Bagaimana Cara Cantik Alami Tanpa Makeup yang bisa Mama Lakukan? 💖


cara cantik alami tanpa makeup


Saya sempat juga mengalami rasa ketergantungan dengan makeup. Dimana saya akhirnya menjadi kurang percaya diri jika keluar rumah tanpa makeup. Tapi kemudian saya menyadari bahwa yang paling membuat saya nyaman sekaligus merasa cantik adalah saat tampil apa adanya dan terlihat alami. Sebab saya termasuk pengagum hal-hal yang alami, termasuk dalam tampilan wajah 🙂

Mama ingin terlihat lebih cantik namun dengan cara yang lebih alami tanpa mengandalkan makeup? Saya akan mengulas berbagai tips bagaimana cara cantik alami melalui artikel kali ini. Dengan menerapkan cara-cara di bawah ini secara rutin, Mama bisa terlihat lebih cantik alami meski tanpa riasan.

“Percayalah, dirimu itu cantik! Kamu hanya perlu rutin mengatakannya setiap kali bercermin, “Aku cantik”. Mengapresiasi diri adalah bagian dari mencintai diri sendiri”

Sekarang ini saya termasuk yang tidak menggemari makeup. Makeup andalan saya hanya senyum. Ini jurus jitu yang membuat wajah menjadi lebih cerah dan hidup. Bagi saya senyum itu ajaib yang seketika membuat wajah menjadi lebih menarik. Jika Mama sama seperti saya yang tidak terlalu suka menggunakan makeup, maka artikel ini sangat cocok untukmu. Mari simak hingga akhir, ya!


9 Cara Cantik Alami Tanpa Makeup


Selain itu, kulitmu juga membutuhkan kebebasan untuk bernapas tanpa harus ditutupi oleh makeup. Jadi, sesekali biarkan kulitmu polos tanpa riasan. Agar Mama bisa tetap percaya diri dan terlihat cantik, berikut beberapa cara cantik alami yang bisa Mama lakukan.


1. Gunakan pelembab


Cara cantik alami yang pertama perlu Mama lakukan yaitu rutin gunakan pelembap. Hal ini sangat penting untuk membantu kulit jadi lebih sehat. Oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu di pagi dan malam hari.

Pelembap ini bukan hanya untuk wajah tapi juga untuk area tubuh lainnya yang terasa kering, terutama bagian tangan. Dan jangan lupakan area bibir, sebab bagian yang satu ini juga penting untuk dirawat.

Sebaiknya gunakan pelembap setelah mandi maupun mencuci muka. Sebab setelah mandi atau mencuci muka biasanya kulit menjadi lebih kering, untuk itulah Mama perlu pelembap. Dengan rutin menggunakan pelembap akan membuat kulit jadi lebih lembut dan kenyal.

Untuk memperoleh manfaat terbaik, pilih pelembap yang menggunakan bahan-bahan alami (tanpa bahan-bahan kimia). Selain lebih aman bagi kulit dan kesehatan tubuh, skincare alami juga lebih ramah lingkungan.


2. Face tapping


Setelah pelembap, cara cantik alami yang satu ini juga bisa membantu wajah terlihat lebih cantik meski Mama tidak menggunakan riasan. Face tapping merupakan teknik relaksasi wajah yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit lebih sehat.

Berbagai manfaat yang bisa Mama dapatkan dari face tapping secara rutin diantaranya, membantu kulit menyerap nutrisi, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, hingga menghaluskan kerutan.

Mama bisa mencari bagaimana tutorial untuk melakukan face tapping ini melalui YouTube. Mama bisa melakukannya mulai dari 5 hingga 15 menit perhari tergantung waktu yang dimiliki. Sebaiknya lakukan face tapping setelah Mama mengoleskan pelembap ataupun bisa juga menggunakan coconut oil.


3. Jaga kesehatan rambut


Cara cantik alami yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan rambut. Rambut yang sehat dan indah tentunya membuatmu terlihat lebih cantik meski tanpa riasan. Gunakan shampo berbahan alami yang sesuai dengan jenis rambut untuk hasil terbaik. Setidaknya keramas 2 hingga 3 hari sekali tergantung kondisi rambutmu agar rambut terjaga kebersihannya.

Jika Mama suka mewarnai rambut, sebaiknya gunakan pewarna rambut yang menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini bukan hanya lebih baik untuk rambut, tapi juga kulit kepala serta kesehatan kepala.

Tak hanya pada wajah, Mama juga bisa melakukan pijatan rutin untuk kulit kepala. Mama bisa melakukannya setiap hendak menyisir rambut serta saat keramas. Pijat kulit kepala secara perlahan selama beberapa menit untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat.


4. Tidur nyenyak dan berkualitas


Selain cara-cara di atas, tidur nyenyak dan berkualitas juga termasuk salah satu cara cantik alami yang bisa Mama lakukan. Salah satu efek kurang tidur pada wajah yaitu menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini terjadi karena kurang tidur bisa melebarkan pembuluh darah di bawah kulit mata sehingga menimbulkan warna gelap di area tersebut.

Sebisa mungkin dapatkan tidur yang nyenyak sekitar 6-7 jam setiap harinya (tergantung kebutuhan tubuhmu) untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan tubuhmu. Penelitian menunjukkan bahwa masalah tidur yang terjadi dalam waktu lama bisa menyebabkan penuaan dini. Hal ini dipicu oleh meningkatnya hormon kortisol ketika kurang tidur serta menurunnya kelembapan kulit.


5. Berolahraga


Rutin olahraga juga menjadi salah satu cara cantik alami yang bisa Mama lakukan. Olahraga secara teratur tak hanya bermanfaat untuk membuatmu lebih bugar dan sehat, tapi juga meningkatkan kesehatan kulit. Sebab olahraga membantu melancarkan sirkulasi darah yang memberikan vitamin serta nutrisi penting ke wajah sehingga wajah menjadi lebih sehat.

Sirkulasi darah yang lancar juga berfungsi untuk membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat jerawat maupun radikal bebas. Bagi Mama yang memiliki masalah dengan jerawat pada wajah juga bisa mencoba olahraga rutin untuk membantu mengobati jerawat secara alami.

Bukan hanya itu, olahraga rutin juga membantu menjaga keseimbangan hormon serta membuang racun dalam tubuh sehingga kulitmu jadi lebih sehat dan indah.


6. Asupan makanan


Cara cantik alami berikut ini juga penting untuk Mama terapkan. Menerapkan pola makan sehat dalam keseharian sangat penting untuk mendukung kesehatanmu termasuk kecantikan.

Perbanyak asupan sayuran dan buah dalam makanan sehari-hari. Sebab keduanya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk membuat kulit lebih sehat dan indah. Asupan makanan yang sehat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambutmu.

Ada baiknya pula untuk membatasi asupan gula, makanan ultra proses yang diberi bahan-bahan tambahan sintetik, hingga konsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan. Pola makan yang tidak sehat untuk tubuh pada akhirnya bisa memicu masalah pada kulit, salah satunya munculnya jerawat.


7. Senyum


Jangan lupakan cara cantik alami yang satu ini. Cobalah untuk lebih banyak tersenyum, terutama saat sedang berbicara dengan orang lain. Sebab senyum merupakan cara paling mudah untuk membuat Mama terlihat lebih menarik. Dan untuk mendapatkan senyum yang lebih indah, Mama perlu merawat bibir serta gigi.

Berikan bibir pelembab agar terjaga kelembapannya. Jika rutin menggosok gigi dua kali sehari belum cukup untuk membuat gigimu benar-benar sehat, maka Mama bisa tambahkan rutinitas oil pulling (berkumur menggunakan minyak kelapa) untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.


8. Jaga kebersihan dan kerapian


Selain beberapa cara diatas, hal yang satu ini juga penting untuk Mama terapkan. Secantik apapun kita jika aroma tubuh tidak sedap tentu orang lain tak nyaman untuk berdekatan. Jadi, jaga kebersihan tubuh agar tak ada aroma yang tidak enak tercium dari tubuhmu.

Perhatikan juga kerapianmu. Rapikan rambutmu, apakah diikat atau diurai, pastikan tidak tampak berantakan. Begitupun dengan pakaian yang Mama kenakan. Gunakan pakaian yang cocok dan nyaman untukmu, tapi juga terlihat menarik.

Dan hal ini berlaku bukan hanya saat Mama keluar rumah saja. Di dalam rumah juga perlu tampil rapi dengan pakaian yang bisa membuatmu tersenyum saat melihat diri sendiri di cermin.

Beberapa bulan terakhir ini saya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan daster saat di rumah, kecuali saat tidur. Saya memilih menggunakan pakaian yang membuat saya jadi lebih menarik meski hanya di rumah. Rasanya menyenangkan setiap kali melihat di cermin diri saya tampil lebih menarik dengan pakaian yang saya kenakan. Bagaimana denganmu, Mam? 😊


9. Perawatan rutin


Terakhir, lakukan perawatan rutin untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mulai dari rutin membersihkan kulit wajah, menggunakan pelembap, melakukan face tapping, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk mendapatkan kecantikan alami melalui berbagai cara di atas, Mama perlu menerapkannya secara rutin dalam keseharian. Mama bisa melakukannya secara bertahap mulai dari yang paling mudah. Lalu pertahankan rutinitas tersebut hingga menjadi kebiasaan baik untukmu.

Okay Mam, itulah beberapa kiat cantik alami yang bisa Mama lakukan. Ayo dicoba mulai hari ini! 😊


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.


Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!


With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 9 Manfaat Menggunakan Kosmetik Berbahan Alami


Credit photo: stock.adobe.com

References:

bebodywise.com/blog/how-to-look-beautiful/

askforadventure.com/how-to-look-more-beautiful-naturally-simple-tips-to-be-attractive/

timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/skin-care-12-natural-ways-to-look-beautiful-without-makeup/articleshow/83600421.cms

mindbodygreen.com/0-6976/10-Natural-Ways-to-Get-Beautiful-Right-Now.html

skinkraft.com/blogs/articles/how-to-look-beautiful-without-makeup


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛