Mama Bisa Melatih Dirimu untuk Menjadi Orang yang Optimis. Ini Caranya! 💛


cara menjadi orang yang optimis


Betapa menyenangkannya menjadi orang yang optimis. Mereka selalu berusaha untuk memiliki keyakinan dan harapan yang baik terhadap segala sesuatu khususnya masa depan. Optimis akan membuatmu lebih bahagia dan semangat menjalani hidup. Mama ingin menjadi orang yang optimis? Dirimu bisa melatihnya. Karena sikap optimis bukanlah sesuatu yang kita miliki sejak lahir melainkan kemampuan yang bisa dipelajari, termasuk olehmu 😉

Karena hidup pasti ada naik dan turunnya, ya kan Mam? Ada kalanya semua berjalan sesuai dengan yang dirimu inginkan. Dan ada kalanya pula terjadi ujian-ujian yang membuat hidup terasa tidak mudah. Nah, di sinilah pentingnya sikap optimis supaya dirimu selalu bisa lebih baik menghadapi segala ujian hidup. Memiliki keyakinan dan harapan-harapan yang baik mengenai masa depan akan menguatkan langkahmu untuk terus berjalan menuju tujuan hidup maupun impianmu. 

Yuk Mam, kita berlatih untuk selalu berusaha yakin dan mengharapkan yang baik-baik. Di artikel kali ini saya mengulas beberapa cara yang bisa dirimu lakukan untuk menjadi orang yang optimis. Tentu ini tidak terjadi dalam waktu singkat ya, Mam. Kita membutuhkan proses dalam meningkatkan keoptimisan diri kita. It's okay, yang penting terus berusaha menjadi lebih baik meski perlahan dan sedikit demi sedikit. Semangat!


7 Cara Melatih Diri Sendiri untuk Menjadi Orang yang Optimis


Optimis bukan berarti dirimu harus menjadi positif 24 jam ya, Mam. He he.. Akan tetapi orang optimis selalu berusaha melihat sesuatu dari sudut pandang yang positif dan menyertakan harapan yang baik. Saya pun masih terus belajar untuk selalu berusaha optimis. Karena saya merasakan sendiri sikap optimis ini mendukung saya untuk lebih sehat, bahagia, dan damai. Sikap optimis ini juga bisa meningkatkan kesehatan jiwa (spiritual) kita 💙


1.  Fokus pada hal positif 


Cara pertama untuk melatih diri sendiri supaya menjadi orang yang optimis yaitu berusaha untuk selalu mengarahkan fokusmu pada hal-hal positif. Jadi, saat dirimu mengalami kejadian yang tidak diharapkan, temukan hikmah dari kejadian tersebut. Yakin, bahwa selalu ada sisi pembelajaran yang bisa kita ambil dari setiap kejadian, apa pun itu.

Saya meyakini bahwa setiap kejadian dalam hidup saya, termasuk hal-hal yang tidak mudah maupun tidak mengenakkan, pada akhirnya membuat saya belajar dan berkembang menjadi lebih baik. Meski pada awalnya saya pun terkadang dihampiri pikiran-pikiran yang tidak positif. Tapi kita bisa kok melatih pikiran kita sendiri untuk menjadi lebih positif. Saya berusaha mengganti pikiran yang negatif menjadi positif hingga saya terbiasa untuk berpikir positif 😍

Jika dirimu sudah terbiasa berpikir positif maka akan jauh lebih mudah untuk bersikap optimis. Karena ciri utama orang yang optimis adalah selalu berharap yang positif terhadap segala sesuatu.


2.  Merawat kesehatan tubuh 


Hal ini juga penting untuk mendukungmu menjadi orang yang optimis. Apa sih hubungannya kesehatan tubuh dengan optimis? Hubungannya sangat erat, karena setiap bagian dari diri kita saling berkaitan dan memengaruhi. Saat tubuhmu dalam keadaan baik, maka hal ini akan berpengaruh juga pada pikiran serta emosimu. Intinya, kalau Mama ingin punya pikiran dan emosi yang sehat untuk mendukungmu bersikap optimis, maka tubuhmu juga perlu dirawat supaya sehat. 

Sadarkah dirimu Mam, kalau tubuhmu sedang dalam keadaan sehat dan nyaman pasti jadi lebih mudah untuk berpikir yang positif-positif. Sebaliknya, kalau tubuh kita lagi tidak fit maka pikiran dan emosi kita pun menjadi kurang optimal dan kurang semangat. 

Buat saya ada tiga hal penting dalam merawat kesehatan tubuh, yaitu berusaha menerapkan pola makan yang baik (meski ini masih dalam versi saya. he he..), tidur yang cukup dan berkualitas, serta rutin olahraga. Bagaimana denganmu, Mam? 😊


3.  Mempertanyakan pikiran yang tidak positif 


Apa sih maksudnya mempertanyakan pikiran yang tidak positif? Terkadang kita berpikir bahwa pikiran yang tidak positif merupakan sesuatu yang benar. Ingat, pikiran kita belum tentu fakta. Jadi, saat dirimu berpikir hal-hal yang tidak positif cobalah ambil jeda sejenak untuk mempertanyakan pikiran-pikiranmu tersebut. Tanyakan pada diri sendiri. Apakah pikiran yang tidak positif itu benar?  Bagaimana kamu tahu bahwa pikiran tersebut adalah benar? 

Dengan mempertanyakan kembali pikiran-pikiran yang tidak positif akan membantumu untuk tidak langsung mengiyakan ataupun menyetujui pikiran tersebut. Sehingga dirimu tidak terjebak dalam pikiran-pikiran yang tidak bermanfaat bagimu. 


4.  Tingkatkan rasa syukurmu


Cara melatih dirimu untuk menjadi orang yang optimis selanjutnya yaitu dengan meningkatkan rasa syukurmu. Saya percaya bahwa sikap syukur ini bisa dilatih. Jadi, kalau kita ingin pandai bersyukur, kita perlu melatih diri kita untuk itu. Hingga saat ini pun saya masih terus melatih diri untuk makin pandai bersyukur. 

Dulu, saya bersyukur hanya untuk hal-hal besar yang memang benar-benar membuat saya bahagia. Tapi, kemudian saya menyadari bahwa bersyukur itu tidak perlu menunggu saat kita sudah mendapatkan ini dan itu. Bersyukur itu setiap hari, setiap saat kita bisa bersyukur karena selalu ada banyak hal yang bisa disyukuri. Termasuk hal-hal yang kelihatannya sepele alias terasa kecil. 

Namun, kalau kita renungkan tak ada hal sepele yang berkaitan dengan syukur. Bersyukur untuk napas yang masih kita nikmati. Bersyukur masih bisa melihat dunia yang indah ini. Bersyukur untuk tubuh kita yang bisa digunakan beraktivitas. Dan masih ada ratusan daftar syukur lainnya yang bisa kita tuliskan. Bersyukur akan membantumu untuk lebih positif, karena dengan bersyukur pikiranmu akan fokus pada hal-hal yang positif 😍


5.  Tidak membandingkan dirimu dengan orang lain 


Ketika kita membandingkan diri dengan orang lain maka di saat yang sama kebahagiaan dan kedamaian dalam dirimu akan terusik. Sering kali kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan orang lain ini terjadi tanpa kita sadari. Misalnya, kita melihat orang lain di sosial media yang tampak "lebih" dari kita, mereka memiliki banyak hal yang tidak kita miliki. Kemudian kita merasa berkecil hati, rendah diri, atau merasa tidak percaya diri. Perasaan tidak positif tersebut muncul karena kita secara tidak sadar telah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. 

STOP membandingkan dirimu dengan orang lain. Lebih baik fokus pada dirimu sendiri. Hargai dan syukuri dirimu secara utuh namun tetap berusaha untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu meski itu perlahan dan bertahap. Jika ingin membandingkan, maka bandingkan dirimu dengan diri sendiri di masa lalu. Apakah kamu sudah menjadi lebih baik? 


6.  Perbanyaklah senyum


Banyak penelitian menunjukkan bahwa senyum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan ini juga bisa mendukungmu untuk menjadi orang yang optimis. Saat kita tersenyum otot-otot di tubuh menjadi lebih rileks. Tersenyum merupakan cara instan untuk membuat kita merasa lebih baik. Coba sekarang! 😊

"Tidak perlu menunggu hatimu bahagia untuk banyak tersenyum. Tapi perbanyaklah tersenyum supaya hatimu bahagia. Tersenyum merupakan cara termudah dan sederhana untuk membuatmu bahagia". 


7.  Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang optimis


Cara terakhir dalam daftar ini untuk melatih dirimu menjadi orang yang optimis adalah berkumpul dengan orang-orang optimis. Kalau Mama bergaul dengan orang-orang yang optimis maka dirimu pun akan terpengaruh untuk menjadi optimis pula. Dan sebaliknya, jika kita bergaul dengan orang-orang yang memiliki energi tidak positif ini pun akan memengaruhi kita. Karena energi itu menular 💃

Jadi, kalau ingin hidupmu dipenuhi oleh energi yang positif, Mama perlu memerhatikan orang-orang yang paling banyak menghabiskan waktu denganmu. Apakah mereka membawa energi yang positif?  Jika ada orang-orang terdekatmu yang membawa energi negatif, maka sebisa mungkin berusahalah untuk tidak mudah terpengaruh. Dirimu juga perlu menerapkan batasan diri sendiri terhadap orang lain (personal boundaries) untuk membantu menjaga kesehatan pikiranmu supaya tetap sehat dan positif. 

Itulah Mam beberapa cara yang bisa dirimu lakukan untuk melatih diri menjadi orang yang optimis. Menurutmu cara mana sih yang paling mudah untuk dilakukan? Yuk, coba terapkan dalam kehidupanmu saat ini! 


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~


Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 5 Cara Menjadikan Hidup Lebih Bermakna supaya Mama Bahagia


Credit photo: vecteezy.com

Inspiring references:

mindbodygreen.com/articles/ways-to-become-a-more-optimistic-person

psychologytoday.com/intl/blog/click-here-happiness/202105/4-tips-be-more-optimistic

everydaypower.com/qualities-of-optimistic-people/

marcandangel.com/2012/05/30/9-ways-to-become-an-optimist/

trackinghappiness.com/examples-optimism/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛