8 Alasan Mengapa Mama Perlu Sehat secara Spiritual 💚


mengapa perlu sehat secara spiritual


Salah satu hal yang saya suka dari belajar mengenai gaya hidup holistik ini yaitu saya bisa mengetahui berbagai hal bermanfaat yang sebelumnya saya tidak ketahui. Bukan hanya soal kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental, emosional, hingga spiritual.

Jika umumnya Mama sudah lebih akrab dengan ulasan seputar kesehatan fisik, kesehatan mental, hingga kesehatan emosional, bagaimana dengan kesehatan spiritual? Ulasan mengenai kesehatan spiritual memang tidak sebanyak kesehatan fisik maupun mental. Namun, menjaga kesehatan spiritual sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Mama tentu sudah mengetahui bahwa bagian-bagian dari diri kita saling berhubungan dan saling memengaruhi. Jika ingin sehat secara menyeluruh, Mama juga perlu menjaga kesehatan spiritual.

Di artikel ini saya mengulas mengenai berbagai alasan mengapa Mama perlu sehat secara spiritual. Dengan mengetahui manfaat-manfaat sehat secara spiritual akan membantumu lebih semangat untuk mulai menjaga kesehatan spiritual dan konsisten melakukannya 😊


Alasan Mengapa Mama Perlu Sehat secara Spiritual


Ada berbagai definisi berbeda dalam memaknai spiritual. Ada yang mengaitkannya dengan agama ada juga yang tidak. Mama bisa mengambil makna yang sesuai dengan kata hati atau yang cocok denganmu. Namun, umumnya spiritualitas diartikan sebagai keyakinan maupun hubungan terhadap sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri.

Selain menjaga kesehatan mental, emosional, dan fisik, saya juga berusaha menjaga kesehatan spiritual. Hingga saat ini saya pun masih dalam tahap belajar. Salah satu cara yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan spiritual adalah dengan berusaha membangun hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan.

Berikut ini beberapa alasan atau manfaat sehat secara spiritual yang bisa Mama peroleh.


1. Hidup jadi lebih bermakna


Ini merupakan alasan mendasar mengapa kesehatan spiritual sangat penting bagimu. Mereka yang sehat secara spiritual akan merasa hidupnya jadi lebih bermakna. Saat merasa hidupmu bermakna tentunya Mama akan lebih semangat dalam menjalani hidup serta menikmati hidup dengan lebih baik. Mama menjadi lebih pandai mengapresiasi hal-hal kecil dalam keseharian. 

“Jangan hanya meminta umur yang panjang, mintalah juga agar hidupmu bermakna”.

 

2. Meningkatkan kebahagiaan


Selain membuat hidup jadi lebih bermakna, manfaat sehat secara spiritual yang satu ini juga penting untuk Mama peroleh. Saat sehat secara spiritual, biasanya kita menjadi lebih memiliki pola pikir yang positif maupun rasa harga diri dan penerimaan diri yang lebih baik.

Pada akhirnya mereka yang memiliki kriteria seperti itu cenderung lebih mudah untuk merasakan kenyamanan dan meningkatkan kepuasan dalam hidup. Mereka juga menjadi lebih sedikit mengalami kekhawatiran sehingga lebih bahagia.


3. Membantumu menjadi orang yang lebih baik


Orang-orang yang sehat secara spiritual umumnya lebih fokus untuk menjadi orang yang lebih baik. Dengan begitu, mereka akan mempertimbangkan setiap perbuatan maupun pilihan-pilihan dalam hidup.

Spiritualitas bisa meningkatkan rasa kasih sayang serta kepedulian terhadap dunia di sekelilingmu. Dan hal ini membantumu untuk membuat pilihan-pilihan yang lebih baik serta menghindari perbuatan yang tidak baik.


4. Membesarkan harapan


Memiliki keyakinan terhadap sesuatu yang lebih besar dari dirimu sendiri bisa meningkatkan rasa percaya diri dan optimis saat berada pada situasi yang tidak mudah. Nilai-nilai spiritual bisa mendukung seseorang untuk bisa sembuh ataupun bangkit dari pengalaman yang menyakitkan serta memberikan harapan di saat tersulit.

Orang-orang yang sehat secara spiritual umumnya meyakini bahwa kegagalan merupakan bagian dari pembelajaran hidup yang memberikan banyak hikmah. Mereka memahami bahwa tak ada satu pun manusia yang tidak pernah mengalami kesulitan dalam hidup, maka dari itu mereka menjadi lebih optimis bahwa segalanya bisa dilalui.


5. Meningkatkan rasa damai


Manfaat sehat secara spiritual yang berikutnya yaitu untuk meningkatkan rasa damai. Spiritualitas erat kaitannya dengan meditasi maupun doa yang bermanfaat untuk meningkatkan ketenangan diri serta rasa damai.

Melakukan meditasi secara rutin bisa melatih pikiran serta jiwa untuk mendapatkan rasa damai dari dalam diri. Hal ini juga bisa membantu mengembangkan rasa kasih dalam dirimu.

Saat kita sudah memiliki rasa damai dalam hati, ujian ataupun tantangan apa pun dalam hidup bisa menjadi lebih mudah untuk dihadapi. Sebab kita akan lebih tenang dalam merespon segala sesuatu.


6. Mendukung kesehatan emosional


Spiritualitas juga bisa meningkatkan kualitas serta mempererat hubungan keluarga serta persahabatan yang akhirnya berdampak pada kesehatan emosional kita. Saat kita bisa memiliki rasa kebersamaan yang kuat dengan orang-orang di sekitar terutama orang-orang terdekat, hal ini akan membantu mengatasi emosi-emosi yang tidak positif.


7. Lebih sehat secara fisik


Spiritualitas juga berdampak pada meningkatnya kekebalan tubuh. Sebab sehat secara spiritual bisa membantu tubuh mengeluarkan hormon-hormon yang memunculkan rasa bahagia yang kemudian bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh kita bisa mengatasi berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit dengan lebih efektif. Kekebalan tubuh yang kuat juga dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Terkait dengan penyembuhan, hal-hal yang erat dengan spiritualitas seperti meditasi dan doa akan membantu menciptakan keseimbangan dalam dirimu. Dan keseimbangan ini bisa mempermudah tubuhmu untuk sembuh.

Selain memperkuat kekebalan tubuh, spiritualitas juga bisa mengurangi berbagai risiko penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga stroke. Penyakit tersebut sangat erat kaitannya dengan stres. Kabar baiknya, stres ini bisa kita minimalkan dengan menjaga kesehatan spiritual.

Tak hanya mengurangi stres, spiritualitas juga berpengaruh pada meningkatnya kualitas tidur. Orang-orang yang sehat secara spiritual akan merasa lebih tenang di mana hal ini juga membuat mereka lebih mudah untuk tidur nyenyak.


8. Meningkatkan peluang umur panjang


Manfaat sehat secara spiritual juga berdampak pada meningkatkan peluang untuk berumur panjang. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, orang-orang yang sehat secara spiritual umumnya memiliki umur yang lebih panjang dari yang lainnya.

Penelitian lain yang dipublikasikan di JAMA (Journal of The American Medical Association) Internal Medicine terhadap lebih dari 70 ribu peserta wanita, menunjukkan bahwa mereka yang rutin melakukan aktivitas spiritual memiliki risiko kematian 33% lebih rendah.

Dengan sehat secara spiritual, akan membuatmu menjalani pilihan-pilihan hidup yang lebih baik yang kemudian mendukung kesehatan dan kesejahteraan diri secara menyeluruh. Saat Mama sehat dan hidup dengan baik, ini akan meningkatkan kesempatanmu untuk hidup lebih lama.

Oke, itulah beberapa keuntungan yang akan dirimu peroleh dari kesehatan spiritual. Jadikan berbagai manfaat tersebut sebagai alasan kuat untukmu terus semangat dan konsisten menjaga kesehatan spiritual! 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 6 Cara Meningkatkan Kesehatan Spiritual agar Mama Bahagia 

Credit photo: 123rf.com

References:

thestyleedit.com/is-spiritual-health-important-5-reasons-to-boost-your-spirituality/

sagelife.com/resources/the-health-benefits-of-spirituality/

chopra.com/articles/5-physical-health-benefits-of-spirituality

sharecare.com/life-family/health-benefits-of-spirituality


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛