5 Cara Menjadikan Hidup Lebih Bermakna, supaya Mama Bahagia 💛



cara hidup lebih bermakna



Beberapa tahun lalu, saya belum terlalu memahami mengenai HIDUP YANG BERMAKNA. Sering kali hidup terasa hanya sekadar hidup. Menjalani aktivitas sehari-hari bahkan saat saya disibukkan dengan ini dan itu pun rasanya tak membuat saya merasa hidup ini betul-betul bermakna (berarti). 

Setelah beberapa tahun terakhir ini saya belajar mengenai personal development (pengembangan diri), barulah saya memahami bahwa menjadikan hidup ini bermakna adalah sangat penting. Karena saat merasa hidup saya ini bermakna, saya tidak lagi merasa kalau hidup ini hanya begitu-begitu saja 😅 Saya pun menjadi lebih bahagia dan memiliki kepuasan dalam hidup. 

Mama ingin betul-betul bahagia dalam menjalani kehidupan ini? Jawabannya simpel, cukup jadikan hidupmu lebih bermakna. Lalu, bagaimana cara menjadikan hidup lebih bermakna? Saya akan membahasnya di artikel kali ini. Baca sampai selesai, yuk! 


5 CARA MENJADIKAN HIDUP LEBIH BERMAKNA


Percayalah Mam, semua orang itu bisa membuat hidupnya menjadi lebih bermakna. Kita hanya perlu mengusahakannya. Hidup ini hanya satu kali. Sungguh sayang jika kita tidak menjalaninya dengan penuh makna.  Setuju, Mam? Dirimu bisa coba cara di bawah ini, mulai dari satu cara termudah menurutmu. Lakukan secara bertahap, satu persatu. Menerapkan cara menjadikan hidup lebih bermakna di bawah ini juga butuh proses. Tapi proses itu pasti membuat hidupmu lebih baik 💖


1.  Betul-betul HADIR dan SADAR dalam menjalani hidup


Untuk menjalani hidup yang bermakna, kita perlu betul-betul hadir dalam setiap aktivitas kita. Dirimu pernah dengar istilah "Be Present"? Istilah ini mengingatkan kita untuk bisa hadir saat ini, di momen ini. Bukan hanya tubuh, tapi juga pikiran kita. Pikiran kita tidak sibuk memikirkan masa depan maupun masa lalu, tapi fokus pada saat ini 😍

Karena jika kita tidak betul-betul HADIR dalam aktivitas kita, kita tidak akan merasakan apa yang kita sudah lakukan. Sering kali kita sibuk melakukan aktivitas ini dan itu sepanjang hari, tapi kita tidak merasakan aktivitas itu. Aktivitas itu berlalu begitu saja. 

Sebaliknya, saat kita hadir dalam aktivitas kita,  menghadirkan pikiran dan hati kita di mana tubuh kita berada, di saat itulah kita bisa merasakan makna dari aktivitas kita. 

Selain itu, kita juga perlu betul-betul SADAR dalam menjalani hidup. Tepatnya dalam membuat keputusan atau pilihan-pilihan. Mengapa dirimu memilih hal tersebut? Apakah itu benar-benar yang terbaik untukmu? 

Saat kita lebih sadar dalam menjalani hidup, ini membuat kita lebih punya kendali atas hidup kita sendiri. Jadilah pemegang kendali atas hidup kita, jangan biarkan orang lain atau keadaan yang mengendalikan kita 😉

2.  FOKUS pada hal-hal yang penting


Ini juga merupakan cara menjadikan hidup lebih bermakna yang perlu Mama lakukan. Setiap orang memiliki prioritas yang berbeda. Prioritas saya denganmu tentu tidak sama. Oke, sebagai seorang ibu bisa jadi ada beberapa prioritas yang sama, tapi secara keseluruhan pasti tidak akan persis sama. Karena setiap orang memiliki keinginan (impian) serta kebutuhan yang berbeda. Kita sendirilah yang paling mengetahui apa saja prioritas atau hal-hal yang penting untuk kita lakukan. 

Untuk memberikan makna dalam hidupmu, alihkan fokusmu pada hal-hal yang penting untukmu. Jika dirimu disibukkan pada hal-hal yang tidak penting, ini tidak akan membawamu ke mana pun untuk mencapai tujuan hidup maupun impianmu. 

Untuk lebih optimal dalam menerapkan cara kedua ini, kita perlu berlatih menetapkan batasan dan berkata tidak untuk hal-hal yang memang tidak penting atau kurang penting untuk kita. Mengapa begitu? Karena kita perlu mendahulukan prioritas kita. Kita bisa belajar Mam, menggunakan energi kita untuk hal-hal yang memang penting. Ini kita lakukan untuk menjalani hidup BERMAKNA & BAHAGIA 💖

3.  BERBUAT BAIK kepada diri sendiri 


Faktanya adalah, berbuat baik terhadap diri sendiri sangat erat hubungannya dengan kebahagiaan yang kita rasakan. Saya sudah membuktikannya, Mam. Saya percaya bahwa orang pertama yang berhak menerima kebaikan kita yaitu diri kita sendiri. Sebab diri kitalah yang selalu menemani kita hingga akhir hidup. Semakin baik kita memperlakukan diri sendiri, maka semakin meningkat kebahagiaan kita.

Salah satu hal mudah yang penting untuk kita lakukan sebagai wujud kebaikan kita terhadap diri sendiri adalah biasakan untuk selalu mengatakan hal-hal yang baik terhadap diri sendiri (positive self talk). Perlakukan diri sendiri sama baiknya (bahkan lebih baik) seperti layaknya dirimu memperlakukan orang yang paling kamu cintai 💋

Kita juga perlu berlatih untuk mudah memaafkan diri sendiri setiap kali kita melakukan kesalahan. Memendam rasa bersalah, apalagi terlalu lama hanya akan membuat kita merasa tidak nyaman dan menyimpan energi negatif dalam diri. 

Meluangkan waktu untuk me time maupun melakukan hal-hal yang dirimu sukai juga termasuk kebaikan terhadap diri sendiri. Sebab saat melakukannya, kita akan merasa bahagia dan ini merupakan HADIAH untuk diri kita 💝

4.  Temukan TUJUAN hidupmu


Cara menjadikan hidup lebih bermakna yang selanjutnya adalah dengan menemukan tujuan hidupmu. Saya percaya kalau setiap manusia dilahirkan ke dunia ini disertai dengan tujuan hidupnya masing-masing. Tujuan hidup ini berbeda-beda. Yang perlu kita lakukan adalah menemukannya. Dengan mengetahui apa tujuan hidup kita dan menjalankan hidup sesuai dengan tujuan tersebut akan membuat hidup menjadi lebih bermakna.

Beberapa tahun lalu, saya juga tidak mengetahui apa tujuan hidup saya. Saya kerap bertanya sendiri dalam hati "Kenapa orang lain mengetahui tujuan hidupnya, tapi saya tidak", "Apa ya tujuan hidup saya?".  Saat muncul pertanyaan seperti itu, saya bertanya pada Tuhan apa ya tujuan hidup saya. Sebab saya ingin menjalani hidup yang memiliki tujuan, maka dari itu saya perlu mengetahui apa tujuan itu 😍

Untuk menemukan tujuan hidup, kita perlu mengetahui apa kekuatan atau kelebihan kita. Apakah itu kemampuanmu dalam menulis, menggambar, memasak, menyanyi, atau mungkin olahraga. Apa pun itu yang dirimu kuasai dan suka melakukannya. Kemudian coba untuk lebih fokus meluangkan waktu untuk hal-hal yang dirimu kuasai dan minati itu. Dan tingkatkan kemampuanmu secara perlahan supaya lebih berkembang. Dari sinilah Mama bisa menemukan apa tujuan hidupmu.

5.  MEMBERI MANFAAT bagi orang lain


Siapa pun bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, termasuk dirimu 😉 Kita tidak harus menjadi orang sukses, kaya, atau populer untuk bisa memberikan banyak manfaat bagi orang lain. Berikan saja apa yang saat ini dirimu miliki. 

"Kita tidak harus melakukan hal-hal besar untuk bisa menyebarkan banyak manfaat. Mulailah dari hal-hal kecil dan mudah untukmu. Dan lakukan secara terus menerus, hingga hal-hal kecil tersebut menjadi banyak".

Jika dirimu suka menulis mulailah membuat tulisan yang bermanfaat dan bisa menginspirasi orang lain. Kemudian bagikan di sosial mediamu. Membagikan konten yang positif di sosial mediamu juga bisa menjadi manfaat bagi yang membacanya, bukan?  

Jika Mama suka memasak, coba rutin membuat makanan enak dan sehat kesukaan keluarga untuk membuat mereka senang tapi juga sehat. Dirimu juga bisa membagikan tips and trick atau tutorial memasak di sosial media untuk membantu orang lain yang sedang belajar memasak.  Dengan melakukan hal yang bermanfaat bagi orang lain akan membuat hidupmu terasa lebih bermakna. 

Oke Mam, itulah beberapa cara yang bisa dirimu lakukan untuk menjadikan hidupmu lebih bermakna dan bahagia. Yuk, dicoba mulai hari ini! Terima kasih ya Mam, sudah membaca artikel ini hingga selesai 😘


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) :
 8 Alasan Mengapa Mama Perlu Sehat secara Spiritual 


Credit photo: stock.adobe.com

References:

drroopleen.com/6-things-you-can-do-to-make-your-life-meaningful/

daringtolivefully.com/make-your-life-more-meaningful

betterup.com/blog/how-to-make-life-meaningful


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛