Yuk Mam, Terapkan 9 Cara Meningkatkan Kesehatan Emosional Berikut Ini! 💚


cara meningkatkan kesehatan emosional



Selain diuji dengan beberapa masalah kesehatan fisik beberapa tahun lalu, saya juga mengalami masalah dengan kesehatan emosional. Dulu saya termasuk yang mudah kesal dan marah. Namun, sejak belajar mengenai gaya hidup holistik perlahan saya bisa lebih mengelola emosi. Sehingga saya bisa lebih damai, terutama damai dengan diri sendiri 🙂

Menjaga kesehatan emosional sama pentingnya dengan merawat tubuhmu. Sebab, saat keadaan emosional Mama tidak baik, hal ini juga akan berpengaruh kepada kesehatan fisikmu. Dengan sehat secara emosional, Mama juga bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia dan kuat menghadapi berbagai situasi yang tidak mudah.

Kesehatan emosional merupakan kemampuan kita untuk menerima dan mengelola emosi yang muncul dari situasi yang terjadi di sekitar atau yang kita alami. Mereka yang sehat secara emosional lebih mudah beradaptasi, memiliki ketangguhan, dan kepercayaan diri yang baik dalam hidupnya.

Tentunya Mama juga ingin bisa lebih sehat secara emosional, bukan? Yuk, simak apa saja cara meningkatkan kesehatan emosional melalui artikel kali ini! Pilih satu atau dua cara yang paling mudah dan nyaman untuk Mama lakukan dengan konsisten. Kemudian melangkahlah ke cara selanjutnya saat dirimu siap.


9 Cara Meningkatkan Kesehatan Emosional


Bagi saya meningkatkan kesehatan emosional adalah sebuah proses yang dilakukan secara terus menerus sepanjang hidup. Tujuan dari meningkatkan kesehatan emosional ini bukan agar kita selalu bahagia dan berada dalam suasana hati yang baik setiap waktu. Hidup tak sempurna, pasti akan ada hari di mana terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

Nah, di saat itulah Mama memerlukan kesehatan emosional yang baik untuk bisa melewati hari-hari “mendung” dengan senyuman dan semangat. Berikut beberapa cara meningkatkan kesehatan emosional yang perlu Mama lakukan.


1. Melatih kesadaran diri


Hal pertama yang penting untuk Mama lakukan agar lebih sehat secara emosional yaitu melatih kesadaran diri (self awareness). Di mana Mama berusaha untuk lebih mengenal dan memahami diri sendiri. Lengkapi juga proses tersebut dengan kasih sayang serta kebaikan terhadap diri sendiri. Sehingga saat Mama menyadari kelemahan atau kekuranganmu, dirimu bisa menerimanya dengan bijak.

Belajar untuk menilai (bukan menghakimi) tindakanmu apakah itu positif atau negatif. Melatih kesadaran diri akan membantumu untuk berkembang menjadi orang yang lebih baik.

Hindari juga menghakimi diri sendiri, karena hal ini akan membuatmu tidak nyaman dalam proses untuk memahami diri sendiri. Itulah sebabnya Mama perlu menyertakan rasa cinta dan sayang terhadap diri sendiri. Semakin baik Mama terhadap diri sendiri maka semakin baik perasaanmu.


2. Pelajari tentang kesehatan emosional


Pengetahuan adalah salah satu kunci untuk kita bisa berkembang menjadi lebih baik. Saat Mama ingin belajar cara meningkatkan kesehatan emosional maka dirimu perlu memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut. Mama bisa membaca berbagai referensi mengenai seputar kesehatan emosional melalui buku, artikel-artikel terpercaya di internet, maupun dari podcast dan video YouTube.

Pilih cara belajar yang Mama suka, apakah itu membaca, mendengarkan audio atau menonton video. Belajar sedikit demi sedikit, yang terpenting apa yang dipelajari tersebut bisa dipahami dan perlahan diterapkan dalam kehidupanmu.


3. Lepaskan apa yang tidak bisa kamu kendalikan


Ada banyak hal dalam hidup yang tidak bisa kita kendalikan. Kita tidak bisa mengendalikan orang lain sesuai dengan keinginan kita, kita juga tidak bisa mengendalikan berbagai peristiwa yang terjadi di dunia. Jangan biarkan hal-hal yang diluar kendali kita tersebut memengaruhi emosimu.

Saat kita selalu ingin mengontrol segala sesuatu seperti yang kita inginkan, di saat itu pula emosionalmu menjadi tidak nyaman. Tentu wajar jika kita ingin segala sesuatunya berjalan lancar seperti yang kita inginkan, tapi bukan berarti ini berlaku setiap saat dan dalam segala hal.

“Pahamilah bahwa satu-satunya hal dalam hidupmu yang bisa dirimu kendalikan yaitu dirimu sendiri”

 

4. Lakukan teknik menenangkan diri


Cara meningkatkan kesehatan emosional yang selanjutnya yaitu melakukan teknik menenangkan diri untuk membantu mengendalikan emosimu. Ada banyak cara yang bisa Mama lakukan, mulai dari meditasi, jurnaling, mendengarkan musik yang menenangkan, latihan pernapasan, dan lain-lain. Pilih teknik yang paling cocok dan nyaman untuk Mama lakukan.

Emosi bisa menguasaimu jika tidak diatasi atau dikendalikan. Dengan mempelajari teknik menenangkan diri, Mama bisa lebih memproses emosi dengan baik agar lebih terkendali. Teknik tersebut juga membantumu untuk dapat merespon situasi yang tidak nyaman untukmu dengan lebih tenang alih-alih bereaksi menggunakan emosi.


5. Lakukan self care


Meluangkan waktu untuk melakukan perawatan diri atau yang dikenal dengan istilah self care juga dapat membantu meningkatkan kesehatan emosional Mama. Intinya self care ini merupakan aktivitas yang Mama lakukan dengan tujuan untuk membuatmu lebih sehat dan bahagia. Jadi pastikan self care yang Mama lakukan tak hanya bermanfaat untuk kesehatanmu tapi juga bisa memberikan kebahagiaan.

Misalnya, mengonsumsi makanan sehat yang Mama sukai, melakukan olahraga favoritmu, hingga melakukan ritual pagi yang menyenangkan bagimu. Menikmati waktu santai ataupun memanjakan dirimu sendiri juga termasuk ke dalam self care. Berbagai perawatan diri yang Mama lakukan tersebut juga akan berdampak pada kesehatan emosionalmu.


6. Belajar berkata “tidak”


Jika Mama mencoba melakukan lebih dari apa yang dirimu bisa tangani, hal ini pada akhirnya bisa meningkatkan stres. Maka dari itu berlatihlah untuk berkata tidak untuk hal-hal yang Mama tidak bisa lakukan. Termasuk berkata tidak saat seseorang memintamu melakukan sesuatu yang melebihi kemampuanmu maupun saat dirimu memang sedang tidak ingin atau tidak bisa melakukan hal tersebut.

Hal ini bertujuan untuk membuat pikiranmu lebih tenang. Dan pikiran yang tenang pada akhirnya berpengaruh pada kesehatan emosionalmu. Menerapkan cara yang satu ini pada awalnya bisa jadi tidak mudah, namun Mama bisa berlatih untuk itu.

Awalnya, saya kerap merasa tidak enak terhadap orang lain saat melakukan hal yang satu ini. Namun seiring waktu saya memahami bahwa hal ini penting untuk kepentingan diri saya.

Bukan berarti kita tidak memikirkan orang lain, tapi ada kalanya kita perlu mengutamakan diri sendiri sebelum yang lainnya. Karena saat kebutuhan kita terpenuhi dengan baik otomatis kita bisa memberikan yang terbaik pula pada orang lain.


7. Perbanyak syukur


Saat Mama memperbanyak syukur, ini bisa membantu mengubah sudut pandangmu menjadi lebih positif yang kemudian menarik hal-hal positif lainnya ke dalam hidupmu. Memperbanyak syukur juga dapat menghilangkan ketakutan serta meningkatkan kelimpahan.

Untuk melatih rasa syukur, Mama bisa menulis jurnal rasa syukur setiap harinya. Tuliskan minimal 3 hal setiap hari yang membuatmu bersyukur. Mama bisa menulisnya di buku maupun smartphone. Pilih mana yang paling nyaman untukmu. Namun, menuliskannya di buku mempunyai lebih banyak kelebihan.


8. Miliki support system


Support system alias orang-orang yang mendukung sangat penting untuk meningkatkan kesehatan emosional kita. Mereka bisa pasangan, keluarga, hingga teman. Orang-orang yang mendukungmu adalah mereka yang bisa Mama ajak bicara tentang masalahmu, mendengarkanmu saat Mama butuh mengeluarkan beban yang ada dalam diri.

Dengan demikian Mama tidak merasa sendirian dalam menghadapi masa-masa yang tidak mudah. Jagalah hubungan ini dengan rutin meluangkan waktu berkualitas bersama mereka.


9. Jaga kesehatan tubuh


Terakhir, cara untuk meningkatkan kesehatan emosional Mama yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari menerapkan pola makan sehat, olahraga rutin, hingga tidur yang cukup dan berkualitas.

Konsumsi makanan yang baik untuk tubuhmu, seperti memperbanyak sayuran dan buah. Serta sebisa mungkin minimalkan makanan yang mengandung bahan-bahan tambahan sintetik (pengawet, perasa, pemanis, hingga pewarna sintetik).

Olahraga merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan suasana hatimu menjadi lebih baik. Lakukan olahraga yang paling Mama sukai dan berusahalah untuk konsisten meski itu hanya 10-15 menit setiap harinya.

Selain makanan sehat serta olahraga, Mama juga memerlukan tidur yang cukup dan berkualitas untuk tetap sehat. Usahakan tidur dengan nyenyak sekitar 6 hingga 7 jam setiap malamnya (tergantung kebutuhan tubuhmu). Hal ini akan membuatmu memiliki energi dan pikiran yang lebih positif yang kemudian berdampak pula pada kesehatan emosionalmu.

Oke Mam, itulah beberapa cara yang bisa dirimu lakukan untuk meningkatkan kesehatan emosionalmu. Tentu Mama tidak mendapatkan hasilnya dalam waktu sekejap, dirimu perlu menerapkannya dengan konsisten selama beberapa waktu. Namun, percayalah bahwa tidak ada usaha yang sia-sia, semua pasti ada balasannya 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~


Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : Apa Manfaat Menjaga Kesehatan Emosional bagi Mama?


Credit photo: stockadobe.com

References:

everydayhealth.com/emotional-health/10-ways-to-boost-emotional-health.aspx

psychologytoday.com/us/blog/emotion-information/202001/6-concrete-ways-improve-your-emotional-health

tonyrobbins.com/mental-health/emotional-health/

healthline.com/health/emotional-health#improvement

calmsage.com/ways-to-improve-your-emotional-health/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛