7 Kiat Sederhana untuk Mama Memulai Hidup Lebih Sehat 💚


kiat sederhana untuk hidup sehat

Mama ingin lebih sehat, tapi dengan cara yang simpel untuk dirimu lakukan? Artikel kali ini saya buat spesial untukmu yang ingin memulai hidup lebih sehat dengan cara sederhana. Sehingga dirimu bisa menerapkannya dengan lebih mudah. 💃 

Tahukah Mam, dulu saya pernah berada pada masa di mana kesehatan saya mengalami banyak keluhan, terutama di bagian pencernaan. Saat kita tidak sehat tentu saja hidup menjadi terasa kurang menyenangkan dan kita tidak bisa menikmatinya dengan optimal. Benar?

Akhirnya, setelah merasakan tidak enaknya mengalami berbagai keluhan mengenai kesehatan khususnya di tubuh saya, saya pun memutuskan untuk mulai menjalani hidup yang lebih sehat. Tujuannya tentu saja supaya saya bisa benar benar sehat dan lebih bahagia menjalani hidup. Namun, pada masa awal-awal saya memulai hidup sehat, saya sempat merasa bingung dan tidak nyaman dengan cara-cara yang saya lakukan. 

Bingung mana cara yang perlu saya lakukan lebih dulu karena begitu banyak cara-cara yang dibahas pada berbagai referensi yang saya baca. Dari sekian banyak cara tersebut pun saya sering merasa agak terbebani menjalaninya karena itu tidak mudah untuk saya. Nah, maka dari itu di sini saya memilihkan beberapa cara mudah untuk Mama sehingga proses memulai hidup lebih sehat menjadi lebih MENYENANGKAN untukmu 😍


7 Kiat Sederhana untuk Mama Memulai Hidup yang Lebih Sehat 


Yakin Mam, bahwa usaha sekecil apa pun pasti akan membuahkan hasil jika dilakukan secara terus menerus dan diiringi niat yang baik. Karena yang terpenting adalah konsistensi dari yang dirimu lakukan. Langkah sehebat atau sebesar apa pun jika pada akhirnya berhenti di tengah proses maka itu tidak akan membawamu sampai di tujuanmu. Benar, kan? Yuk, lakukan beberapa cara simpel berikut ini supaya dirimu lebih sehat dan bahagia.


"Untuk mencapai kesehatan optimalmu, bukan usaha sempurna yang kamu perlukan tapi langkah langkah kecil dan mudah yang dilakukan secara terus menerus"


1.  Ucapkan kalimat positif (afirmasi) yang membuatmu lebih sehat


Kiat sederhana yang pertama adalah ucapkan kalimat positif atau yang dikenal dengan istilah afirmasi berisi kata-kata yang membuatmu semangat untuk lebih sehat. Afirmasi ini bisa berupa kalimat apa saja selama masih berkaitan dengan kesehatan. Misalnya, "Aku sehat", "Aku bisa semakin sehat", "Aku bisa mencapai kesehatan yang optimal" , atau kalimat lainnya yang kamu suka dan nyaman saat mengucapkannya 😍

Ucapkan afirmasi ini secara rutin setiap harinya. Mama bisa menuliskannya di pengingat smartphone dan pasang alarm minimal satu kali setiap hari untuk membantumu mengingat kalimat ini. Kata-kata yang rutin dirimu ucapkan akan memengaruhi pikiranmu dan masuk ke pikiran bawah sadar. Pada akhirnya pikiran positif tersebut juga memengaruhi tindakanmu dan mengarahkanmu untuk melakukan hal-hal yang membuatmu lebih sehat. 

Saya biasa mengucapkan kalimat afirmasi "I'm healthy" setiap hari. Saya bisa mengucapkan hingga beberapa kali dalam sehari kapan pun saya ingat dan merasa membutuhkannya. 


2.  Konsumsi makanan sehat kesukaanmu 


Apa sayuran dan buah kesukaanmu? Mengonsumsi sayuran dan buah setiap hari termasuk salah satu cara mudah namun efektif untuk membuatmu lebih sehat. Buah dan sayuran banyak mengandung serat, vitamin, serta antioksidan yang mendukung kekebalan tubuh. 

Nah, supaya makin terasa mudah maka pilihlah sayuran dan buah yang Mama suka. Kita tidak perlu memaksakan diri mengonsumsi makanan yang kita tidak suka demi alasan kesehatan. Kenapa? Karena kesehatan emosionalmu juga penting. Maka dari itu makanlah makanan yang juga membuatmu senang saat memakannya sehingga dirimu bisa benar benar menikmatinya dan happy. Usahakan supaya menu buah atau sayuran ini ada dalam menu makan sehari-harimu. 


3.  Tidak perlu tunggu haus untuk minum


Tahukah dirimu Mam, bahwa tubuhmu itu mengandung sekitar 60% air. Itu sebabnya sangat penting untuk memastikan asupan cairan ke dalam tubuhmu selalu terjaga dengan baik. Setiap harinya tubuhmu mengeluarkan air, misalnya dalam bentuk urine dan keringat. Karena itu kamu perlu mengganti cairan tubuh yang keluar tersebut dengan air yang kamu konsumsi setiap hari. 

Tidak perlu menunggu datangnya rasa haus untuk minum ya, Mam. Sebaiknya selalu sediakan air minum di dekatmu, seperti di meja kerja, di mobil, atau menyimpannya di tas saat sedang bepergian. Asupan cairan yang cukup ini bukan hanya membuat tubuhmu sehat, tapi juga mendukung kesehatan kulitmu. 

Ingin kulit yang lebih cantik? Pastikan kulitmu terhidrasi dengan baik. Tanaman saja bisa menjadi layu dan kering saat kekurangan air. Nah, begitu pula tubuh dan kulitmu. Saat kekurangan cairan, tubuh dan kulitmu bisa menjadi berkurang kesegarannya. 


4.  Tidur malam lebih awal


Kiat sederhana untuk Mama memulai hidup lebih sehat yang satu ini juga termasuk mudah untuk diterapkan. Dirimu hanya perlu memajukan waktu tidurmu satu atau minimal setengah jam lebih awal dari biasanya 😴💤

Faktanya, tidur sangat mendukung kesehatan yang optimal secara keseluruhan, mulai dari fisik, mental, hingga emosional. Tidur adalah waktunya tubuh dan pikiranmu beristirahat dan mengisi ulang energimu supaya bisa digunakan untuk beraktivitas kembali dengan lebih baik. 

Para ahli menyarankan untuk mendapat waktu tidur malam minimal sekitar 7 jam setiap harinya. Namun, tak sedikit orang yang tidur kurang dari waktu tersebut. Biasanya mereka yang tidur terlalu larut malam mendapat waktu tidur yang lebih sedikit. Maka dari itu, cobalah untuk tidur lebih awal sehingga waktu tidurmu menjadi lebih lama dari biasanya. 


5.  Bergeraklah, Mam! 


Ternyata banyak bergerak sangat penting untuk membuatmu lebih sehat. Melakukan lebih banyak aktivitas fisik dalam keseharianmu dapat meningkatkan hormon endorfin yang memperkuat sistem kekebalan tubuhmu. Bukan hanya itu, lebih banyak bergerak juga akan meningkatkan fleksibilitas, mobilitas, dan kekuatan tubuhmu. Intinya, dirimu menjadi lebih sehat dengan banyak bergerak 💃

Lalu bagaimana caranya supaya Mama jadi lebih banyak bergerak? Lakukan aktivitas rumah tangga yang membuatmu berjongkok dibanding selalu berdiri (misal, membersihkan kamar mandi), berjalan kaki saat pergi ke suatu tempat yang tidak terlalu jauh dibanding menggunakan kendaraan, dan gerakkan badanmu secara rutin setiap jam sekali di sela-sela waktu bekerjamu. Apa pun itu yang membuatmu lebih banyak bergerak, lakukanlah. Meski itu hanya berjalan keliling ruangan sambil membalas pesan di aplikasi chat. 


6.  Lakukan simpel me time


Buat saya aktivitas me time ini bisa dianggap wajib karena sangat penting untuk mendukung kesehatan pikiran dan emosional saya. Me time adalah waktu yang kamu luangkan untuk dirimu sendiri. Jadi, dalam me time ini Mama bisa melakukan aktivitas apa pun yang kamu suka tanpa diganggu oleh orang lain, sehingga dirimu bisa lebih fokus dan terhubung dengan diri sendiri. 

Aktivitas me time ini bermanfaat untuk membuat tubuh dan pikiranmu jadi lebih santai. Rutin melakukan me time bisa mengurangi stres dan pada akhirnya meningkatkan kebahagiaanmu. Me time ini bisa apa saja Mam, mulai dari mendengarkan musik kesukaanmu, membaca, menulis buku harian ataupun jurnal, menggunakan skincare, hingga menikmati minuman atau makanan favoritmu. 

Sebaiknya lakukan me time di kamar atau ruangan yang membuatmu bisa menyendiri sejenak, kemudian non aktifkan smartphone untuk sementara waktu. Meski me time-mu hanya 10 menit setiap harinya, tak apa, yang penting lakukan dengan rutin dan nikmati.  


7.  Lakukan olahraga mudah dan kamu sukai

Kiat sederhana untuk Mama memulai hidup lebih sehat yang terakhir adalah lakukan olahraga yang mudah dan dirimu sukai. Kamu suka olahraga, Mam? Tahukah dirimu, saya dulu termasuk yang tidak menyukai aktivitas yang satu ini. Makanya ketika memulai olahraga saya memilih olahraga paling mudah dan sederhana buat saya lakukan. Buat saya yang penting saya bisa melakukannya dengan nyaman dan konsisten. 

Jadi, waktu awal olahraga beberapa tahun lalu saya hanya meluangkan waktu 5 menit dan melakukan olahraga sambil duduk. Tapi saya berusaha melakukannya hampir setiap hari. Sekarang, saya bisa olahraga hingga 30 menit lebih dan saya menikmatinya. Perlahan tapi pasti saya jadi terbiasa dan suka dengan aktivitas olahraga. Ternyata benar, olahraga bisa membantu kita lebih sehat dan bahagia. 

Ayo Mam, pilih olahraga yang kamu sukai dan mulai dari 5 menit saja. Seiring waktu dirimu akan merasakan manfaatnya dan tak ingin berhenti menjadikannya salah satu kebiasaan baikmu 😉

Ya, itulah beberapa kiat sederhana yang menarik untuk Mama lakukan supaya dirimu lebih sehat. Terima kasih sudah membaca hingga selesai! Semoga tulisan saya ini bisa menginspirasimu untuk hidup lebih baik. 


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh


Credit image: istockphoto.com

Inspiring references: 

mindbodygreen.com/articles/easy-habits-to-get-you-healthy

goodhousekeeping.com/health/wellness/a39490819/how-to-get-healthy/

fleurdelyz.com/2020/12/10/becoming-healthier-fitter-for-life/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛