11 Tips Awet Muda Secara Alami yang Perlu Mama Terapkan 💖


tips awet muda secara alami


Salah satu cara saya supaya terlihat lebih muda dari usia saya sekarang adalah, “tidak pernah merasa tua” (sebagaimana usia yang sebenarnya). Saya selalu merasa kalau saya masih muda, bahkan saya suka merasa bahwa usia saya sekarang dua dekade lebih muda dari yang sebenarnya. 🙂

Ada yang bilang bahwa umur hanyalah sebuah angka. Sebab saat Mama bisa merawat diri dengan baik, bukan tidak mungkin Mama bisa tetap terlihat muda meski secara usia sudah tidak muda lagi. Betul kan, Mam? Menjadi lebih tua secara usia merupakan bagian dari hidup yang pasti akan Mama rasakan.

Kita tidak bisa mengubah umur, tapi kita bisa berusaha untuk terlihat lebih awet muda. Alih-alih menggunakan cara-cara yang tidak alami untuk membuat Mama terlihat lebih muda, berikut ini ada beberapa tips awet muda secara alami yang bisa Mama terapkan. Selamat menyimak! 


11 Tips Awet Muda Secara Alami


Sejatinya penuaan tidak bisa dihindari, namun jika kita bisa memperlambat penuaan dan terlihat awet muda mengapa tidak? Terlihat awet muda akan membantu meningkatkan rasa bahagiamu. Saat bercermin melihat betapa terawatnya dirimu tentu Mama merasa bahagia, bukan? Jadi lakukanlah beberapa tips awet muda secara alami berikut ini untuk dirimu sendiri!


1. Minimalkan stres


Tips awet muda secara alami yang pertama adalah minimalkan stres. Ya, hal ini memang tidak semudah seperti membuka bungkus coklat. Sebab stres memang tidak sepenuhnya bisa kita dihindari, tapi setidaknya Mama bisa meminimalkannya. Mengapa begitu penting meminimalisir stres?

Stres sangat memengaruhi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan, termasuk mempercepat penuaan. Berusahalah untuk lebih bersikap “take it easy” (tenang saja) saat menjalani hidup, khususnya saat Mama dihadapkan pada masalah. Coba luangkan lebih banyak waktu untuk santai menikmati napasmu dan biarkan segala kekhawatiran berlalu. Hal ini akan membuatmu tidak mudah stres.

Selain itu, Mama juga perlu mengelola waktumu dalam menggunakan ponsel. Menurut penelitian yang dipublikasikan di UCHealth Today, terlalu banyak mengecek serta berinteraksi dengan ponsel bisa meningkatkan risiko stres dan kecemasan. Jadi luangkan waktu untuk beristirahat dari penggunaan ponsel agar Mama tidak mudah stres dan cemas.

“Teknologi hadir untuk memberimu manfaat dan kemudahan maka gunakan sebaik mungkin. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, maka gunakan hanya untuk hal-hal yang bermanfaat”

 

2. Tidur yang cukup dan berkualitas


Hal ini juga termasuk salah satu tips awet muda secara alami yang perlu Mama terapkan. Usahakan tidur malam yang cukup dan berkualitas setiap harinya dan hindari kebiasaan tidur terlalu larut malam. Tidur yang cukup dan berkualitas tak hanya penting untuk kesehatan fisik dan mental tapi juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Menerapkan pola tidur yang sehat akan membantu memperlambat munculnya kerutan dan mencegah lingkaran hitam di bagian mata. Selain itu, kebiasaan kurang tidur juga bisa menyebabkan kehilangan jaringan otak yang memengaruhi memori serta kemampuan belajar.

Saat tidur, tubuhmu melepaskan hormon yang mendorong pergantian serta pembaruan sel. Itu sebabnya Mama perlu tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya untuk tetap sehat dan awet muda.


3. Penuhi asupan cairan yang cukup


Tips awet muda secara alami selanjutnya yaitu penuhi asupan cairan yang cukup untuk tubuh. Minumlah air putih yang cukup setiap harinya untuk membantu menjaga kulit tetap kenyal dan mendukung kesehatan tubuhmu yang optimal. Asupan cairan bukan hanya bisa diperoleh dari air putih saja, Mama juga bisa mendapatkannya dari jus buah, air kelapa, susu kelapa, atau minuman coklat. *Yang paling terakhir adalah favorit saya 🙂

Kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi) bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan berkerut. Saat tubuh terhidrasi dengan baik jaringan dan sel kulit akan terjaga dengan baik dan memungkinkan kulit terlihat lebih sehat dan awet muda.


4. Minimalkan gula


Bisa jadi tips awet muda secara alami yang satu ini tidak mudah dilakukan bagimu yang merupakan penggemar makanan dan minuman manis. Tak bisa dipungkiri jika mengonsumsi makanan manis memang bisa membuat kita merasa senang.

Namun kesenangan ini jangan berlebihan, sebab kebanyakan gula bisa membuat seseorang lebih cepat terlihat tua. Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan peningkatan jerawat, munculnya kerutan, serta mengendurnya kulit dagu dan leher.

Selain itu, perhatikan juga jenis gula yang dikonsumsi. Sebaiknya pilihlah jenis gula alami untuk dikonsumsi, seperti gula yang berasal dari buah-buahan, madu, gula kelapa maupun gula aren.


5. Minimalkan makanan tidak sehat


Tips awet muda secara alami yang berikutnya adalah hindari atau setidaknya minimalkan konsumsi makanan yang tidak sehat. Rutin mengonsumsi makanan yang tidak sehat tak hanya membuatmu bermasalah dengan berat badan tapi juga berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh dan mental. Bukan hanya itu, makanan tidak sehat juga bisa mempercepat proses penuaan sel.

Contoh makanan tidak sehat yang perlu Mama minimalkan sebisa mungkin, diantaranya gorengan, makanan kalengan, jeroan, serta frozen food, fast food, dan ultra processed food yang mengandung pengawet serta bahan-bahan tambahan lain seperti pewarna sintetik, perasa sintetik, hingga tinggi garam maupun MSG.

Memang ya Mam, makanan yang sebenarnya kurang baik untuk tubuh kita itu seringkali tidak mudah untuk sepenuhnya kita hindari. Saya pun hingga saat ini masih terus belajar untuk bisa lebih memiliki kontrol yang baik dalam hal makanan. Buat saya targetnya bukan untuk betul-betul menghindari makanan tersebut, tapi lebih kepada berusaha meminimalkan dan membuat pilihan yang lebih baik 🙂


6. Olahraga


Olahraga merupakan salah satu tips awet muda secara alami yang penting untuk Mama lakukan secara rutin. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu memperlambat proses penuaan sel. Olahraga juga akan meningkatkan aliran darah, mengalirkan oksigen dan nutrisi ke dalam sel-sel yang bekerja di dalam tubuh termasuk kulit, sehingga membuat penampilanmu terlihat lebih awet muda.

Tentu saja manfaat olahraga bukan hanya untuk memperlambat proses penuaan saja, olahraga juga sangat mendukung kesehatanmu secara keseluruhan, baik tubuh dan mental. Itu sebabnya penting bagimu untuk tetap aktif bergerak khususnya dengan cara berolahraga.

Menurut penelitian, terlalu banyak berdiam (tidak melakukan aktivitas fisik) berkontribusi pada penuaan dini. Sebuah studi yang dipublikasikan pada American Journal of Epidemiology menyatakan bahwa wanita yang tidak banyak bergerak secara biologis bisa menjadi terlihat lebih tua beberapa tahun dari usia yang sebenarnya.


7. Lakukan Me Time


Me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri bermanfaat untuk kesehatan mental dan emosional. Melakukan me time akan meningkatkan rasa bahagia. Dan menurut Harvard Health Publishing, emosi positif berupa rasa bahagia tersebut akan membantumu hidup lebih sehat dan panjang umur.

Me time ini bisa berupa apa saja yang Mama sukai, apakah itu membaca buku favorit, mendengarkan musik sambil menari-nari, atau menonton film kesukaanmu. Jika bosan dengan aktivitas me time Mama, cobalah belajar hal-hal baru yang Mama sukai atau berkaitan dengan hobimu.

Misalnya, belajar fotografi, belajar bahasa asing, ataupun belajar memainkan alat musik. Mempelajari keterampilan baru bermanfaat untuk otak, tepatnya meningkatkan fungsi kognitif yang seringkali menurun seiring bertambahnya usia.


8. Berkumpul dengan orang-orang positif


Memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang yang Mama cintai, seperti pasangan, sahabat, atau saudara dekat ternyata memberi efek positif untuk membantu menurunkan stres, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kekebalan tubuh serta suasana hati. Pada akhirnya semua itu akan membantumu untuk memperlambat penuaan.

Namun Mama juga perlu memastikan bahwa orang-orang terdekat di sekelilingmu tersebut memiliki energi positif. Orang-orang yang memiliki energi negatif seperti sering mengeluh, senang bergosip, serta mudah menghakimi orang lain akan memberi pengaruh buruk pada dirimu, salah satunya meningkatkan stres.


9. Gunakan pelembap


Tips awet muda secara alami berikut ini sangat penting untuk Mama lakukan secara rutin setiap hari. Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang menunjukkan banyak hal mengenai kesehatan dan usiamu. Untuk membantu mencegah penuaan dini, American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk rutin membersihkan muka dan menggunakan pelembab.

Pelembap berfungsi untuk menghidrasi kulit, membuatnya tetap lembut dan kenyal, serta mengurangi munculnya kerutan. Selain itu, penting juga untuk memilih produk skin care yang menggunakan bahan-bahan alami agar Mama memperoleh manfaat optimal.


10. Meditasi


Aktivitas yang satu ini telah populer sejak ribuan tahun lalu karena manfaatnya untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Meditasi diketahui dapat menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, serta mencegah berbagai penyakit kronis. Tapi tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja, meditasi juga bisa meningkatkan kreativitas, mengurangi stres, dan membuatmu lebih damai.

Dengan banyaknya manfaat tersebut tentunya akan berdampak pula terhadap proses penuaan. Mama akan terlihat lebih muda secara alami saat hidup sehat, bahagia, dan damai. Jadi luangkan waktu minimal 10 hingga 15 menit setiap harinya untuk bermeditasi.


11. Jaga berat badan


Menjaga berat badan yang ideal juga merupakan salah satu kunci untuk terlihat awet muda. Pertahankan berat badan idealmu agar tetap ramping terutama pada bagian perut.

Kelebihan berat badan bukan hanya memengaruhi penampilan fisikmu saja, tapi juga meningkatkan risiko terkena penyakit seperti diabetes maupun penyakit jantung. Menjaga berat badan bisa dilakukan dengan cara berolahraga secara rutin dan membiasakan pola makan sehat dalam keseharian.

Bagaimana, Mama siap untuk terlihat lebih awet muda? Silakan terapkan beberapa tips awet muda secara alami di atas, ya!

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~ 

Inspirasi lainnya: 9 Manfaat Menggunakan Kosmetik Berbahan Alami 😍


Credit photo: istockphoto.com

References:

theactivetimes.com/healthy-living/healthy-habits-stay-young/slide-35

vitamedica.com/wellness-blog/how-to-stay-young-20-tips-to-look-feel-younger/

pureluxemedical.com/blog/8-ways-to-maintain-a-youthful-appearance


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛