Menyederhanakan Hidup bisa Membuat Mama Lebih Damai. Ini Caranya! 🤍


cara menyederhanakan hidup

Mam, apakah saat ini kamu merasa damai dalam dirimu? Damai artinya tenang, tenteram, atau aman. Damai ini bukan berarti Mama selalu merasa tenang setiap saat secara sempurna. Karena hidup pastinya tidak terlepas dari berbagai kejadian yang tidak sesuai keinginan. Tapi, kalau dalam hidupmu kamu merasa tenteram dan bisa berusaha tetap tenang saat menghadapi kejadian yang tak diharapkan, maka itulah hidup yang damai. 

Salah satu cara penting yang bisa Mama lakukan untuk membuatmu lebih damai adalah dengan menyederhanakan hidupmu. Menyederhanakan hidup akan membuat hidupmu terasa lebih mudah untuk dijalani dan pada akhirnya bisa menghadirkan kedamaian dalam dirimu. Lalu, bagaimana caranya untuk menyederhanakan hidup? Yuk, simak ulasannya di bawah ini hingga selesai ya, Mam!


Lakukan 5 Cara Menyederhanakan Hidup Berikut Ini supaya Mama Lebih Damai


Saya menyadari dan memahami bahwa di zaman seperti sekarang ini untuk menjadi benar-benar damai adalah sesuatu yang sering kali tidak mudah. Sebab ada banyak sekali informasi di sekitar kita, terutama yang diperoleh melalui sosial media. Informasi yang terlalu banyak apalagi jika tidak positif pada akhirnya hanya membuat seseorang menjadi kewalahan karena begitu banyaknya pilihan dan pikiran pun terasa semakin penuh. Begitukah, Mam?

Namun, kita tidak bisa mengendalikan informasi yang beredar maupun apa yang terjadi di luar diri kita, yang bisa kita lakukan adalah mengendalikan dan mengatur diri kita supaya semakin baik menjalani hidup. Salah satu caranya dengan melakukan beberapa cara menyederhanakan hidupmu berikut ini. 😊


1. Buat jadwal (prioritas) harianmu


Cara pertama yang bisa Mama lakukan untuk menyederhanakan hidup yaitu dengan membuat jadwal atau prioritas harianmu. Mama tentu setuju kalau waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, iya kan? Seseorang bisa mengejar kesuksesan maupun materi hingga setinggi mungkin namun tidak demikian untuk waktu. Waktu yang kita miliki terbatas, kita tidak bisa menambah waktu yang kita miliki. Namun, kita bisa mengelola waktu tersebut dan menggunakannya sebaik mungkin. 

Lalu, bagaimana cara mengelola waktu yang kamu miliki? Buatlah prioritas harianmu. Prioritas adalah sesuatu yang diutamakan dan didahulukan daripada yang lainnya. Jadi, buatlah daftar aktivitas-aktivitas penting yang dirimu prioritaskan untuk dilakukan terlebih dahulu pada hari tersebut. Dengan membuat prioritas seperti ini, kamu akan menggunakan waktumu untuk hal-hal yang benar-benar penting untuk dilakukan. 

Dalam prioritas harianmu jangan lupa untuk memasukkan aktivitas me time kesukaanmu. Me time ini sangat penting untuk membuatmu terhubung dengan diri sendiri. Waktu yang dirimu luangkan khusus untuk diri sendiri merupakan waktu yang paling penting sebelum waktu yang kamu berikan untuk orang di sekitarmu. 😉

Satu hal lagi, dalam membuat prioritas harian sebaiknya pastikan daftar aktivitas tersebut tidak terlalu banyak. Sehingga dirimu bisa melakukan aktivitas tersebut satu persatu dengan lebih tenang dan nyaman. Berikan jeda untuk dirimu bersantai sejenak setiap selesai melakukan satu aktivitas sebelum melakukan aktivitas selanjutnya. 

Ketika dirimu menggunakan waktumu -setidaknya sebagian besar waktumu- dengan lebih bijak yaitu hanya untuk hal-hal yang penting dan bermanfaat untukmu, kamu akan merasa hidupmu lebih nyaman. Yuk, buktikan! 


2.  Minimalkan informasi yang kamu terima khususnya dari sosial media


Menerima terlalu banyak informasi, terutama informasi yang tidak positif bisa menguras energi mental (pikiranmu). Dan ketika energi mentalmu terkuras, kamu akan merasa lelah dan tidak mudah berpikir jernih sehingga hidup pun terasa tidak nyaman. Maka dari itu berusahalah untuk mengelola pikiranmu dengan meminimalkan informasi tidak positif yang kamu terima setiap harinya, khususnya yang kamu lihat di sosial media.

Dengan meminimalkan informasi negatif yang dirimu terima setiap harinya, ini sama artinya dengan memberikan lebih banyak ruang untuk informasi yang positif. Sebab, kalau kamu sudah terlalu banyak menerima informasi negatif dan pikiranmu menjadi penuh, tentu tidak ada ruang lagi untuk pikiranmu bisa menerima informasi positif. Benar, kan? 

Coba pikirkan, daripada menggunakan energi mentalmu untuk informasi-informasi yang tidak bermanfaat untuk dirimu, pastinya akan jauh lebih baik jika kamu menggunakannya untuk memikirkan hal-hal yang penting untukmu. 

Mama bisa melatih pikiranmu untuk terbiasa fokus pada hal-hal yang positif, salah satu caranya yaitu dengan meminimalkan informasi yang negatif dalam keseharianmu. Hal ini akan memudahkanmu untuk berpikir positif. Dan saat pikiranmu lebih positif maka hidupmu pun terasa lebih simpel dan mudah. 💃


3.  Lakukan satu aktivitas dalam satu waktu


Cara yang satu ini juga bisa membuat hidup Mama menjadi terasa lebih sederhana alias simpel. Sebisa mungkin lakukanlah hanya satu aktivitas dalam satu waktu atau yang disebut single tasking. Kamu tidak perlu melakukan single tasking ini setiap saat, cukup lakukan di sebagian besar aktivitasmu. Jika dirimu belum terbiasa melakukannya, cobalah perlahan atau secara bertahap. Mulailah sedikit demi sedikit mengurangi multi tasking (melakukan beberapa aktivitas dalam satu waktu) dan menggantinya dengan single tasking. 

Misalnya, ketika dirimu sedang melakukan pekerjaanmu (di depan komputer), tunda dulu aktivitas-aktivitas lainnya, apakah itu menikmati camilan, membalas pesan chat, mengecek notifikasi di smartphone, dan lain-lain. Hal ini akan membuatmu lebih fokus dan bisa menikmati apa yang sedang kamu lakukan pada saat itu. 

Saya pun dulu termasuk yang gemar melakukan multi tasking hingga akhirnya saya menyadari bahwa hal ini bukanlah kebiasaan yang baik untuk dilakukan terus menerus. Maka dari itu saya berusaha mengubah kebiasaan ini dengan cara menggantinya dengan single tasking. Meski saya tidak selalu melakukan single tasking saat beraktivitas, tapi saya berusaha untuk lebih banyak melakukannya daripada multi tasking. Cara ini membuat pikiran saya bisa lebih "hadir" dalam aktivitas yang saya lakukan. Coba deh, Mam!


4.  Hanya menyimpan sesuatu yang benar benar penting untukmu


Tahukah dirimu Mam, bagaimana lingkungan di sekitarmu terutama tempat tinggal (rumahmu) ternyata bisa memengaruhi pikiran dan perasaanmu. Rumah yang bersih dan rapi akan membuat pikiranmu terasa lebih ringan dan nyaman. Salah satu cara yang bisa dirimu lakukan untuk membuat rumah terlihat rapi dan bersih adalah dengan mengurangi barang-barang yang tidak benar-benar penting atau tidak lagi diperlukan olehmu. 

Menyimpan terlalu banyak barang, terutama jika barang tersebut tidak memberikan manfaat lagi untukmu hanya akan membuat rumah menjadi terlihat penuh dan tidak nyaman. Menjaga rumah tetap rapi dan bersih sangat penting untuk mendukung kenyamanan dan ketenangan pikiranmu. 

Coba bayangkan saat dirimu pulang ke rumah setelah beraktivitas seharian di luar rumah dan mendapati rumah berantakan, penuh dengan barang-barang yang sebenarnya tidak bermanfaat. Apa yang kamu rasakan saat melihat itu semua? Tidak nyaman, bukan? Tapi coba bayangkan lagi, ketika kamu pulang ke rumah dan melihat rumah rapi, tidak ada barang-barang tidak bermanfaat yang menumpuk sehingga ruangan pun terlihat lebih bersih. Bagaimana perasaanmu? Lebih nyaman dan tenang kan, Mam? 😍


5.  Prioritaskan membeli karena kebutuhan bukan keinginan


Cara terakhir dalam daftar ini untuk menyederhanakan hidupmu adalah dengan mengendalikan keinginanmu dalam membelanjakan uangmu. Berusahalah untuk membeli karena kebutuhan bukan hanya karena keinginan. Prinsip ini akan sangat membantu untuk mengendalikan kebiasaan belanja supaya tidak berlebihan. 

"Semakin simpel caramu membelanjakan uangmu maka hidupmu juga menjadi semakin terasa mudah".

Selain itu, membeli banyak barang yang sebenarnya tidak terlalu dirimu perlukan pada akhirnya akan membuat tumpukan barang yang tidak benar-benar bermanfaat. Ingat poin sebelumnya, memiliki banyak barang yang tidak bermanfaat di sekitarmu bisa memengaruhi kenyamanan pikiranmu.

Baiklah, demikian beberapa cara menyederhanakan hidup yang penting untuk Mama coba. Mulai dari langkah yang paling mudah dan lakukan secara bertahap, ya! Semoga berhasil! Terima kasih sudah membaca hingga selesai 😍


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : Apa Tujuan Hidupmu? Ini 5 Cara Simpel untuk Mama Mengetahuinya!  


Credit image: freepik.com

Inspiring references:

psychologytoday.com/intl/blog/what-mentally-strong-people-dont-do/201807/5-ways-simplify-your-life

itsmyfavoriteday.com/simplify-your-life/

zenhabits.net/simplify5/

mercyk.com/how-to-simplify-life/

unclutteredsimplicity.com/ways-to-simplify-your-life/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛