatian lebih agar terawat dengan baik dan mendukung kecantikanmu. Dengan kulit yang sehat bercahaya, Mama sudah bisa terlihat menawan tanpa harus menggunakan banyak makeup. Setuju? 


9 Tips Kulit Glowing Alami


Meski berbagai aktivitas yang kita lakukan untuk menjaga kesehatan seperti menjaga pola makan, olahraga rutin, hingga meluangkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas juga bisa berdampak pada kesehatan kulit, namun ada hal-hal spesifik yang perlu Mama lakukan untuk kulitmu.

Buat saya yang memang tidak terlalu suka menggunakan makeup, maka menjaga kulit tetap sehat merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Selain itu saya pun termasuk orang yang lebih suka menggunakan cara-cara dan bahan alami untuk kecantikan kulit.

Yuk, coba terapkan beberapa tips kulit glowing alami berikut ini! Mama bisa pilih cara mana yang paling mudah untuk dilakukan dan mulailah dari sana. Setelah bisa menerapkannya dengan nyaman dan konsisten, Mama bisa lanjut ke cara-cara berikutnya.


1. Bersihkan kulit


Cara pertama yang perlu Mama lakukan untuk memperoleh kulit glowing alami adalah menerapkan rutinitas pembersihan kulit yang tepat. Umumnya membersihkan kulit wajah dilakukan dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Mama juga bisa membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan dimana kulit menjadi berkeringat dan kotor terkena debu.

Satu hal yang penting diperhatikan dalam membersihkan kulit wajah yaitu gunakan produk pembersih atau sabun yang sesuai untuk kulitmu dan tidak menyebabkan kulit terasa kering setelah mencuci wajah. Jika Mama memiliki jenis kulit kering sebaiknya batasi mencuci wajah maksimal dua kali sehari agar kelembapan kulit tetap terjaga.


2. Gunakan pelembap


Tips kulit glowing alami berikutnya adalah rutin gunakan pelembap setiap hari. Saat yang tepat mengoleskan pelembap yaitu setelah mencuci wajah. Pelembap bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan kulit serta meningkatkan kesehatan kulit yang pada akhirnya akan mendukung tampilan kulit bercahaya dan terlihat lebih muda.

Sekalipun kulitmu berminyak, bukan berarti tak membutuhkan pelembap. Mama bisa gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit berminyak. Ada berbagai jenis pelembap, mulai dari krim, lotion, hingga gel.


3. Eksfoliasi


Ini merupakan cara perawatan wajah yang berfungsi untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Seiring bertambahnya usia, proses pelepasan sel-sel kulit mati ini tidak terjadi dengan sendirinya. Sehingga Mama memerlukan eksfoliasi untuk membuat kulit wajahmu lebih bersih dan bercahaya.

Mama bisa gunakan produk skincare untuk eksfoliasi ataupun scrub seminggu satu hingga dua kali. Rutin melakukan eksfoliasi juga bisa membantu memperbaiki tekstur kulit sehingga menjadi lebih halus.


4. Batasi paparan sinar matahari


Tips kulit glowing alami berikut ini juga penting untuk diterapkan. Sebab paparan sinar matahari yang berlebihan terutama di siang hari bisa meningkatkan risiko penuaan dini pada kulit. Sinar UVA (ultraviolet A) bisa menurunkan kolagen pada kulit. Kolagen ini berfungsi membuat kulit menjadi elastis dan terlihat lebih muda.

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa membuat kulit menjadi tampak kasar serta muncul garis-garis dan kerutan pada kulit. Namun bukan berarti Mama tidak membutuhkan sinar matahari sama sekali, tubuhmu tetap memerlukannya. Jika ingin berjemur lakukanlah di pagi hari sebelum jam 10 dan lakukan maksimal 15 menit saja.

Mama bisa gunakan sunscreen alias tabir surya untuk melindungi kulit dari efek paparan sinar matahari. Selain itu Mama juga bisa menggunakan pakaian yang lebih tertutup, topi, atau payung untuk meminimalkan efek sinar matahari.


5. Rawat kulit dari dalam


Selain menggunakan produk perawatan kulit, Mama juga perlu merawat kulit dari dalam, yaitu dengan menerapkan pola makan sehat dan memastikan asupan cairan tubuh tercukupi dengan baik. Memperbanyak konsumsi sayuran atau buah yang memiliki banyak vitamin dan antioksidan akan membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Di sisi lain, Mama juga perlu meminimalkan makanan yang kurang baik untuk tubuh, seperti makanan olahan yang banyak mengandung bahan-bahan yang tidak alami  di antaranya, pengawet, pemanis, perasa, dan pewarna sintetik.

Asupan cairan juga penting untuk Mama jaga, sebab kulit kita terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Asupan cairan ini bukan hanya bisa diperoleh dari air putih saja. Mama juga bisa menambah asupan carian dengan memperbanyak konsumsi buah yang banyak mengandung air atau meminum air kelapa, susu kelapa, ataupun minuman coklat.


6. Terapkan pola hidup sehat


Pola hidup sehat seperti rutin olahraga, tidur yang cukup dan berkualitas, hingga menghindari asap rokok juga penting untuk Mama terapkan. Sebab hal ini juga akan mendukung kesehatan kulitmu. Pola hidup sehat bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh termasuk untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

Salah satu fungsi utama dari olahraga yaitu melancarkan aliran darah hingga ke permukaan kulit. Olahraga juga bisa memberikan oksigen serta nutrisi untuk kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat. Dan ada manfaat ekstra jika Mama melakukan olahraga hingga berkeringat. Sebab keringat akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan kulitmu.

Selain olahraga, Mama juga perlu menjaga jam tidur agar tercukupi dan berkualitas setiap harinya. Usahakan tidur sekitar 6 hingga 7 jam setiap malamnya (tergantung kebutuhan tubuhmu). Ketika tidur, kulit melakukan proses regenerasi (peremajaan). Maka semakin cukup dan berkualitas waktu tidurmu akan semakin optimal pula proses regenerasi kulit.

Menghindari asap rokok juga termasuk hal yang penting untuk mendukung kesehatan kulitmu. Tembakau bisa mempercepat proses penuaan pada kulit, karena asap rokok mengandung ribuan bahan kimia beracun yang tidak baik untuk kesehatan tubuh termasuk kulit.

Inspirasi lainnya: 9 Pola Pikir Hidup Sehat yang Perlu Mama Miliki 😍


7. Perbanyak rileks


Mengapa Mama perlu memperbanyak rileks demi mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya? Ya, sebab telah banyak penelitian yang menghubungkan antara stres dan kesehatan kulit.

Stres bisa meningkatkan risiko munculnya masalah pada kulit, salah satunya jerawat. Stres juga memicu pelepasan hormon kortisol yang menyebabkan kolagen pada tubuh Anda menjadi berkurang sehingga terjadilah penuaan dini.

Salah satu solusi terbaik untuk menurunkan stres adalah dengan berlatih untuk rileks. Ada banyak teknik yang bisa Mama lakukan untuk merasa rileks, mulai dari meditasi, yoga, hingga latihan pernapasan. Pilihlah cara yang paling mudah dan nyaman untuk Mama lakukan.


8. Gunakan produk perawatan kulit berbahan alami


Penting bagi Mama untuk memastikan bahwa kandungan dari produk perawatan kulit yang digunakan berasal dari bahan-bahan alami. Produk berbahan alami menggunakan bahan yang bersumber dari alam, yang tentunya lebih aman bagi kesehatanmu secara menyeluruh dan juga lebih ramah lingkungan.

Bagi Mama yang memiliki kulit sensitif, produk berbahan alami umumnya lebih sedikit menimbulkan efek yang tidak baik bagi kulit. Kalaupun ada efeknya jauh lebih kecil dan aman dari produk berbahan kimia.

Kelebihan lainnya dari menggunakan produk berbahan alami tentu saja manfaatnya yang mengagumkan sebab berasal dari alam. Bukan hanya kaya akan kandungan vitamin dan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit tapi juga mengandung antioksidan yang dapat mendukung tampilan kulit yang bercahaya.

“Tuhan menciptakan alam yang kaya akan bahan-bahan bermanfaat untuk kita gunakan, termasuk untuk kecantikan alami”

 

9. Lakukan rutinitas perawatan kulit yang sesuai


Rutinitas perawatan kulitmu tentu tidak persis sama dengan orang lain, sebab masing-masing orang memiliki karakter kulit yang berbeda. Maka dari itu lakukan rutinitas perawatan kulit yang memang sesuai denganmu.

Pertama-tama, Mama perlu mengetahui jenis kulitmu kemudian pilih produk perawatan kulit yang cocok. Setelah itu terapkan langkah-langkah perawatan kulit yang sesuai dan nyaman untukmu. Jangan lupa untuk melakukannya secara konsisten untuk memperoleh hasil yang optimal.

Oke Mam, itulah beberapa cara yang bisa dirimu lakukan untuk kulit yang sehat dan glowing alias bercahaya. Yuk, kita terapkan sama-sama! 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) :  9 Pola Pikir Hidup Sehat yang Perlu Mama Miliki 


Credit photo: pexels.com

References:

healthline.com/health/beauty-skin-care/home-remedies-for-glowing-skin#healthy-diet

eminenceorganics.com/ca/blog/2020/08/13/10-tips-healthy-skin

realsimple.com/beauty-fashion/skincare/skincare-face/strategies-for-better-skin

skinkraft.com/blogs/articles/how-to-get-glowing-skin

heathergraceskincare.com/blogs/skin-care/14-tips-for-clear-glowing-skin


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛