Bagaimana Cara Membahagiakan Diri Sendiri? Berikut Ulasannya, Mam! 💛


cara membahagiakan diri sendiri


Dulu, satu waktu pernah ada yang berkata seperti ini pada saya, “Karena kamu saya tidak bahagia!”. Saya sempat memikirkan kalimat tersebut. Dalam hati saya tidak menyetujui kalimat itu. Menurut saya, ketika kita tidak bahagia itu bukanlah kesalahan orang lain. Kebahagiaanmu adalah tugasmu untuk membangunnya dalam dirimu. Bagaimana menurutmu? 😊

Sebab kebahagiaanmu tidak bergantung kepada orang lain, bukan juga tergantung pada hal-hal yang eksternal atau diluar dirimu (materi misalnya). Bangun kebahagiaan dalam dirimu sendiri. Membahagiakan diri sendiri itu penting agar Mama bisa menjalani hidup dengan lebih menyenangkan dan bermakna.

Hidup juga tidak terlepas dari “ujian”, namun jika Mama bahagia maka apapun kesulitannya semua bisa dihadapi dengan lebih mudah. Lalu, bagaimana cara membahagiakan diri sendiri? Di artikel kali ini akan dibahas berbagai cara yang bisa Mama lakukan untuk bahagia.


10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri


Percayalah, Mama tidak membutuhkan bantuan orang lain untuk membuatmu bahagia. Karena pada dasarnya Mama sendirilah yang memegang kendali tersebut, apakah Mama bahagia atau tidak. Kuncinya adalah tekad dan usaha untuk menumbuhkan kebahagiaan itu. Yuk, coba lakukan beberapa cara membahagiakan diri sendiri berikut ini!


1. Katakan hal-hal baik terhadap diri sendiri


Ini merupakan cara membahagiakan diri sendiri yang pertama dalam daftar ini. Biasakan hanya mengatakan hal-hal baik terhadap diri sendiri. Kata-kata yang Mama ucapkan dalam kepalamu ternyata memengaruhi kebahagiaanmu. Bukankah Mama bahagia saat orang lain berbicara hal-hal baik tentang dirimu? Ya, itu pula yang terjadi jika Mama melakukannya terhadap diri sendiri.

Saat Mama mengatakan hal-hal yang buruk/negatif terhadap diri sendiri meski itu hanya dalam hati, maka otakmu akan memercayai hal tersebut. Dan pada akhirnya emosimu akan terpengaruh sehingga suasana hati menjadi buruk. Sebaliknya, saat Mama mengatakan hal-hal yang baik, pikiranmu pun akan jadi positif dan hati bahagia.

“Kata-kata yang kita ucapkan terhadap diri sendiri dapat memengaruhi perasaan yang kemudian berdampak pula pada suasana hati maupun emosi kita”


2. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain


Tidak membandingkan dirimu dengan orang lain juga termasuk cara membahagiakan diri sendiri yang perlu Mama lakukan. Apakah Mama termasuk yang suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain? Saat melihat kehidupan orang lain lebih indah, lebih bahagia, ataupun lebih sukses dari kehidupan kita, di saat itu pula kita merasa tidak nyaman terhadap diri sendiri. Benar begitu, Mam?

Perlu Mama ingat bahwa setiap orang menjalankan kehidupan yang berbeda. Kesuksesan, kebahagiaan, hingga ujian masing-masing orang tidaklah sama. Jadi jangan jadikan kehidupan orang lain sebagai tolok ukur untuk menilai kemajuan hidupmu.

Zaman sekarang sosial media seringkali menjadi pemicu begitu mudahnya seseorang membandingkan kehidupannya dengan orang lain. Belajarlah untuk menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil/sederhana yang terjadi dalam hidupmu termasuk dalam keseharian.


3. Selalu maafkan diri sendiri


Cara membahagiakan diri sendiri yang selanjutnya yaitu selalu maafkan diri sendiri. Saat kita melakukan kesalahan, terkadang kita menyalahkan diri sendiri dan memendam rasa bersalah terlalu lama. Pada akhirnya rasa bersalah tersebut akan membuat kita merasa tidak enak dan tidak nyaman terhadap diri sendiri. Hal inilah yang menjadi penghambat kita untuk bahagia.

Lain kali saat Mama melakukan kesalahan cobalah untuk merenungkannya kemudian akui kesalahan tersebut. Tidak perlu malu mengakuinya sebab manusia tidak luput dari kesalahan. Hal apa yang bisa Mama pelajari dari kesalahan itu dan bagaimana agar Mama bisa bersikap lebih baik lagi ke depannya.

Setelah itu maafkan dirimu atas kesalahan tersebut. Jika kesalahan tersebut melibatkan orang lain maka jangan ragu untuk meminta maaf agar Mama lebih lega.

Memaafkan diri sendiri merupakan hal yang saya pelajari belakangan ini. Saya berusaha memahami dan menerima bahwa saya memiliki kekurangan dan tidak luput dari kesalahan. Ternyata rasanya sangat melegakan setelah kita bisa memaafkan diri sendiri. 😌

4. Hindari orang yang membuatmu merasa negatif


Ini juga termasuk salah satu cara membahagiakan diri sendiri yang bisa Mama lakukan. Sebisa mungkin hindarilah orang yang membuatmu merasa negatif atau merasa tidak nyaman terhadap diri sendiri. Terkadang mereka ini adalah orang-orang di sekitarmu. Orang-orang seperti itu bisa memberikan pengaruh atau energi yang tidak baik bagi dirimu sehingga membuatmu tidak mudah bahagia.

Jika tidak memungkinkan bagimu untuk menghindari orang tersebut sepenuhnya, setidaknya Mama bisa membatasi diri untuk tidak terpengaruh dengan orang tersebut. Ingatlah, di dunia ini ada banyak orang lain yang memiliki energi positif. Orang-orang seperti itulah yang perlu Mama prioritaskan untuk berada di sekelilingmu.


5. Prioritaskan kesehatanmu


Cara membahagiakan diri sendiri yang satu ini juga penting, Mam. Jika Mama sehat maka Mama akan lebih mudah merasa bahagia. Jadi, prioritaskan kesehatanmu. Jalankan gaya hidup sehat, mulai dari pola makan sehat, rutin olahraga, tidur yang berkualitas, hingga minimalkan stres.

Memprioritaskan kesehatan juga termasuk wujud dari cinta terhadap diri sendiri. Mengutamakan kesehatan pada akhirnya bukan hanya membuatmu lebih baik secara fisik tapi juga secara mental.

Namun, bukan berarti Mama harus melakukannya dengan sempurna, ya. Tidak apa jika sesekali Mama menikmati makanan yang tidak termasuk makanan sehat, atau mungkin ada kalanya Mama merasa malas olahraga dan ingin bermalas-malasan. Selama Mama tidak menjadikannya kebiasaan dan ingat untuk kembali lagi pada gaya hidup sehatmu.


6. Jadikan tempatmu menghabiskan sebagian besar waktumu menjadi senyaman mungkin


Bisa jadi Mama tidak memikirkan hal yang satu ini sebagai cara membahagiakan diri sendiri. Tapi ternyata kenyamanan tempat dimana Mama menghabiskan sebagian besar waktumu bisa memengaruhi kebahagiaanmu. Tempat yang rapi, bersih, dan sesuai dengan seleramu akan membuatmu lebih nyaman dan senang.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang akan tidur lebih nyenyak di kamar yang indah, rapi, serta dilengkapi tempat tidur yang nyaman. Begitupun dengan ruangan kerja, seseorang akan lebih produktif saat bekerja di ruangan yang rapi dan tertata dengan baik.

Jadi, sekarang coba cek ruangan tempatmu bekerja atau kamarmu, apakah sudah nyaman? Tak ada salahnya jika Mama coba mendekorasi ulang atau berinvestasi pada furnitur yang lebih nyaman dan Mama sukai.


7. Luangkan waktu untuk bersenang-senang


Saat pekerjaan membuat kita terlalu sibuk seringkali kita lupa meluangkan waktu untuk bersenang-senang karena terlalu fokus pada pekerjaan. Terlepas dari seberapa banyak penghasilan kita atau seberapa besar rasa cinta kita terhadap pekerjaan, jangan lupa bahwa otak juga butuh waktu untuk santai. Otak akan lelah jika terus menerus bekerja.

Sebisa mungkin luangkan waktu setiap harinya untuk mengistirahatkan otak setelah seharian bekerja. Ini akan membuat suasana hati lebih baik dan Mama akan mudah untuk bahagia. Lakukanlah aktivitas favorit yang membuatmu merasa lebih santai dan menjauhkan pikiranmu dari pekerjaan untuk sementara waktu.


8. Menghargai diri sendiri


Mama bukan hanya perlu menghargai orang lain tapi juga diri sendiri. Coba pikirkan hal-hal apa saja yang sudah Mama lakukan dengan baik hari ini. Apakah itu menyelesaikan pekerjaan, menyiapkan makanan untuk keluarga, atau sikap baikmu terhadap tetangga.

Apresiasilah dirimu atas setiap pencapaian maupun perbuatan baik yang telah Mama lakukan. Hal ini dapat meningkatkan suasana hatimu jadi lebih baik dan bersemangat.


9. Gunakan foto wallpaper hp yang mengingatkan tentang impianmu


Meski tampak sepele namun hal ini juga bisa membantu membuatmu lebih mudah bahagia. Manfaatkan wallpaper komputer atau smartphone untuk mengingatkanmu mengenai impian-impian ataupun hal-hal bahagia dalam hidupmu. Ini bisa foto orang yang Mama cintai, kalimat motivasi favoritmu, maupun gambar yang berkaitan dengan impianmu.

Saat Mama merasa lelah atau suasana hati sedang kurang baik, cobalah ambil waktu sejenak untuk menikmati gambar tersebut. Hal ini akan membuatmu lebih rileks dan bahagia. Agar tidak bosan, gantilah gambar tersebut secara berkala, misalnya satu minggu atau satu bulan sekali.


10. Menemukan keseimbangan hidup


Terakhir, jangan lupa untuk menemukan keseimbangan dalam hidupmu. Terkadang seseorang bekerja keras untuk mengejar impian yang mereka pikir akan membuat mereka bahagia. Namun, kebahagiaan yang sesungguhnya ada pada saat ini.

Jadi, jangan korbankan kehidupanmu saat ini untuk mengejar sesuatu secara berlebihan apalagi jika itu hanya untuk materi. Sebab kebahagiaan yang sesungguhnya tidak datang dari banyaknya materi yang kita miliki.

Agar Mama betul-betul bahagia, temukan keseimbangan dalam hidupmu. Kecukupan materi memang dibutuhkan namun Mama perlu menyeimbangkannya dengan faktor-faktor lain yang bisa meningkatkan kebahagiaan, seperti kesehatan yang baik, hubungan keluarga yang harmonis, kedamaian spiritual, dan lain-lain. Lihatlah kebahagiaanmu secara menyeluruh, mulai dari kebahagiaan fisik, mental, emosional, dan spiritual.

Mama bisa lakukan cara-cara di atas secara bertahap dan lihat cara mana yang paling cocok untukmu. Bisa jadi cara-cara tersebut tidak langsung memberi efek bahagia secara cepat. Namun, yakinlah bahwa dengan menerapkan cara-cara di atas secara konsisten akan membuatmu lebih mudah bahagia. Selamat mencoba, Mam! 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 6 Cara Meningkatkan Kesehatan Spiritual agar Mama Bahagia 😍


Credit photo: stock.adobe.com

References:

lifehack.org/885684/how-to-make-yourself-happy

psychologytoday.com/us/blog/changepower/201607/10-ways-make-yourself-happier-in-30-seconds-or-less

verywellmind.com/how-to-be-happy-an-introduction-3144720


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛