5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛



alasan berbuat baik kepada diri sendiri



Tahukah dirimu kenapa saya pilih tema tentang berbuat baik terhadap diri sendiri? Karena saat bicara mengenai berbuat baik, sering kali yang langsung terlintas di pikiran adalah apa yang kita lakukan pada orang lain, seperti menolong orang, beramal, maupun perbuatan baik lainnya yang kita lakukan terhadap orang lain. Padahal, orang pertama yang perlu kita perlakukan dengan baik adalah diri sendiri. 

Mengapa begitu? Karena orang yang paling bertanggung jawab terhadap diri kita adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Dan orang yang paling berhak menerima kebaikan dari diri kita juga adalah diri kita sendiri. Setuju, Mam? Coba yuk renungkan 😊 

Saya juga baru berlatih untuk bisa makin baik terhadap diri sendiri setelah saya belajar mengenai gaya hidup sehat holistik (menyeluruh). Berbuat baik terhadap diri sendiri merupakan wujud dari cinta kita terhadap diri sendiri. Kadang saya suka terharu, selama puluhan tahun saya sudah menjalani kehidupan di dunia ini, namun baru beberapa waktu belakangan ini saya belajar mencintai diri sendiri dan selalu berusaha berbuat baik terhadap diri sendiri.

Saat kita berbuat baik terhadap diri sendiri, kita menjadi lebih BAHAGIA dan SEHAT. Sama halnya saat dirimu menerima kebaikan dari orang lain tentunya dirimu merasa senang, bukan? Maka berikan kebaikan untuk dirimu setiap harinya supaya Mama bahagia. Dan pada akhirnya rasa bahagia ini akan membuatmu lebih sehat 💃 

Yuk, simak kenapa Mama perlu berbuat baik kepada diri sendiri melalui artikel berikut ini! Sehingga dirimu selalu termotivasi untuk melakukannya. 


Apa Saja Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri?


Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kita perlu berbuat baik terhadap diri sendiri. Tapi di sini saya memilih hanya beberapa yang menurut penilaian saya paling penting berdasarkan pandangan saya sebagai seorang mama 👩 Dirimu bisa pilih alasan mana yang paling menginspirasimu dan gunakan alasan itu sebagai motivasi untuk selalu berbuat baik pada diri sendiri. 


1.  Membantumu lebih tenang


Mam, apakah dirimu suka merasa kalau diri kita ini terkadang (bisa jadi sering kali) merupakan pengkritik terbesar kita? Bahkan ada kalanya kita lebih sering mengkritik diri sendiri daripada orang lain mengkritik diri kita. 

Nah, saat kita berusaha untuk berbuat baik kepada diri sendiri, otomatis kita juga berusaha untuk lebih lembut terhadap diri sendiri seperti layaknya memperlakukan sahabat terbaik kita. Berusaha lebih mendukung diri sendiri supaya lebih baik, tapi bukan dengan mengkritiknya. 

Sikap baik terhadap diri sendiri seperti ini akan menenangkan sistem saraf yang membuatmu menjadi lebih tenang. Berbuat baik terhadap diri sendiri juga akan membantu produksi hormon oksitosin dalam tubuh kita. Dan hormon ini merupakan hormon yang dapat membuat kita merasa lebih tenang.

Coba bayangkan Mam, saat sahabat terbaikmu mendukungmu dan mengucapkan kata-kata positif terhadapmu pasti kamu merasa lebih tenang dan semangat, bukan? Maka lakukan hal seperti itu kepada dirimu sendiri, okay 😉

"Sahabat terbaikmu adalah dirimu sendiri. Sebab dialah yang setia menemanimu setiap saat dan bersamamu hingga akhir hidupmu"


2.  Meningkatkan kekebalan tubuhmu


Alasan kedua mengapa Mama perlu berbuat baik kepada diri sendiri yaitu untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuhmu. Menjaga kekebalan tubuh sangat penting untuk meminimalkan kemungkinan terkena penyakit fisik sehingga kita bisa tetap sehat. 

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, perasaan tenang yang dirimu dapatkan dari berbuat baik terhadap diri sendiri ternyata juga menguatkan kekebalan tubuhmu. Karena saat kita tenang, kita bisa mengelola stres dengan lebih baik yang pada akhirnya juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang baik. 

Namun, kabar baiknya adalah berbuat baik kepada diri sendiri ini tidak hanya bermanfaat untuk kekebalan tubuh saja. Tapi juga berdampak untuk menstabilkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, hingga menstabilkan kadar gula darah. Intinya, berbuat baik pada diri sendiri ini akan mendukung kesehatan kita secara menyeluruh. 


3.  Membuatmu lebih bahagia 


Ya, saat kita berbuat baik kepada diri sendiri, ini akan membuat kita lebih bahagia. Karena berbuat baik terhadap diri sendiri artinya kita berusaha memberikan support terbaik untuk diri kita, termasuk ketika kita mengalami masa-masa yang tidak mudah. Hal ini akan membantumu menjalani hidup dengan lebih positif dan nyaman yang akhirnya mendatangkan rasa bahagia. 

Selain bersyukur, bagi saya berbuat baik terhadap diri sendiri ini merupakan cara paling mudah dan simpel untuk membuat saya lebih bahagia. Jadi Mam, jika dirimu ingin bahagia cobalah cara yang satu ini. Dirimu bisa mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti katakan hal-hal baik terhadap diri sendiri, belajar untuk tidak mengkritik diri sendiri, dan rutin ucapkan "I Love You" pada dirimu sendiri. Semudah itu, bukan? 💃


4.  Mendukung hubungan yang lebih berkualitas


Apakah Mama mendambakan hubungan yang lebih baik dan sehat dengan orang-orang terdekatmu?  Misalnya, pasangan, anak, maupun kedua orang tua. Hal ini juga bisa dirimu dapatkan dengan cara membiasakan diri untuk berbuat baik kepada diri sendiri. Karena ketika kita terbiasa untuk memperlakukan diri sendiri dengan baik, kita pun menjadi lebih mudah untuk berbuat baik terhadap orang di sekitar kita. Setuju? 

Semakin kita baik kepada diri sendiri maka semakin baik pula kita terhadap orang lain. Kenapa begitu? Karena kebaikan yang kita lakukan kepada diri sendiri akan membuat kita merasa BAHAGIA dan NYAMAN dengan diri sendiri. Saat kita bahagia dan nyaman dengan diri sendiri, kita tentu menjadi lebih mudah untuk memperlakukan orang lain dengan lebih baik. 

Bayangkan Mam, kalau kita sedang dalam suasana hati yang tidak baik pastinya kita juga kurang semangat untuk menanggapi orang lain dengan sikap terbaik kita, bukan? Sebaliknya, ketika suasana hati kita baik dan kita bahagia, pastinya lebih mudah untuk kita bersikap baik dan  menyenangkan kepada orang orang di sekitar, terutama orang terdekat kita 💖


5.  Meningkatkan motivasi hidupmu


Terakhir, alasan kenapa Mama perlu berbuat baik kepada diri sendiri yaitu untuk meningkatkan motivasi hidupmu. Seperti telah dibahas di poin sebelumnya, berbuat baik terhadap diri sendiri akan mendatangkan rasa bahagia dan membuat suasana hati kita membaik. Hal ini kemudian juga berdampak pada semangat hidup kita. 

Kita menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk melakukan hal-hal bermanfaat yang membuat hidup kita lebih baik. Selain itu, perbuatan baik terhadap diri sendiri seperti bersikap lembut terhadap diri sendiri, tidak mengkritik diri sendiri maupun mengatakan hal-hal yang tidak positif, semua itu membuatmu menjadi lebih tangguh dalam hidup.

itulah Mam beberapa alasan penting kenapa Mama perlu berbuat kepada diri sendiri. Menurutmu alasan nomor berapa yang paling menarik perhatianmu? Kalau saya nomor 1 adalah yang paling menarik 😍 Terima kasih sudah membaca sampai selesai. Semoga Mama terinspirasi untuk selalu berbuat baik terhadap dirimu sendiri. 


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

 ~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 

 

Credit photo: freepik.com

References:

thehealthy.com/mental-health/self-care/being-kind-to-yourself/

psychcentral.com/blog/practicing-self-compassion-when-you-have-a-mental-illness#anxiety-and-depression

cnet.com/health/mental/top-3-reasons-to-show-yourself-compassion-this-year-and-how-to-start/

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖