Apa Tujuan Hidupmu? Ini 5 Cara Simpel untuk Mama Mengetahuinya! 💛


cara mudah mengetahui tujuan hidup

Dulu, kalau ada orang bicara mengenai tujuan hidupnya maka saya sendiri bertanya-tanya, apa tujuan hidup saya? Apa semua orang punya tujuan hidup? Kenapa orang lain mengetahui tujuan hidupnya sedangkan saya tidak? Dari sanalah saya kemudian ingin tahu apa tujuan hidup saya. Karena kalau orang lain bisa mengetahui apa tujuan hidupnya maka saya pun pasti bisa. Begitu pula dirimu, Mam 😉

Namun untuk mengetahui apa tujuan hidup ini, memang membutuhkan proses. Tenang, prosesnya cukup mudah dan sederhana, kok. Di artikel kali ini saya ingin membantumu mengetahui apa tujuan hidupmu. Karena mengetahui tujuan hidup ini sangat penting untuk membuat hidupmu lebih bermakna dan terarah sehingga kamu jadi lebih bahagia dan termotivasi menjalaninya. 

Tujuan hidup ini hanya dirimulah yang bisa mengetahuinya, bukan orang lain. Jadi, jika Mama ingin mengetahui apa tujuan hidupmu, berusahalah untuk mencari tahu melalui dirimu sendiri. Yuk, langsung saja baca terus artikelnya sampai selesai ya, supaya kamu bisa mulai mencari tahu apa tujuan hidupmu. 


5 Cara Simpel untuk Mama Mengetahui Apa Tujuan Hidupmu


Coba dirimu pikirkan. Hidup itu ibarat sebuah perjalanan, di mana dirimu terus berjalan melewati waktu. Kamu butuh tujuan dalam perjalananmu supaya kamu tahu ke mana arah langkahmu. Dengan memiliki tujuan, perjalanan hidupmu menjadi lebih fokus dan jelas (terarah), yang pada akhirnya membuatmu merasa hidupmu lebih berarti. Ini yang saya rasakan setelah mengetahui apa tujuan hidup saya 💃

Mama juga ingin hidupmu lebih berarti, bukan? Berikut beberapa cara simpel yang perlu dirimu lakukan untuk mengetahui tujuan hidupmu.


1.  Yakin bahwa setiap orang lahir ke dunia ini dengan sebuah misi (yaitu tujuan hidupmu)


Cara pertama yang perlu Mama lakukan untuk mengetahui tujuan hidupmu yaitu meyakini bahwa dirimu hadir di dunia ini pasti dengan sebuah misi (tugas khusus). Saya pribadi yakin bahwa setiap manusia diciptakan Tuhan dengan sebuah tujuan. Itu sebabnya saat dirimu menjalani hidup yang sesuai dengan tujuan hidupmu, maka hidupmu menjadi lebih berarti dan lebih bahagia. Hal ini karena kamu menjalani hidup yang sesuai dengan tujuan Penciptamu (yang memilikimu).

Sebenarnya hal ini berlaku dalam segala hal. Semua diciptakan dengan sebuah tujuan. Sebuah barang yang dibuat oleh manusia pun pasti memiliki tujuan. Ketika barang tersebut digunakan sesuai dengan tujuannya maka barang tersebut bisa memberi manfaat maksimal dan juga berfungsi secara optimal. 

Contoh, buku dibuat sebagai alat bantu untuk manusia mendapat pengetahuan (informasi). Jika digunakan sesuai dengan tujuannya yaitu untuk membaca dan mendapatkan pengetahuan maka buku tersebut menjadi bermanfaat dan berarti. Sebaliknya, jika buku tersebut hanya digunakan sebagai pajangan di lemari tanpa pernah dibaca maka buku tersebut menjadi tidak berarti dan tidak memberi manfaat (karena tidak digunakan sesuai dengan tujuannya).

Nah, sebelum masuk ke poin kedua, dirimu perlu meyakini hal ini terlebih dahulu. Keyakinan ini akan memudahkanmu mengetahui tujuan hidupmu, karena kamu percaya bahwa dirimu memang memiliki tujuan hidup. 


2.  Memahami bahwa tujuan hidup masing-masing orang berbeda


Penting juga untuk Mama memahami bahwa tujuan hidup masing-masing orang tidaklah sama, bahkan bisa dibilang unik karena tidak sama seperti orang lain. Jadi, tidak perlu mengikuti apa yang menjadi tujuan hidup orang lain. Percaya bahwa dirimu memiliki tujuan hidup sendiri. Dan saat kamu merasa tujuan hidupmu unik, tak apa-apa, terimalah 😍

Meski pada awalnya kamu merasa tujuan hidupmu ini tak biasa (karena unik) tapi seiring waktu kamu akan menjadi semakin yakin bahwa yang kamu jalani adalah hal yang benar. Anggaplah bahwa tujuan hidupmu merupakan karunia untukmu yang membuatmu bisa menjalani hidup yang lebih bermakna. Percaya dirilah dengan tujuan hidupmu, Mam!


3.  Jangan biarkan keraguan dan pikiran negatif menghalangimu


Cara berikutnya untuk Mama mengetahui tujuan hidupmu yaitu jangan biarkan keraguan serta pikiran yang tidak positif memenuhi pikiranmu. Karena keduanya bisa membuatmu bingung dan merasa tidak percaya diri dengan tujuan hidupmu. 

Pikiran negatif, keraguan, maupun ketakutan bisa memberikan energi negatif yang tidak baik untukmu. Pada akhirnya energi negatif ini bisa menghalangimu untuk mengetahui tujuan hidupmu dengan lebih mudah. Sebaliknya, saat dirimu dipenuhi oleh energi positif yang berasal dari pikiran positif, optimis, dan keyakinan, semua ini akan memudahkanmu untuk mengetahui tujuan hidupmu. 

Setiap kali pikiran negatif menghampirimu, beri jeda untuk mempertanyakan pikiran tersebut. Sehingga dirimu tidak langsung menyetujui pikiran negatif tersebut. Tanyakan pada diri sendiri, apakah pikiran negatif tersebut benar? Dari mana kamu tahu bahwa pikiran negatif tersebut benar? Ingat, pikiranmu belum tentu fakta. 

Setelah itu, gantilah pikiran negatif tersebut dengan pikiran positif (yang sebaliknya). Berlatih mengganti pikiran negatif menjadi positif akan membuatmu semakin terbiasa untuk berpikir positif. 

Dulu saya termasuk yang overthinking dan sebagian dari apa yang saya pikirkan adalah hal yang negatif. Bahkan saya kerap merasa kewalahan sendiri dengan pikiran saya, sehingga saya lebih rentan stres. Hingga akhirnya saya belajar untuk mengelola pikiran saya, dengan cara berlatih mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif. Perlahan tapi pasti saya menjadi terbiasa berpikir positif dan pikiran saya menjadi lebih damai 😊


4.  Kenali dirimu sendiri dengan menjawab beberapa pertanyaan ini

Untuk memudahkanmu mengetahui apa tujuan hidupmu, Mama perlu lebih mengenal diri sendiri dengan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini.

a.  Apa hobi/aktivitas yang kamu senangi di masa kecil?

b.  Apa hobi/aktivitas yang kamu senangi saat ini?

c.  Aktivitas apa yang kamu mampu melakukannya dengan baik hingga sangat baik (kamu punya kemampuan dalam hal tersebut)?

d.  Jika kamu renungkan betapa singkatnya hidup di dunia ini, hal apa yang paling ingin kamu lakukan? 

Ketika merasa betapa waktu begitu cepat berlalu,

kita baru menyadari bahwa hidup itu benar-benar singkat.

Kita tidak bisa memprediksi berapa lama lagi kita hidup di dunia.

Waktu yang telah berlalu tak akan pernah bisa kembali.

Kita tidak bisa membeli waktu, kita hanya bisa menggunakan waktu.

Gunakan waktu sebaik mungkin untuk melakukan hal yang berarti.

Jawablah keempat pertanyaan di atas dengan jujur. Mama bisa menulis keempat pertanyaan ini beserta jawabannya di notes smartphone-mu atau menuliskannya di buku harianmu. Mama tidak harus menjawab semua pertanyaan dalam satu waktu. Sebaiknya berikan pula penjelasan dan deskripsi dari jawabanmu. Bisa juga dirimu berikan alasan atau sebuah cerita di balik jawabanmu tersebut. Semakin detail jawabanmu maka semakin baik hasilnya. 

5.  Percaya bahwa semua ada prosesnya

Setelah Mama melakukan keempat hal di atas, langkah terakhir adalah menunggu hasilnya. Dirimu bisa jadi tidak langsung mendapatkan jawabannya dalam satu atau dua hari, tapi percayalah bahwa cepat atau lambat kamu pasti akan mendapatkan jawabannya. Dirimu akan mengetahui apa tujuan hidupmu. 

Berdasarkan pengalaman saya saat ingin mengetahui tujuan hidup, saya juga melewati prosesnya selama beberapa waktu. Saya tak ingat berapa lama tepatnya, sepertinya beberapa bulan atau lebih. Proses yang dilewati masing-masing orang tentunya tidak akan sama persis. Bisa jadi dirimu membutuhkan waktu yang lebih singkat daripada saya. S.A.B.A.R dan berusaha menikmati prosesnya. Artinya, dirimu berusaha menjalani proses tersebut tenang dan senang 😄

Baiklah, itu lima cara simpel untuk mengetahui tujuan hidupmu. Supaya semakin mudah, Mama bisa melakukan langkah-langkah tersebut satu persatu. Tak apa pelan-pelan yang penting dirimu melakukannya dengan sungguh-sungguh. Setuju? Terima kasih ya sudah membaca hingga selesai! 


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 5 Cara Menjadikan Hidup Lebih Bermakna supaya Mama Bahagia 


Credit image: freepik.com

Inspiring references:

brightspacecoaching.com/blog/find-your-purpose

happierhuman.com/life-purpose/

inc.com/marcel-schwantes/five-simple-exercises-to-find-your-life-purpose.html

famleeoffour.com/find-purpose-in-life/

womenshealthmag.com/health/a42918539/how-to-find-your-purpose/

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛