5 Cara Menikmati Meditasi supaya Mama Bisa Konsisten Melakukannya 🤍


cara menikmati meditasi


Salah satu kiat saya untuk konsisten dalam melakukan meditasi adalah berusaha supaya saya bisa menikmatinya. Saya memulai meditasi beberapa tahun lalu hanya dengan 5 menit setiap harinya. Saya juga memilih waktu meditasi yang saya sendiri merasa nyaman melakukannya, bisa pagi, siang, atau bahkan sore hari. Teknik meditasi yang saya pilih juga tentunya yang membuat saya nyaman 🙂

Meditasi termasuk salah satu kunci agar Mama bisa hidup lebih sehat secara menyeluruh (holistik). Namun, meski kita mengetahui ada banyak manfaat penting dari meditasi, kenyataannya meditasi bukanlah aktivitas yang bisa dengan mudah dinikmati. Lalu, bagaimana cara menikmati meditasi agar Mama bisa konsisten melakukannya?

Sebab jika kita tidak menikmati suatu aktivitas, ini akan membuat kita seolah punya banyak alasan untuk tidak melakukannya. Sebaliknya saat menikmati sebuah aktivitas, Mama pun akan dengan senang hati untuk melakukannya lagi dan lagi. Untuk itulah di artikel kali ini saya mengulas beberapa cara menikmati meditasi yang bisa Mama lakukan.


Inilah 5 Cara Menikmati Meditasi yang Bisa Mama Lakukan


Untuk mendapatkan berbagai manfaat meditasi dengan maksimal, tentunya Mama perlu melakukannya secara rutin. Semoga dengan menerapkan cara-cara menikmati meditasi berikut ini membuat Mama bisa lebih konsisten melakukannya. Dan yang paling penting adalah Mama melakukannya dengan bahagia.


1. Tetapkan alasanmu meditasi


Cara pertama agar bisa menikmati meditasi adalah tetapkan alasanmu melakukan meditasi. Apakah alasan Mama melakukan meditasi? Masing-masing orang bebas saja untuk memiliki alasan apapun selama hal itu positif dan membuat mereka termotivasi melakukannya secara rutin. Sebisa mungkin pilihlah alasan yang benar-benar memotivasi.

Saya melakukan meditasi untuk mendukung kesehatan saya secara menyeluruh. Sebab saat mental saya lebih sehat hal ini juga berdampak terhadap kesehatan fisik, emosional, serta spiritual saya. Namun, belakangan alasan saya melakukan meditasi bukan hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk mendukung tercapainya impian-impian saya dengan memanfaatkan meditasi visualisasi.

Semakin penting alasan tersebut untuk Mama maka semakin baik. Sebab saat Mama merasa hal tersebut merupakan hal yang penting tentu Mama selalu berusaha meluangkan waktu untuk melakukannya.


2. Ucapkan niat di awal meditasi


Ini juga termasuk salah satu cara yang penting untuk Mama lakukan agar bisa menikmati meditasi. Setiap kali memulai meditasi, selalu ucapkan apa niat atau tujuanmu dari meditasi tersebut. Niat ini tidak harus selalu persis sama dengan alasanmu.

Niat bisa berupa tujuan atau keinginan Mama pada saat itu (saat melakukan meditasi tersebut). Jadi niat ini bisa saja berbeda-beda saat Mama melakukan meditasi hari ini dengan esok hari, tergantung apa keinginanmu pada saat tersebut.

Ucapkan niat tersebut dengan penuh kesadaran. Misalnya, “Saya niat melakukan meditasi ini agar saya bisa lebih fokus dan mindful”, atau tujuan lainnya yang Mama inginkan.

Selain itu Mama juga bisa mengucapkan kalimat yang berupa instruksi kepada pikiranmu. Misalnya, “Sekarang waktunya saya menikmati meditasi. Meditasi ini bisa membuat saya lebih damai”.


3. Berusahalah untuk “Let it be


Cara menikmati meditasi yang berikutnya yaitu berusahalah untuk “let it be”. Jika saat meditasi pikiranmu sibuk memikirkan banyak hal atau ada bagian-bagian tubuhmu yang terasa tidak nyaman, biarkanlah. Let it be disini bisa diartikan sebagai sikap menerima dan membiarkan segala sesuatu terjadi tanpa harus memaksakan diri untuk menghilangkan atau melepaskannya.

Sebab saat terlalu keras berusaha menghilangkan pikiran-pikiran tersebut ataupun rasa tidak nyaman yang Mama rasakan, disaat yang sama Mama juga merasa kewalahan dan semakin tidak tenang. Jadi, lebih baik berusaha untuk berdamai dengan apa yang terjadi. Dengan cara ini, Mama justru bisa merasa lebih tenang dengan sendirinya.


4. Minimalkan ekspektasimu


Cara lainnya untuk bisa lebih menikmati meditasi adalah meminimalkan ekspektasimu. Ekspektasi merupakan keinginan terhadap sesuatu yang seringkali terlalu besar atau tinggi sehingga menjadi tidak realistis.

Tentu boleh memiliki keinginan yang Mama harapkan dari meditasi tersebut. Namun, jika ekspektasi terlalu tinggi dan tidak realistis bisa jadi Mama akan kecewa saat tidak mendapatkannya. Perlu diketahui bahwa ekspektasi ini sebenarnya tidak sama dengan harapan. Berbeda dengan ekspektasi, harapan tidak memaksakan kehendak.

Saat Mama bisa meminimalkan ekspektasi atau bahkan tidak perlu memiliki ekspektasi apa-apa akan lebih mudah bagimu merasa damai dan santai dalam melakukan meditasi. Yang terpenting adalah Mama meyakini bahwa meditasi tersebut pasti memiliki manfaat yang akan dirasakan seiring waktu.


5. Aturlah meditasi yang nyaman untukmu


Cara menikmati meditasi berikut ini juga perlu untuk Mama lakukan. Karena setiap manusia itu berbeda dan unik, maka aturlah meditasi yang paling nyaman untukmu. Berikut ini terdapat berbagai tips yang bisa Mama coba terapkan.


A. PILIH WAKTU YANG TEPAT


Pertama, pilihlah waktu yang paling cocok untukmu bermeditasi. Meski banyak orang melakukan meditasi di pagi hari bukan berarti Mama juga harus melakukannya. Jika pagi hari Mama merasa tidak nyaman melakukannya karena banyak hal yang juga penting untuk dikerjakan, maka pilih waktu yang lain. Sebaiknya pilih waktu dimana Mama berada dalam kondisi/aktivitas yang lebih santai dibanding jam-jam lainnya.


B. LAKUKAN DI TEMPAT YANG MENDUKUNG


Kedua, lakukan di tempat yang mendukung kenyamananmu meditasi. Sebenarnya meditasi bisa dilakukan dimana saja. Namun bagi Mama yang masih pemula dalam meditasi sebaiknya pilih tempat yang lebih tenang.

Selain itu Mama juga bisa mengatur ruangan meditasi agar menjadi lebih nyaman, yaitu dengan memastikan ruangan tersebut bersih dan rapi. Mama juga bisa menggunakan aromaterapi untuk memberikan efek menenangkan atau memperbaiki suasana hati.


C. LAKUKAN DENGAN POSISI YANG NYAMAN


Ketiga, pilih posisi yang paling nyaman untukmu. Jika Mama merasa tidak nyaman dengan pose meditasi yang paling umum, yaitu duduk dengan punggung tegak, kaki bersila, dan tangan berada di atas paha, maka lakukan dengan pose yang lain.

Mama bisa bisa duduk dengan posisi tegak di kursi, bersandar di kursi, bahkan meditasi juga bisa dilakukan dengan pose berbaring. Bagaimanapun pose meditasinya yang terpenting adalah kenyamananmu dalam melakukannya.


D. COBA UNTUK LEBIH FOKUS PADA NAPAS 


Keempat, cobalah untuk lebih fokus pada napas daripada pikiran-pikiranmu. Saat lebih fokus pada napas, pikiranmu akan beralih untuk memperhatikan napas. Sehingga Mama tidak terlalu sibuk dengan apa yang ada di pikiran.

Setiap kali Mama menyadari pikiranmu menjadi sibuk, selalu kembali pada memperhatikan napas, begitu seterusnya. Bernapas secara perlahan dan lembut. Bernapaslah melalui hidung dan keluarkan napas melalui mulut. Rasakan keluar masuknya napasmu.

Mama tidak perlu berusaha terlalu keras untuk menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu. Yang perlu Mama lakukan adalah membiarkan pikiran-pikiran tersebut apa adanya tanpa membuat penilaian apalagi menghakimi.

Anggaplah pikiran-pikiran tersebut ibarat awan yang melayang dengan lembut di otakmu dan kemudian secara perlahan awan tersebut berlalu dan menghilang.


E. DENGARKAN MUSIK FAVORITMU YANG MENENANGKAN


Kelima, Mama juga bisa menambahkan meditasi dengan alunan musik favoritmu yang menenangkan. Pilihlah musik instrumental ataupun lagu yang memiliki lirik yang bisa membantu jadi lebih santai. Namun, berusahalah untuk lebih fokus pada napas meski meditasimu diiringi dengan suara musik maupun lagu.


F. COBA SELINGI DENGAN VISUALISASI


Keenam, coba selingi meditasi dengan visualisasi agar Mama bisa lebih menikmati meditasi. Visualisasi bisa membuat meditasimu jadi lebih menyenangkan. Bayangkan dirimu sedang berada di tempat-tempat indah favoritmu, misalnya berada di taman bunga yang indah. Mama melihat bunga berwarna-warni, langit yang cerah, suara burung-burung berkicau, hingga mencium harumnya aroma bunga.


G. JADIKAN MEDITASI SINGKAT TAPI EFEKTIF


Terakhir, lakukan meditasi dalam rentang waktu yang paling nyaman untukmu. Percayalah, meditasi tidak harus panjang untuk bisa menjadi efektif. Sebab yang terpenting adalah konsistensi dan kenyamananmu.

“Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Sebab kualitaslah yang akan menambah nilai pada hidupmu”

Anda bisa melakukan meditasi rutin hanya dengan 15 menit setiap hari. Namun sebagai langkah awal mulailah hanya dalam waktu 5 menit setiap hari. Seiring waktu Mama bisa menambahkan durasi meditasi secara perlahan.

Baiklah, demikian berbagai cara menikmati meditasi yang bisa Mama lakukan. Ayo, lakukan cara-cara di atas satu demi satu langkah! 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~


Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 4 Jenis Meditasi untuk Pemula yang Mudah untuk Mama Lakukan


Credit photo: istockphoto.com

References:

shamashalidina.com/blog/3-ways-to-enjoy-deeper-happier-meditation

ellengraceobrian.com/meditation-practice/

girlslife.com/fitness/wellness/39661/how-to-actually-enjoy-meditation-from-someone-whos-been-there

indiatimes.com/health/healthyliving/5-ways-to-make-meditation-more-fun-237948.html?picid=1116210

healthline.com/health/9-ways-to-make-meditation-easier


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛