Apa Manfaat Menjaga Kesehatan Emosional bagi Mama? 💚


manfaat menjaga kesehatan emosional


Setelah belajar tentang gaya hidup holistik, pelan-pelan saya mulai menyadari dan memahami aspek-aspek penting lainnya diluar kesehatan fisik, salah satunya adalah mengenai kesehatan emosional. Ternyata emosional bukan hanya soal marah seperti yang sebelumnya saya ketahui, tetapi lebih luas lagi cakupannya. Sisi emosional kita ini juga sangat penting untuk diperhatikan.

Mama tentunya mendambakan kehidupan yang sehat, bahagia, dan damai, iya kan? Nah, salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menjaga kesehatan emosional kita. Di artikel kali ini saya akan mengulas apa saja manfaat menjaga kesehatan emosional yang penting untuk Mama ketahui.

Sehat secara emosional artinya Mama bisa menyadari, memahami serta mengelola emosi yang dirasakan dengan baik. Kesehatan emosional ini bisa memengaruhi kesehatan Mama secara menyeluruh, mulai dari fisik, mental, dan spiritual. Itulah sebabnya mengapa Mama perlu memperhatikan dan menjaga kesehatan emosional. Mari selami lebih dalam mengenai kesehatan emosional melalui bahasan menarik di bawah ini! 😊

“Tubuh kita terdiri dari beberapa bagian yang saling terkait dan memengaruhi. Itu sebabnya kita perlu memperhatikan setiap bagian tersebut jika ingin sehat secara utuh”

 

8 Manfaat Menjaga Kesehatan Emosional bagi Mama


Sehat secara emosional bukan berarti Mama bahagia setiap waktu, sebab bagaimanapun hidup mengalami perubahan dan naik turun dari waktu ke waktu. Namun dengan menjaga kesehatan emosional bisa sangat membantu Mama untuk menjalani serta menikmati hidup yang lebih sehat, bahagia, dan damai. Berikut beberapa manfaat menjaga kesehatan emosional yang bisa Mama dapatkan.


1. Meningkatkan kesehatan fisik


Ini merupakan manfaat menjaga kesehatan emosional yang pertama akan dibahas. Emosi yang Mama rasakan seperti rasa senang, takut, sedih, maupun marah secara langsung bisa memengaruhi keadaan fisik. Misalnya, saat Mama merasa sangat senang otomatis fisik pun bisa terasa lebih baik. Sebaliknya saat Mama merasakan takut atau sedih, kesehatan fisik pun bisa menurun.

Kesehatan emosional dan kesehatan fisik saling terkait satu sama lain. Saat kita tidak sehat secara emosional, kekebalan tubuh akan melemah yang akhirnya menyebabkan kesehatan fisik kita menjadi terganggu. Banyak dari masalah kesehatan fisik yang dipicu oleh kesehatan emosional yang tidak baik. Jadi, jika ingin sehat secara fisik maka perhatikan juga kesehatan emosionalmu.

Dulu saat saya belum belajar bagaimana mengelola kesehatan emosional, setiap kali merasa kesal apalagi marah pencernaan saya langsung menjadi tidak nyaman. Ini salah satu bukti bahwa emosional kita berhubungan dengan fisik dan saling memengaruhi.


2. Meningkatkan kesehatan mental


Manfaat menjaga kesehatan emosional yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan mental. Selain memengaruhi fisik, aspek emosional Mama juga bisa berdampak pada kesehatan mental. Ketika mengalami emosi yang tidak baik seperti marah, takut, maupun sedih yang berlebihan maka mental pun akan terganggu.

Sebab pada dasarnya setiap bagian dari dirimu saling berhubungan satu sama lain, mulai dari fisik, mental, emosional hingga spiritual. Itu artinya dengan meningkatkan kesehatan emosional, kita juga bisa menjadi lebih sehat secara mental. Mereka yang bisa mengelola emosinya dengan baik bisa menurunkan risiko terkena depresi maupun gangguan kecemasan.


3. Memperkuat kepercayaan diri


Selain kedua hal di atas, manfaat menjaga kesehatan emosional juga berdampak untuk memperkuat kepercayaan diri. Saat Mama sehat secara emosional, tingkat kepercayaan dirimu akan meningkat. Termasuk kepercayaan diri saat menangani masa-masa yang tidak mudah atau keadaan yang tidak pasti.

Dengan kepercayaan diri yang kuat, Mama memiliki keyakinan bahwa dirimu mampu mengatasi berbagai kondisi yang menjadi tantangan dalam hidupmu. Sebab, hidup tak terlepas dari berbagai ujian. Dan Mama membutuhkan kepercayaan diri yang baik untuk dapat menghadapi dan menjalaninya dengan lebih nyaman.


4. Menjadi lebih tangguh


Manfaat menjaga kesehatan emosional yang berikutnya yaitu menjadikanmu lebih tangguh. Kadang-kadang ada hal yang tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dan menghadapi berbagai ujian hidup seperti kegagalan misalnya bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang.

Namun, mereka yang sehat secara emosional memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah dengan baik, belajar dari pengalaman, dan selalu bisa berusaha bangkit lagi setiap kali terjatuh. Sedangkan mereka yang tidak sehat secara emosional cenderung mudah merasa frustasi dan mudah menyerah ketika menghadapi masa sulit.

Sikap tangguh ini tidak hanya bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah di dalam kehidupan pribadi, tapi juga di tempat kerja atau bisnismu.


5. Meningkatkan produktivitas


Meningkatnya produktivitas merupakan salah satu manfaat menjaga kesehatan emosional yang akan Mama peroleh. Karena saat sehat secara emosional artinya Mama bisa mengelola emosi dengan lebih baik sehingga dirimu menjadi lebih tenang dan tidak mudah stres.

Akhirnya hal ini juga berdampak pada tingkat produktivitas. Menjaga kesehatan emosional akan membuat kinerjamu menjadi lebih baik dalam beraktivitas termasuk bekerja.

Menurut sebuah laporan dari World Health Organization (WHO), terdapat sekitar 200 juta hari kerja yang hilang setiap tahun karena permasalahan depresi. Depresi ini merupakan salah satu gangguan emosional yang berkepanjangan. Laporan tersebut menunjukkan bahwa kesehatan emosional memengaruhi kinerja karyawan.


6. Memiliki hubungan yang lebih baik


Manfaat menjaga kesehatan emosional berikut ini juga penting untuk Mama dapatkan. Mama tentu ingin memperoleh hubungan dengan ikatan emosional yang kuat, kepercayaan yang baik, serta saling mendukung. Ini semua bisa lebih mudah terwujud saat Mama memiliki kesehatan emosional yang baik.

Sebab sehat secara emosional akan membuatmu memiliki sikap empati yang berdampak pada hubunganmu dengan orang-orang di sekeliling. Sikap ini membuat Mama dapat melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain serta membayangkan dirimu berada pada posisi orang tersebut. Hal ini pada akhirnya menjadikan Mama mampu memahami perasaan orang lain dengan lebih baik.


7. Membantu mencapai kesuksesan


Menurut American Psychological Association, kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh kesehatan emosionalnya. Bukan hanya untuk kesuksesan dalam hubungan interpersonal (antar pribadi) saja, tapi juga untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan profesional.

Banyak yang menganggap bahwa kesuksesan diperlukan untuk mencapai kebahagiaan. Namun, kenyataannya sebaliknya, kebahagiaan lebih dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Orang-orang yang bahagia dalam arti sehat emosional, lebih besar peluangnya untuk sukses daripada orang yang tidak sehat secara emosional.

Sebab kesehatan emosional bisa memengaruhi caramu melalui berbagai situasi atau tantangan dalam hidup serta bagaimana menyikapi orang lain. Dan hal ini sangat penting untuk mendukung kesuksesanmu.


8. Hidup lebih bahagia


Mereka yang sehat secara emosional artinya bisa memahami dan mengelola emosinya dengan lebih baik. Dan hal ini akhirnya bisa berdampak pada meningkatnya kebahagiaan.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 2000 orang di delapan negara dan dipublikasikan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa saat kita memiliki emosi negatif, kita cenderung merasa tertekan dan tidak bahagia.

Itu sebabnya penting bagimu untuk sehat secara emosional agar lebih banyak memiliki emosi positif yang kemudian membuatmu lebih mudah merasa bahagia.

Demikian beberapa keuntungan yang bisa Mama peroleh dari menjaga kesehatan emosional. Setelah mengetahui berbagai manfaat di atas semoga Mama menjadi makin semangat untuk menjaga kesehatan emosional. Saya pun hingga saat ini masih terus belajar untuk bisa makin sehat secara emosional. Yuk, sama-sama belajar, Mam! 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 7 Cara Menjaga Kesehatan Otak yang Penting untuk Mama Lakukan

Credit photo: crushpixel.com

References:

betterhelp.com/advice/mindfulness/why-is-emotional-wellness-so-important/

bachremedies.com/en-us/explore/blog/2018/the-importance-of-focusing-on-your-emotional-wellbeing/

genesisrecovery.com/emotional-wellness-in-recovery/

wellright.com/blog/5-reasons-to-include-emotional-wellness-in-wellness-programs

wakecounseling.com/therapy-blog/emotional-health-is-equally-important-to-physical-health


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛