8 Cara untuk Merasa Cantik yang Membuat Mama Lebih Percaya Diri 💖


cara untuk merasa cantik


Saya percaya jika “merasa cantik” merupakan keyakinan yang bisa kita tanamkan dalam diri kita sendiri. Dulu, saya sering merasa kurang cantik. Tapi kemudian saya berlatih untuk bisa menanamkan keyakinan bahwa saya cantik ke dalam pikiran, hati, dan jiwa saya. Hingga saat ini pun saya masih berlatih untuk bisa lebih menyukai, mencintai, dan mengapresiasi diri sendiri 🙂

Percayalah Mam, dirimu berhak untuk merasa cantik apa adanya sekalipun tidak sempurna. Dan memang tidak ada yang sempurna di dunia ini, bukan? Mama tidak perlu menunggu orang lain memuji dirimu cantik untuk merasa benar-benar cantik. Sebab kecantikan yang sesungguhnya adalah saat dirimu bisa meyakininya dari dalam hatimu.

Sesungguhnya kecantikan yang berasal dari dalam dirimu bisa jauh lebih menyilaukan dibanding kecantikan fisik. Di artikel kali ini saya mengajak Mama untuk menerapkan beberapa cara untuk merasa cantik dari dalam dirimu sendiri. Sehingga Mama bisa lebih percaya diri dan terlihat lebih menarik.


8 Cara untuk Merasa Cantik yang Membuat Mama Lebih Percaya Diri


Dulu saya termasuk orang yang tidak percaya diri, saya merasa diri saya tidak cantik seperti wanita A atau wanita B, saya merasa kurang cantik. Namun perlahan saya belajar untuk lebih mengapresiasi diri saya, saya berusaha untuk menyukai diri sendiri, mencintai diri sendiri, dan merawat diri dengan lebih baik sebagai wujud cinta terhadap diri sendiri.

Seiring waktu kepercayaan diri saya pun meningkat, saya jadi semakin suka melihat diri saya di cermin. Saya menyukai, mencintai, dan mensyukuri apa yang Tuhan berikan. Berikut ini beberapa cara untuk merasa cantik yang bisa Mama terapkan. Saya juga masih membutuhkan cara-cara ini 😉


1. Berpikirlah bahwa dirimu cantik


Sudahkah dirimu melakukan hal yang satu ini, Mam? Sebab yang terpenting bukan apa yang orang lain pikirkan tentangmu tapi apa yang dirimu pikirkan mengenai diri sendiri. Kita tidak bisa mengendalikan pikiran orang lain. Ada orang yang berpikir kita cantik dan ada yang tidak, itu diluar kendali kita. Tapi kita punya kendali atas pikiran kita dan itulah kekuatanmu.

Untuk merasa cantik Mama tidak harus menjadi cantik terlebih dahulu sesuai dengan kriteria di masyarakat, mulai dari badan langsing dengan bentuk yang indah, kulit putih, bentuk wajah tanpa cela, rambut tebal, hingga gigi putih cemerlang. Mama bisa merasa cantik berawal dari pikiranmu sendiri.

Sebab perasaanmu adalah hasil dari apa yang dirimu pikirkan. Tidak peduli apa pun yang orang lain katakan, selama dirimu berpikir bahwa kamu cantik maka itulah yang benar. Jadi mulai sekarang ciptakan perasaan tersebut dalam hatimu. Berpikirlah bahwa dirimu cantik. Titik.


2. Menerima diri sendiri


Cara untuk merasa cantik yang berikutnya yaitu menerima diri sendiri. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa dirimu tidak perlu menjadi sempurna untuk merasa cantik.

Mama tidak perlu berusaha untuk terlihat seperti wanita A atau B untuk merasa cantik. Yang perlu Mama lakukan adalah terima dirimu apa adanya saat ini. You are beautiful! Menerima diri sendiri merupakan bagian dari menghargai diri sendiri.


3. Bersyukur


Ini juga termasuk salah satu cara untuk merasa cantik yang penting untuk Anda terapkan. Bersyukur akan menghasilkan emosi yang baik dalam dirimu. Dan emosi yang baik ini bisa membantumu memiliki perasaan yang lebih positif terhadap keadaan dirimu.

Saat seseorang kurang memiliki rasa syukur atas apa yang ada pada dirinya maka akan lebih mudah baginya untuk selalu merasa kurang dengan yang ia miliki.


4. Anggap kekuranganmu sebagai sesuatu yang unik


Ya. Semua orang pasti memiliki kekurangan. Namun, Mama bisa mengubah kekurangan itu menjadi sesuatu yang unik dari dirimu. Caranya, berpikirlah bahwa kekurangan tersebut adalah keunikanmu, Tidak perlu berpikir bahwa kekurangan itu yang menjadikanmu tidak cantik, karena itu tidak benar.

Dulu saya sering tidak nyaman dengan rambut. Saya pikir rambut saya tidak mudah diatur. Tidak lurus, tidak keriting, tidak ikal, namun ada bagian-bagian yang agak bergelombang dan menurut saya tidak rapi. Akhirnya saya lebih sering mengikatnya sepanjang hari demi membuat mata dan pikiran saya nyaman.

Tapi belakangan ini saya belajar untuk menyukai dan mencintai rambut saya. Saya selalu mengatakan pada diri sendiri (terutama saat bercermin) bahwa “Rambut saya unik dan seksi, jarang orang memiliki rambut seperti ini, and I love my hair”.

Saya mengucapkan itu berulang-ulang hingga pikiran saya meyakini bahwa itu benar. Sekarang saya lebih sering mengurai rambut membiarkan rambut saya bebas bernapas.

Sebenarnya apa yang kita anggap sebagai kekurangan itu semua berawal dari apa yang kita pikirkan. Yakinkan dirimu bahwa setiap kekuranganmu adalah keunikanmu.


5. Cintai dirimu sendiri tanpa syarat


Orang pertama yang berhak menerima cintamu di dunia ini adalah dirimu sendiri, Mam. Untuk mencintai diri sendiri Mama tidak perlu menunggu menjadi cantik sesuai dengan kriteria cantik di masyarakat.

Cintai dirimu tanpa syarat, artinya mencintai pula bagian-bagian dirimu yang tidak sempurna. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, anggaplah ketidaksempurnaan atau kekuranganmu sebagai keunikanmu. Semua tergantung dari cara berpikirmu.

Mama bisa belajar untuk lebih mencintai diri sendiri. Hal ini merupakan sesuatu yang bisa dilatih dan berproses dari waktu ke waktu. Ketika Mama mencintai diri sendiri tanpa syarat ini akan membuatmu lebih bahagia. Karena dengan mencintai kita bisa lebih mudah menerima ketidaksempurnaan dan lebih fokus pada hal-hal indah yang ada dalam diri kita. (Pasti ada. Coba temukan!)

“Pasti ada keindahan dalam dirimu. Namun tidak semua orang bisa melihatnya. Karena setiap orang memandang segala sesuatu dengan cara berbeda”

 

6. Tidak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain


Membandingkan dirimu dengan orang lain, terutama yang Mama lihat di sosial media bukan hanya mengambil kebahagiaanmu tapi juga kedamaian dalam dirimu. Percayalah, semakin kita sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang menurut kita lebih menawan maka kita semakin tidak merasa damai.

Jika ada perasaan tidak nyaman setelah membandingkan dirimu dengan orang lain, maka berhentilah melakukannya atau paling tidak berusaha meminimalkannya.


7. Sering tersenyum


Mama tentu setuju jika wajah tersenyum lebih menarik dan menyenangkan daripada yang tidak tersenyum, bukan? Maka sering-seringlah tersenyum, termasuk saat dirimu sedang bercermin.

Saya bahkan sering mengatakan bahwa “Saya cantik” atau dengan kalimat “Arifah, kamu cantik” sambil tersenyum ketika bercermin. Saat awal-awal melakukannya saya memang merasa sedikit aneh tapi setelah terbiasa saya justru merasa lebih percaya diri dan ada rasa bahagia ketika melakukannya. Cobalah!


8. Merawat diri sebaik mungkin


Setelah Mama melakukan cara-cara di atas, jangan lupakan juga yang satu ini. Sebab merawat diri merupakan kebutuhan yang penting untuk Mama lakukan. Merawat diri adalah bagian dari bersyukur atas apa yang Tuhan berikan dan mencintai diri sendiri.

Bagaimana Mama bisa merasa cantik jika tidak merawat diri, iya kan? Jadi rawat dirimu dengan baik, mulai dari menerapkan pola makan yang lebih baik, olahraga rutin, mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, hingga merawat kulit.

Merawat kecantikan tidak selalu harus pergi ke salon, spa, atau menggunakan produk kecantikan berharga super mahal. Ada banyak sekali cara yang lebih mudah serta ramah di dompet yang bisa Mama lakukan. Menggunakan cara-cara yang lebih alami atau katakanlah tradisional bisa jadi pilihan tepat bagimu.

Saya termasuk yang lebih menyukai cara-cara dan bahan alami dalam hal merawat kecantikan. Saya percaya bahwa yang bersumber dari alam lebih memberikan banyak manfaat dari yang kita pikirkan. Kuncinya adalah rutinitas, sebab kita tidak mendapatkan hasil optimal dalam waktu singkat.

Baiklah Mam, itulah beberapa kiat yang dirimu bisa lakukan untuk merasa cantik dan menjadi benar-benar cantik. Merasa cantik bukanlah tujuan atau pencapaian tetapi sesuatu yang kita lakukan setiap hari. Terima kasih sudah membaca hingga selesai! 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : Inilah 9 Tips Kulit Glowing Alami yang Bisa Mama Lakukan

Credit photo: istockphoto.com

References:

oprah.com/spirit/how-to-feel-beautiful-and-boost-confidence/all

elegantlivingeveryday.com/how-to-feel-beautiful-in-your-own-skin/

botanicadayspa.com/7-ways-to-feel-beautiful-in-a-society-obsessed-with-looks/

beautifulwithbrains.com/feeling-beautiful-choice/

theadventurouswriter.com/blog/how-to-feel-beautiful-confident-no-matter-what-you-look-like/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛